Sunday, March 3, 2013

Armada Ujian Praktek ~ Day 2

19 Februari 2013 - Bahasa Indonesia feat. Seni Budaya

Hari ini tergolong mudah dan santai. Gue gak belajar semaleman.. toh buat apa belajar? 
Indo? Tinggal baca aja teks yang udah ditulis dengan gaya dan gerakan tubuh. Gue orangnya cool, gue ngebaca cerita gue dengan tenang dan kalem.
Seni? Yah modal pensil warna, penggaris, pengapus dan sebagainya serta daya khayal yang tinggi. Gue emang sih orangnya gak bisa berkhayal tinggi.. paling paling sekalinya disuruh ngayal, gue cuma kepikiran diri gue berhasil meraih nilai UN tertinggi di Indonesia dan banyak cewe yang naksir karena kepintaran gue trus gue direkrut oleh banyak perusahaan kerja dengan gaji sebulan 100 juta, rumah gue gede, istri gue cantik, anak 2, atap rumah warna merah marroon, tembok luar krem terang dengan pohon yang rindang. Oiya rumah gue tingkat 2 dan tertata rapi mengikuti gaya feng shui. Serendah itulah daya khayal gue.

Gue ke sekolah dan langsung ke lantai 3 ke kelas gue. Begitu gue buka kok lampunya mati, ACnya nyala dan gak ada orang satupun "Asik nih gue orang pertama". Gue duduk diem disitu nunggu yang laennya sambil menghapal cerpen bahasa gue. Gue nunggu dan nunggu.. gak ada yang dateng.. pada kemana anak anak.. apa jangan jangan gue sedang berada di ruang kelas dengan dimensi yang berbeda? Gue ngerasa sekarang gue sedang kena acara super trap. Gue duduk dengan stay cool terlihat keren di kamera. Ecal dateng.

"Wehileh booy kok sendirian?"
"Gue pertama booo"

Lama kelamaan mulai muncul Dimas, Mikyal dan Aaw.. cuma berlima. Gue makin heran, udah mau jam 7 masa gak ada yang dateng.. 
Gue baru inget Bahasa Indo prakteknya di lantai 2.. Gue langsung kesana dan begitu tiba disana.. ternyata semua anak udah pada duduk diem mantengin ke depan denger guru sedang memberi penjelasan. Gue yang telat.

Duduk diem dan menunggu giliran, gue kebagian 4 sebelum paling belakang. Selama itu gak ada yang boleh keluar dan harus denger semua cerita mereka yang maju. Untunglah ini bahasa indo, bahasa kita sendiri.. Gak kebayang kalo ceritanya pake bahasa perancis.. gak bakal ngerti gue maksudnya apaan.. cerita dengan bahagia mengenai kisah juara dalam lomba dengan sepenuh hati. Audience mana ngerti.. mereka cuma bakal ngangguk senyum mingkem tepok tangan.

Gue banyak ngedenger kisah kisah konyol temen temen gue misalnya Hervina yang abis ngisi bensin mobil ternyata kakaknya ketinggalan di toilet pom bensin, Sarpam yang gara gara Baduy dia gagal menjadi juara foto berhadiah henpon dan Sari yang jempol tangan kakaknya putus.. argh.

Tiba giliran gue. Gue berniat gamau ngebaca teks sama sekali karena emang itu cerita pengalaman gue sendiri ( baca post : Satu Malam Berbagai Misteri )
Begitu gue baru mulai cerita

"Baca dari paragraf 2 ya"
Alhasil gue ngelanggar janji dan ngeliat teks. Darimana sih paragraf 2??
Gue ngelanjutin cerita tanpa melihat teks, ada satu bagian dimana gue lupa.. Gue ngebalik kertas gue kok kosong? gue balik lagi eh kosong juga, gue akhirnya ngebolak balik kertas sambil ngelanjutin cerita. Kertas gue seakan disihir oleh pengawas. Gue pun akhirnya gagal sukses menceritakan kisah gue.

Selesai sudah dengan bahasa sekarang adalah saat saat untuk menunggu waktu ujian praktek seni. Gue nunggu dengan santai dan yang gue lakukan adalah hafalan Agama untuk lusa hari kamis, Al Alaq, Al Bayyinah, doa sesudah solat Dhuha, sesudah solat Tahajud dan berbagai macamnya. Banyak banget!

Skipaway, sekarang jam seni. Kertas soal dibagiin, gue ngebaca ada yang disuruh bikin desain piringan, desain bakiak, cover novel, gambar suasana. Tadinya gue pengen ngambil gambar suasana, tapi begitu gue liat ketentuannya... menggambar suasana pasar di pagi hari yang ramai. No!

Gue akhirnya memutuskan untuk menggambar cover novel, ketentuannya adalah ada gambar orang. Gue bakal bikin novel berjudul "Aku Kamu dan Dia, Cara Berbisnis Aman dan Nyaman" gue bakal ngasih ilustrasi 2 orang yang sedang ngobrol sambil menunjuk ke arah orang lain yang sedang galau lalu di samping orang galau itu akan ada gedung tingkat tinggi dengan bertuliskan "Nyaris Best Seller".
Gue pun ngegambar desain kasar bentuk buku novel tapi setelah jadi ternyata lebih mirip bakiak kaki sebelah yang lebar.. Akhirnya gue memutuskan untuk menggambar desain bakiak.

Hari ini berhasil gue lewatin tanpa rasa deg degan dan takut tapi perasaan itu gue adepin sesaat gue pulang ke rumah dan memikirkan ujian praktek besok, Fisika dan Kimia.
Gue di rumah gak bisa banyak mikir. Gue gak ngerti dua duanya, Fisika gue dapet tentang pengukuran dan penimbangan menggunakan jangka sorong dan mikrometer skrup. Gak ngarti. Tapi itu katanya paling gampang, jadi gue santai dan belajar kimia, kimia diundinya pas hari H.
Di rumah, dari jam 7 malem gue mulai belajar kimia sampe jam 12 malem.. sumpahmen itu belajar Kimia terlama selama gue hidup. Kimia yang diuji itu ada 6 praktek.. Elektrolisis, reaksi nyala alkali, pengaruh suhu terhadap laju reaksi, elektrolit, titrasi asam basa, hidrolisis. 
Asli, gue gak ngerti semuanya dan gatau harus ngapa ngapain.

Enihow, selama 5 jam itu gue cuma berhasil menangkap dan paham sepahamnya tentang reaksi nyala, pengaruh suhu dan elektrolit sedangkan besok kimia dikasih waktu 30 menit dan melakukan 3 percobaan.....
Kacau. Gue rada sebel sama orang orang yang menemukan hal sepele kaya gini. Ilmuwan jaman dulu itu gak pernah mikirin nasib orang orang yang berada di masa depan. Contohnya Graham Bell deh, dia penemu telpon di jaman dulu tapi kan jaman dulu itu gak ada yang punya telpon kecuali dia.. mau telponan sama siapa coba?? Isaac Newton lagi, dia penemu teori gravitasi apel jatoh.. kurang kerjaan banget kan? apel jatoh.. kenapa harus apel? Sebenernya Isaac ini bukan ngukur apel, dia lagi boker di wc dan kepo sama tainya yang jatoh.. akhirnya dengan ide yang dia dapat dibikinlah teori gravitasi.. kalo dia nulis teori yang dibuatnya itu berawal dari tai nya sendiri kan dia bakal malu, makanya dia bilang itu dari apel.

5 jam gue belajar dan bersimulasi seolah gue sedang berada di lab kimia melakukan ujian praktek, gue berhasil dan sangat siap lahir batin untuk melakukan praktek reaksi nyala serta pengaruh suhu.
Tepat jam setengah 1 malam gue tidur diiringi irama dagdigdug dihati.



No comments:

Post a Comment