Wednesday, November 21, 2012

Study Tour Bali - Jogja Day 5, 14 Maret 2012

PAGI - HOTEL MAHAJAYA

Pagi terakhir di hotel mahajaya dan juga di Bali....
Kami akan berpisah dan entah kapan akan bertemu lagi..
Makan pagi dan memasukkan tas kedalam bagasi bis.. lalu kami berpisah dengan menangis bersama sama dan berpelukan di depan hotel di lihat banyak orang hingga masuk Trending Topic di twitter...
Tujuan pertama hari ini adalah surmon... Surga Monyet

PURA SANGEH

Kesan pertama begitu mendengar kata pura sangeh adalah begitu gua turun dari bis, aspal gak bakal keliatan dan cuma terlihat monyet monyet di sepanjang jalan, oke itu lebay
Tiba di pura sangeh, kita turun dan beristirahat sejenak sudah mulai terlihat monyetnya begitu gua masuk toilet dan bercermin
Rombongan pun masuk menuju pintu masuk utama pura sangeh, di tengahnya ada patung monyet raksasa yang terlihat seperti sedang bertarung melawan monyet kecil.. Hanuman
Bli Made cerita katanya dulu pernah ada dia ngebawa rombongan ke pura sangeh, rombongan anak sma juga.. udah di kasih tau kalo di hutan sangeh itu jangan macem macem kaya buang sampah, pipis sembarangan dan semacamnya..
Jadi ini ada satu siswi yang lagi di tengah hutan, tiba tiba dia kebelet pipis.. aneh aneh aje..
Toilet jauh banget kan wong di tengah hutan gitu gimana ke toiletnye, nah terpaksa dong dia pipis di hutan itu..
Selesai pipis dia gak kenapa napa, terus sampe balik ke hotel gak kenapa napa..
Pas malemnya di hotel tiba tiba dia kesurupan.. tingkah lakunya kaya monyet, dia jalan merangkak persis monyet, dan dia bisa lompat tinggiiiii sampe atap hotel.. W O W!
Ga kebayang setinggi apa loncatannya, akhirnya dipanggil deh pengusirnya dan alhasil berhasil..
Dia cerita katanya dia ngerasa kaya lagi di tempat yang gelap banget terus tubuhnya itu gabisa digerakin karena di genggem sama monyet raksasa gitu.. Hanuman berarti..
Parno deh gue.. yaudah gua masuk ke dalem hutan berdua dengan Rifqy buat jaga jaga kali aja pas gua pipis di hutan, Hanumannya malah nyurupin si Rifqy gitu
Gua jalan di hutan itu dan sepi banget meeenn perasaan tadi rame.. Akhirnya di hutan yang luas itu cuma ada gua dan Rifqy.. Negthink mulai muncul, apakah gue bakalan nyasar disini dengan Rifqy dan kami terpaksa menikah karena tidak tahu jalan keluar dan hidup berdua selamanya di hutan itu bersama para monyet?
Tiba tiba terdengar suara yang tak asing.. Gua maju sedikit ternyata ada pagar yang membatasi hutan itu dengan jalan raya
"......................."   Hutan macam apa ini?
Gua jalan dan jalan akhirnya berhasil menemukan jalan keluar, disini ada pohon yang katanya menyerupai kelamin pria dan wanita, memang mirip tapi biasa saja..




Lanjut perjalanan, sisanya hanya toko toko kecil sepanjang jalan sampe parkiran bis..
Sebelum balik ke bis gua sempet mampir lagi ke pintu masuk utama, iseng iseng aja
Disitu Bu Nartini nawarin gue buat foto bareng monyet.. apa monyet foto bareng gue? apa monyet foto bareng monyet?
Alhasil gue tertarik dan *Klik berhasil ke foto! Monyetnya gamau lepas banget dari gue seperti seorang anak yang bertemu ayahnya setelah bertahun tahun pisah
Rombongan pun menaiki bis dan menuju next destination







JOGER LUWUS

Bicara tentang oleh oleh, inilah rajanyaaaa.. Ga kebayang lagi deehh, ramenya bukan main.. gila disana sini banyak banget orang
Parahnya itu ukuran tiap baju itu kalo gak L, XL, XXL.. gile bro baju buat ondel ondel ape
Disini semua kalangan, pria wanita, tua muda, guru murid mengganas dan matanya dibutakan oleh oleh
Gua beli baju kemeja merah 1, kaos 2.. Kaos yang gua dapetin ternyata cuma ada 2.. yaudah yang satu gua ambil, yang satu lagi gua taro di ujung dalem rak dan di lipet kecil supaya gak ada yang bisa ngambil hohoh
Begitu ke kasir, panjangnya bukan maen, penjaga kasirnya ampe keringetan dan gak kuat melayani satu persatu orang... 1 jam.. 2 jam... Gila lama
Pas gua tanya ke kasirnya
"Mas!! bayar pake kartu debit bisa?"
"Bisa de.."
Yaudah niatnya gua pengen nalangin 5 orang anak dulu make kartu trus mereka ganti cash..
Cacing juga udah ngebet banget minta di bayarin dengan wajah yang terlihat ogah ganti
Pas gesek kartu.. srett... sret.. tukang kasirnya ngelap keringet
"Waduh de gak bisa.."
"PATUNGAN WOI SEMUANYA CEPETAN!!!!"
Yaudah kita patungan...
Selesai bayar gue keluar dan baru tau bahwa udara itu sesegar ini....
Gua gak bakalan kesana lagi.. ke medan perang anak muda...
Gua diluar bertiga ditemani Cacing dan Rifqy, kita nungguin yang lain yang masih terjebak di medan perang..
Entah apakah ketika mereka keluar tinggal sepatunya, tali sepatunya atau kaos kakinya....
Selesai gua pun mencoba balik ke bis tapi bis gua hilang.... Gua nyari kesana kemari dan tidak ada.. kemana bis gue?
Ternyata diparkir paling ujung belakang dan paling jauh jalannya, gila bro.. gua jalan jauh dan gua istirahat sambil makan siang..
Gak lama setelah itu bis berangkat menuju tujuan lain..





TANAH LOT BALI

Tanah Lot adalah tujuan selanjutnya. Hal pertama yang gua bayangin begitu ngedenger nama ini adalah..
Tanah yang Lot.. Lot berarti banyak dalam inggris, artinya ini tempat yang isinya cuma tanah semua..
Gue ampe kepikiran dari pas berangkat kesana
"Gimana nih kalo sendal gue isinya tanah semua? temen satu bis gue sendal sepatunya tanah.. Bakalan maen tanah nih.."
Gue denger dari temen gue juga katanya di tanah lot ada pure gitu dan ada legenda uler gede kalo surut apalah gak paham guah
Setibanya on location gue terkejut "Buseeett!!!"
Ternyata gak ada tanah disana.. Aspal sepanjang mata memandang
Kite rombongan jalan ke tempat wisata, Wiw panas gila bro disana.. Hawanya negatif seakan ada jin memerhatikan dari belakang.. ternyata Ertika
Sampe di tempat wisata malah hawa semakin memanas.. Sayang sekali disini air lautnya tidak surut malah pasang.. jadinya tidak bisa menyebrang ke pulau disana..



Apesnya nasib siswa SMAN 60 ke Bali... Udah laut kaga surut, ada barang barang dari bis yang jatuh, gak dapet sunset, bahkan mau nalangin bayar baju di joger kaga jadi (itu gue...)
Fine gapapa kita foto foto aja disini berusaha membuat kenangan indah semampu mungkin walau hanya foto dan video



Perjalanan balik ke bis memakan cukup waktu, di tengah perjalanan kita sesekali berhenti ngecek toko toko dan melihat lihat sebuah kalung dengan bulu ayam dan pernak pernik alias Dream Catcher
"Iiihh baguuss"  "Waaahh muraaahh" "Yeeeyy belii" "Muuaahh ini kalung apa ya?"
Itulah komentar yang gua denger ketika masuk ke toko yang menjual dream catcher
"Hahaha orang sebodoh apa sih yang bisa tertipu ampe beli dengan takahayul kaya gitu, gue pengen ketemu orangnya"
Sampai di bis gua duduk di bangku gua sambil menunggu rombongan yang belum tiba
Tiba tiba Ertika datang membawa selusin dream catcher yang dia beli...
Tuhan mengabulkan permohonanku agar dipertemukan dengan orang bodoh

BALI - JALAN PULANG MENUJU PELABUHAN

Di bis hari semakin malam dan rasanya inilah malam terpanjang yang pernah kami rasakan, Bali juga masih Indonesia
Di sebuah jalur two way kecil ini bis kami terjebak macet dan hampir tidak bergerak berjam - jam
Anda bisa bayangkan bagaimana kelemahan gue di bis? berjam jam....
Gua pengen tidur rasanya karena lelah dan mual, gua duduk di pinggir, jelas saja sempit ditambah si bocah sebelah gua ini dengan santainya tiduran di pundak gua sambil selonjoran, gila pewe abis...
Gua tidur nyenderin pala gue di kaca bis dan hasilnya tiap bis goyang, pala gue ikutan goyang malah saking parahnya badan gue ikutan goyang.. Satu bis bergoyaaangg
"Ertika pingin pipis nih"
Yes... inilah saatnya gua tiduran di dua bangku ini..
"Pak Ertika pengen pipis neh"
Ertika dan Mikyal turun dari bis dan buang aer di hutan? rumah penduduk? toilet? gue lupa
Pokoknya mereka turun dan bisnya jalan.. macet sudah agak luwes dan gue merasakan surganya bangku...
Gue tiduran terlentang sambil ditutupi kain punya Ertika, gue nutup mata baca doa tidur dan doa pengusir jin pengganggu a.k.a Ertika
Pas banget mimpi gue lagi loading mau mule
"Ssst sstt woi bangooon wooo maruk amaat"
Najis guah baru aje pengen tidur ude timbul duluan ini bocah
"Kok lo cepet amat? kan bisnya jalan"
"Gue numpang di bis laen"
"Ngape kaga disana aje?"
"Woo ogaaah"
Sialan, pas banget.. macetnya mulai lagi dan kali ini lebih parah, kita bener bener stuck
Gua mencoba mencari teman omong tapi Ertika cuma bisa tidur dan nganga menunjukkan kerongkongannya dengan indah
Desy di sebelah bangku gua cuma diem dengan badan tegak, mulut mingkem dan mata melongo
"Des... Lo kenapa?"
Tiba tiba Desy menengokkan wajahnya ke arah gua tapi masih tetap melotot
"Gu.. Gue.."
"Lo..?"
"Gue... Gue mau buang reaaakkk!"
"............................"
Pertanyaan gue adalah apakah orang yang ingin membuang reak mengalami gejala badan tegak, mulut mingkem dan mata melotot?
"Ini bisnya masih kejebak macet des.. buang aja pake tissue"
"Yaudah deh.."
Alhasil dia ngumpulin tissue dan membuang reaknya di tissue itu, entah kesambet apa gua ngeliatin dia ngebuang reak di tissue tanpa berpangling, mata gue terpana dengan cara dia membuang reak dan reak yang ia keluarkan.. Insiden ini meninggalkan suatu rasa mual di perut gue
Kalo gak salah dari jam 2 siang sampe jam 12 malem kita kejebak macet..
Sekitar jam 10an.. anak anak di bis sudah menggonggong
"Laaapaaaarrrr...!"
3 Guru yang menjadi pawang anjing ini akhirnya memberikan 3 buah nasi box, 1 untuk depan, 1 tengah dan 1 belakang
Gue di bagian depan, pas gue mau ngebuka itu nasi box tiba tiba di pundak gue menetes air liur dan baju gue di cakar cakar
"Grrr.. Hauk Haukk! Guk guk!!!"
Oke tenang para anjing liar.. gue bakal nyuapin kalian..
Mulai deh gua nyuapin mereka satu persatu seperti pembantu.. Gak lama gua suapinin, suapin ternyata nasi boxnya abis... Gue? gak makan....... Sungguh berjiwa patriot diriku ini mementingkan para anjing kelaparan dibandingkan dirinya sendiri



Semakin malem semakin jadi, kali ini 3 orang pria kalo tidak salah Sigit, Yoel dan Yogi mereka kebelet pipis sementara posisi sedang di tengah hutan..
"Aduh gimana nih gue pengen pipis.." Yoel
"Kalo pipis di hutan takutnya di datengin el.. gua ngerih kan.." Sigit
"Yaudeeeh kita pipis di plastik trus kita buang ke hutan, kan jadinya ga ngotorin kan?" Yogi
"Bener jugaaa!!"
Merekapun sepakat pipis, turun dari bis mereka pipis deket pohon tapi di dalam plastik setelah itu mereka ngelempar itu plastik gitu aja
Yogi pertama kelar dan masuk dengan kegirangan, diikuti Yoel yang sudah menunjukkan wajah lega, gak lama Sigit masuk dengan muka murung
"Ngape lo git?"
"Wy kalo ngotorin hutan bakal di datengin ya..."
"Loh ngapa? kan lo pipisnya di plastik, Insya Allah mah kagak.."
"Plastik gue bocor wy.. aduuhh.."
Entah gimana gua mau ketawa apa harus ikut iba.. Sigit.. berdoa saja semoga Sigit Jr. mu bisa terselamatkan..

MIDNIGHT - RUMAH MAKAN MADINA

Karena lamanya macet melanda, jam 12 malem bis kami akhirnya berhenti disebuah rumah makan.. ini masih buka dan menerima kami mendadak
Bis gue dateng pertama jadi masih sepi dan leluasa, kami disambut dengan 4 orang bapak tua yang beryanyi dan memainkan piano...
Gue gak bakal lupa sama apa yang dinyanyiin Bapak itu... karena itu adalah lagu pembawa tidur, ngantuk banget... Negthink, jangan jangan 4 orang bapak ini adalah penjahat yang mengincar anak SMA untuk ditidurkan dan diculik lalu mengambil organ tubuhnya untuk dijual!?
"Yaakk mari semuanya anak muda jika ingin bernyanyi bersama silahkan ikut saja"
Maaf pak saya bukan penjahat
Selesai makan, kita solat dan gua ngeliat dengan mata kepala gua sendiri stopkontak udah ampir mo roboh...




Rame bener.. gua selama di bis ataupun turun aja gak pernah ngecas Hape.. soalnya gue matiin
Nyak babeh juga gak bakalan nanya kabar gueh
Kelar solat akhirnya kita kembali ke bis dan melanjutkan perjalanan, Alhamdulillah macetnya sudah reda dan mobil bisa kembali berjalan
Tapi fenomena kemacetan ini masih menjadi misteri, apa yang terjadi?
Jawabannya ada disana.. ternyata ada beberapa truk kebalik yang nutupin jalan.. buseeeh gede dah gede itu truk.. Setelah ngelewatin truk kebalik itu, jalanan bener bener lancaaaarrr
Gua ngeliatin mobil mobil yang lewat di arah berlawanan kasihan sekali mereka belum tau ada kemacetan apa disebelah sana..
Gua akhirnya tidur di bis begitu juga anak anak lainnya.. bangun bangun ternyata si "Jono" bangun duluan, ups..
Begitu melek uda sampe di pelabuhan, kita semua turun dan bis di angkut naik kapal


No comments:

Post a Comment