Sunday, March 3, 2013

Armada Ujian Praktek ~ Day 4


21 Februari 2013 ~ Agama Islam feat. Biologi

Cakep.
Pagi ini gue bangun jam 6 dan tidur lagi, biasanya walau masuk dimundurin jadi jam 7, gue tetep berangkat jam 6 seperapat.. tapi hari ini gue berangkat jam setengah 7 seperapat.
Gue kepikiran Kimia remed apa engga.. kalo iya gue harus praktek lagi.. Gue jadi bimbang semaleman harus apalan Agama, Bio atau Kimia..

Di sekolah gue dateng dan langsung duduk di depan lab kimia bareng yang lainnya menunggu laporan kelulusan praktek. Di samping, lab Fisika.. anak kelas IPA 1 sedang dalam mode panik karena mereka hari ini praktek Fisika dan Kimia. I know how that feel. Udah agak lama duduk, Bu Yuli keluar.

BuYuli : Udah dateng semua?
IPA 3 : Udaaahh..
BuYuli : Ya.. Sarah Fatikasari?
Sarah : Hah?? iya saya bu...
BuYuli : Ceasar Abdila?
Ecal : Saya..
BuYuli : Mia Yunita? Laras Cahyani?

Gue takut, gue panik.. jangan jangan itu yang remedial. Gue berdoa spontan supaya nama gue gak kesebut. Ya Allah jangan Ya Allah... huaaaaa!!

BuYuli : Kawakibi?

Mampus.

"Ya jadi.. tentang siapa yang remed engganya.. kelas kalian itu prakteknya udah lumayan bagus ya.. terus terampil dan penempatan alat bahannya bener.. palingan Reni tuh ya yang praktek titrasi make stopwatch buat apa coba? ngitung 10 detik jadi pink gitu? Ya.. jadi kalian kalo praktek juga tenang aja.. ada tuh yang prakteknya sama marah marah, saya sampe kasian.. ya Mikyal ya?"
"Ha..ha..ha"

Gak banget. Kita ketawa maksa semua. Kita masih menunggu kabar remed engganya. Bu Yuli ini suka ngundur ngundur waktu....

"Jadi setelah saya dan Bu Leli pertimbangkan dengan baik, kelas XII IPA 3 itu yang lulus ada ti..ga..pu..luh.."

Murid di kelas gue 33 orang.
Gue ngedenger kata "luh" itu langsung berkaca kaca, yah.. remed gue ya......

"Yang lulus tiga puluh tiga orang.."
"UUUHHHWOOOOOOYYYYEEE!!!!!!!!"

Gue tereak lepas. Gue loncat. Gue berdiri. "Jono" ikutan berdiri.
Gila.. gatau gimana.. itu perasaan selega leganya gue.. lebih lega dibanding perasaan berhasil boker karena 3 hari sembelit.
Gue seneng banget, gue lulus. Kaya sidang skripsi ya.. tapi ini praktek....
Semua anak kelasan gue langsung cium tangan Bu Yuli.. kita terharu. Anak IPA 1 ngeliatin kita kita dengan wajah melas seakan meminta belas kasihan..

Gue langsung ke masjid buat melakukan praktek Agama, sumpah rasanya gue pengen sujud syukur tapi lagi di tengah lapangan, batal.
Sampe mesjid gue langsung wudhu dan ternyata.. gue lupa bawa peci!!
Owshitmen, kesialan gue terus bermunculan dikala praktek.. Gue kebingungan, di rumah gue emang gak ada yang namanya peci tuh.. jarang ada yang make. Gue akhirnya minjem ke Babeh, satpam 60.

Sekarang gue berusaha menghafalkan doa sesudah solat Dhuha, sesudah tahajud, sesudah solat dan bacaan zikirnya... Panjang amat.. gue gak apal. Dikala gue ngapal itu, pengawasnya dateng. Yah.....
Praktek agama dibagi jadi 2, yang kelompok cowo doang dan cewe doang. Kita yang kelompok cowo doang itu di masjid sama sama menghapal doa, saling bantu mengingat, membaca surat yang diujikan dan bersetubuh bersama sama. Oke yang bagian bersetubuh gue cuma bercanda.

Kita semua disuruh duduk berbanjar dan kartu ujian dikumpulkan. Jujur gue belom siap dan gak apal. Gue mungkin bakalan minta pending disini tapi ternyata.....
Selama 1 jam itu kita hanya mendengarkan pengawas berceramah dan cerita cerita. Dia juga ngomong kalo doa doa yang diujikan itu gausah di hapal sekarang, cara solat jenazah serta memandikan dan mengkafani juga engga usah dipraktekin, yang penting kita bisa mengamalkannya, nilai dikasih kompeten semua. Cara pemandian dan pengkafanan jenazah itu kita gak praktek, cuma dikasih tau gimana gimana dan kompeten. Enak abis......
Solat jenazah kita bareng bareng dan pengawasnya ngebantu doa kalo gak inget.
Enak abis......
Doa sesudah solat dan zikirnya juga bareng bareng dan boleh baca
Enak abis......
Pak Masykur, you are the best.

Pas bagian solat dhuha itu kita gak semuanya apal karena doanya panjang, yaudah akhirnya kita semua disuruh solat dhuha sendiri sendiri dan membaca doanya bersama sama. Cakep.

Tinggal kloter 2 dimana harus hafalan Al Bayyinah dan Al Alaq serta membaca Al Quran dan ilmu tajwid. Gampang. Al Bayyinah gue udah apal ( baca post: Aku dan Al Bayyinah ). Al Alaq gue udah apal. Baca Al Quran gue bisa. Ilmu Tajwid juga bisa, Make sempak di kepala juga gue bisa.
Praktek Agama berhasil gue laluin dengan aman. Kita semua cuma kurang 2 poin, doa sesudah tahajud dan wakaf Al Quran, Pak Masykur bilang tahajud akan di paraf nanti setelah kita melaksanakan solat tahajud malam.

Skipping.
Biologi here i come!!!!!
Ini dia saat saat sebelum biologi, gue ngapal mati lagi bentuk laporannya. Ohiya masih inget kegalauan gue tentang bio? Praktek sendiri. Yup. Gue masih galau.
Untuk antisipasi itu gue bener bener ngapalin laporan laporannya. Gue takut sendirian, gak kebayang sementara yang laen berdua dan bisa bercanda tawa dengan riang ahahaha.. hahaha... sementara gue? uhuhuhu.. huhuu...

"Yeeeyy gue sama looo!"
"Eeehh gua sekelompok lu woi"
"Waaahh!!"

Clink.
Mata gue tertuju ke suara itu. Pembagian kelompok. Gila nih.
Gue gak berani ngeliat, gue cuma mondar mandir di belakang kerumunan orang yang rame ngeliatin kertas itu.

"Eh Awy sama siapa Awy?

Bagus ada yang bertanya begitu, gue ngedengerin...

"Awy ama Nurma!"

Yeshhhhh..!!!!!!!!!!!
Gue ngedenger kata "ama" aja senengnya bukan maen, gue punya temen! yaaa gue dapet temen!!!
Akhirnya gue bagi tugas, praktek ada 4 pilihan jadi gue ngapalin 2 dan dia 2.

Jam 1 siang, Pak Dwi selaku pengawas mulai masuk ruang bio. Kita semua prepare masuk tapi sebelum masuk harus diundi dulu. Gue dan Nurma sangat amat siap dengan praktek Enzim Katalase. Gue bisa prakteknya dan Nurma bisa laporannya. Sempurna. Undian harus sehoki mungkin dapet Enzim.

"Ayoo.. sini ambil undian.."

Seperti biasa... gue kebagian terakhir ngambil undian... begitu undian gue ambil.. gue buka perlahan gulungannya.. perlahan.. lahan.. dan KOSONG!! Kok!!??
Gue bolak balik kertasnya itu gak ada tulisan samsek! Gila nih apa yang happening??

"Pak kok ini kosong?"

Pak Dwi cuma ngeliat trus... gue ngeliat.. gue LIAT!!!! Pak Dwi lagi ngebuka gulungan dan tulisannya "Enzim Katalase"

"Kertas kamu kosong?"
"Itu aja Pak yang Bapak pegang buat praktek saya!"
"Oyaudah ini.."

YEEEESSSHHH!!!!!!!
Gue dapet Enzim Katalase which is i'm ready for some action. Glove gue pake dan masker juga gue kenakan.
Masuk ke dalem kelas harus absen dulu, gue langsung nyari korsi enzim katalase.. gue ngeliat di pojokan itu ada tabung reaksi dan rak, spontan gue kesana dan ngetake tempat. Tapi gue di tegor sama Pak Dwi.....

"Kamu praktek apa?"
"Enzim pak!"
"Coba liat itu meja apa"

Ternyata ada tulisan "Uji Makanan"
Gue udah kalah sebelum perang. Ternyata meja buat enzim katalase gue ada di depan dan persis depan meja pengawas. BadLuck.

Praktek dimulai, gue pertama menumpahkan isi laporan di otak gue dalam bentuk kertas secepat mungkin sebelum lupa.
Begitu praktek dimulai, pengawas keliling sambil ngeliatin cara kerja mereka. Sumpah men gue kali ini bakal ngomongin fakta, Biologi lebih menakutkan ketimbang Kimia. Kalo Kimia itu kita ngelakuin kesalahan, si Bu Yuli masih komentar dan kita tau kalo itu salah.. Kalo Bio.. Pak Dwi benar benar menjaga mulutnya dan tertutup rapat.
Gue lagi bikin tabel hasil pengamatan, tiba tiba pas gue nengok belakang keliatan batang hidung Pak Dwi yang sedang ngelongok ke tabel gue.. begitu gue balik badan eh dia langsung lari ke depan sambil skotjump ( canda ), dia langsung ke depan dan nulis nulis sesuatu. Paralyze.

Satu hal goblok gue, ada bagian dimana harus ngebakar lidi lalu dimasukin ke tabung reaksi. Sementara Nurma ngurus tabung reaksi, gue ngebakar lidi. Abis ngebakar lidi itu kan harus ditiup dan disisain bara apinya. Gue niup korek dan lidinya itu gak mati mati, gue panik demi apapun. Gue kena troll pengawas apa gimana gue gatau pasti yang jelas gue ampe keringetan niup korek dan lidinya hingga gue sadar kalo gue lagi make masker.

Praktek tabung kedua gue begitu lagi, niup sambil make masker. Dua orang pengawas yang keliling itu tiba tiba ngedeketin meja gue dan Nurma lalu nanya

"Ini tabung ati ayam yang mana?"
"Yang dikasih peroksida bu.."
"Yang ini?"
"Cuka dan peroksida..."

Tiba tiba kedua pengawas itu berlari ke depan sambil skotjump ( masih bercanda ) lalu mereka mencatat sesuatu. Gila men kita gatau yang mereka catat itu sesuatu yang baik atau buruk, yang jelas kita gabisa berkutik dan gatau ini bener atau salah.
Dikala panik dan bingung itu gue keinget semua perkataan orang orang yang memotivasi gue seperti mengganti celana dalam tiap hari, gosok gigi sebelum tidur, baca doa sebelum makan, dan tutup mata jika bersin.

Gue inget kata kata Bu Yuli

"Kimia itu masih gampang dibandingkan praktek Biologi.."

Bener aja dia..... ini lebih memusingkan.

Selesai praktek, gue langsung keluar dan merasa lega banget. Gue udah ngelewatin klimaks ujian praktek dan mulai besok hingga selesai itu cuma ujian embel embelan belaka, Olahraga dan Bahasa Inggris. Gampang.

Olahraga besok katanya praktek shoot basket, servis volli, servis AC, servis mobil, servis tengtop dan lari 30 menit. Malam ini pun gue belajar dengan cara melakukan pemanasan dimulai dari Fruit Ninja.

No comments:

Post a Comment