Friday, March 8, 2013

Cipeters or Kleptonian?


Gue ini orangnya gak modal dalam segala arti. Gue selalu minjem barang barang orang seperti bolpen dan tip x tanpa ada pengembalian alias cipet atau klepto. Ini dia yang sedang menggema di dunia remaja SMA apalagi di sekolah gue ( mungkin semua sekolah kali ya ).

Menurut gue cipet atau klepto itu emang maksudnya sama tapi punya makna yang berbeda. Menurut kamus ganteng kawakibimuttaqien, Cipet berarti mengambil barang orang lain tanpa bilang bilang dan orang yang mengambil barang itu disebut Cipeters. Lantas gimana dengan klepto? Klepto berarti mengambil barang orang lain tanpa bilang bilang dengan cepat, tak terlihat, tanpa meninggalkan jejak  serta orang yang mengambil barang itu disebut Kleptonian. Gue gatau asal nama itu, gue cuma asal tulis aja.

Menjadi pencuri ternyata ada tingkatannya, pertama newbie, maling jemuran, maling ayam, maling hape, maling motor dan maling hati wanita. Gue ada di tingkatan akhir, ya gue emang jago maling hati wanita, apalagi abis itu biasanya gue ditampar trus rambut gue dijambak dan diinjek injek.

Gue cipeters, ya! gue cipeters di kelas gue HAHA ( muka jahat dan mata sipit ). Gue suka ngambil alat tulis temen temen gue tanpa bilang bilang. Sebenernya gue mungkin lebih bisa dibilang klepto karena gue gak ninggalin jejak, tapi gue orangnya merendah, baik hati, ganteng, tidak sombong dan rajin menabung apalagi nabung di wc.. paling rajin... jadinya gue cukup disebut cipet.
Barang yang paling gue sering cipet itu adalah tip x dan pensil. Saking seringnya gue nyipet ntuh dua, gue baru sadar, tas gue penuh dengan pensil dan tip x. Gue sampe sisihin di rumah, gue make itu tip x sampe tersisa dikit. Begitu udah dikit, gue langsung menghadap ke pemiliknya dan bilang "Tip x lo ilang ya? Ini gue sempet nemuin waktu itu.."
Begh, gue bakal dikira pahlawan yang sudah membantu mencari barang hilang.

Sasaran target yang sering gue cipet itu tidak lain adalah Widian, Farah, Sarski dan beberapa orang lainnya. Sebab mereka bertiga ini yang paling gampang dirampok, ingatan mereka buruk dan terkadang mereka lupa kalo barangnya ngurang satu. Widian contohnya, dia naro sebatang pensil yang panjang di mejanya dan dia pergi, berhubung gue cipeters jadi gue ambil itu pensil walau ada saksi mata yang ngeliat. Itu cipeters, lain cerita kalo kleptonian. Di kelas IPS entah IPS berapa itu merupakan suatu kelas yang full dengan klepto, klepto sangat berbahaya, kenapa? misalkan lo lagi duduk di korsi dan lo taro satu batang pensil atau bolpen atau tip x lalu lo nengokin pala ke kanan atau kiri beberapa detik, na'as itu barang.

Kalo Farah dia lebih bloon, sebenernya dia itu pusat segala cipeters, gak cuma gue. Awalnya cuma gue sih tapi lama lama kelasan gue penuh dengan cipeters tapi untungnya gue ini sedikit peka masalah maling malingan, apalagi kalo masalah maling celana dalem cucian tetangga weuh doyan.
Barang yang sering gue cipet dari Farah itu tip x, dari kelas 2.. mungkin total tip x yang gue dapet dari Farah berjumlah 5.... tapi gue udah balikin 2 dan yang 3 itu habis...
Sedangkan Sarski.. gue kebanyakan nyipet pensil dari dia tapi gue selalu ngebalikin ke tempat semula setelah selesai gue pake. Ama dia urusan bisa panjang.

Baidewei, bicara tentang cipet.. temen gue si Andry ( korban dagu berdarah ) itu hebat banget. Dia jujur dalam mencipet... mungkin dia gak ada niatan cipet kali ya tapi cuma sekedar minjem barang. Jadi dia itu pengen foto buku tahunan dan dia butuh Dream Catchernya si Cacing. Udah selang beberapa minggu dan empunya nagihin akhirnya si Andry ngebalikin dan yang mengejutkan adalah itu Dream Catcher balik balik berubah warna. Begitu gue interogasi

"Yan si Cacing nanya, ini dream catcher merah punya siapa"
"Ambil aja, itung itung terima kasih karena uda minjemin"
"Okedeh.. terus dream catchernya Cacing kemana?"
"Yaudah ikhlasin aja, ada penggantinya kan"

Luar biasa.
Andry barusan minta maaf sama Cacing lewat bbm hape gue
"Cing gue minta maaf, gue harus ngelakuin apa supaya lo mau maafin gue?"
"Lo harus bisa bikin gue bahagia"
"Baiklah kalo itu maumu.."
"Andry.."
"Cacing..."

And they live happily ever after.

Gue kadang ngerasa hidup sebagai cipeters ada untung dan ruginya. Untung karena kita dapet barang gratisan hasil usaha sendiri, rugi karena kalo kegep, mampus. Gue juga orangnya gak tegaan.. tiap gue nyipet suatu barang, gue pasti mikirin nasib orang itu.. bolpennya gue ambil.. gak ada bolpen dia gak bisa nulis.. gak bisa nulis dia gak bakal dapet nilai.. gak dapet nilai dia gak bisa dapet ijazah.. gak ada ijazah gak kerja.. gak kerja gak ada uang.. gak ada uang gak makan.. gak makan jadi sakit.. sakit jadi stres.. stres jadi meninggal.. Dia bisa meninggal karena gue nyipet bolpennya.... Gue ini sungguh orang yang berdosa.

Tapi kadang dibalik kehidupan seorang cipeters, gue juga berhasil kena cipet oleh para cipeters lainnya. Gak tanggung tanggung, headset, buku tulis, kertas soal, dan yang parahnya parfum. Level cipetersnya luar biasa high class, gue gak cukup tangguh ngadepinnya. Gue biasanya ngebales dengan jurus gabungan cipet dan klepto.. gue kasih nama Cipto. Iya itu gak jelas.

1 comment: