Sunday, March 3, 2013

Armada Ujian Praktek ~ Day 3

20 Februari 2013 ~ Fisika feat. Kimia


Tiba saatnya deh... hari dimana klimaks berada di pertengahan ujian. Fisika Kimia here i come!

Gue bangun tidur langsung mandi, make baju, sepatu dan begitu gue keluar rumah, gue mules dan langsung ke wc untuk membuang ilmu kotor.
Selesai, gue langsung keluar rumah. Ada satu fenomena alam yang pertama kali terjadi seumur gue dan itu baru pertama kali gue liat... Jadi gini, gue keluar rumah dan gue ngeliat awan mendung, begitu keluar pager gue ngedenger suara aer ujan yang jatoh kena ke asbes asbes rumah gitu.. kan ada bunyi bunyinya kenceng tapi gue kebingungan.. kok gue gak basah? kok gak ada ujan tapi ada suara begitu? gue bingung setengah mampus sampe gue gak sadar kalo Ariel peterpan bikin band baru bernama Noah.
Gue ngeliat ke sebelah kanan, 2 rumah di sebelah kanan rumah gue.. itu basah! dan gue ngeliat aer ujan yang turun di sebelah sana.. gue ngeliat ada perbatasan hujan dan non hujan. Keren. Gue berdiri di tengah tengah merasa seperti pengendali air hujan.

Bektutopik, gue ke sekolah. Gue absen di absensi sidik jari dan langsung menunggu giliran di depan lab Fisika. Gak bermodalkan apa apa, gue teguh pendirian menghadapi ujian praktek fisika tanpa latihan. Paling paling cuma sekilas melihat kerjaan punya alumni lalu menghapal mati isi kertasnya dan bertanya kesana sini.

Gue kebagian kloter 1, oke gue masuk ke dalem dan nyari korsi yang pas serta pewe. Gue di tengah. Sementara pengawas menjelaskan tentang praktek bagian laen, gue langsung mulai kerja biar gak makan waktu banyak. Gue nimbang kubus alumunium dan tembaga gue trus gue ukur make jangka sorong dan gue hitung hitung deh. Great luck, ternyata praktek Fisika kertasnya itu udah lengkap ada tulisan tulisannya bahkan tabel pengamatannya ditulisin rumus, hehe gue seneng, saking senengnya mata gue kecolok jangka sorong.

Gue ngitung ngitung rumus yang ada disitu dan buat tau data gue bener apa engga, ada rumus ketelitian dimana kalo hasil ketelitian lo di bawah 90% = Fail. Gue harus ngulang lagi tapi gue percaya gue bisa karena ini mudah. Gue ngitung ngitung dan melakukan praktek dengan jujur. Setelah hitung ketelitian, 88,7%. Shit.
Tabelnya itu ada 4, dan 1 tabel berisi sekitar 11 kolom dan 5 baris, satu persatu harus dihitung. Gila. Kalo salah ya harus ulang dari awal. Terpaksa gue ngulang dan berhubung gue cerdik, gue nyabotase sedikit angka angkanya dan gue berhasil mendapatkan ketelitian sebesar 94,36%.

Tabel kedua gue itung jujur lagi, ketelitian gue 84,88% jadi gue sabotase lagi dan gue dapet 99,3%. Gue kepikiran.. Gue teliti banget kayaknya kalo 99 persen.. tapi kalo ngulang takut gak keburu.. jadi gue cuek. Tabel ketiga dan keempat juga sama.. sama sama jujur dan sama sama di ulang.
Suasana di lab itu aduh.. bener bener gak ada yang tenang, paling cuma mereka yang kebagian pengukuran jangka sorong yang bener bener kalem karena harus teliti parah sementara yang laen kaca balok kaca, kalorimeter.. weeuuhh.. gabisa diem deh.. 
Dimsep temen gue kebagian kalorimeter dan itu paling susah, dia berkali kali nanya pengawas karena udah gatau harus ngapain lagi bahkan kubus tembaga dia ilang. Dia nyari nyari sampe ke sudut ruangan dengan panik dan dimarahi pengawas yang ternyata kubusnya diambil oleh orang di sebelahnya.. Ashar.

Gue praktek diem banget, gak banyak ngomong seakan sekeliling gue itu gak ada apa apa, gue buta. Gue harus fokus dan teliti dengan jangka sorong dan mikrometer sekrup gue. Gila abis gue yakin banget mata gue juling dan selama bekerja pasti muka gue kaya gini.



Gue tetep lanjut praktek dan........ Ha? kok tabel mikrometer gue beda sama yang laennya? apa gue yang salah atau mereka yang salah? intinya gue mati gaya.

"Nad itu kok tabelnya kaya gitu? kok bisa?"
"Hah? ini bukannya gini ya wy? emang kaya gimana?"
"Bukannya gini..." ( nunjukkin tabel )
"Masa sih? kayaknya engga deh.."

Gue pun panik, waktu tinggal dikit lagi dan gue baru sadar kalo tabel gue yang sudah selesai itu salah. Gue berniat mentipek semuanya tapi untung Nadira bertanya dan ternyata tabel gue bener... gue pun lega. Tapi ternyata mikrometer gue itu dalam milimeter dan bukan centi.. jadinya semua harus diubah centi dulu dan akhirnya tabel gue tetep salah. Gue stres. Kalo disitu ada solder, mungkin gue bakal bunuh diri, mungkin headlinenya "Karena Salah Tabel, Siswa SMA Tewas Bunuh Diri Menggunakan Solder"

Gue cepet cepet ganti dan nambahin satuan cm, gr dan sebagainya lalu buru buru keluar, gue butuh udara. Niatnya sih keluar itu buat mencari ketenangan tapi ruang sebelah yaitu lab kimia.. tragedi tangisan darah terjadi.. kelas XII IPA 2. 

"Si Mia Muthia katanya nangis tuh pas praktek.."

Anjir.
Gak nyangka ada yang sampe nangis gitu di kimia.. gue ngebayangin sesadis apa itu praktek sampe dia nangis.. masa iya sih selama praktek di samping kanan kiri lo itu pengawas yang melototin tiap gerak gerik lo dan megang buku poin kesalahan di tangan. Mati.

Gue bingung gue panik. Praktek kimia mulai jam 1 dan sekarang baru jam 9 walhasil gue punya waktu 4 jam untuk mendalami ke 6 praktek tersebut. Selama itu gue megangin kertas kertas contoh laporan dan menghafalkan tujuan, alat bahan, cara kerja dan sebagainya. Gue gak ngarti sama elektrolisis, titrasi, hidrolisis.. mereka itu seperti perempuan cantik jelita dengan body yang bohay lalu gue menyatakan perasaan padanya... mereka menolak mentah mentah.

Gak ngerti sama ketiga itu, gue cuma bisa berharap gue dapet reaksi nyala, pengaruh suhu, elektrolit... sebenernya 2 praktek tersusah dewa adalah elektrolisis dan titrasi.. terutama elektrolisis, paling ditakutin. 
Gue mencoba nenangin hati gue, selama 4 jam itu gue jarang banget ngeliat senyum di wajah anak kelasan gue. Semuanya butek dan keruh seperti larutan KI di katoda yang ditetesi amilum...

Skip, jam 1 kita semua dikumpulin di depan lab kimia. Bu Yuli ngejelasin apa yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan selama praktek.

"Kalian gak boleh bawa larutan ke kursi, larutan harus tetap di depan, alat alatnya nanti kalian sendiri yang siapin dan harus tepat kalo ibu ngeliat ada kelebihan atau kekurangan, poin dikurangin. Nanti masuk langsung ambil nomer undian, waktunya 1 jam buat 2 praktek, kalian tenang aja gausah panik"

Demiapapun bu, kami ingin tidak panik tapi tidak bisa! Semakin tingginya rasa ingin tenang maka semakin cepat jantung berdetak seperti Na2S2O3 yang dibakar lalu dimasukkan HCl, makin tinggi suhu makin cepat laju reaksi.
Gue kebagian kloter 2 kali ini, selama kloter 1 praktek gue gak bisa tenang. Jujur aja gue panik dan gak tau harus apa.. bahkan sekarang ini gue lagi ngetik aja tiba tiba deg degan nginget masa masa tadi pas praktek....

Kloter 1 selesai, sekarang kloter 2. Gue deg degan.. gimana kalo gue dapet elektrolisis? gimana kalo titrasi asam basa? aaahhh!!! gue banyak banget pikiran... 

"Imastania dan Kawakibi masuk.."

Gue masuk ke dalem dan setelah mengisi absen gue disuruh ngambil kertas undian di labu erlemenyer yang ternyata tersisa 1 dan terakhir.. gila. Gue gabisa milih, gue ngeliatin muka pengawas gue, Bu Lely dia nyuruh gue ngambil kertasnya. Bu Yuli di belakang gue juga ngeliatin gue seakan ngomong "Hey Awy, i want to play a game"

"Ertika sampe kapan kamu mau ngelap itu meja, pikirin waktunya dong"
"Iya.. bu.."

Ertika udah kena omelan padahal belom mulai.
Gue ambil tuh kertas dan tertulis angka "5". Ini praktek yang mana? gue tiba tiba deg degan.
"Jangan jangan elektrolisis...?"
Negatif thinking gue banyak banget, gue takut, muka gue pucet pasi. Gue datengin korsi gue dimana nomer 5 itu berada dan gue ngeliat nama praktek gue adalah "Elektrolisis Larutan KI"
Gue melotot.

AAAAAAARRRHHHH!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Gua mau tereak!!!!!! Tapi berisik nanti malah disuruh keluar gak boleh praktek....... Gue panik sepanik paniknya tentara lagi boker diadepin senapan shotgun depan muka. Gue harus apa!!???
Gue nyoba inget inget gimana praktek elektrolisis, gue inget sedikit demi sedikit dan sekarang gue harus ke depan buat ngambil bahan bahan yang diperlukan. Ngantri emang.. iya.. Gue ngantri dengan kebingungan ngeliat segala alat yang ada di atas meja, apa aja yang harus gue pake.
Di sela pencarian alat itu, Hana di belakang gue lewat membawa nampan berisi larutan aneka warna, Ha? bukannya gak boleh bawa bawa larutan ya?

"Hana! Kan Ibu udah bilang tadi gak boleh bawa larutan kemana mana, taro lagi"

Mampus, gue mau ketawa tapi gue teringat nasib gue sekarang. HELP!!!
Gue ambil segala macam alat bahkan sampe alat yang gak seharusnya ada itu gue gunakan sehingga terlihat harus ada. 
Langkah satu masang clamp di statif, gue gak ngerti gimana masangnya jadi pas pemilihan alat, gue ngambil statif yang sudah terpasang clampnya. Gue ngambil itu statif diem diem tanpa keliatan para pengawas, gue licik iya, dalam keadaan panik semua cara itu halal menurut gue.
Gue langsung ngerjain elektrolisis seinget gue, laporan Kimia beda ama Fisika, Kimia ini kita nulis sendiri judulnya, tujuan, alat bahan, pengamatan dan bahkan ada soal segala. Aduh men itu soal bikin rasa panik gue jadi gundah gulana kuadrat. Gue gatau harus jawab apa, gue gak ngerti. Akhirnya gue kosongin 1 soal, jumlah soal cuma 2, yang satu cuma disuruh bikin tabel tapi aneh. Larutan gue ada 4 ditetesin pp dan amilum harusnya itu berubah warna.. tapi ini engga berubah setelah gue tetesin, apa tetesan kurang apa gimana gue gak ngerti. Gue pengen nambahin tetesan tapi takut di tegor
 "Kenapa tetesannya banyak banget?"
Gue harus jawab gimana? 
"Karena tiap tetesan ini mewakili rasa takutku padamu"
Abis gue.
Gue netesin lagi yang banyak dengan ngebalikin badan dan nutupin plat tetes gue dari jangkauan mata pengawas, gue licik. Tapi warnanya masih sama dan gak berubah, mengingat waktu yang sempit itu gue akhirnya terpaksa sabotase tabel dan... oh well gue galau sekarang.

Gue langsung nyuci berbagai alat yang gue pake dan langsung balikin ke depan. Kali ini gue harus ngambil undian kedua, gue berharap itu bukan titrasi dan gue berharap dapet reaksi nyala atau pengaruh suhu. Gue ambil dan gue dapet nomer "2".

"Apaan nih..."

Gue ngecek meja mana yang bertuliskan nomer 2 dengan perasaan was was dan takut. Ternyata "Titrasi"
Lagi, gue lemes kembali. Gue mau nangis.

"Kamu titrasi? sini di paling depan aja tuh langsung aja dia kan udah"

Gue disuruh pindah ke paling depan tempat Mia yang baru saja selesai melakukan titrasi. Gue saking paniknya lupa kalo alat harus ambil sendiri. Gue ngeliat di atas meja itu masih ada alat lengkap, seneng dong gue. Tiba tiba Mia ngumpulin barang barangnya dan dibawa ke depan lagi.

"Loh loh loh Mi?? Mi!! Gue mau make dulu ituu jangan di balikin barang barangnya"

Gue panik, gue ngomong gitu kenceng banget dan tentu saja gue kena tegor.

"Heh barang barangnya itu kamu ambil sendiri dari depan!"
"Iya bu iya bu maaf bu"

Gue ambil barang barang titrasi, syukur banget gue masih inget tadi Mia ngebawa apa aja. Statif masih ada di atas meja, gue seneng gue gak harus masang clamp lagi. Gue ngambil alat laennya yang belom ada lalu langkah pertama itu masang buret di clamp tapi..... CLAMPNYA MANA!!!??
Anjrit gua galau setengah mati itu clamp kaga nyantol di statif, sadis. Gue langsung nyari clampnya dan sekaranglah saat menegangkan. Gimana cara masangnya? Gue takut kalo pas masang salah langsung di tegor dan poin di kurangin jadinya gue masang clamp dengan cara ngebelakangin pengawas dan nutupin statifnya. Gue ngeliatn clamp di meja lain, meneliti dari arah mana dipasangnya dan gue sukses memasang clamp.

Kali ini gue masang buret di clamp dan menuangkan larutan NaOH ke buret tersebut. Gue nuang NaOH tapi kok gak penuh penuh, gue gak ngerti kenapa, muka gue uda penuh keringet, AC di lab kagak berasa. Gue bingung kenapa gak penuh, ternyata keran buretnya masih kebuka di bagian bawah, jadinya ngocooorr terus ampe luber. Gue panik dan.. ya... untunglah gue masih dalam posisi ngebelakangin pengawas. 
Lanjut dan gue mulai masukin HCl ke erlemenyer trus netesin indikator fenolftaelin ke HCl itu, baru gue bawa balik ke meja, bagian tengah larutannya berobah warna jadi ungu padahal belom di apa apain. Yaudah gue tetep paksa praktek aja. Gue kerjain semampu gue, gue tulis laporannya sengerti gue, gue jawab soalnya sekosong isi otak gue.

Gue keluar dari ruangan lab kimia. Seharusnya lega tapi gue engga. Hati gue sekarang sedang melakukan pertempuran antara sedih dan senang. Apa gue bakal remed?
Tabel gue di Elektrolisis salah, reaksi KI di elektrolisis gak gue isi, perhitungan gue di titrasi salah, warna larutan gak pink muda. Damn Luck.

Gue sempet ngedenger pas Bu Yuli ngumumin ke anak IPA 2 siapa aja yang gak kompeten dan harus remed. Dramatis banget.

"Hasil kerja kalian cukup bagus tapi masih ada aja yang salah.. ngitung waktu laju reaksi gak make stopwatch.. dapetnya elektrolisis malah kerja hidrolisis.. setelah diperiksa.. IPA 2 yang gak lulus cuma 2 orang.."

Gue liatin muka mereka semua udah gak kontrol abis.

"2 orang itu dua duanya jenis kelamin laki laki.."
"HIYEEEEEEEHHHH!!!!!"

Semua cewe disana teriak gak karuan bahagia dan para lelaki? memang kaum kita adalah kaum yang tertindas.. mereka gak bisa mengeluarkan sepatah kata. Kita anak IPA 3 dalam masa praktek kimia pun sebenernya terharu dan merasa iba.. tapi mau gimana? kita gak bisa berbuat apa apa...

Gue ngebayangin kalo IPA 3 juga digituin sama Bu Yuli.. gak kebayang kalo doi bilang

"IPA 3 yang gak lulus cuma 1 orang... jenis kelamin laki laki.. agak gemuk... kacamata.. dan ketua kelas.."

Spesifik banget dan itu adalah gue.

Bu Yuli bilang pengumuman remed engganya IPA 3 adalah besok.



No comments:

Post a Comment