Saturday, March 23, 2013

Betapa Berharganya Uang


sdkfkhcnwhjashdcn;gncwehncnfh

Gue stres iya lagi stres. Galau bimbang panik gatau musti apa. Jempol kanan gue kejepit pintu.

Akhir akhir ini gue ngerasa kalo gue punya kekuatan indra keenam gitu, udah seminggu ini flu gue gak sembuh sembuh dan gue ngerasa itu adalah suatu pertanda buat gue. Entah baik atau buruk yang jelas kalo penyakit biasanya bawa yang engga engga. Jangan jangan gue bakalan jatoh dari lantai 12 sebuah gedung dan mendarat dipangkuan Dewi Sandra. Itu baik atau buruk ya?

Hari Sabtu ini gue emang full padet acara dan kesibukan lainnya, sebenernya gue pengen nunda semuanya karena flu berat gue masih belom ilang tapi apa boleh buat, gue ikutin dulu aja. Pertama gue rapat prom jam 12, tadinya sih gue itu ada rencana buat nemenin Ithan first date dengan orang yang dia anggap gebetannya, Batak anak 39. Tapi gue batalin dan gue ngikut rapat prom di rumah Gina. Rapat jam 12 tapi berhubung kita ini anak sma jadinya ngaret dan itu udah pasti.

Oke gue gak pengen ngebahas itu.

Yang sekarang gue galauin ini adalah tugas Fisika gue yang berjumlah 155 soal dan gue baru mengerjakan 100 21 soal!!
Oke, gue rapat prom selama 4 jam sambil menahan pusingnya kepala dan mampetnya hidung serta tenggorokan. Prom gue bener bener lagi keteteran, kita kekurangan dana banyak banget dan deadlinenya besok.. kami butuh uang! hidup uang! tapi gak segampang itu.. gue bingung gimana gue harus nyari uang.. banyak cara udah gue pikirin tapi kayaknya gak ada rencana yang bagus.. seperti ngamen di jalanan, gue gabisa nyanyi.. ngemis, takut digrebek polisi.. minta duit ke bokap, digampar.. ngerampok di bank, goblok.

Gue pulang dengan kepala pusing yang gila gilaan, gerimis mulai melanda dan gue ngebut di jalanan, gue boncengan ama Baba. Selama di perjalanan kita berdua sama sekali gak ngobrol, diem aja. Gue nahan pusing dan Baba mungkin nahan berak.
Sampe di rumah gue langsung geletakan di kasur tak berdaya, gue minum obat dan rebahan lagi. Tiba tiba gue keinget masalah keuangan prom gue. Pertama gue mikir, nyokap gue itu kan kerja di Bank.. nah gue mulai mikir yang sok sok kaya orang perusahaan gitu.

"Ohiya Bank kan biasanya kalo nyetor uang dapet bunga.. eh dapet gak ya.. coba tanya ah.. siapa tahu bunganya bisa buat bantu bantu tambahan uang"

Gue mikir begitu dan melupakan kalo nyokap gue itu kalo ngebahas masalah bank bakalan jadi liar dan mulutnya menjadi macam senapan mesin. Contohnya aja pas gue bingung milih kuliah terus konsultasi ke nyokap, dia malah bilang

"Kamu di BCA aja kaya mama, iihh BCA bagus tau kak.. nanti kamu bakalan blablabla.. terus kalo misalkan kamu emang bisanya disini situ sana blablabla.. blablehuhekuhek ohook"

Gue stres dengernya.

Bektutopik, gue melakukan kesalahan pertama.. bertanya masalah bunga di bank.

"Ma kalo misalkan aku buka rekening terus nyetor uang di bank gitu dapet bunga gak sih?"

Nyokap gue tiba tiba balik badan ke arah gue dan mulai berbicara sambil menggerakkan seluruh tubuhnya.

"Dapet kak! Kalo kamu nyetor uang nanti dikasih bunga, jadi gini..."

Nyokap gue ngambil kertas dan bolpen terus duduk di depan gue dan mulai menyerang dengan rentetan peluru senapan mesin.

"Jadi gini mama kasih gambaran nih ya, ini misalkan ada orang A nyetor uang 2 juta nah misalkan dia kena bunga 2% itu ada perhitungan bunganya.. nah perhitungannya itu kaya matematika biasa.. 2 juta dikali 2% dikali jumlah hari di bulan yang bersangkutan dan dibagi 365.. bulan bersangkutan itu maksudnya di bulan apa kamu nyetornya dan 365 itu jumlah hari dalam setahun kan.. nah metode bunga itu ada 2 yaitu berdasarkan Perusahaan atau Perorangan, kalo perorangan itu kaya kamu sendiri yang buka rekening, nanti ada neracanya buat penyetoran.. yang perorangan itu ada aktif dan pasif, kalo perorangan misalnya kamu nyetor 2 juta nanti masuknya ke pasif terus ada biaya misalkan bunganya 500 rupiah per bulan atau gimana.. nah aktif pasif ini jumlahnya harus sama jadi aktifnya juga 2 juta.. kalo perusahan itu setorannya di aktif dan kalo misalkan perusahaan itu kena biaya 750 blabla.. trus nanti kalo tiba tiba bunganya atau blablabla lebih besar dari penyetoran yah rugi dan gamau gitu pasti kan.. jadinya perusahaan itu...."

Ah.

Gue mati rasa.
Gue gila denger penjelasan panjang nyokap, gue cuma bisa bilang "He eh", "Hoo", "Iya terus?" gitu doaaang... itu apaan gue gak paham, gue gatau masalah begituan dan yang gue butuh cuma jawaban "Iya dapet bunga kok"... inilah mukjizat nyokap gue.
Setelah gue bertanya lebih to the point lagi akhirnya gue tau kalo bunga bank itu dapetnya cuma sebulan sekali dan biasanya gak nyampe ratusan ribu.. tergantung setoran berapa. Batal deh.

Gue tetep kekeuh dan harus nyari uang.. gimana caranya? Gue gak paham, gue sekarang lagi dilanda maha galau kuadrat kronis pangkat tiga. Bukan karena uang, iya uang juga termasuk tapi ada hal lain yang bikin gue lebih galau.. gue gabisa bilang itu apa...

No comments:

Post a Comment