Sunday, March 3, 2013

Armada Ujian Praktek ~ Day 5


22 Februari 2013 ~ Olahraga

Hari ini menyenangkan ujian prakteknya.. cuma olahraga dan itu merupakan refreshing serefreshnya buat kami anak jurusan IPA. Tiap hari disuguhin senyawa, larutan, listrik, pegas bahkan listrik yang dialiri ke tubuh.
Bangun pagi gue seperti biasa buang ilmu jahat dulu.. setelah selesai, gue langsung cao menuju sekolah dengan pakaian muslim gueh. Gue telat kali ini.. gapapalah gue bisa ngertiin itu karena gue harus ngelawan ilmu jahat yang sudah bersemayam dari semalam.

Gue dateng ke sekolah langsung menuju toilet dan ganti kostum olahraga. Begh olahraga ujian praktek ini 3 kelas IPA digabung jadi satu, rameee banget.
Ujian olahraganya itu ada basket, voli, dan lari 30 menit tanpa henti. Kelas XII IPA 3 selalu kebagian terakhir, basket terakhir, voli terakhir, lari terakhir, makan terakhir, ganti baju terakhir.. gapapa yang penting kita bisa selalu menjadi yang terakhir buat kamu..

Akhirnya tiba giliran kami praktek basket, melempar free shot yang cuma dikasih kesempatan 2 kali. Gue ngelempar sepenuh tenaga dan jiwa. Alhasil tenaga gue habis dan gue harus tidur panjang 2 minggu alias koma.
Gue ngelempar.. lemparan pertama ga masuk.. kedua!!! gamasuk juga.......
Gue gagal.

Praktek kedua adalah voli.. pertama kita diajari dulu sikap sikap saat servis yang benar.. pertama harus mencabut mesin yang rusak, melihat lihat bagian yang harus diganti dan memberi pelumas bertenaga... oh itu servis mobil.
Urutan servis yang benar adalah kaki kanan di depan kiri belakang, bola lambung, tangan lurus, bola lewatin net, masuk ke lapangan.
Gue sukses gagal karena bola berhasil lewat net... mungkin lebih tepat melewati lapangan... kebablasan.

Sembari menunggu kelas lain selesai lari keliling lapangan 30 menit, gue maen voli. Seru banget. Gue dalam permainan ini berhasil servis bola melewati net berkali kali. Kurang ajar.
Tanpa sepengetahuan dan kegoblokan gue, gue maen voli ampe cape.. sementara gue belom lari 30 menit. Mampus.

Bener aja... gue lari 30 menit dengan permulaan yang melelahkan. Gue akhirnya menggunakan cara licik, jalan seakan lari dengan lantunan suara "Hah.. hah.. hah.." Cakep.

"Aduh gue mules nih wy.. takut bocor pas lari.."
"Tahan Shar.. demi nilai.."

Ashar mules sebelum mulai lari.. matilah dia.
10 menit pertama masih aman, gak terlalu cape.. ini bukan apa apa dibandingkan baduy. Gue terus berlari.. setelah menit ke 20.. duh.. sumpahmen, segala ingatan dan kenangan gue bermunculan kembali.
"Mama.. Papa.... Aku... ugh.."
Gue lari terus tanpa henti, gue lelah terus tanpa henti, gue pipis terus gak henti henti.....

"2 menit lagi!!"

Asik. Gue bisa.. kita bisa!! kita pasti bisa.. kita akan raih bintang bintang..
Gue lari seakan energi gue terisi penuh mendengar kata 2 menit lagi. Dalam lari itu, telunjuk kaki kiri gue kecengklek dan keseleo, badan gue panas penuh keringet, tangan gue pegel gerak gerak dan bulu idung gue rontok 2. Oke yang masalah bulu idung itu gue bercanda.
Badan gue penuh rasa pegal dan sakit. Gue ngerasa kalo ini adalah cobaan hidup gue.. Setiap orang pasti bakalan kena cobaan dalam hidupnya kan dan tiap orang cobaan beratnya masing masing berbeda. Mungkin ini cobaan berat buat gue.. waktu dulu juga pernah gue kena cobaan berat, gue disuruh angkat kardus isi buku kamus ensikolopedi 60 episod. Itu cobaan terberat.

Gue terus lari tanpa menghiraukan rasa sakit, sumpahmen itu 2 menit terlama dalam hidup gue.

"Prriiitt!! Selesai 30 menit!"

Hohyeeaahhh gue berhasil... Gue langsung tiduran di lapangan, terlentang dan memejamkan mata ke arah langit. Gue bersyukur masih bisa hidup setelah diberi cobaan berat. Tiba tiba ada meteor jatuh yang tepat mengenai gue.

Gue bangun dan duduk, begitu gue buka mata... semua biru!!! buseeehh gue buta warna?? inilah efek dari tiduran lama menghadap langit.. don't try this at your schools field.

Isak Tangis, Berkabung dan Duka Cita

Gue cape dan gue ke kantin buat makan, dari speaker sekolah terdengar suara yang menyebut nama orang yang gue kenal.

"Kepada Ashar Ardianto kelas XII IPA 3 ditunggu keluarganya di depan ruang guru 1.. sekali lagi..."

Wah Ashar tumben banget dipanggil panggil.. tapi sayang doi udah pulang duluan karena pusing dan mules. Gue di kantin mesen satu mie ovum ( bukan, bukan mie yang terbuat dari ovum ) dan ditemani Baba, Lana dan Eldi. Kita ngobrol ketawa tawa sampai suatu ketika Prima datang dengan wajah panik dan berkata.

"Wy.. Bokapnya Ashar.. bokapnya Ashar meninggal..."

Gue kaget. Panik dan gatau harus ngapain lagi. Ini suatu hal yang sangat mendadak. Gila. Gua aja kaget dan deg degan...

"Ashar? Ashar belom tau!"

Ashar udah pulang dan dia gatau apa apa... Gue gabisa bayangin dia pulang ke rumah.. di sepanjang jalan menuju rumahnya itu banyak bendera kuning.. dan begitu sampai di rumah ternyata Ayahnya meninggal.
Parah gue panik, gue langsung ganti baju dan bareng Abim menuju rumah Ashar.

Sampe di rumah Ashar, beberapa orang kantoran yang bekerja di rumahnya itu ada di depan dan gue pun bertanya tanya

"Ashar ada?"
"Yaah udah pada pergi ke Srengseng.."
"Srengseng?"
"Iya.. meninggalnya disana.. di rumah sakit sana.."
"Meninggalnya kenapa sih? kapan?"
"Jantung.. gak ada yang tau kondisinya.. jam meninggalnya aja gak ada yang tau pasti.."
"Walah walah.. dadakan dong.."

Ujian yang berat buat Ashar. Gue mungkin cuma sekedar lari 30 menit, tapi Ashar? yang tabah shar.
Gak lama banyak anak 60 yang berbondong bondong datang ke rumah Ashar. Rame deh sampe ada yang make taksi, rugi banget.... Jojo ngabarin kalo dia ada di rumah sakit sana, lokasinya jauh banget dan tidak memungkinkan buat pengendara motor.

Mengingat ini hari jumat, berarti para pria perjaka ini harus segera melaksanakan ibadah solat jumat. Kita semua solat di masjid terdekat. Gue misah dari yang lain, gue masih shock denger kabar itu. Kok gue shock? Itu bukan bokap lo kan? Gue memikirkan kalo hal itu terjadi pada gue.

"Awy... Bapakmu... Bapakmu.."
"Kenapa??"
"Bapakmu... menghamili Bapakku!"

Gue mungkin bisa lebih shock kalo ngedenger hal itu.

Selesai solat jumat, kita yang cowo sepakat mau ke rumah sakit sana tapi apa daya. Hujan turun membasahi bumi. Kami terhalang untuk kesana, jadinya pulang ke rumah dan malamnya kata anak anak bakalan ada tahlilan di rumah Ashar, oke nanti malam gue akan datang.

Malam pun tiba dan gue bareng Abim, Lana, Baba, Widian, dan Ica ke rumah Ashar. Gue ketemu Ashar, dia mukanya merah, mungkin masih menahan tangis. Doi cerita gimana kisahnya dia bisa mengetahui kabar Ayahnya meninggal.

"Jadi gue kan pulang sekolah duluan tuh.. itu gue lagi pusing dan mual kan.. gue gatau apa apa.. di perjalanan itu gue ngeliat bbm banyak banget kaya shar bokap lo bokap lo gitu.. gue gak baca, gue cuek soalnya gak ngira yang aneh aneh. Pas sampe rumah kan gue pengen mandi tuh sama mulesss bangeet.. gue lagi boker trus Ecal bbm gue ngasih tau kalo bokap meninggal.. gue gak percaya awalnya kan.. tapi gue ngerasa deg degan dan gaenak perasaan gue.. eh Om gue nelpon.. ngasih tau kalo bokap gue meninggal.. Gila gue nangis tuh disitu.. mana gue lagi boker lagi.. Nyokap gue juga nelpon trus nyuruh gue siap siap buat nemuin bokap.. Yaudah gue buru buru mandi terus pergi ke rumah sakit sana kan tuh.. gue agak telat.. jadi pas gue di jalan itu ternyata mayatnya udah mau dikubur di Bekasi.. Jadinya yaa gue langsung ke Bekasi... Sampe di Bekasi.. sumpah gue pengen nangis lagi.. gue ngeliat mayatnya udah dikubur.. gue gak bisa ngeliat wajah terakhir bokap gue.. gue sedih disitu.. gue masih banyak salah sama bokap.. gue pengen minta maaf.. tapi gue terlambat.."

Gue sedih ngedenger cerita dia. Bokap yang meninggal dan dia ga ngeliat wajah Ayahnya untuk terakhir kalinya. Sabar Ashar.. gue bisa mengerti itu kok. Baru baru ini di komplek gue banyak yang meninggal juga, lagi musimnya.

Setelah beberapa lama berbincang bincang, gue mau nemuin nyokapnya Ashar. Gue ke atas dan ngeliat nyokapnya Ashar yang masih menangis, sejak tadi siang hingga sekarang katanya memang dia gak berhenti nangis.
Gue salim dan pamit ke ruang kantor untuk melakukan tahlilan bersama sama dipimpin oleh Kak Mamad.

Untuk beberapa lama kita tahlilan dan selesai. Kita ngobrol ngobrol lagi deh, disini kita gak sedih sedihan, well Ashar gak boleh terus terusan sedih. Kita rebutan kacang, tango dan air minum. Baba yang mules kebangetan, dia minjem WC di belakang pojok dan sepi.. iya tentu saja doonngg dikerjain.. Gue nyetel satu suara isak tangis wanita udah gak perawan
"Hik hik.. tolong sayaaa..."
"Ah... Ahelaaahh"
"Hiiii... HiHiHi.."
"AAAAHH"
*Lana dateng dan ngegedor pintu kamar mandi kenceng kenceng
*DEERR DEER!!!*
"HUWAAAAA!!!!!"

Sukses, Baba ketakutan. Gue udah puas.. gue lupa diri dan gue kelaparan.
Kita semua pulang, sebelum pulang yaa nyari makan dulu deehh. Widian dan Baba menginap di rumah gue karena besok akan bulutangkis.

P.S :
Yang sabar ya Ashar, from earth to earth. Semua manusia akan mati.

No comments:

Post a Comment