Saturday, March 30, 2013

Beware of Buta Arah


Gue paling lemah sama apa yang namanya menghapal.. bukan.. bukan menghapal situs indehoi, tapi ngapalin jalan.. buta arah. Kalo siang gue masih fine bisa ngeliat jalan dan inget baek baek walau begitu keluar gang langsung keder.. tapi kalo udah malem, jalanan sempit, banyak belokan.. skakmat.

Hari ini deh contohnya, gue abis ngelaksanain sebuah program belajar intensif (baca: neraka) di sekolah dari jam setengah 7 pagi sampe jam 4 sore. Cuma ada 3 mapel yaitu mtk, fisika dan kimia. Cakep.
4 jam pertama gue masih semangat belajar, kalo dibuat kaya film kartun mungkin di mata gue ada api berkobar dan kepala gue tumbuh tanduk. Tapi kayaknya gak cocok buat gue.. kalo kobaran apinya lo ilangin dan tanduknya lo ganti bando pink berhati merah, mungkin baru cocok.

Gue belajar terus sampe jam 4 sore hingga akhirnya gue ngedenger suara yang di idam idamkan seluruh pelajar sma.. bel pulang.. Gue pengen pulang.. sebelum gue pulang, gue ngajak Baba buat bareng naek motor, kebetulan gue lagi bawa motor. Gue ke kantin dan ngobrol ngobrol sama Adam sembari ngulur waktu. Akhirnya gue ke parkiran motor bareng Baba dan kita siap pulang, tapi keingin pulangan gue itu ternyata merupakan insiden php belaka. Gue gabisa pulang.

"Wy ikut ke wargih yok anak anak pada ke wargih tuh"
"Yah mager juga wid jauh kan, lagian gue ama Baba"
"Yaelah Baba turunin aja"
"Anjir lu wid"

Gue bablas menuju gerbang sekolah dimana berkumpul sekumpulan anak anak kelasan gue dan tiba tiba salah satu dari mereka lari nyamperin gue, Sari.

"Wy! Lu ikut ke rumah April dongg jenguk diaa kan lagi kena tipes"
"Hah? Ah gue pengen balik.. pusing nih pala"
"Yahhh gimana sih nii ketua kelass"

Tiba tiba Widian dan Mikyal dateng nyamperin.

"Wy ke rumah April dong"
"Gue sama Baba ini masa iya dia ikut"
"Ba! Lu turun apa!"
"Enak aje!"
"Wy si Sari gak ada barengannyaaa tuh kasiaan, lu tega ama cewe?"
"Lu ga tega ama gue? Jauh kan! Tuh Widian sendirian"
"Widian ama Septy, udaah ah Ba turun lu"
"Apaan sih gaaak"

Gue diem aja, gak mau komentar banyak. Tiba tiba Wira dateng dan dia naek mobil jemputannya.

"Nah!! Ba lu sama Wira aja sana!"
"Ha?" Gue sama Baba bengong
"Wir wir!! Baba mau nebeng!"
"Lu mau nebeng ba? ayo sini"
"Hah? engga ah engga...."
"Sono ah cepetan lu ba"

Baba digeret turun dan didorong paksa masuk ke mobil Wira sambil dibekep dan diiket mati. Gue hopeless dan mau gamau harus ikut mereka.. gue mau tidur....

"Nah yaudah wy lu sama Sari ya"
"..... ya"

Akhirnya gue terpaksa ikut ke rumah April.

"Eh patungan goceng goceng buat beliin April buah.. Wy patungan lu!"
"Mati lu!!"

Kita berangkat, gue ama Sari dan Widian sama Septy, kita berempat pertama ke total buah yang ga jauh dari situ buat beli buah buahan. Sementara Sari dan Septy masuk, gue sama Widian nunggu di pinggiran jalan ditengah teriknya sinar matahari yang menyengat kami.
Memang kalo udah yang namanya shopping, cewe itu nomer satu.. lama banget.. gue ngerasa kepanggang nunggu diluar berdua ama Widian. Gue curiga mereka gak cuma beli buah buahan tapi justru ngegosipin barang barang yang dijual disitu kaya..

"Eh liat deh.. durennya lucu ya.."
"Ihh bener bener eh tau gak sih itu ya gue dibeliin jeruk bali gitu sama gebetan guee"
"Sumpah sumpah sumpah demiapaaa? Ihhh unyu bangetttt"
"Iyaaa eh liat tuuhh mas mas yang jaga kasirnya.. uhhh gak tahan ya.."
"Ah itu yang daritadi gue liatinnnn"
"Ihh sama dooongg kita sehati yaaa"
"Iyaaa eh foto yukk foto"
"Ayuukk satuu.. dua.. tii.."

Matilah kalian.

Gue ama Widian nunggu.. bengong.. diem.. Akhirnya setelah lama.. mereka muncul dan langsung minta maaf.

"Maaf yaa abis kita bingung mau beli apa.. beli apel mahal banget.. masa 2 sampe 115 ribu.."
"Iya mahal banget.. akhirnya gue tadi nanya mbak mbaknya buah yang bagus buat tipes apa.. katanya pisang sama pir.. yaudah gue beli itu.."
"Gak masalah.. ayok ah"

Kita jalan.. gue ngikutin Widian dari belakang berubung gue gatau jalan.. katanya pada ngumpul dulu di rumah Hervina. Gue ngikutin Widian terus dan terus.. kok ke arah rumah gue??
Tiba tiba dia berhenti dan nengok ke gue

"Wy salah jalan.. gue lupa.. malah ingetnya pengen ke rumah lu.."
"Yeh si bloon!"

Akhirnya kita muter balik dan jalan jauh menuju rumah Hervina yang terletak sedalem dalemnya komplek. Disitu kita ngaso sebentar sambil solat. Nyokapnya Hervina nawarin kita buat beli somay, ugh gila... cakep.. tepat waktu dan akurat.

"Ayo itu tante uda panggilin somay.. pesen aja gih"

Karena gue orangnya gabisa tothepoint jadinya gue sepik sepik nolak dulu gituu

"Ah tante bisa aja.. gapapa tante aku udah sunat kok.. oiya akhir akhir ini eyang subur lagi hot ya.. tau gak sih masa ada jam tangan dijual murah di toko toko online gitu tante.. kucing itu kalo malem matanya nyala ya.. eh masa katanya un tahun ini 20 paket.. kan kita jadi kewalahan ya tante.. terus.."

Alhasil gue dianggap freak oleh seluruh keluarga Hervina dan nama baik gue jatuh dalam hitungan detik.

Gak nyangka ternyata somaynya dipesenin ama Hervina, gue masih pura pura malu gitu.. somay gue berdua bareng Widian makannya, pas lagi sepi dan gak ada orang.. gue lahap.. begitu ada nyokapnya lewat gue berhenti dan pura pura kenyang.. begitu nyokapnya udah pergi gue mesen lagi ( gaklah )

Gue ngebalikin piringnya ke si tukang somay dan tiba tiba nyokapnya Hervina bilang

"Eh pesen lagi aja.. gapapa.. itu si Widian belum kan"
"Ah gausah tante aku udah kenyang.. suer.."
"Ah malu malu aja kamu.. yaudah tante pesenin ya"
"Gausah tante aku aja, bang somaynya 7 tahu putihnya 11"  oke yang ini gue bercanda.

Akhirnya Widian dipesenin somay lagi sama nyokapnya Hervina.. gila.. subur banget gue di rumah ini.
Setelah puas makan somay di rumah Vina, kita semua berangkat ke rumah April yang letaknya gak jauh dari situ. Di rumah April kita ngeliat dia mukanya lemes banget.. rambutnya berantakan, bajunya belelelan, bawa karung goni dan jalan kemana mana nyeker. Ternyata gue salah orang.

April terlihat seperti tidak sakit padahal sakit. Gue gatau sih tipes karena kenapa dan apa. Menurut pendapat Dr. Kawakibi Muttaqien, SarDen, S.Krim ( Sarjana Desain dan Sarjana Kriminologi ). Tipes, Tip adalah uang yang diberikan kepada tukang parkir dan Pes bunyi waktu balon kempes, jadi Tipes adalah penyakit dimana ketika lo ngempesin balonnya tukang parkir.

Kita jenguk April sampe maghrib dan akhirnya tiba waktu pulang.. oh engga.. gue ditarik paksa ke wargih.
Gue mau pulang.. ngantuk.. gada duit pula buat makan. Tapi gue terpaksa kesana karena motor gak ada lagi buat ditebengin.
Jalan ke wargih, oiya orang orangnya itu ada Gue, Widian, Sari, Septy, Ithan, Tacong, Rahe, Rizka, Sarpam, Faradhila, Mikyal dan pacarnya, Alul. Tapi yang ke wargih cuma gue, Widian, Septy, Sari, Ithan, Rahe, Tacong, Sarpam, Rizka, Sari dan pacarnya yang baru dateng, Fauzan.

Gue bareng Rizka kali ini, jalannya lumayan agak jauh kesana. Wargih ini katanya cukup eksis tapi gue gatau karena gue gak eksis eksis amat. Yaudah gue kesana dan begitu gue ngeliat menunya, serem abis men gue gangerti itu apaan.. roti bakar abon, roti bakar honey star, roti bakar pengunjung, roti kebakaran, roti bakar goreng dan apalah... gue pusing ngeliatnya.. akhirnya gue mesen indomie goreng 2 dan nutri sari.....
Begitu pengen bayar, ternyata kita semua dibayarin sama pacarnya si Sari ini.. aduh.. sungguh beruntung gue hari ini.. dikasih makan somay.. dibayarin makan.. ah banyak deh.

Kita pulang berhubung waktu sudah menunjukkan jam setengah 9 malam, gue bareng Tacong kali ini dan gue harus nganterin dia sampe rumah....... biar dibilang cowo gentle. Rute rumahnya searah gue pulang jadinya oke aja.

"Cong emang rumah lu dimana?"
"Rumah gue di Pejaten Barat wy nanti lo ke deket pizza hut terus blablablaba"
"Hah? gimana gimana?"
"Ahh susah deh nih lo tanya si Rahe aja deehh"
"Itu rumah lo apa rumah Rahe?"

Gue selama ngeboncengin Tacong entah kenapa motor gue miring ke arah kiri terus, entah ada makhlus halus yang gangguin gue apa gimana yang jelas selama gue nyetir itu badan gue dimiringin ke kanan biar seimbang.

"Cong jangan gerak gerak apeeh"
"Gue gak geraak!"
"Kok miring??"
"Gak tauuu"

Seeerrr.. gak nyangka tiba tiba ada gundukan aspal dan gue serasa terbang, jantung gue berasa mo copot dan pantat gue keangkat dari jok motor.
"Apaan tuh tadi ya Allah.."
"Ahhelah wyy udah malem jangan ngelawak ah"
"Gue gak ngelawak!"

Dikala angin malam yang dingin itu, gue kebingungan nyari Widian dan Rahe karena kepisah.. gue bingung musti ngikutin yang mana.

"Wy lu ikutin si Rahe aja"
"Gue masih bingung itu sebenernya rumah lo apa Rahe"
"Ikutin aja udaah"
"Yaudehh... eh Rahenya mana?? ngebut banget dia"
"Iya kok dia udah ilang aja sihh? cepet banget.."
"Kebelet berak kali ya"
"Yah terus gimana? eh gapapa sih gue tau jalan kok"
"YAIYALAH ITU KAN RUMAH LO!!"

Ngajak ngomong Tacong itu susah banget.. udah karena angin kenceng yang menerpa wajah hingga suara gak kedengeran, kita berdua juga rada bolot.. gak nyambung antara pertanyaan dan jawaban.

"Cong si Rahe udah kaga ada deh kemana ya.."
"Gak juga sih wy rumahnya Rahe deket rumah sakit jiemsi.."
( Gue yang cuma denger kata deket mengira rumahnya Rahe deket sama Tacong )
"Ohh deket.. kenapa gak bareng aja?"
"Iya di deket jiemsi"
"Hah?"
"Eh lu ngomong apaan sih wy?"

Begitu sudah sampe deket pizza hut, kita belok dan masuk perkomplekan gitu.. gelap banget.... udah gitu jalannya sepi dan banyak belokan.. gue jadi linglung dan keder ngeliatin jalan, mata gue juga rada rada minus gitu kan.. kalo malem lebih susah liat.

"Itu wy ke kanan.. kanan ke arah sini kan ya?" ( sambil nunjukkin arah kanan )
"Iya cong"

Gue terus jalan dan melaluin jalanan kecil serta belokan.. Tacong nyuruh motong jalan.. gue berusaha menginget.. potongan jalan itu nembus ke pertigaan jalanan kecil.. kita belok kanan dan lurus terus melewati beberapa belokan hingga akhirnya sampe di sebuah SD dan depannya persis itu rumah Tacong.

"Makasih ya wy eh lu tau jalan balik gak?"
"Tau kok, gue apal tenang aja"
"Oke deh makasih ya!"

Gue muter balik dan jalan.. gue jalan luruuusss teruuss sampe gue kebingungan nyari mana belokan pertigaan yang tadi.. gue lurus dan balik terus nyari lagi.. gue nyasar.
MATI GUE!

Gue tetep stay cool dan berpura pura tidak nyasar, gue cuma bisa berharap dalam hati tiba tiba ada bidadari jatoh ke pertigaan yang gue lewatin tadi. Gue uda kayak orang bego.. maju mundur, puter balik.. hingga akhirnya gue nemu pertigaannya yang di depannya persis ada 3 orang lagi nongkrong yang keheranan ngeliatin gue.
Gue jalan lagi lurus terus mencari pintu keluar.. dimana aku?
Jalanan gelap dan gue gatau arah, gue masang patokan tukang bakso gerobak tapi kagak ada.. jangan jangan abangnya pergi. Gue lost in PejatenBarat, kalo bisa dibikin film.. gue bakalan bikin adegan dimana si pemeran utama kena penyakit gila abis boncengin cewe bolot dan tersesat di komplek.

Setelah sekian lama gue mencari jalan keluar sambil berlinang air mata, gue berhasil menuju jalan raya.. Gue terus jalan pulang dan begitu sampe di rumah gue ngeliat banyak mobil serta motor di depan rumah gue. Begitu gue tanya si Nj ada apaan.. ternyata.. ada acara keluarga dan sudah selesai.


No comments:

Post a Comment