Sunday, March 3, 2013

Armada Ujian Praktek ~ Day 1

18 Februari 2013 - TIK feat. Bahasa Perancis

Gue seneng banget kalo ada ujian praktek soalnya kalo lagi utek itu gak ada kegiatan belajar dan gue cinta itu. Tapi banyak juga siswa yang takut ngadepin ujian praktek entah takut karena apa soalnya ujian praktek itu bukan sosok pria hitam berotot besar, berambut botak, brewokan, gede, sangar, tatoan dan lo di plototin sama dia. Tapi jujur, kalo bener ketemu orang kaya gitu gue lebih takut di kedipin ketimbang di plototin....

Ujian praktek gue di hari pertama ini santai, bener bener santai.. saking santainya, semalem gue bisa makan nasi nambah 2 piring, ayam goreng 3 potong, sambel 4 kocokan, cabe 5 biji dan celana dalem 6 lapis.
Ujian pertama gue adalah TIK dan Bhs. Prancis "Ah kecil" sahut gue.
Emang sih gampang, gue gak belajar TIK sementara Prancis gue bikin kalimat perkenalan keluarga satu persatu di rumah, untunglah keluarga gue di rumah cuma sedikit.. Gak kebayang yang punya rumah gede dan dia harus memperkenalkan satu persatu keluarga yang bertempat tinggal disitu.

Jam 7 pagi gue mulai praktek TIK, disitu gue disuruh bikin surat izin di word, perhitungan di excel dan kisah tentang tokoh idola di powerpoint. Tokoh idola? Siapa ya? Gue gak terlalu tau siapa idola gue. Biasanya orang punya idola karena idolanya tersebut punya keunikan serta skill yang mampu menarik perhatian mereka. Simpulan itu membuat gue tertarik untuk mencari sebuah keunikan dan skill yang khas bagi diri gue.. Gue bisa ngupil make sarung tangan, bersin dengan mata terbuka, make celana sambil merem dan yang paling keren adalah tidur dengan make headset keras keras.

Di tengah kekhusukan gue mengerjakan powerpoint, manusia di sebelah gue sedang dalam kepanikan yang luar biasa lebay, Farah.

"Wy ini kok gue gak bisa ngaliin di excel ya? hasilnya False.."
"Pake sama dengan Far.. trus klik yang mau dikali trus bintangin deh.."

Gue ngeliat pengawas sedang ngeliatin kita berdua. Gue diem dan kembali fokus ke powerpoint gue.

"Gak bisa awyy.. tuuh False!"

Dasar batu, pengawas uda ngeliatin eh dia masih aja nanya nanya. Gue pun cuek dan tetap melanjutkan pekerjaan.
Sudah agak lama dan gue hampir selesai, Farah bertanya ke pengawas tentang masalah yang ia hadapai. Pengawas tersebut cuma ketawa senyum aja, kenapa dia?
"Kalo mau ngaliin itu gak boleh ada huruf, harus angka semua"

Gue cuek dan gak dengerin, maen solitaire. Tiba tiba Farah ke tempat gue.

"Wy gue kok gabisa ngali sih!"

Buat kalian yang punya teman sebatu ini, gue bisa ngerti perasaan kalian. Gue juga bingung kenapa hasil kali dia di excel jadi False.. gue ngeliat tabelnya, disitu tertera Rp 450.000 dan itu dikali 10%, sama persis bentuk tabelnya dengan punya gue.
Proses pengaliannya udah bener tapi kenapa gak bisa?

"Hervina.. kok nanya nanya?"

Gue gak ngedengerin, gue bingung kenapa si Farah gabisa ngali..

"Hervina kembali ke tempat"

Setelah gue cek ternyata doi bukan make currency melainkan bener bener ditulis Rp 450.000... walhasil itu ada huruf dan angka.. gue make currency jadinya kan cuma nulis 450.000 yang muncul Rp 450.000

"Hervina nilainya saya kurangin ya?"
"Ha? saya kan gak ngapa ngapain pak"
"Bukan kamu.. itu si Hervina.."
"Iya saya Hervina pak.."
"Lah itu siapa?" ( menunjuk ke arah Farah )
"Farah pak.."
"Farah kembali ke tempat"

Ternyata dari tadi itu si pengawas negor Farah tapi kita berdua cuek dan gak ngedengerin doi... gila.. awkward.

Anyhow gue udah berhasil melalui TIK dan sekarang ada waktu 3 jam untuk istirahat dan bersantai ria. Gue ngapalin Prancis, gue bener bener ngapal mati. Dengan segala kesungguhan gue ngapalin itu, gue berhasil hapal. Gue bangga dengan otak gue yang mampu mengingat dengan cepat, contoh lainnya situs bokep kartun dan hewan.

"Eh katanya praktek biologi itu kelompoknya sesuai tempat pas Try Out dan beda ruangaaaann.. jadi kalo lo nomer 1 nanti kelompokan sama yang di ruang sebelah dan nomer 1.."

Gue mikir. diem. melotot. nganga. kaget. teriak

"HAH!!!?? GUE NOMER 17! RUANG SEBELAH KAN NOMER 17 GAK ADA!!!??"
"Berarti lu praktek sendiri wy"

Gue terharu. Gue gak nyangka.. seorang "Awy" melakukan praktek biologi sebatang kara tanpa teman seorangpun, bisa dibayangin ketika praktek uji coba makanan, gue malah masukin makanan makanan tersebut ke perut gue yang laper karena stres.
Dengan kecepatan melebih keong keriput gue ke kelas IPA 1 dan meminta pencerahan kepada Yoel karena dia juga sendirian.

"Hati hati aja wy.. susah banget kalo sendiri, gak ada temen ngobrol dan pencari cerahannya.."

Gue ngerti itu. Gue mungkin kalo dapet temen bakal dapet pencerahan tapi gimana dengan temen gue? mungkin dia mendapat kegelapan..
"Sabar ya wy.. gak susah kok prakteknya.."
"Gapapa kok sendiri nanti kita bantu bantu deh"
"Iyaa lo gak ngerti yang mana aja?"
"Terima kasih teman teman karena sudah mengkhawatirkanku.. aku bisa kok.."
"Tapi awy.."
"Sudah cukup.."
"A.. awy..?"
"Aku akan keluar dari kelas ini.."

Begitu gue keluar kelas gue bisa ngedenger suara tawa terbahak bahak dari dalam. Mungkin mereka mentertawakanku.

Then, praktek Prancis dimulai jam setengah 1, tapi saking lamanya itu praktek dan kelas sebelumnya belum selesai.. dimulai jam setengah 2... Lama sekaleh..
Selama 3 taun gue belajar bahasa perancis, kalimat yang masih membenak dengan baik di otak gue adalah
Pardon ( Maaf )
Repeter ( Ulangi )
Je voudrais aller a la toilet ( Aku ingin ke toilet )
Karena gue selalu menggunakan kata kata itu ketika jam pelajaran prancis...
Oke its fine gue menunggu di depan kelas ditemani dengan Ertika dan Ithan.

"Wy ajarin gue prancis.."

Gue pun mengajari mereka dengan kekuatan nabok, nahan boker. Iya gue mules banget....

"Ih wy lu kenapa gak pacaran aja sih sama Kania?"
"Hah?"
"Iya tau dia kan cantikk ih sok banget deh lo"
"Ha?"
"Ah lo mah gitu udah ada yang deket malah dicuekin"
"Gue gak peka"

Gue merupakan salah satu cowo yang otomatis bloon ngebahas masalah asmara. Tapi gue masih bisa memberi saran dan nasehat kepada orang orang yang galau masalah cinta contohnya cewe yang lagi marahan sama cowonya, gue suruh putus. lagi bete sama cowonya, gue suruh udahan. lagi sedih karena cowonya, gue suruh berhenti. lagi jalan sama cowonya, gue suruh pisah.
Saking manjurnya, gue menerima banyak sms dari nomor tak dikenal yang berisi ancaman.

"Nah elo bukannya suka sama Batak 39 than?"
"Iyaa dia tuh tapi.. aduh.. aaahhh.."
"Mending lo sama Batak than, dia ganteng tuh gue ada pinnya nih mau gak?"
"Iiihh.. gue pengennya ketemuan langsung dulu baru bbman.."
"Payah, jaman sekarang mah cowo gak harus gerak duluan kali.. cewe bisa duluan malah agresif"

Again, gue pusing bahas asmara.
Lama gue menunggu, waktu sudah menunjukkan pukul 15.30an. Guru pengawas prancis memberitahukan siapa yang tidak bisa hari ini masih bisa susulan besok. Ogah.
Gue orangnya setia, setia menjauhi pacar, setia menjomblo, setia nolak balikan, dan setia mengunci Nj di kamar mandi sampe malem.

Begitu giliran Farah praktek, dia masuk ke dalem dan duduk di depan pengawas, tiba tiba pengawas keluar kelas dan berteriak "Farah Dhiya mana Farah Dhiya? Masuk sekarang..."
Sumpah banget itu jahat, seorang Farah yang sudah duduk di depannya ternyata masih tidak kelihatan? makanya nyalain lampu dong bu.. Farah kan gelap.. kulitnya berwarna hit- OHOK OHOK OHOEEEKK!!!
Maaf.. gue lupa.. kata kata itu tabu diucapkan...

Akhirnya tiba giliran gue, gue masuk ke dalem dan meletakkan tas di muka pengawas alhasil gue disuruh keluar dan di black list.
Gue duduk di kursi panas, bener bener panas bekas pantat beberapa puluh orang. Gue deg degan sebenernya, gue gak ngerti prancis.. sebenernya gue tau sedikit  banyak tentang prancis tapi yah......

"Tu t'appelle comment?" ( Nama kamu siapa? )
Hoohh.. gue masih ngerti ini, sering diulang selama 3 tahun
"Je m'appelle Kawakibi"
"Tua kelaj?"
Hah? gue sempet cengo, gue ngeliatin muka pengawasnya dia balik ngeliatin muka gue, gue bersin depan mukanya, gue digampar
"Pardon?"
"Tu as qu'el age?
Ooohh dia nanyain umur gueh, gue uda latian tadi jadi gue bisa jawab dengan baik dan fasih
"J'ai 17 ans"
"eske thomas lasetre larbe jenealojik?"
"Ha?"
"Remi Zoe Thomas komong seu?"
"Pardon?"
"komong parh alekol prong?"
"Repeter..."
"keske tuaim lekol?"
"Ha? uno dos tres quatro?"
Saking paniknya.. gue cuma bisa menyebutkan angka satu sampe empat dan itu bahasa spanyol..
"lakantin laprofese tuaim keske?"
"Je voudrais aller a la toilet"

Gue mati gaya banget!!!!
2 orang pengawas dan masing masing punya kelebihan dalam berbicara, yang satu aksennya perancis banget dan faseh, yang satu ngomongnya kaya ngerap, cepet parah!

Pertanyaan terakhir adalah "Est-ce que Thomas a cousin?" "Apakah Thomas punya saudara?"
Gue gak nemu di wacana, gue bingung karena uda stuck.
Akhirnya gue bilang "Non", pengawas itu menunjukkan kerutan di wajah dan bertanya balik dengan bahasa prancis yang artinya "Are you sure?"

"Erh.. non.. non sure... eee... Thomas.. oui oui!! Thomas a chien..."
( "Erh.. engga.. engga yakin... eee... Thomas.. ya ya!! Thomas punya anjing..." )

Pengawas itu tertawa kegirangan menghadapi kebodohan remaja labil yang kebingungan menghadapi orang prancis jadi jadian.
Akhirnya ujian prancis gue laluin dengan semampunya dan sekarang gue di rumah mempersiapkan diri untuk ujian Bahasa Indonesia dan Seni besok. Brace yourself!

Update :
Widian setia menunggu giliran praktek perancis hingga jam setengah 6 sore.

No comments:

Post a Comment