Friday, July 19, 2013

Surat Cinta Untuk Kakak Tersayang


Waktu gue pertama kali masuk SMA dulu, hal pertama yang harus dilewatin adalah mos. Ya, budaya dimana senior dengan bebasnya ngerjain para junior yang masih imut imut tapi waktu dulu gue engga imut sekarang apalagi.. mungkin kedepannya juga masih sama.

Salah satu sesi kerja kerjaan yang paling bikin repot adalah sesi dimana gue harus bikin dan menyerahkan surat cinta untuk kakak kelas. Gue yang polos imut belagu dan selalu make celana kedodoran ini pun bertanya

"Surat cinta itu kaya gimana kak?"
"Cari tau sendiri"

Gue diem.

Gue mencari tau gimana cara bikin surat cinta yang katanya harus dikasih besok. Waktu itu pula gue kebetulan punya kenalan dari facebook ( iya gua emang alay ) dan kebetulan juga dia seangkatan sama gue jadinya dia juga lagi mos. Dia dapet SMA yang beda sama gue tapi dia mosnya juga disuruh bikin surat cinta.

Pas itu gue chattingan ama dia dan sama sama kebingungan harus membuat surat kaya gimana. Gue bingung, ngelamun, kadang kadang ngupil kalo perlu.

"Kalo bengong doang gak bakal dapet, coba tulis aja" Pikir gue

Akhirnya gue mulai mengerjakan surat cinta ini, gue nulis membabi buta tanpa ngebaca apa yang udah gue tulis. Setelah selesai, gue ngebaca hasilnya dan gue sangat amat sangat puas bahkan tidak menyangka kalo gue dulu jago banget bikin surat cinta. Gue bangga banget sama hasilnya sampe sampe gue kasih liat ke bokap dan nyokap, kenalan gue juga gue kasih liat, dia cuma bisa ketawa sengakaknya, ahhh saking romantisnya, mungkin dia tak bisa menahan tawa.

Tapi hari ini gue menemukan sesuatu yang amat sangat bahaya siaga 11. Gue nemuin surat cinta yang dulu gue bikin, gue baca dan gue pingsan sambil menjambak rambut sekeras mungkin.

"INI GUE??? GUE DULU!?? OMAYGAT!!!!!!"

Berikut adalah isi surat cinta yang dibuat oleh gue di masa lalu.

kak... maaf saya nulis surat ini... bukannya saya suka sama kaka tapi karena di suruh sama kaka kelas osis laennya.. 
oiya kaka semalem sadar ga? saya ngirim bidadari buat jagain tidur kaka looh..
tapi bidadarinya balik lagi kak.. trus dia bilang gini 
  "kok bidadari jagain bidadari sih"
tuh kak bidadari aja ngakuin kaka itu bidadari.. apalagi saya..
maaf kak tapi saya uda ga bisa nahan lagi.. setiap saya ngapa ngapain selalu terbayang wajah kakak..
kalo makan, tidur, jalan.. kaka ada dimana mana..

Skakmat.

Gue tereak, hati gue jerit, pantat gue bengkak. Gue sempet berantem sama diri gue yang ada di masa lalu, kalo aja gue punya mesin waktu, gue bakal kembali ke jaman dulu dan menampar diri gue sambil bilang.

"Sadar diriku!! Sadar!! Ingat kehormatanmu!!"

Gue merasa kotor.

Yang jelas, gue mengerti sekarang. Diri gue yang sekarang bisa menilai yang mana yang benar dan salah, gak kaya dulu, semua benar. Contohnya waktu dulu gue ingin membela keadilan di jaman sd, temen gue nginjek tas perempuan dan marah marah, gue mencoba melerai dan gue ditampar. Gue nangis. Menurut gue nangis itu hal yang benar saat itu.

Nah sekarang ini adek gue yang pertama, Hayer lagi dalam masa mos SMA dan dia juga masih dikerjain buat bikin surat cinta ke kakak kelas.

"Kak bantuin bikin surat cinta dong"

Gue ngeliatin dia dan langsung berkata

"Bikin dulu sendiri nanti biar kakak yang cek"

Dia stres. Dia blank dan selalu bengong waktu nulis. Gue bisa ngerti gimana rasanya karena gue sendiri udah pernah ngerasain hal itu.
Gak lama gue nanya lagi udah belomnya dan dia mengangguk.

"Sini kakak liat"

Gue ngecek hasilnya, kurang lebih kaya gini.



"Kepada kakakku yang tersayang

Saat pertama kali ku berjumpa dengan kakak hatiku berdebar debar. Setiap kaliku melihat kakak, aku selalu kabur untuk menyembunyikan rasa maluku sekaligus dengan dompetku. Setiap kali ku melihat senyum kakak walaupun aku tak pernah melihat senyum kakak wajahku memerah karena aku merasa malu. Maaf, aku grogi."

Gue terharu.

Ternyata ini yang terjadi kalo surat yang gue bikin dulu gue kasih liat ke temen temen gue. Gue ga abis pikir men. Bagian pas dia tulis "kabur untuk menyembunyikan rasa maluku sekaligus dengan DOMPETKU". Gue berasumsi kakak kelas yang dia tulisin itu adalah seorang copet profesional yang menyamar menjadi murid SMA.

Lebih fail lagi adalah bagian "Setiap kali ku melihat senyum kakak walaupun aku TAK PERNAH melihat senyum kakak....". Gila... labil abis, pernah apa engga sebenernya ngeliat senyum si kakak ini. Daripada dibilang surat cinta, ini lebih pantas disebut surat curhat. Gue bisa ngertiin kenapa dia selalu bengong dan plonga plongo selama kurang lebih setengah jam dan hasilnya kaya gini.

Gue yang sekarang tau mana yang bagus dan jelek, gue bilang ke dia kalo itu udah bagus jadinya gausa diganti ganti lagi. Gue jadi kepikiran, sebenernya surat cinta yang bener bener surat cinta itu.. modelnya kaya gimana sih?


No comments:

Post a Comment