Thursday, March 14, 2013

Makanya Punya Mulut Itu Dijaga..


Baidewei beberapa hari ini panas banget ya di Jakarta.. fuuhh gila gue lama lama, pulang sekolah jam 12 siang karena lagi UAS, naek kopaja trus jalan kaki sampe rumah ditengah teriknya sinar raja singa siang itu kaya makan gorengan plus cabe rawit selusin tanpa ada air minum. Aus.

Sehabis keluar dari ruangan UAS, ga biasanya gue ketemu sama Lana, biasanya gue ketemu dinosaurus atau naga terbang kalo keluar dari ruangan.. otak gue berimajinasi yang engga engga kalo keder ngadepin soal. Gue sama Lana ke kantin dulu sebelum pulang buat makan ( yaiyalah masa buat kayang ). Kita makan indomie rebus soto pake cabe wuuhh enak, gobyos gue karena panas. Selesai makan kita masih duduk duduk sambil ngobrol juga sama Budemi ( tukang jualan mie ). Kita ngobrol banyak dari masalah kuliahan, ngomongin masa depan, keluarga, pakaian dalem, makanan kesukaan, hobi dan nomer henpon.

Gue ama Lana pulang dan kita jalan ke depan gang trus nunggu kopaja 612 yang notabenenya sangat lama. Kita nunggu sambil kepanasan, swear itu panas banget.. gue ampe keringetan abis lari keliling lapangan 7 kali.
Gak lama kopaja dateng dan untunglah itu kopaja sepi, yes jadinya gak desek desekan. Gue dan Lana duduk di paling belakang yang kosong, kopajanya ngetem dulu di depan gang itu. Gak lama seorang guru Bahasa Indonesia dari sekolah gue bernama Bu Yenita naik ke kopaja juga. Gue dengan segala pikiran licik untuk nyari perhatian dan supaya di nilai anak baik baik, langsung gue sapa.

"Eh Ibu.. apa kabar bu? hari ini cerah ya.. oiya tadi pas ulangan uas itu saya di awas sama Pak Arief loh bu trus tau gak sih di deket rumah saya ada bazar kalo malem? Itu bagus banget loh bu film Transformer, ceritanya tentang anak bernama Yugi yang ingin menjadi pokemon master ditemani Agumon lalu ia berkelana mencari Dragon Ball untuk membawa Sasuke kembali pulang ke konoha.."

Gue emang gak pinter basa basi.

Akhirnya bis jalan, bu Yenita duduk di depan sekitar beda dua bangku kosong dari tempat kita. Gue ama Lana ngobrol ngobrol terus pas bis lewat di warjan, bukan.. bukan warung janda.. warung jembatan, itu tempat nongkrong anak sekolahan gue. Gue liat disana sepi banget.

"Na di warjan sekarang udah sepi ya jarang ada yang nongkrong lagi.."
"Iya iyalah wy orang lagi uas terus juga mau UN, siapa lagi yang pada pengen nongkrong"
"Iya juga sih ya.."

Pas bis belok, gue ngeliat beberapa anak angkatan gue lagi nongkrong.

"Oh ternyata pindah dikit wy.."
"Cuma 3 orang itu mah bukan nongkrong, gosip"
"Hahaha iya kali"

Gue sempet inget 2 orang guru sekolah gue, Pak Ahmad, wakasek sekolah sekaligus guru Bahasa Indonesia serta Bu Rosida, guru biologi itu sering banget patroli sekitar sekolah buat nangkep anak anak yang nongkrong.

"Mereka pada ga nongkrong gara gara Pak Ahmad sama Bu Rosida sering patroli kali ya"
"Nah iya wy mungkin aja.. eh tapi Pak Ahmad sama Bu Rosida itu kurang ajar juga sih.. mereka php.. masa nih ya.."
"EH!"

Gue langsung nyetop Lana ngomong dengan muka panik dan bisik bisik ke dia sambil nunjuk ke depan, kursi dimana Bu Yenita berada.

"Ssstt.. aduh bego lu ituu itu!"
"Astagfirullahaladzim......."

Gue berdua panik, gue gak salah sih yang salah Lana, lah gue ga ngomong apa apa.. tapi tetep aja gue saksi telinga.. gue terlibat! Lana uda cengo mukanya gak kontrol banget, dia keringetan.. keringetnya beda, bukan karena panas tapi karena gatau musti apa. Gue langsung ngejauh dari Lana tapi dia malah deket deketin gue.

"Duh wy.. gimana nih.... keceplosan.. gua lupa...."
"Yaduh gua gak ngarti nih.. dia denger gak ya.."
"Gataaauuu.. mana tadi pas bisnya lagi pelan duuhh.."
"Ngeles ngeles"

"Iya jadi tuh anak anak pada kurang ajar banget wy.. masa pas Pak Ahmad lagi nerangin.. eh mereka malah pada ngobrol.. ga ngehargain banget kan"
"Dih kok parah sih? Kan Pak Ahmad asik tau ngajarnya, lucu.. apalagi Bu Rosida tuh gue ngerti diterangin ama dia.."
"Iya kan? Gue kesel aja wy ama anak anak, ga ngehormatin guru banget.."
"He eh.. uda gitu selama jadi wakasek ini kerjanya bagus ya, sekolah jadi lebih tertib.."
Blablablabla..

Gila, kita uda gatau harus ngomong apa.. bener bener dilanda panik kronis. Bu Yenita itu guru bahasa indo juga kaya Pak Ahmad.. aarrghh! Kalo diadu bisa abis nih, mana uda mau UN. Gue gak abis pikir, kita berdua selama perjalanan cuma bisa diem atau ngomongin yang baik baik tentang guru di sekolah dengan tampang bloon. Kayaknya sih dia gak denger soalnya make kerudung gitu dan suaranya agak berisik tapi tetep aja....... jangan jangan dia maka headset terus dengerin lagu death metal volume max.

"Na untung gue turun duluan, nanti kalo misalnya abis gue turun trus tiba tiba Bu Yenita ke belakang terus duduk di sebelah lo dan bilang 'kamu ngomong apa tadi?' gimana Na?"
"Gua bakal bilang.. Itu bu si Ronaldy, emang bandel anaknya.. tuh dia turun duluan karena takut bu padahal rumahnya deket rumah saya.. ohiya 12 IPS 4 bu dia.."
"Bener bener.. Baba aja.."

Bocor banget emang iya, kita suka keceplosan. Pernah suatu waktu gue lagi di rumah bareng temen gue si Ecal. Kita lagi belajar bareng terus tiba tiba Lana sms gue.

"Wy hafsah sms gue suruh nanya sama lo dirumah lo ada ecal apa nggak"

Gue dengan segala kepolosan langsung ngejawab

"Ada emang ngapah?"
"Nggak tau tuh wy hafsah cuma bilang penting hahah"

Gue langsung bilang ke Ecal

"Cal si Lana di sms Hafsah nanyain lo disini apa engga tuh katanya penting"
"Siapah?"
"Hafsah.."
"Ohh temennya Hafsah kali, ah bilang gue gak ada gitu"
"Yah?"

Gawat.. gue uda terlanjur bilang ada... gimana nih? gue langsung sms Lana buru buru

"Udah gak ada deng Na si Ecal.."
"Lo belom bilang sama Ecal kalo dicariin hafsah?hahah"

Gue gatau harus jawab apa dan gue gamungkin bilang kalo Ecal gamau dibilang ada disini

"Ya begitu daaah, lo jadi kemari?"

Gue langsung ngalihin pembicaraan.. gue bingung harus bilang gimana ke Ecal, dikala kebingungan itu, Lana sms lagi.

"Wy hafsah tadi baru sms lagi dia bilang gini 'jangan bilang gue yang nanya' -_-, gua udah bocor duluan nih"

Gue ketawa mampus, kita sama sama bocor dan sama sama panik harus gimana. Yaudah gue bales aja

"Ecal tadi bilang ke gue 'bilang aja gue gak ada wy' -_- Dia masih disini sebenernya"

Akhirnya kita berdua bocor bocoran dan ngegosipin si Ecal dengan temannya yang nyariin dia itu.

Bektustori, gue sama Lana masih diem dieman di dalem bis. Bisnya juga gila, ugal ugalan.. nyalip sana sini kaya ayam cacingan atau cacing ayaman. Sekali kali Bu Yenita palanya nengok ke samping, kita berdua buang muka.. itulah nasib gak bisa jaga mulut.

Akhirnya sampe di depan Ampera, gue turun duluan ninggalin Lana dalam galau kronisasinya.

"Duluan ya Na.."
"Makanya punya mulut itu dijaga wy.."
"Elu anjir!"

Bu Yenita nengok ke arah belakang dan gue lari sekencang mungkin.


1 comment: