Friday, October 11, 2013

Ini PPAK!! Bukan Ospek!! ~2~


The Day Before Day 1
Culik, Twitter, Mental

Gue bangun pagi jam 6, berangkat dari rumah ke bandara jam 8. Capek iya, banget. Tapi yang lebih capek lagi ya muka gue, keliatan kaya orang udah tinggal mati doang tujuan hidupnya. Gue di bandara check in dan selama perjalanan ke Jogja aja, gada senyum senyum sama sekali. Pait.

Sampe di Jogja, gue bareng emak gue ke Jogja, emak gue pengen ngebenahin kosan gue sebelum ditempatin. Di bandara kita dijemput sama mas Ridwan, kenalan nyokap gue sekaligus driver yang tau Jogja. Emak gue yang notabenenya gatau perasaan hati gue yang gundah gulana membahana, dengan polosnya mengajak makan dulu karena hari udah siang. Emang bener sih hari sudah siang, gue tapi gada nafsu makan sama sekali, muka gue udah gaenak banget, hati gue apalagi. 

"Mukamu keliatan capek banget dek.. syutingnya lama ya?"
"Iya.."

Lebih tepatnya.. gue capek bukan karena syuting tapi karena kerja kelompok. Gue mikirin nasib kelompok gue, gimana jadinya.. pokoknya hati gue bener bener ngerasa gaenak. Gimana kalo mereka ternyata kekurangan orang dan karena kekurangan orang itu jadi gak bisa selesai tugasnya.. gimana kalo ternyata mereka jadi musuhin orang yang gak dateng kumpul kumpul kelompok.. aduh susah.

Nyokap gue ngajak makan, kita nyari tempat makan kemana mana.. nyokap mau kesini, rame, kesini rame.. akhirnya sekitar setengah jam nyari tempat makan dan setengah jam itu otak gue isinya kerja kelompok. Begitu sampe di sebuah tempat makan, gue gak nafsu, asli. Mesen aja asal mesen, gue terus ngecekin bbm dari Tiara, salah satu temen gue yang ngasih ngasih kabar. Doi juga nyaranin gue buat bikin twitter dan lo tau apa? gue bikin twitter perdana gue. Di Jakarta, banyak yang nyuruh gue bikin twitter tapi gue gak pernah kesampean bikin alias ogah. Tapi karena PPAK ini, gue salut, gue punya twitter untuk pertama kalinya dan orang yang gue follow pertama kali adalah BEM serta HMJ Fakultas. Gila. Pedes. Tweetnya serem serem dan tiap kali gue buka twitter, jantung gue deg degan ngebaca tweetnya.

"Bener kan, harusnya gue gausah punya twitter sama sekali, cuma bikin takut doang"

Batin gue berbicara. Pertama kali gue punya twitter, bukannya seneng seneng follow orang dan promosi nama twitter tapi cuma muka sepet dan jantung copot yang gue rasain. Tiap updatean timeline, isinya tentang ppak dan wara wiri post senior yang menakutkan. Gue jelas semakin jadi.

"Mah, langsung aja ma ya, anter aku ke kampus dulu.. mau liat susunan kelompok buat kerja kelompok"

Akhirnya gue mulai ngejelasin ke nyokap apa yang harus gue lakuin. Nyokap mengiyakan dan berangkatlah gue ke kampus, ISI Jogjakarta.

Disana gue langsung ke gedung Rektorat, katanya ada di tempel susunan kelompoknya. Gue langsung nyari nyari, ada banyak sekitar 22 kelompok. Gue inget kata kata Tiara, gue kelompok 14. Gue cari... satu kelompok sekitar 28 orang. Cari.. cari... kok.. gak ada??? Mampus. Jantung gue deg degan lagi. Jangan jangan yang gak dateng mentoring kemarin itu namanya dihapus dari kelompoknya dan bakalan dibentuk kelompok sendiri dan harus nyari barang barang sendiri. Lagi. Pikiran gue banyak.

"Mas, kemarin gak ikut mentoring juga ya?"

Sebuah pertanyaan yang menghentikan tatapan kosong gue. 

"Oh iya iya.. gak ikut aku"

Ternyata seorang cowo berambut pendek, kacamata dan modis.

"Iya sama, aku juga gak ikut.. gak dapet kabar.. ini baru sampe di Jogja"
"Wah sama toh kita.. ini aku juga lagi nyari kelompok kok namaku gak ada ya"
"Jurusan apa mas?"
"Televisi aku, situ?"
"Televisi juga, tadi aku dikabarin katanya kalo udah ketemu kelompok berapa langsung telpon mentornya dan tanya tanya aja.. daripada besok kena bentak atau diapain"
"Ohh begitu.. nomernya darimana ya?"
"Ini diatas sini ada nomernya, telpon kesitu aja"
"Ohh.. ya ya.."
"Eh mas namanya siapa? belom kenalan kita"
"Oh aku Awy, kalo mas?"
"Erhh.. aku Anisa"
"Oohh Anisa..... hah?? Anisa??"
"Iya ini namaku di kelompok ini"

Bener aja loh namanya Annisa. Ternyata dia perempuan yang menyamar jadi laki laki... selama ini gue ngomong aku kamu sama perempuan... lagi, sindrom akukamu.

"Yaudah aku duluan ya"
"Yaya makasih ya"

Gue langsung ngehubungin nomer mentor gue, namanya Slamet Sakti. Sebelum gue teken tombol telepon, gue bertanya tanya 'mentornya ini dosen atau senior ya.. dosen atau senior ya..'. Gue juga takut begitu di telpon ternyata gue malah dibentak atau dikerjain, "salah sendiri gak dateng, cari tau aja semua temen temen kamu". Yah.....

Tuuutt.. Tuuutt.. Klek. *Diangkat!!!*

"Halo Assalamualaikum" << Ya, gue tau lo semua juga pasti gitu, nelpon dengan sopan supaya dikira anak baik baik
"Waalaikumsalam"
"Ini dengan kak Slamet?"
"Iya ini siapa?"

Gue masih inget sampe sekarang suaranya. Pelan, alus dan hampir gak kedengeran. Aaahh pasti gue dapet mentor orang baik...

"Ini dengan Kawakibi kak, kemarin gak dateng mentoring, udah bilang sama panitianya dan katanya langsung hubungin mentor aja.. saya harus gimana kak?" << ngomong dengan panik dan takut, mencoba menjelaskan semuanya namun sia sia sepertinya.
"Siapa namamu?"
"Kawakibi.."
"Siapa?"
"Kaa.. waa.. ki.. bi..."
"Oke panggilan kamu aja siapa?"
"Awy"
"Awy, kamu sekarang ke gedung taman budaya, disana lagi mau kumpul kelompok, nanti ketemuan aja sama ketua kelompoknya, Tris"
"Oh baik kak, terima kasih banyak, Asalamualaikum.." < lagi. Kesopanan adalah segalanya sebagai maba.

Gue langsung minta dianterin ke taman budaya. Tapi gatau alamatnya, mas Ridwan juga bingung gedung taman budaya itu apa. Akhirnya gue sms si kak Slamet ini. Sumpah, itu sms tersopan yang pernah gue lakukan. 

"Maaf kak slamet, boleh minta alamat gedung taman budayanya?"
"Di dekat pasar bringharjo malioboro. silahkan langsung koordinasi dgn ketua kelompok. ini no hp'nya blablabla"
"Baik kak slamet, terima kasih banyak maaf mengganggu..."
"ok.. sama2.."

Anjasss. Awy si anak sopan.
Gue langsung sms si ketua kelompok gue ini, nah waktu itu gue juga karena saking takutnya, gue gatau ini ketua kelompok itu seangkatan sama gue apa senior juga.. gue bingung, kalo gue sms pake gaya gaya anak seangkatan tanpa sopan sopan banget eh taunya senior.. terus galak.. abis gue.. yaudah akhirnya gue sms dengan kesopanan luar biasa.

"Maaf ini dengan ketua kelompok 11 mas Tris? Ini saya Kawakibi kelompok 11, kemarin tidak sempat hadir kegiatan mentoring karena ada kegiatan di tempat asal, tadi sudah telpon kak Slamet dan dikasih tau buat ngumpul di taman budaya.. Jam berapa ya ngumpulnya itu?"

Sebelum gue kirim, gue baca smsnya berkali kali buat ngecek tata bahasa yang sopan. Gue sms se-so-pan mungkin! Beh setelah gue kirim ternyata gak di bales bales. Gue udah sampe di Taman Budaya dan disana sepi banget.. gak keliatan anak anak ngumpul gitu, apa jangan jangan ngumpulnya udah selesai apa jangan jangan ngumpulnya malem.. gue gak ngerti... gue masih deg degan, pokoknya deg degan gue gak bakal ilang sebelum gue ketemu kelompok gue. 

Disana ternyata ada 2 orang yang lagi duduk, cowo dan cewe. Mas Ridwan nanya nanya ke mereka dan ternyata mereka itu anak maba ISI juga. Gue langsung nyamperin dan ngajak kenalan.

"Mas anak ISI? ngumpul hari ini?"
"Iya.."
"Kenalan dulu mas, aku Awy"
"Aku Deni, ini Desti"
"Oohh mas ini kelompok 11?"
"Bukan, kita berdua ini kelompok 8.."
"Ngumpul hari ini juga ya?"
"Engga cuma mau ketemu temen aja"

Aduh, gagal ketemu kelompok sendiri. Akhirnya gue duduk bareng mereka ngobrol ngobrol, ternyata mereka dari jurusan Karawitan. Lama menunggu, mereka nyuruh buat nelpon ketuanya aja. Akhirnya gue telpon.

"Halo, mas Tris?"
"Iya iya ini siapa ya?"
"Ini aku Kawakibi gak dateng kemarin mentoring, aku ada di taman budaya sekarang"
"Oiya tunggu disana aja dulu, aku lagi nyari barang barang dulu"

Deg degan lagi gue. Sekarang temen temen kelompok gue lagi sibuk nyari barang barang buat ospek, sedangkan gue? hiks...
Gue menunggu lama.. tiba tiba datang satu pria dan duduk bareng kita bertiga, temennya Deni dan Desti. Gue ngajak kenalan, nama dia Bayu dan ternyata dia kelompok 11!!! yes!! ketemu! Kita ngobrol ngobrol sedikit.

Gue sempet ngedengerin mereka bertiga ngobrol menggunakan bahasa Jawa. Iya gak ngerti gue, cuma gue pura pura ngerti aja manggut manggut. Mereka ngomongin PPAK, gue ngedengerin aja tapi ada satu kata yang bikin gue tertarik dan bertanya tanya, "Culik".

"Bayu, itu maksudnya culik apa?"
"Ohiya kau gak dateng mentoring ya?" 
"Jadi gini, kita ini kan ppak, bukan ospek lagi.. nah kalo ppak itu gak separah ospek, jadinya ada kaka kaka senior yang kaya gak terima gitu maba maba diperlakukan beda kaya mereka. Makanya mereka itu nyulik nyulikin maba. Kemarin pas mentoring itu di jelasin kalo misalkan maba gak ada keperluan apa apa di kampus, jangan berkeliaran disana.. nanti bakal ada kaya senior atau alumni yang siap nyulik"

Gue ngedengerin dengan khidmat.
"Emangnya kalo diculik diapain?"
"Abis deh, di ospek sendiri.. bisa bisa maen fisik.. nanti ada kemungkinan kau dibawa ketempat jauh, terus diiket di pohon semaleman.. udah deh, dipukulin, dilemparin tai kebo, kambing atau apalah trus ditinggal. Pokoknya serem"

Anjir kuadrat 12. Gilaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Serem amaaaatt!!!!! Gue harus ekstra hati hati selama lewat kampus??? matilaaaahhhh

"Pokoknya kalo misalkan berkeliaran di daerah kampus ya jangan sampe keliatan kaya anak mahasiswa baru aja"

Tetep aja hati gak bisa boong. Gimana kalo ternyata pas gue jalan kaki ke kosan terus ternyata ada sekumpulan alumni lagi reunian dan mereka ngeliatin gue jalan kaki sambil berpikir maba atau bukan? Muka gue bisa keliatan cuek, tapi hati gue nangis bukan main.

Lama setelah gue ngobrol dan menunggu, ternyata satu persatu anggota kelompok gue mulai datang dan gue kenal kenalan, ketuanya juga dateng dan namanya Chris, bukan Tris. Gue kenalan dan kita semua mulai kerja kelompok. Salah seorang temen kelompok gue bernama Arsa dari Tangerang dan satu lagi Hasbie dari Bekasi, mereka 2 2nya orang yang gue ngobrol make gue elo. Asik. 

"Sa ini emang tugasnya ngapain aja sih?"
"Banyak wy, ini disuruh bikin tas dari karung goni segitiga biru, terus id card dan semacemnya"
"Trus kostumnya itu Lupus?"
"Lupus?"
"Iya kata temen gue Lupus"
"Bukan kok, kostumnya itu kaos putih lengan panjang, celana panjang training hitam, sepatu bertali warna ungu.. itu nyari sendiri sendiri"

Mulai dari sinilah awal mula kesibukan batin, mental, fisik dan duit.

Ditengah obrolan kita itu, mentornya dateng dan gue liat.. ternyata dia masih muda.. gue nanya.. ternyata dia senior dan bukan dosen. Orangnya baik banget, halus ngomongnya dan seneng bercanda. Mukanya merah pas malu dan biru pas ketiban pohon kelapa.

Kita semua kerja kelompok sampe maghrib dan karena gue nyokap serta mas Ridwan itu pergi keliling, gue ditinggal.. gue minta bareng sama Chris. Kebetulan dia sendiri naik motor, gue boncengan dan ngobrol ngobrol.

"Chris, itu kita kostum beneran bukan lupus?"
"Lupus?"
"Iya lupus.."
"Wah gak ada kok, setauku ya cuma kaos sama celana training itu"

Cakep banget. Ternyata gak ada model Lupus, Tiara salah ngasih kabar kostum ternyata. Gue langsung bbm dia.

"Tir gue masa gak disuruh make kostum lupus sama ketua gue"
"Masa sih? gue kemarin dengerin banget kok lo itu kelompok 14 dan disuruh kostum lupus"
"Gue kelompok 11 Tir ternyata, bukan 14.. mungkin yang kelompok 11 gak disuruh kali ya?"
"Yaudahlah ikutin ketua kelompok lo aja kalo gitu wy"
"Iya lagian masih lama kan buat tanggal 5 yang ini"
"Buat tanggal 3 wyy, 5 itu mah yang PPAK Institut"
"Hah? 3 apaan?"
"3 sama 4 itu PPAK Fakultas, beda kelompok"
"Jadi?"
"Kelompok PPAK Fakultas itu orang orangnya ya yang di fakultas itu aja, lo kelompok 14 dan baju lupus"
"Serius?"
"Iya"
"Kelompok gue siapa aja?"
"Gue gatau"

Lagi. Gue. Deg. Degan.

"Serius gue 14?"
"Kemarin gue ngitungin wyyy"
"Mampus gue, terus itu tugasnya apa aja?"
"Banyak banget wy lebih parah dari Institut"

Gue teringat kata kata Mamat "PPAK Fakultas itu lebih parah dari Institut". Ternyata itu bukan cuma sekedar mitos aja.

"Trus gue musti gimana tir?"
"Tanya sama senior aja wy siapa siapa nama temen kelompok lo"
"Senior?"
"Iya soalnya waktu itu dibacain sama senior.. kertasnya berarti di senior"
"Senior...?"
"Iya gue doain wy"

Kenapa lo harus berdoaaa!!!!?? Gue bakal diapain???

"Chris, kita ini PPAK ada 2 kelompok?"
"Iya, kelompok Institut sama kelompok fakultas"

Bener aja.

Gue dianterin Chris sampe kosan, disana nyokap gue belom ada, masih jalan otw ke kosan. Gue ngeliat seorang anak yang gue tau dia itu maba, lagi ngerapihin kamar kosannya. Gue kenalan sama dia dan ngajak ngobrol. Setelahnya gue ngecek kamar kosan, ternyata masih basah baru di pel, kamarnya masih kosong belom di isi. Di depan kamar kosan gue itu ada beberapa sekitar 7 kamar kosan lainnya, salah satu kamar yang paling pojok deket pager itu ada orangnya dan gue kenalan. Namanya Rudi, keliatan udah tua, sepertinya sih angkatan lama, dia jurusan Etnomusikologi. 

Nyokap gue dateng dan kita mulai ngebenahin kamar kosan, gue mindahin kasur, masang lemari living box dan sebagainya, masih masih, masih dengan perasaan gundah gulana. Ditengah pembenahan kamar itu, kamar yang berada tepat di depan kamar gue kebuka, seseorang manusia keluar, untunglah, gue sempet takut yang keluar singa. Gue kenalan namanya Oji dari Madiun. Ngobrol ngobrol dan gue lanjut ngebenah lagi.

Gak lama ada 2 orang yang lewat kamar kosan gue dan sesekali ngintipin ke dalem, gue keluar dan langsung ngajak kenalan. Namanya Daus angkatan 2012 dan Dilly angkatan 2010, mereka berdua dari jurusan Teater. Mereka ngeliatin ke dalem kamar gue terus entah ada apa gue gak ngerti, di dalem padahal cuma ada nyokap dan mas Ridwan yang lagi benah benah.

Setelah selesai benah, nyokap gue ngajakin makan keluar. Doi rencana pengen pulang langsung hari itu tapi ternyata tiket kehabisan jadinya ditunda dan pulang besok. Gue masih dalam keadaan lemas, ikut keluar nyari makan. Asli, gue masih takut. Gue kira dengan bertemunya gue dengan kelompok tadi, selesai sudah gundah gulana tapi ternyata, ada satu kelompok lagi dan itulah kelompok terpenting.. lusa pula barang barang tugasnya dikumpulin yang banyak itu.. gue belom tau apa apa.

Di tempat makan gue duduk tak berdaya, asal nunjuk pesenan dan ternyata mi goreng. Gue diem, tatapan gue kosong.

"Cape banget ya dek?"

Gue cuma manggut, gak kuat ngomong. Berat di hati. Gue sesekali ngecekin timeline twitter yang sebenernya males banget gue buka karena cuma bikin ngedown doang kaya ada suruhan untuk respon tweet HMJ 20 orang dalam waktu beberapa menit, kalo gak kesampean, nanti gak bakal dikasih tau apa tugas individunya. Gue awalnya gak ngerti maksudnya tugas individu apa jadinya gue cuek gitu.

Ada juga tweet kaya "payah anak media rekam kan ada 200an orang, masa cuma 20 respon gak bisa?" atau "kami sepakat tugas kelompok maupun individu itu dibawa semua tanggal 3" which is, kita cuma punya kesempatan nyari 1 hari dan itu juga belom dikasih tau apa aja barang barangnya. Ada juga tweet "Kalian kira kita ini acting? pikir kali, kalo mabanya pada gak bisa dikasih tau, kita bisa marah juga". Tapi satu satunya tweet yang bikin gue ngedown se ngedown ngedownnya ngedown adalah

Info penting: bhwa mahasiswa FSMR 2013 pas PPAK di awasi oleh orangtuanya. Duh dik. Masak kalah sama anak SMA. Ya Owloh

Mampus. Skakmat. Kiamat.

Ini jangan jangan gue... ini jangan jangan maksud kenapa 2 orang senior tadi ngintip ngintipin ke kamar kosan gue dan ngeliat nyokap gue. Tapi nyokap gue kan pulang besok dan doi sama sekali gada niatan buat ngawasin gue PPAK. Tapi apa mereka ngerti maksudnya. Jangan jangan mereka berdua langsung ngabarin ke panitia dan... dan... AAAHH!! 

Makin baru makin manja sih kalian pada, PPAK doang di awasi orang tua, sekalian aja orang sekampung diajakin

Anjir anjir anjir, mental gue udah break separahnya. Kalo ini emang beneran maksudnya gue, mungkin gue bakalan disuruh jadi orang tua. 

Gue balik ke kosan, tau apa yang gue lakuin selama balik? ngumpet. Gue waspada dengan mitos Culik. Gue ngecekin sekeliling, diikutin kakak kelas apa engga, gue ngeliatin ada alumni apa engga. Gue takut di culik.

Sampe kosan, gue udah bener bener lemes. Gak berdaya, gue tidur sekitar jam 11an, gak kuat, gue cape, cape hati dan fisik. Bener bener di gojlok abis. Gue pun tidur dengan kegelisahan yang amat sangat, gue udah gak peduli sama twitter...


28 comments:

  1. MasyaAllah...Seserem inikah ospek ISI? jadi takut. Kakak ngambil jurusan apa di ISI?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Yuli makasih udah baca hahah yaah serem sih cuma sebentar doang kok yul, seterusnya bakalan asik selama kuliah
      Aku ngambil jurusan televisi, mau masuk ISI juga?

      Delete
  2. Kalo kemarin kakak yang diospek. Berarti sekarang kakak yang ospekin maba ya?

    ReplyDelete
  3. Wau! Serem ya? Hehm... kok segitu doank seremmu kak? Maen2 lah ke jurusan laen. Seni rupa, ato seni pertunjukan. Seserem itukah critamu? Aku ragu. Yok, ikut proses berkesenian di jurusan laen. Biar tau seserem apa critamu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha kalo fakultas lain sudah pasti lebih serem apalagi dalam berprosesnya yang lebih menekankan mental
      Boleh dongg main main ke jurusan lain biar lebih bisa ngenal banyak kesenian haha

      Delete
  4. Ka awy... Tahun ini juga aku masuk ISI. Bingung pengumumannya sih cuman masuk tgl 31 agustus. Kira2 ada tugas2 yg akan diberikan sebelum masuk ga ya? Ak cek website resmi isi juga ga ada terus... Huhuhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Agustina halo Agustina, selamat ya udah berhasil masuk ke ISI Yogyakarta. Waah kalo tugas tugas sih gak ada di website nya, kamu dateng aja pas tanggal 31, nanti dikasih tau tugas tugasnyaa

      Delete
  5. iya sih, pernah denger kalo ppak.nya serem apalagi katanya jurusanku lebih mengerikan -_- kak bagi info ya, aku maba desain interior :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius desain interior lebih serem? =( huhuhuhu

      Delete
    2. @Zovii halo Zovi, selamat ya udah masuk ISI Yogyakarta. Hahaha masalah serem enggaknya sih tergantung kamunya gimana, tapi kan kedepannya bisa buat bercanda nginget masa masa PPAK

      Delete
    3. @Berlian halo Berlian, kamu coba ikut dulu aja ppaknya, kalo urusan serem atau engganya itu belakangan, daripada ga ngikutin sama sekali kan, nanti yang lain ngomongin ppak tapi kamu ga ngerti gimana hayoo

      Delete
  6. Halo, kenalkan saya Renata. saya mau tahu tentang kebiasaan2 perkuliahan di ISI. Boleh saya tanya2? Kalo tdk keberatan sharing, mohon kabarnya. Thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Renata, boleh ngobrol ngobrol kok saya ga keberatan haha. Baru masuk tahun ini atau gimana?

      Delete
  7. boleh tanya g tntang wktu tes jogja?
    bolh mnta WA nya????

    ReplyDelete
  8. Bang, saat tes praktek fsmr televisi harus bawa handy cam ya... Kalo kamera DSLR bisa gak???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu aku dulu sih engga bawa apa apaa, kurang tau kalo yang sekarangg

      Delete
  9. Kak awy minta kontaknya dong. Mau masuk isi jogja nih, dari solo mau ngekos juga. Respon di wa yaa 08812706756

    ReplyDelete
  10. Kak awy minta kontaknya dong. Mau masuk isi jogja nih, dari solo mau ngekos juga. Respon di wa yaa 08812706756

    ReplyDelete
  11. Halo kk, sya mau masuk ISI tahun ini, boleh minta sosmed yg bisa dihubungi? Mau nanya2 klo boleh. Terimakasih🙏

    ReplyDelete
  12. siang kak, saya rencana mau masuk fakultas fsmr di isi jogja dan jurusannya sama kyk kakak, ada sosmed yang bisa dihubungi buat nanya2 ga kak? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo bima boleh lewat facebook
      Search aja kawakibi muttaqien

      Delete
  13. Hai kak, kak kawakibi masih kuliah di ISI atau sudah lulus?

    ReplyDelete