Wednesday, March 6, 2013

Pengamen oh Pengamen...


Gue sering ngeliat pengamen. Bukan, bukan ngeliat di kaca, gue ngeliat kalangan mereka itu ada di kopaja, angkot bahkan pinggiran jalan. Itu memang tempat mereka mencari uang, gue ga pernah denger ada pengamen yang nyanyi di kuburan tengah malam, mungkin gue bakal jadi yang pertama buat ngamen disana dan mungkin juga mayat di kuburan itu bangkit dan berkata "Oh tidak.. dia datang... tolong..."

Gue sebenernya agak risih kalo lagi di kopaja trus ada pengamen masuk dan mulai nyanyi, gue bukan risih sama pengamennya, tapi risih karena gue ngeliat dia jago maen gitar. Gue gak bisa.
Diantara para pengamen itu kadang ada yang ngeselin, baek, asik dan galak. Nah yang galak ini harus hati hati, mereka bisa menerkam anda jikalau tidak ada uang pendapatan. Gue pernah diterkam, waktu itu gue ngasih uang monopoli ke pengamennya.

Baidewei gue udah ketemu berbagai macam pengamen, waktu beberapa hari yang lalu gue lagi pulang sama Lana dan Baba, kita bertiga naek motor. Di sekitar kampung kandang jam 7 malem di bawah pohon jambu, kenapa gue inget karena waktu itu gue ketiban jambu disana.
Waktu itu lagi macet macetnya jalanan, kita bertiga bersenda gurau layaknya 3 orang homo yang sedang mencari rumah kosong untuk singgah. Di tengah jalan itu tiba tiba gue ngeliat ada pengamen muda seukuran anak kuliahan yang ngebanting duit "gope" yang ia dapetin dari angkot. Gila. Tanpa gope lo gabakal dapet seribu dan tanpa seribu lo gabakal dapet aqua gelas 2.

Intinya gini, itu pengamen ga ngehargain banget hasil usahanya dan belas kasihan orang. Gope men! Dengan gope gue bisa beli permen 4 biji di kantin sekolah atau beli basreng atau beli mie kremes yang langsung shoorr, oiya itu enak loh.. ada 3 rasa.. yang merah pedes, biru ayam panggang dan pink keju.. gue sering beli yang biruu soalnya enaak dan itu tuh ras-
Ehem. Bektutopik jadi gue sebel ama itu pengamen, gila gope dibuang di tengah jalan. Gue pengen pungut tapi macet banget uda gitu duit gopenya gelinding kemana mana.. bisa bisa kepala gue gelinding juga kelindes mobil. Gak semua pengamen kaya gitu sih.. gue gak kaya gitu kok kalo ngamen, gue kalo ngamen pasti assalamualaikum dulu.. terus opening dengan salawat serta salam.. dilanjutkan dengan sedikit ceramah dan selesai, gue gabisa nyanyi.

Ada lagi pengamen yang lebih ngeselin. Waktu itu gue ama Wira dan Lana lagi di kopaja pulang dari sekolah. Jalanan lagi macet bener bener gak gerak sama sekali dan itu lagi ujan. Di dalem kopaja ini tuh sumpeknya naujubilahiminzalik. Gue desek desekan, tiba tiba naek satu orang pengamen tanpa membawa alat musik dengan tubuh penuh tato dan tindikan serta gaya anak alay punk gitu tau kan? Dia ngomong suaranya serek serek basah layaknya singa abis makan kulit buaya dan gak ada air minum.
Dia ngomong kaya ngancem yaah seperti

"Kita ini orang susah ye bu dibanding lo lo pada yang kaya, bisa makan enak, mending lo pada ngasihin duit buat kita"

Buset.
Dia nyanyi dan suaranya lebih parah dibanding gue, gue bisa menilai itu. Selesai nyanyi dia mulai mintain duit duit dikala rame dan tiap orang yang gak ngasih langsung dihina "ah orang pelit lu semua, kaya doang hati sempit", kurang lebih seperti itu. Iya gue sempit, tapi bukan hati melainkan celana gue, sempit banget meen banyak orang.

Gue selalu negthink kalo ada pengamen, entah dia yang ngancemlah, maksalah apalaah. Gue gak suka sama yang kaya begituh. Banyak yang kaya gitu sih.. tapi sebenernya ada juga pengamen yang kreatif dan keren. Contohnya waktu di Jogja itu ada pengamen yang nyanyiin lagu lagu iklan tipi dan digabungin jadi semacam medley, gila itu keren abis dan lucu.. alhasil satu bis gue itu banyak yang ngasih dia duit, gue terpikir buat jadi pengamen tapi niat itu langsung gue urungkan karena tahu menjadi pengamen butuh keahlian main gitar.

Selain itu ada juga gue pernah denger ada pengamen beatbox, kacau men gue sempet nganga dan gabisa berkata apa apa.. Awalnya dia naek dan gabawa alat apa apa, gue kira itu kaya pengamen semi pengamen... tapi ternyata.. begitu dia selesai opening.. mulut dan bibirnya menari, suara yang dikeluarkan berhasil menarik pandangan satu bis. Sukseslah doi. Gue juga pengen jadi kaya gitu tapi gue sadar gue gabisa beatbox dan bibir gue gapernah nurut disuruh joget.

Terkadang ada juga pengamen yang berpura pura. Maksudnya gimana? Jadi dia ada lebih dari satu orang dan sementara yang satu maen musik, yang satu beroperasi alias maling. Begitu lagu selesai, mereka buru buru turun setelah sukses merogoh rogoh paha orang. Entah paha pria atau wanita yang jelas mereka ga pandang bulu.

Gue pernah sekali ngerasa keheranan ama pengamen dan penuh was was. Gue lagi di kopaja dan waktu itu gue gak duduk soalnya penuh. Naek satu orang pengamen yang masih muda dan kulitnya cukup bersih dan putih, mungkin dia anak kuliahan. Dia ngamen dan begitu selesai dia mintain duit walau hanya sedikit yang ngasih. Tiba tiba dia berenti di sebelah gue dan diem. Setelah agak lama, dia ngajak ngomong gue.

"Ini kneknya gak ada ya.." ( waktu itu kopaja gue gada kneknya )
"Iya nih bang ketinggalan kali ya.."
"Haha.. ini biasanya kalo sopir bis gada knek itu ada masalah.. kalo engga dia pengen sendiri, mungkin dia gak nyaman sama temen temennya.."
"Ohalah begitu.. nah masa kaya gitu aja?"
"Iya.. dulu gua pernah soalnya bantu bantu ngenek dan sering denger denger cerita gitu deh.."
"Ohh gitu.."

Gue ngedengerin dia ngomong dan kita jadi asik ngobrol. Gue ngerasa cocok dengan dia, kita nyambung kalo bicara.

"Lo baru pulang sekolah? dimana?"
"Iya nih bang! Di 60 tuh Kemang sanaa"
"Ooohh 60 baru dini hari pulang?"
"Yah gue tadi nongkrong bentar di sekolah deeh"
"Hahah kelas berapa?"
"Kelas 3 bang! dikit lagi lulus hahah"
"Woilaaahh mau kuliah dimana?"
"Gatau nih belom ada pandangan.."

Kembali kita ngobrol dengan seru dan canda tawa. Gue gak nyangka ada pengamen yang kaya gitu. Awalnya gue curiga dia mau ngalihin perhatian gue dan mencuri sesuatu dari gue, ya dia telah mencuri hatiku.

Itulah, ga semua pengamen berbahaya. Ada yang baek kaya gitu, tapi jarang.. mungkin 1 : 12.956 orang. Tapi menjadi pengamen itu bukanlah suatu pekerjaan tapi kebutuhan, mereka membutuhkan uang untuk hidup mereka. Mereka mungkin tidak memiliki pekerjaan sehingga itulah yang akhirnya dapat mereka lakukan. Mungkin saja para pengamen itu di rumahnya punya adik 4 orang dan butuh makan, ibunya mungkin sedang sakit parah dan tidak ada biaya untuk berobat sementara suaminya pergi meninggalkan ibunya dan tidak bertanggung jawab. Ugh.. gue nangis.

Jadi buat kalian yang risih sama pengamen, tenang saja, tiap manusia memiliki jiwa pengamen. Maaf gue engga, sekali lagi gue gabisa nyanyi.

P.S :
Hari ini gue di kopaja ketemu sama pengamen yang ngajak gue ngobrol dulu. Gue canggung jujur..

No comments:

Post a Comment