Friday, October 11, 2013

Ini PPAK ku.. PPAK mu? ~ Day 2 ~


Setibanya gue di kampus, ternyata sama seperti kemarin, kita disuruh langsung membentuk barisan berurutan sesuai kelompok, untunglah saat itu kelompok kita juga belom telat. 

"Yang lainnya pada kemana?"
"TELAT!! CULIK AJA CULIK!!"

Jujur tiap kali denger kata "culik", telinga gue sensitif dan otak gue seakan berkata "lari bro lari".

Gue cuma duduk diem manis manja sembari menunggu pendamping kelompok ngecekkin barang barang lagi, kali ini Alhamdulillah gak ada kesalahan.. paling kalo kesalahan cuma pas kenapa gue ngebawa dua buah tas. Gue ngerasa hari ini bakalan berat lagi karena gue harus ngebawa 2 beban. 

"Bro sorry gue telat..."

Gue ngeliat di belakang gue sosok pria bule yang datang dengan keringetan, Sean. Dia adalah satu orang kelompok gue berasal dari Jakarta yang kemarin tidak hadir dan membuat gue membawakan tasnya seharian. 

"Darimana aja bro?"
"Telat.. tadi dihukum suruh jalan jongkok ngelilingin fakultas.."
"Aaahh.."

Gue merasa agak iba ngeliat wajahnya yang penuh dengan keringat, sempat terbesit pikiran untuk membantunya ngelap keringat tapi pikiran itu gue urungkan karena takut jadi icon homo angkatan.

"Sekarang semuanya satu persatu ke lapangan basket, kita foto foto"
"KE LAPANGAN BASKET!! CEPET!"
"YANG RAPI!!"
"PEGANGAN JANGAN SAMPE LEPAS!!"
"YANG LEPAS DICULIK!"

Sip.

Kita berbondong bondong menuju lapangan basket dan baris serapi mungkin lalu kita semua foto bersama.

"Senyum dooong"
"1... 2.. 3.."

*Cklik

Gue yakin hasil fotonya adalah bibir tersenyum kebawah.

"Oke sekarang semuanya kembali ke fakultas"
"PEGANGIN TEMENNYA!!"
"YANG LEPAS DICULIK!!!!"

Sip.

Kembalilah kami semua menuju fakultas. Disini kita baris lagi sesuai barisan lalu menunggu panggilan per jurusan.

"Yang jurusan Tv berdiri lalu didampingi pendamping masuk ke ruang galeri semua"

Kita semua yang jurusan tivi langsung masuk ke ruang galeri, gila bro.. dari sekian tempat gue yakin cuma satu ruang ini aja yang paling bisa dibilang surga... ACnya.. amboooooyyy.

Di dalam, kita duduk menunggu.. jujur aja... suasana tegang.. semuanya diam dan gak ada yang berani ngomong padahal gak ada apa apa di dalem sini..

"Kok pada tegang tegang banget sih.. santai aja santai.. kita disini nunggu panggilan dan nunjukkin karya"

Panggilan iblis kah.... mau gak deg degan juga repot mas.. situasi kami masih berupa peserta PPAK. 

Tak lama, akhirnya kita semua pergi dibentuk tim lagi, satu tim terdiri dari 2 kelompok, gue kelompok 14 digabung sama kelompok 13. Kita berjalan menuju gedung fotografi. Disana kita sampe di pos 4, baru aja tiba.. kami disambut dengan sebuah amukan mental.

"Ngapain kalian kesini?"
"Gatau mas.. kita ngikutin pendamping.."
"Kalo pendamping ngebunuh orang mau kalian ikutin?"

Jangankan bunuh orang.. bunuh diri aja... kita gamau ikutin...

"Mau ngapain disini? tau ini tempat apa?"
"Engga..."
"Terus ngapain kesini?"

Situasi tegang banget bro. Muka orang itu tepat di depan gue dan gue cuma bisa nunduk.

"Ngapain nunduk?"

Gue dongak.

"Ngapain dongak?"

Gue melakukan sikap "iya", dongak nunduk dongak nunduk.

"Jongkok semuanya"
"Teropong"

Cakep banget. Jongkok + Teropong, gak ada yang lebih indah dibanding kedua itu.

"Masuk ke dalem, sambil jalan jongkok"

Kita masuk dan di dalem.. aahh AC... kita berada di surga.....

"Oke terima kasih buat temen temen Maba udah hadir disini, sekarang bisa ditampilkan karyanya"

Disini kita menampilkan karya masing masing kelompok, berhubung disuruhnya satu kelompok satu karya jadinya di kelompok gue ini, karya gue yang ditampilkan. Disini ternyata pos Tata Artistik dan kita ngebahas artistik karya.

Setelah beberapa lama dan selesai di pos ini, kita lanjut ke pos 5 yang ada di sebelahnya. Pos Produser. Disini kita bertanya jawab tentang bagian bagian Produser. 

Selesai dengan pos di gedung fotografi, kita keluar gedung dan begitu keluar, gue ngeliat didepan pintu keluar itu ada segeng mahasiswa yang sepertinya.. alumni? 

"Woi sini dulu dooong"

Jujur gue gak denger pas mereka manggil, jadinya kita tetep jalan bablas ninggalin mereka.

"WOI ASU SINI!!!"

Kali ini kalo gue gak denger, sama aja bunuh diri. Akhirnya kita datengin mereka.

"Asu ya dipanggil diem aja"
"Eh lo Jakarta kan? IKJ kan lo?"

Gue langsung deg degan klimaks kuadrat, mereka ngomong ke Sean. 
"Push up 10 kali"
"LAKI LAKI PUSH UP!!"
"TANGAN DIKEPAL!!"

Gue kena push up juga.... 

"Cape? Hah!? Cape??"

Gue ngeliatin Sean dia mukanya udah merah semua dan keringetan dimana mana. Sempat terbesit lagi pikiran buat ngelap keringetnya tapi takut digampar.

"Udah? yang cewe siapin air minum dong buat lakinya"
"Nah gitu dong"
"Dah sana pergi buruan"

Kita pun pergi menuju gedung dekanat dengan terengah engah... gila brooo itu push up bikin cape mental ketimbang fisik.

Di dalam gedung dekanat, kita masuk ke pos 1 dan di post itu kembali kami dicecer habis habisan.

"Kenapa cuma satu karya?"
"Disuruhnya satu kelompok satu kak.."
"Trus kalian nganggep karya temen kalian ini karya kalian juga gitu?"

Gue cuma bisa nunduk diem berharap gak kena omelan.

"Heh kamu seneng? seneng karyamu dipilih?"
"Engga kak.."

Well... setelah itupun kita disuruh duduk buat nonton karyanya. Teropong.

Setelah selesai, kita ngebahas filmnya dan lanjut ke post selanjutnya yang mana gue gajadi maju karena waktunya keburu habis.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Saat saat terakhir menuju jam 5 penutupan ppak fakultas yang mana ternyata masih jam 3.. kita semua dipisah pisahkan antara yang pria dan wanita.

"YANG LAKI KE KANAN!!! KUMPUL SEMUANYA!!"
"YANG PEREMPUAN KE KIRI!!"
"LAMA!! CEPETAN!!"
"PEGANGIN TEMEN TEMENNYA!!!"

Dengan sigap kita semua langsung berkumpul jadi satu dan merapat.

"NUNDUK SEMUA!! YANG NGINTIP MATI!!!"

Bukan maen... yang ngintip mati.... kita semua langsung nunduk dan sumpah itu bener bener sempit dan desek desekan.

"YANG LAKI BUKA BAJU!!"
"CEPETAN ASU!!!"

Gue langsung dengan sigap membuka kemeja dan kaos....

"PAKE LAGI!!!!"

Etdah.

"NUNDUK SEMUA!! PEGANGIN TEMEN TEMENNYA JANGAN SAMPE ADA YANG DICULIK!!!"
"Kepada para pendamping kelompok dimohon menjaga kelompoknya jangan sampe ada yang terculik.."

Mendengar kata kata itu gue langsung merinding tujuh keliling tawaf haji. Jangan jangan sekarang sesi culik culikan.. omaygod.. bener aja.. gue yang lagi nunduk sambil memegangi tubuh seseorang di depan gue yang mana bernama Ayik tiba tiba kerah baju gue ditarik dengan kencang sampe leher gue kecekek.

"LEPAS!!!"
"MAS JANGAN MAS JANGAN!!"

Suara yang melarang itu adalah suara pendamping yang bertugas melindungi kami. Tarikan di leher gue akhirnya berhenti, tapi itu belum seberapa.

"MERAPAT SEMUANYA!!!"
"PEGANG TEMANNYA!!""
"CULIK!!!"

Langsung rapet dah kita kita.... gue merasakan berbagai rasa seperti ada yang lompat dan meniban kami, disiram air, ditaburin chiki chikian, dilemparin sambel ulek dan yang paling parah..

"MAMPUS LO GUE KENCINGIN NIH!!"
"MAS JANGAN!!!"

IYA JANGAAAAN!!!!

Setelah beberapa lama, serangan serangan sudah agak mereda tapi suara cacian masih ada dimana mana. Akhirnya setelah agak lama kita nunduk, jongkok dan diam.

"SEKARANG SEMUANYA JALAN JONGKOK IKUTIN PENDAMPINGNYA!!"

Langsung aja kita jalan jongkok nunduk dan sumpah itu pegel banget, mana selama jalan jongkok itu masih ada banyak tangan gerayangan narik narikin kita. Sempet berhenti dan gue ngedenger sebuah suara yang ngomong ke Sean di belakang gue.

"Ooohh lo yang IKJ? Mati lo disini!!!"

Gue diem. Berharap gada tambahan kata kata ke gue tapi...

"Eh lo anak Jakarta ye hah!?"
".........."
"Lo kalo ngomong pake elu gue elu gue kan?"
"..........."
"MATI LO!!!"

Aaahh......

Kita lanjut jalan jongkok lagi dan ditengah jalan jongkok itu, bagian depan dari kelompok kami ini ditarik dengan kencang oleh seseorang dan kita semua ambruk. Parahnya... setelah ambruk kita masih ditarik dan terseret seretlah dengan aspal... Gue ngeliat tangan kiri gue udah ngeluarin darah disana sini. Luar biasa.

Setelah berjalan nunduk merem, gue ngerasa kita berada di deket stage gitu dan gue sempet ngintip ada dosen berdiri atas stage.

"Eh kamu masih kuat??"

Gue ngedenger kata kata itu dan kaget melihat Ayik yang ada di depan gue tiba tiba ambruk, dia pingsan, jatuh menimpa gue dan dosen tersebut yang dengan sigap menahan ambrukannya. Gue langsung dibangunin sama beberapa orang dan Ayik digotong ke ambulan.

"WOO ADA YANG MATI TUH TEMENNYA!!"
"MATI KALIAN!!"

Masih. Akhirnya kita semua berhenti dibawah stage dan berdiri disitu.

"Sekarang kalian boleh membuka mata kalian"

Gue ngebuka mata dan di atas stage gue ngeliat seorang dekan berdiri. Doi terlihat berwibawa.

"Saya ngerasa kurang puas dengan ppaknya, gimana kalo ditambah 2 hari lagi?"
"TAMBAHIN AJA PAK!!"
"CULIK SEMUANYA!!!!"

Lesu. Lemes. Lelah. Letih. Lunglai. Semuanya udah ada bercampur jadi satu.

"Saya ngeliat dari awal proses ppaknya dan saya ngerasa ada yang kurang, kalo gamau 2 hari, tambah sehari lagi gimana?"
"SEBULAN AJA PAK!!"

Etdah.

Gue udah gabisa berkata kata, tangan kiri gue yang berdarah itu gemeteran, kepala gue juga sempet kejedug sesuatu mengakibatkan sakit penat. Apapun hasilnya yaudahlah...

"Oke jadi sebenernya ppak ini dimaksudkan agar kalian semua bisa mengenal lingkungan ISI dengan baik, dari tadi itu saya bahkan ada bu rektor ngeliat gimana proses ppak ini berjalan.."

Gue ngeliatin aja..

"Sekarang udah jam 5 dan kita ini orang orang yang patuh pada waktu, dengan ini saya nyatakan PPAK Fakultas ditutup"

Dari neraka menuju surga, dari darat menuju langit. Itu merupakan kata kata terindah di telinga kami. Setelah pengumuman PPAK Fakultas ditutup, serentak kita semua naik ke panggung dan merayakannya dengan berjoget JKT48 Heavy Rotation.... beneran.... sebab selama PPAK itu, ada satu orang anak yang merupakan JKT fanatic dan lagu ini serta tariannya menjadi bagian ppak.

Selesai acara, kita langsung bebenah dan merapikan tas yang tercecer. Gue ngobatin tangan yang berdarah darah. Ayik dikabarkan dikirim ke UGD karena pingsan dan entah gimana kabarnya. Kita semua disuruh pulang, beristirahat untuk melanjutkan hari esok yang mana adalah PPAK Institut.. tapi sepertinya mengenai kisah PPAK Institut ini bakalan gue undur postnya..

15 comments:

  1. Halo aku, oke, gue, nyimak semua post tentang PPAKnya nih, seru wuahaha. PPAK Institutnya ngga diceritain juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sarah makasih udah ngebaca ceritanya hahah
      niatnya sih mau diceritain juga tapi apa daya sudah agak lupa gimana kisah saat PPAK Institutnya nih haha
      asal darimana sar? haha

      Delete
  2. Kak kira2 ppak butuh dana berapa ya? Kalo dr luar jogja kan susah belom tau tempat2 nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kurang tau ya kalo dana butuh berapa, tergantung yang nge ppak sihh, kalo kemaren sih saya... yaahh.. yaaaaahh gitu laaaahh

      Delete
  3. Ahahahaha tulisan lo kocak bang, thanks for sharing! Seenggaknya gue ada gambaran ttg ppak dan penasaran gmn ppak tahun ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks udah baca! masuk ISI juga tahun ini? fakultas mana?

      Delete
  4. Lebih serem ppak fakultas atau ppak institut kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm tunggu saatnya aja :D nanti kan jadi bisa cerita cerita hahaha

      Delete
  5. Sumpah kocak abiss!! bakal seru banget nih kayanya hehe..
    Semua berawal dari petugas Transjogja yang nakut-nakutin aku soal ospeknya ISI. Alhasil, aku penasaran & browsing. Eh, nemu blog ini :D

    Aku suka style tulisan kamu bang, asik & ringan dibaca. kenapa gak nulis aja? ntar dikirim ke penerbit. coba-coba gitu.. siapa tahu kan? ntar aku bantuin promo deh, hehe..
    bagian terfavoritku itu pas kamu disuruh tereak "AKU KEBELET EEK" Sumpah aku ngakak sampe nangis di bagian itu!
    by the way.. tahun ini aku lolos di ISI Jogja & masuk DKV :D mana namaku yaah.. cukup uniklah.. mungkin satu-satunya di Indonesia wkwkwkwk dan aku yakin pasti nanti aku dikasih kode. jadi siap-siap aja buat jadi korban selanjutnya.


    CULIK.. CULIK.. CULIK

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo lantera hahah wah kayaknya lagi masa masa deg degan nih buat ngikutin ppak, nanti setelah selesai ppak bisa di share ceritanya gimana tahun ini hahaha
      wah kalo ngirim ke penerbit gak mikirin sama sekali soalnya lebih seneng nulis disini dan gak terikat sama penerbit, tapi mungkin next time lah ya haha

      Delete
  6. hmm.. bener juga. kita para pekerja seni emang ga suka terikat ya :D
    yaah.. semoga PPAKnya FSR seru & ga ada jorok"nya

    see you!

    ReplyDelete
  7. Kak persiapan buat ppak tuh uda di lakuin dr sebelum masuk ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm tergantung panitianya sih mau gimana sistem ppak nyaa

      Delete
  8. asli gua suka bngt blog lu.. enak dbaca, gua pngn ktawa trs pdhl hr ini guag ada msalh .. hahaha

    ReplyDelete