Friday, October 11, 2013

Ini PPAK!! Bukan Ospek!! ~1~


H-Jauh
Mental Play

Yap benar post gue kali ini bakalan ngebahas tentang masa dimana para mahasiswa baru alias maba melakukan pra kuliah alias ospek alias ppak. Namanya itu ospek tapi di kuliahan yang gue tempatin ini bukan ospek melainkan ppak. Kaya gimana ppak itu? santai... gue bakalan ngebahas perjuangan ppak gue selama 5 hari ini. Simak.

Prolog

Sebelum gue membahas kisah ppak gue. Ada baiknya seperti biasa gue bakalan ngebahas gimana perasaan hati gue selama sebelum memasuki ppak. Aaaah.. gila gue kalo inget masa itu, rasanya mau mati aja. Jantung uda kaya mau copot.

Jadi gini, ppak gue itu mulai tanggal 2 september seharusnya, nah karena gue kira sekitaran tanggal segitu, gue diajak syuting lagi sama bokap. Dijadwalin syuting gue itu dari tanggal 27 September sampe 31. Seperti syuting Malam Seribu Bulan dulu, gue syuting berangkat pagi dan pulang pagi lagi selama 5 hari itu. Gue ngefix in syuting itu sama bokap, jadi tanggal 1 Septembernya gue rencana berangkat ke Jogja dan tanggal 2 nya mulai ppak. Nah baru aja gue ngefix in syuting, malam hari di tanggal 24 September, gue dapet sms dari seorang panitia PPAK di kampus gue. 

Hal : Info Maba 2013
Sehubngan dg akn dilaksnakannya PPAK Institut, akan ada keg. mentoring : Sabtu, 31 Agustus'13
Pukul : 08.00 WIB
Pembagian kelmpk akn d tempel d jurusan masing2 (3 hr seblm mentoring )
AGENDA INI BERSIFAT WAJIB.

Jib.. jib... jib......
Skakmat.
Tanggal 31?????? Gue masih syuting!!
Dan.. oke kalian yang udah kuliah atau yang udah ngerasain ospek atau yang udah ngerasain sebelum ospek, pasti mengerti kan perasaan hati kalian sendiri gimana deg degannya? kalo yang belom pernah ngerasain, gue ogah jelasin. Ini permainan hati men. Jujur gue deg degan setelah baca sms itu.

"Mampus, kalo gaikut... diapain nih gue"

Itu yang terngiang di pikiran gue saat itu. Kebetulan salah seorang kru film itu ada Mamat, dia senior di kampus gue, seorang jomblo akut yang akhirnya udah dapet pendamping. Gue jelas curhat ke doi.

"Gue musti gimana?"
"Tanya aja kalo gak dateng gimana"

Ya memang harus ditanya.. gue pengen sms tapi gue memikirkan masa depan gue alias mikirin balesan smsnya. Gimana kalo tiba tiba dia bales "Gapapa, santai. Tapi jangan harap lo bisa balik ke kota lo"

Skak.

Tapi akhirnya gue tetep sms dan ternyata balesannya 

"Tgl 2 kmu langsng aj komfrim ke panitia PPAK Institut. Tmptnya d belakang rektorat nanti ada tulisan BEMI. :)"

Tuh.... bisa lihat kan?? lihat tidak!!?? ada tanda >> :). AAAAARRRRGGHHH!!
Senyum licik yang penuh tipu daya.. gue gak bisa diam, hati gue wara wiri. Susah diberhentiin.. ah.. Tuhan..

Muka gue pucet pasi. Gue takut. Jujur. Gue takut di bully, dikerjain abis abisan, dia gebug, tendang, tangkis. Ah pikiran gue udah aneh aneh. Mamat ngejelasin kalo ppak itu gak separah yang gue bayangin, iya emang tapi hati gue yang bisa ngebayangin gimana ppak itu. 

"Gapapa wy, kalo kegiatan mentoring doang mah gak terlalu digituin kok, kecuali kalo udah mulai ppak, baru deh tuh lo jangan absen"
"Kalo absen?"
"Jangan harap lo bisa balik ke kota lo"

Gue stres.
Tapi Mamat bisa nenangin pikiran gue, gue sempet merasa oh oke deh gapapa gak ikut. Tapi setelahnya.. gue di bbm sama temen gue yang baru aja kenal di Jogja dan juga temen kampus.

"Wy lo ikut mentoring?"
"Gue enggak, gabisa.. ada kegiatan di tempat asal"
"Wah serius lo? nanti di bully loh"

Duh.

"Maksudnya di bully???"
"Iya, kakak gue dulu pernah gak ikut gituan terus selama kuliah itu dia di bully terus terusan"
"Demi.....?"
"Serius.. ya terserah elo aja wy baiknya gimana"

Baiknya gimana?

Selama gue syuting, gue bisa sih dikit dikit ngelupain kegiatan mentoring tanggal 31 itu, lagipula gue pulang malem terus dan langsung tidur, gada pikiran mentoringnya. Nah pas banget di hari terakhir syuting tanggal 31, gue udah lemes, cape dan ngantuk. Salah satu kru disana sebagai Artistik, ternyata ada anak lulusan kampus gue ini. 

"Ohh lo disana juga toh?"
"Iya nih mahasiswa baru gue haha"

Tiba tiba Mamat nyerobot.

"Ini dia harusnya ada kegiatan ospek hari ini disana"
"Wah terus gak ikut?? Gila hati hati loh"
"Hah??????" 

Gue yakin muka gue kaya gini



"Iya wah lo kalo gak ikut ospek, bisa abis lo sampe lulus"
"Sampe lulus???"
"Sampe lulus"
"Mamat!!!!!!!!!!"

Gue ngamuk. Mamat langsung menjelaskan.

"Gak gini gini loh, hari ini itu bukan ospeknya tapi baru mentoring"
"Ooohh mentoring doang? ya kalo itu aja gapapa udah santai aja santai, jangan di pikirin, kecuali ospeknya, lo harus ikut"
"Beneran?"
"Bener, soalnya itu ospek buat mempererat angkatan lo disana, emang sih agak serem tapi itu penting, kalo lo gak ikut, itu ngaruh buat kelulusan lo"
"......."

Gue ngebayangin seserem apa ppak disana.. gue udah ngedengerin kisah ospek temen gue. Abim dan Baba misalkan, duo IBS yang sekarang sudah menjadi Ipin dan Upin, botak. Gue denger ceritanya Abim, dia ospek nginep di kampusnya dan bener bener bentak sana sini sampe diajak berantem. Beh. Gue denger cerita ospek si Lana anak Trisakti, dibawa ke puncak dan disana 3 hari diospek sampe digampar gamparin. Sampe sampe si Lana bilang 'kalo gue sampe kena gampar, mau gua adu ke kakak gue, kata kakak gue gada gitu gituan' alhasil dia gak kena gampar.

Tapi.. aduh.. gue? gimana ospek di kampus gue? di Jogja.. gue ngebayangin aja udah males banget. Ditambah lagi pas pas tanggal 31 itu, gue sembari kontak kontakan sama temen gue yang lagi ikut mentoring. Gue dan dia itu udah kaya pembawa berita dan reporter, kabar kabaran sana sini.

"Wy lo kelompok 14, tanggal 3 September nanti lo harus make kostum ala Lupus dan rambut gaya tahun 90an"

Apa? Maksudnya apa itu.. Setelah gue telaah, ternyata gue harus memakai kostum seperti Lupus, film jaman dahulu banget. Gue searching kaya gimana sih Lupus itu pakaiannya, astaga jadul abis.

"Eh emang itu pembagian kelompok terus temen temen gue siapa aja?"
"Ya gue juga belom kenal lah, eh nanti lo minta data catetannya di Maja aja wy, dia tadi nyatet barang yang harus dibawa bawa, banyaaak banget wy"

Cakep banget deh. Gue jatuh cinta sama kata kata terakhirnya.

"Ohiya wy tadi juga kita semua yang dari fakultas media rekam itu dikumpulin langsung disana.. ini aja baru kelar jam 5, wah uda kaya di ospek"

 Gue langsung sms Maja.

"Ja, kamu megang catetan catetan kumpul tadi?????"
"Iya wi..."

Nah gue belom ceritain bagian obrolan ini ya, di Jakarta, kita kalo ngobrol pasti selalu make gue elo elu gua gitu dan kalo sama pacar atau apalah, pasti makenya Aku Kamu. Di Jogja dan di daerah beda broh. Aku Kamu itu bahasa gaulnya. Di Jakarta, kalo nemu sesama cowo ngomong aku kamu, pasti langsung "homo homo". Gue, pertama kali ke Jogja, temen gue ini anak Madiun namanya Maja. Kita berdua sempet jalan bareng ke Malioboro, maaf gue ulangin, BERDUA. Ditambah, gue ngomong ama dia itu aku kamuan.

"Kamu gak beli sesuatu?"
"Aku masih bingung.. Kamu engga?"
"Aku juga sama nih.."

Paraaaahhhh. Gue belom terbiasa, ngomongnya juga lembuuuut banget. Gue udah kaya sepasang kekasih yang berbulan madu di Malioboro. Itu tinggal ditambah kata kata 'sayang' dibelakangnya, lengkap.

"Kamu gak beli sesuatu sayang?"
"Aku masih bingung say... Kamu engga?"
"Aku juga sama nih sayang.."

Mboh.

Gue ngebayangin ada anak SMA Jakarta lagi study tour ke Malioboro terus ngedenger gue berdua ngobrol pasti bakalan jadi pusat tunjukan jari jari dan cibiran mulut. "Ih homo Jogja". Hancur.

Bektutopik, gue nanya Maja tentang catetan itu.

"Ja aku minta catetannya ya besok, aku baru berangkat ke Jogja"
"Oke wi.. tapi kalo aku nganggur ya, soalnya besok aku ada kerja kelompok.."

Buset. Kerja kelompok?? seberat apa itu tugas.. gue langsung deg degan klimaks, gue ngerasa gaenak sama kelompok gue, gue mau teriak sekencangnya. 

"Anjir anjir anjir kerja kelompok, gue gaikut, parah, gimana kalo pikiran mereka kaya ngerasa gue ini orang yang gak peduli sama orang lain"

Pikiran gue banyak.

Sebelum gue packing, gue sempet ke pv dulu sama nyokap buat nyari kostum model Lupus. Setelah beli, gue sendirian langsung ke tukang cukur buat mendekin rambut dulu, masalah model kaya tahun 90an itu belakangan.

Malam terakhir gue di Jakarta, setelah packing.. gue siap tidur, tapi batin gue gak siap meninggalkan hari ini. Gue.. aduh gak tau deh.. kita lihat besok gimana.


7 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Lagi cari tau soal ISI, tiba-tiba ketemu blog lo kak, hahaha ngakak terus asli. Keep it up kak! :D

    ReplyDelete
  3. boleh nanya2 tntang isi jogja waktu tes? bolh mnta watsapp nya?

    ReplyDelete
  4. boleh nanya2 tntang isi jogja waktu tes? bolh mnta watsapp nya?

    ReplyDelete
  5. kak awy emang sebelum ppak ada montering dulu?

    ReplyDelete