Sunday, March 3, 2013

Armada Ujian Praktek ~ Day 6


25 Februari 2013 ~ Bahasa Inggris 

Hari senin dan hari ini adalah hari terakhir ujian yang benar benar praktek. Senangnya karena hari ini cuma ada satu praktek dan itu bahasa inggris, gue merasa bangga. Gue bisa pulang pagi... rasanya seperti mimpi. Ternyata gue beneran mimpi, gue pulang jam 11 siang.

Gue di sekolah merasa santai sesantainya praktek, gue gak belajar bahkan gak nyiapin catetan sesedikitpun. Testnya cuma interview dan menceritakan gambar dalam bentuk deskriptif, naratif, seduktif, adiktif, nonaktif atau apalah itu namanya.
Gue duduk diem di depan balkon kelas, merenung, memikirkan masa depan "Apa benar Ariel bikin band Noah?" gumam gue. Sementara gue bengong dengan syahdunya, Ertika ngehampirin gue dan mulai meminta tolong bikin kalimat.

"Wyy ini bahasa inggrisnya apa sih? Eh bantuin guee doongg bikin kalimat.. aduh gue gak bisa bahasa inggris nihh.."
"Hah?"

Gue mager, yaudah gue bantuin sambil duduk, jujur aja gue gamau bantuin dia sambil kayang, pinggang sakit.

Sementara gue ngebantuin Ertika, anak anak yang absen awal dan akhir mulai masuk satu persatu which is absen gue yang di tengah bakal jadi yang terakhir masuk. Damn. Gue gabisa pulang pagi.
Gue tetep santai dan gak terkena hasutan apapun. Anak anak yang laen sering ngecek dari jendela contoh foto foto yang bakal di ceritain apa aja, bertanya apa aja yang di interviewin tapi gue.. heh.. cuek. Gue jago bahasa inggris sejak sd, gue bahkan punya julukan "Awy Si 3 Menit", bukan 3 menit membuat kalimat bahasa inggris, tapi 3 menit menahan kentut sambil menyanyikan lagu bahasa inggris.

Waktu berlalu dan anak anak semakin banyak yang pulang, sepi akhirnya. Gue terakhir dan akhirnya tiba saat saat gue masuk. Gue di tes bareng Ithan, Ithan ini juga panik dan takut gabisa jawab, jadinya gue harus backup.. tapi pada akhirnya gue ga bantuin dia, dia bisa ngejawab segala pertanyaan dengan senyum dan celingak celinguk.

"What do you think about cheating?"
"I think its a bad habit to do.. because you don't do it with your own"
"Have you ever cheat?"
"OF COURSE!!!"
"What do you feel when you cheat?"
"I felt a bit of relieve.. but i felt regret after that.."

Mereka ketawa, apa yang lucu?
Sekarang adalah saatnya membuat cerita dari gamabar, gue uda ngeliat ada satu foto yang bisa gue bikin naratif, sebuah burung. Cakep banget. Gue mungkin bakal bikin cerita tentang seorang pria yang memelihara seekor burung sejak kecil dan selalu bersamanya kemanapun pria itu berada tapi semakin dewasa, burung yang ia pelihara itu semakin tak terkontrol dan akhirnya si pria ini gak tahan dan dia pun mencari seorang kekasih untuk meluapkan keinginan burungnya. Tamat.

Tapi ternyata gambarnya diganti, slide nya dituker dan muncullah foto foto lain yang gak kalah banyaknya. Gue kelagapan, gue ngeliat foto pesawat, bunga, banjir, kepsek, anak kecil, candi dan iguana berdiri handstand. Iya gue cuma bercanda.
Gue senyum, bangga, gue ngambil foto candi yaitu prambanan. Gue nyeritain kisah Loro Jonggrang dan Bondowoso penuh yakin dan pede.

"Very good.."

Penguji mengatakan itu dan gue pun merasa sombong, gue membusungkan dada tinggi tinggi hingga kancing lepas dan mati lampu serta para zombie bangkit dari kuburan.
Selesai sudah.. gue bersantai ria.. gue pulang ke rumah dan beristirahat penat.. gue lelah menghadapi semua ini. Untunglah yang seperti ini cuma gue rasain 7 hari seumur hidup.. cuma di kelas 12 SMA ini saja.. kita semua di serang Armada Ujian Praktek.


Terima kasih sudah membaca dengan khidmat kisah pria tabloid, tampang bloon idiot dalam menghadapi rentetan serangan ujian praktek sekolahnya.
Semoga para pembaca yang belum dan akan mendapat serangan ujian praktek bisa mengetahui dan membuat rencana dalam menghadapinya.


No comments:

Post a Comment