Tuesday, March 12, 2013

Sistem Kebut Semalam


Gue sekarang lagi di masa masa ujian akhir sekolah atau uas. Katanya sih ini ujian penentu kelulusan atau engganya, gue sempet ga percaya dan menjalani kehidupan gue dengan santai seperti biasanya hingga suatu waktu di ruang lab kimia lantai 1 jam 2 siang.. Bu Yuli mengatakan

"Nilai minimal buat uas itu 70.. kalo kalian dapet nilai dibawah 70.. misalnya 68, kalian gak lulus dan nilai ini akan dimasukkin ke ijazah"

Gue terharu.
Hati gue tergerak dengan suara teriakan isak tangis yang amat sangat. Sabtu dan Minggu kemarin itu Ecal dan Dimas ke rumah gue dengan niatan belajar bersama, ya kita belajar. Kita belajar Fisika, dari jam 4 sore sampe jam 8 malem.. kita berhasil ngerjain 2 nomor fisika dengan kepala pusing dan penuh argumen. Gue gak abis pikir, suatu "fisika" yang punya rumus kepastian itu bisa di argumenin, gimana kalo ekonomi atau geo atau pelajaran ips lainnya? mungkin akan ada pertumpahan darah..

Hari senin kemarin itu gue uas bahasa indo dan agama, fine itu masih bisa di tolelir, yang gue takutin itu pelajaran ipa, fisika bio dan kimia. Gue gak ngerti semuanya dan itulah yang terpenting. Pas di kantin si Lana ngasih sebuah buku "Sistem Kebut Semalam", jadi itu bukunya.. ya Lana kan ips jadi isinya tentang ips semua dan gue tertarik karena bukunya itu bagus, bukan bukan harganya tapi isinya, kebanyakan langsung ke inti jadi gak ada basa basi, gue akhirnya rencana beli buku itu bareng Lana malemnya.

~~~~~

Gue ke penvill bareng Lana doang, berdua.. gue ulangin.. berdua.. ya berdua. Kita rencana ke penvill abis maghrib, gue nungguin Lana di rumah.. doi lama banget.. pas gue sms dia bilang lagi nunggu pacarnya.. jangan jangan dia bareng pacarnya, sialan abis. Ternyata engga, gue beneran pergi berdua doang sama Lana.
Sebelum ke penvill, Lana ngajakin dulu ke rumah Eldi karena dia pengen minjem harddisknya dia.. Lana lagi kena syndrome "Running Man", acara tv di korea gitu..
Selama perjalanan ke penvill itu sepi banget, maklum mungkin karena besoknya hari raya nyepi. Kita masuk ke penvill dan langsung menuju gramedia, gue ngambil duit dulu di atm. Di gramedia gue nyari buku sistim kebut semalam itu yang tentang ipa. Gue nyari dan ketemu.. ada 2 buah buku sistim kebut semalam tergeletak di lantai tanpa ada plastik yang membungkusnya.. satu ips satu ipa.. kasihan sekali mereka.. Gue ngambil satu buku dan bayar ke kasir, selesai bayar di kasir, gue berencana pengen beli beberapa perkakas alat tulis kaya rautan dan pensil gitu. Gue ke bagian alat tulis dan gue kebingungan beli rautan, gue punya rautan mobil pemadam kebakaran.. tapi udah rusak dan gabis ngeraut lagi.. gue akhirnya berencana beli rautan traktor, lebih keren dan lebih kelakian.

Lana celingak celinguk, doi pengen beli buku notes tapi yang ada spiralnya. Kita nyari nyari buku itu, nemu satu yang bagus tapi gak ada spiralnya. Gue beli pensil.. pensil 4B dan H, rencananya cuma buat gambar gambar iseng.. oh engga.. gue gak jago gambar, maksudnya itu buat gambar di kertas soal uas nanti kalo udah stuck. Sebenernya beli pensil ini buat alasan doang sih.. Gue kan beli rautan mobil traktor gitu.. gak lucu dong kalo gue bayar ke kasir cuma beli itu rautan doang.. gue bisa bayangin mbak mbak kasirnya ngeliatin traktor gue dan muka gue lalu balik badan dan tertawa "Khukhukhu.."
Jadi untuk menghindari hal memalukan tersebut terjadi, gue beli pensil dan penghapus supaya rame dan menunggu kasir hingga sepi.

Lana nemu buku spiralnya, dia seneng banget tapi cuma ada satu masalah dari buku itu.. gambarnya barbie. Dia bimbang dan galau mau beli apa engga.. gue yakinin dia buat beli tapi dia terlalu malu dan takut dicaci maki teman temannya. Padahal menurut gue sebentar lagi kan kita lulus SMA dan menuju kuliah jadi dia gak perlu malu atau khawatir reputasinya turun.

"Wy makan yok di Solaria"

Ajib.. jiwa homonya keluar. Doi ngajakin makan di Solaria, kita kesana dengan berbagai pikiran dan rencana supaya gak disangka homo. Solaria untungnya sepi, Lana dengan sigap memilih tempat di tengah tengah.. bener bener di tengah.

"Supaya semua orang bisa ngeliat dan tau kalo kita gak homo wy"

Gue sempet khawatir dia milih tempat di pojok ruangan deket jendala yang mengarah keluar dan terlihat lampu lampu yang bersinar menyinari indahnya malam, gue bakal nasehatin dia.
Kita duduk dan mesen makanan sembari berbincang bincang dengan canda tawa layaknya dua orang homo yang konsultasi ingin kembali normal. Kita ngobrolin banyak hal yang asik seperti perkembangan ekonomi Indonesia, arah putar rotasi bumi, kemajuan industri di Eropa dan ditangkapnya Raffi karena kasus.

Selesai makan kita pulang, kita masih asik ngobrol hingga Lana mulai nyeplos suatu hal yang aneh..

"Bokap gua cerita wy jadi dulu pas penvill baru selesai dibangun itu di Solaria ada hantunya.."
"Hantu apaan?"
"Gatau juga sih katanya itu hantu kebalik, jadi kakinya di atas palanya di bawah"
"Buset serem bener, itu beneran?"
"Iya gatau juga gua tapi kata Bokap gua gitu"

Ada hantu kebalik? kurang kerjaan banget itu hantu, gak kebalik aja udah susah jalan gimana kebalik. Gue juga jadi inget dulu pas penvill masih dibangun itu Baba sempet ngajakin gue maen kesana. Waktu itu gue masih kelas 2 SMP terlihat polos dan lugu, imut deh. Baba nyeletuk

"Wy ke pejaten village yok!"
"Hah? apaan tuh?"
"Mall baru bege di pejaten eh tapi serem wy disana"
"Kenapa tuh?"
"Itu mall kan dulunya kuburan naah katanya tuh kalo ada yang mau masuk ke mall itu harus ada yang di tumbalin, serem banget iihh"
"Hah?? Demiapa?? Serem banget! Jangan kesitu deh ba!"
"Iya jangan deh ya!"

Dulu gue itu masih bloon dan gampang kena tipu, begitu pula Baba. Lo bisa bayangin mall mana yang jika kita pengen masuk itu harus ditumbalin dulu.. buat apa dan buat siapa itu tumbal.. siapa yang mau jadi tumbal.. orang gila mana yang bikin gosip gak berakal sehat gitu. Gue tapi sempet percaya dulu yang bikin gue gak kesana selama setahun. Dulu gue mikir "Alhamdulillah gue punya temen yang perhatian.. Baba.." sekarang gue mikir "Dulu gue goblok banget!!!"

Kalo ceritanya Lana masih bisa diterima akal sehat, hantu kebalik.. ya walau gak sehat juga sih jalan dengan kebalik gitu.. Tapi ceritanya Baba.. gue sakaratul maut sambil jalan kebalik dan minum es teh manis make sedotan juga gak bakal percaya.
Penvill itu bekas kuburan yang bikin gue bertanya tanya.. kuburannya itu di ratain sama tanah atau di pindahin? Kalo di pindahin mungkin makan waktu dan harus bertanya ke pemiliknya dulu jadi gue berasumsi itu diratain sama tanah. Gue gabisa bayangin kalo ada waktu dimana malam sedang bulan purnama penuh dan mayat mayat tersebut bangun jadi zombie dan menghantui penvill. Lalu semua orang yang ada didalam terjebak gak bisa kemana mana hingga akhirnya mereka terperangkap di atas. Pikiran itu gue urungkan setelah tau lantai penvill dari beton, mungkin sebenernya para zombie itu udah bangun dari lama tapi mereka gak jadi nyerang kareng gak bisa ngebobol pertahanan beton itu..

"Anjrit bro ini beton"
"Wah kurang ajar.. jebolin coba"
*Duk duk*
"Susah.. aduh tangan gue sakit kan.."
"Yaachh.. terus kita gimana dong?"
"Balik aja deh balik.."
"Yaudeh.."

Mungkin itu conversation yang terjadi di antara para zombie tersebut.

Di parkiran kita masih cerita cerita serem, Lana cerita katanya dulu Kemang Village juga bekas kuburan dan dibangun jadi pasar malam gitu. Tapi pas jadi pasar malam itu pernah ada yang kesurupan jadinya ditutup dan dibikin jadi restoran. Pas jadi restoran ini yang serem, Bokapnya Lana cerita katanya restoran itu selalu rame tiap harinya.. tapi begitu ada orang pinter gitu, engga.. bukan orang pinter matematika atau fisika tapi orang yang bisa ngeliat setan gitu.. orangnya itu ngeliat restoran itu sepi.. berarti tidak lain tidak bukan.. pengunjung yang rame itu adalah setan. Hiiiiii gila gak kebayang orang orang di sekeliling lo itu setan semua..

"Gimana ya na kalo ternyata nih di penvill ini semua orangnya sampe motor motor ini setan semua dan cuma kita berdua yang manusia beneran.."
"Engga wy gimana kalo elo doang yang manusia beneran"
"Gue bakal nampol muka lo dan lari pulang"

Kita pulang dan Alhamdulillah Lana bawa STNK, gue khawatir nanti KTP gue dicatet lagi kaya Andry ( baca: Perjuangan Banting Harga -2- ). Di lampu merah kita nunggu dan tiba tiba ada pria paruh baya nyapa kita

"De kalo kuningan itu ke kanan apa lurus ya?"

Dia orang Jakarta atau bukan.. Kuningan gak tau.. iya sih gue juga gatau jadinya gue diem. Gue kapok sotoy ngasih tau jalan, pernah dulu gue lagi asik duduk di teras rumah terus ada mobil berhenti dan keluar bapak bapak gitu nanyain jalan. Gue gak tau, tapi kalo gue bilang gitu.. yah.. gue kan orang komplek sini masa gue gatau jalan. Akhirnya dengan segala kesotoyan gue, gue bilang.

"Kesana pak, nanti belok kiri terus tanjakan dan belok kanan ada perempatan ambil yang mana aja"

Ya, gue cuma sok tau, Bapak itu bilang terima kasih dan pergi begitu saja. Gak lama sekitar 15 menitan, itu mobil balik lagi. Gue bingung apa dia mau nanya jalan lagi apa gimana.. ternyata eh ternyata.... jalan yang Bapak bapak tadi maksud dan rumah yang ia tuju itu ada di depan rumah gue. Gue langsung masuk rumah dan nutup pintu rapat rapat, gue malu. Bapak bapak tadi ketawa tawa sama temennya sambil nunjuk ke arah rumah gue. Jangan jangan gue bakal di laporin polisi karena melakukan penipuan kepada orang tua yang berakibat buang buang bensin.

Bektutopik, akhirnya Lana ngasih tau jalan ke Kuningan dan dia pergi. Kita pulang, masuk ke dalem komplek gue ngeliat ada orang lagi dikerokin di luar di tengah dinginnya angin malam. Gila. Gak mikir abis, dikerokin buat ngeluarin angin tapi dikerokin di tengah dinginnya angin, percuma banget.. ibarat orang abis makan terus muntah terus makan lagi.. gak akan kelar kelar itu ngeroknya, bisa bisa bekas kerokannya gak merah malah biru saking lamanya.

Akhirnya gue berhasil pulang ke rumah dengan selamat, gue berencana pengen baca itu buku "Sistem Kebut Semalam" IPA nya. Gue emang rada lama dalam belajar, gue idiot ya gue tau. Gue buka itu buku, gue liat isinya dan gue mual lalu jatuh, nyokap gue panik lalu dia nelpon ambulans dan gue dibawa ke rumah sakit buat di rawat di UGD, itu beneran.. kecuali yang bagian nyokap gue panik terus nelpon ambulan buat dibawa ke rumah sakit dan di rawat di UGD.

Gue baca dan gak ada yang masuk, gue yakin.. sistem kebut semalam itu gak cocok buat gue.. buku yang cocok buat gue adalah sistem kebut sewindu atau sistem kebut sekuatnya...

No comments:

Post a Comment