Friday, October 11, 2013

Jadi Ini PPAK... ~ Night 1 ~


Setelah gue dan Gala tiba di Malioboro, kita berencana untuk bertemu dengan yang lainnya di depan gang kecil bekas gue beli koin tadi. Kita bertemu dan mereka cerita sudah membeli 80 koin dan sendok garpu tahun 90an.

"Sekarang kemana?"
"Gatau.. udah jam segini emangnya mau kemana.."
"Eh kalian yang cowo cowo jangan lupa potong rambut"
"OHIYA"

Gue lupa, kita yang cowo disuruh potong rambut ala 90an tapiii gak asal potong, ada pilihan jenis model rambutnya dan itu akan di post di twitter. Jadinya kita harus menunggu, yang gue khawatirin adalah.. tukang cukur mana yang masih buka jam 7 malem gini di Jogja.. 

"Wy ayo cari tempat cukur.."
"Ayolah.."

Gue, Ahru dan Ayik mencari tempat cukur yang ada di dekat Malioboro tapi apa daya benar dugaanku, tutup.

"Gimana nih?"
"Yah kita juga kalo mau cukur pasti nunggu gambaran jenis model rambutnya dulu kan.."
"Yaudah mending nyari barang lagi aja"

Tapi gimana, kita kekurangan kendaraan dan gatau harus nyari kemana. Akhirnya yang kita semua lakukan cuma duduk diem berpikir yang gak pasti. Gue teringat sesuatu, mas Ridwan.. kenalan nyokap gue yang tau banyak tentang Jogja. Gue ngontak dia buat minta tolong bantu anter nyari nyari barang dan untunglah dia bersedia.. Kita ketemuan di depan benteng Venderburg *apalahnamabentengnya

Gue, Ahru, Ayik, bertiga naik mobil sedangkan sisanya naik motor, kita mencar, yang naik motor itu pada pulang ke basecamp di kosan Fia dan kita yang naik mobil ini nyari barang barang yang kurang. Pertama kita rencana mau nyari coklat payung dan juga korek api nusantara.. berjumlah 33..... mati gaya.

Ke warung dan toko ternyata gak ada yang jual, susah banget. Gue ngecek jam ternyata udah pukul 8 malam. Syok.

"BRO RAMBUT!!"
"OIYA!!"

Prioritas utama adalah rambut... kita nyari tukang cukur yang masih buka.. rata rata tutup. Tapi begitu sudah jalan agak jauh..

"ITU ITU!!!"
"HORE!!"

Gue berasa seperti anak bocah yang bertemu power ranger merah. Kita turun dan menuju tukang cukur itu.

"Mas kita bertiga cukur ya"
"Iyalah dek"

Yaiyalah nyukur, gue juga tau disini bakalan nyukur bukan beli beras. Gue terlalu panik.

"Buka sampe jam berapa mas?"
"Jam 9 aja dek"

Gila mampus kuadrat, foto top koleksion aja belom di posting di twitter, gue bingung harus gimana.. gue ngecek twitter katanya masih harus menunggu top koleksionnya. 

"Mas sabar dulu ya jangan tutup soalnya ini tempat cukur satu satunya harapan kita"
"Iya iya"

Sembari menunggu, kita jalan ke warung dekat situ nyari toko toko. Alhamdulillah kita nemu coklat payung dan 3 buah korek api nusantara.. Gak lama Fian dan Sean, 2 orang cowo lagi dari kelompok kita datang buat nyukur rambut juga.

"BRO TOP KOLEKSIONNYA UDAH DI POST!!"
"Mana mana??"
"Nih bentar lagi loading"

Kita semua menunggu dan........

"....................................................................................."

Kami terdiam seribu kata.



"Anjiiirr!!!"
"Serius ini??"
"Wahduh abis dah rambutku.."
"Yang mana nih yang bagus.."
"Aduh bokapku komentar gimana ntar ya..."

Gue terlalu syok antara lucu dan bingung, yang mana yang enak gue gatau... 

"Gimana nih..?"
"Yang belah tengah aja kali ya.."
"Yaudah.."
"Aku yang botak ini aja deh, yang rambutnya bulet di tengah.. rambutku udah tipis soalnya.."

Dan gue juga memilih belah tengah aja. Pas modelnya ditunjukkin ke tukang cukur, mereka juga syok dan berkata.

"Eksperimen pertama kita nyukur model lain dari yang lain.."
"Ini juga eksperimen pertama kita mas dicukur model lain dari yang lain.."

Gue ngeliatin diri gue, rambut gue dicukur seperti binatang, gue menunggu hasil akhir cukurannya. Tiap rambut jatuh, jantung gue berdegup kencang. Inikah cinta?

Selesai dicukur, gue ngeliat diri gue sendiri. Ini-Bukan-Gue.


--------------

Lupakan masalah cukur mencukur. Kita masih belum selesai mencari barang barang. Keliling lagi dan waktu menunjukkan pukul 10 malam. Kita dianter menuju tempat nun jauh disana melewati sebuah jembatan yang gue sendiri bingung ini dimana.

Tiba disuatu tempat dan kita berempat, oiya disini Kesuma ikut join di mobil, kita berempat masuk ke sebuah market dan beli roti basah, dan tutup botol fanta bersama botol dan isi isinya.. Selesai itu, kita semua sekitar jam 12 malam menuju Pasar Giwangan dan disana ngebeli buah kesenian 1 sisir yang tadinya dikira kecapi tapi akhirnya malah beli pisang.

Selesai dari sana, gue minta dianterin ke indomaret dulu buat ngebeli tempat bekal makanan. Gue dikasih tau kalo tempat bekelnya harus ada 3 sekat.. gila susahnya. Gue ke Indomaret dan disana gue nemu 2 buah tempat bekel sedangkan kita butuh 3 ditambah lagi tempat bekelnya ini sama sekali gak bersekat. Skakmat.

"Mampus gimana nih"

Kondisi udah jam 12 malem dan mata gue udah diambang kematian, tubuh gue sudah diambang akhirat. Gamau kesusahan akhirnya kita berencana ngasih sekat sendiri jadi 3.

Selesai dengan belanja semampunya, kita balik ke kosan Fia. Disana ternyata lagi pada sibuk bikin ID card, gue pun berusaha membantu.. tapi apa yang bisa gue lakuin.. waktu sudah menunjukkan pukul 2, dompet sudah menunjukkan sarang laba laba dan badan sudah menunjukkan akhir tenaga.

"Wy kamu ada printer kan?"
"Iya ada"
"Kamu tolong cariin foto artis tahun 90an terus print buat dijadiin cover buku cacah gorinya.."
"Oke siap"
"Terus kamu bener ada botol aqua yang 1 liter?"
"Ada 9 kok"
"Kita minta 6 lagi aja ya"
"Beres"

Gue dan Ahru berangkat pulang..

"Wy ke kosanku dulu ya buat ngisi air.."
"Iyaudah kita pinjam motornya Gala"

Gue masih belum ada kendaraan.. cuma pinjem pinjem motor yang bisa dilakukan. Pertama kita ke kosan Ahru, disini kita ngisi air di botol yang ada. Setelah itu Ahru membawa bebenahan barang dan juga kostum Lupus yang akan digunakan.

"Wy Lupus itu kemeja sama kaos aja kan?"
"Iya terus nanti kemejanya dimasukkin, dilinting dan pake iket pinggang"

Setelah beres, kita berangkat ke kosan gue. Gak lupa bro.. GAK LUPA!!!! "CULIK" Ya... gue berdua Ahru sangat amat luar biasa waspada dalam perjalanan menuju kosan gue karenaaaaa jalur ke kosan gue itu melewati pertigaan tempat orang orang nongkrong. Menakutkan. Bahkan saking waspadanya, gue yang masih mengenakan baju kemeja putih dan celana bahan item bekas upacara senat itu diperingati Ahru.

"Wy bajumu ganti, celana juga"
"Aku gak ada baju lagi.."
"Pake jaketku aja, celanamu ganti juga"
"Aku gada celana dan kayaknya ukuranmu sama aku beda.."
"Nanti takutnya ada senior yang ngeliat terus diculik"
"Aku pake boxer sih..."

Fatal. Asli itu fatal. Gue make boxer broh!!! Tengah malem!!! Anjeeehh.. Jogja kalo malem dinginnya bukan main dan gueee make boxer sembari naik motor, buset. Yang lebih khawatir lagi.. gue gatau harus ngomong apa kalo ada orang ngeliat gue make boxer boncengan berdua sama cowo.

Kita jalan dengan mengenakan helm dan ditutup rapat, gue masih dengan celana boxer hitam mencolok. Pada saat di pertigaan Sumir alias Sumur Miring. Kita ngeliat.. ya!! kita ngeliat... ada banyak senior ngumpul disana.. OmyGod........ Kebut Kebut!!!! Dan kita pun sukses kabur dari serangan batin "Culik".

Di kosan, hal pertama yang gue lakuin adalah.. bukan bukan tidur, mandi dan semacamnya.. boro boro. Gue langsung nyalain leptop, masang modem dan printer. Searching artis tahun 90an dan entah gue lupa namanya siapa waktu itu.. Gue ngeprint sebanyak 9 lembar, buseeet entek tinta printerku bah.

"Ru sekarang jam 1.. aku tidur dulu ya 1 jam.. nanti gantian"
"Yowes kamu duluan aja"

Gue tidur. Sumpah asli gaboong, itu tidur tercepet gue, biasanya gue geletakan di kasur pasti ada iming imingan maen hape, denger musik atau apa baru bisa tidur tapi ini.. gue geletakan tau tau gelap. Begitu bangun ternyata udah jam 3.. gue tidur selama 2 jam.. selama itu Ahru kerja sendirian.. aahh gue terharu..

"Ru kamu kok gak bangunin aku.."
"Gapapa kamu tidur dulu aja ini udah mau selesai"
"Yaudah biar aku yang lanjutin, kamu tidur deh gantian"
"Iyaudah aku tidur ya"

Unyu gak sih? Mungkin kalo ngebaca.. kalian ngebayangin kaya 2 orang homo yang saling mengerti keadaan satu sama lain.. tapi yang sebenarnya terjadi adalah.. 2 orang teman yang saling mengerti keadaan satu sama lain.

Ahru tidur, sekarang gantian gue berjaga jaga.. tempelan cacah gori udah hampir selesai. Gue cuma ngelanjutin yang belum belum aja terus selesai tugas gue disini. Tinggal nyiapin botol minuman dan masukkin cacah gori ke dalam tas biar gak lupa.

Gue menunggu sekitar 2 jam dengan mengantuk karena kurang tidur tapi ya mau gimana lagi.. kalo kita berdua tidur bareng... bukan.. gue bukan khawatir kesiangan dan telat ppak.. tapi gue khawatir ada orang gak sengaja masuk ke kosan gue dan melihat... 2 orang pria tidur bersama di dalam satu ruangan.

Waktu menunjukkan pukul 4 lewat, Ahru bangun.

"Ru gimana? kita ke kosan Fia sekarang?"
"Masih ada orang nongkrong gak.. nanti takutnya mereka curiga ngeliatin kita bolak balik.."
"Yaudah jam 5 aja.."
"Oiya kita belum foto loh.."
"Nah foto aja dulu.. nanti di print"

Setelah selesai bebenah, gue ngebawa kostum Lupus gue juga. Kita berangkat ke kosan Fia dengan waspada kepada senior lagi. Seperti main kucing kucingan gituu tapi bedanya kita sebagai tikus, senior sebagai dinosaurus. Ketauan = Skakmat.

Di kosan Fia, semua yang ada disana juga dalam keadaan setengah sadar dan mati matian berusaha terjaga dari tidur. Kita dateng dan memberikan foto foto yang sudah dicetak lalu dipasangkan ke ID card. Kelompok kita sebenernya masih kekurangan banyak barang.. tapi yasudahlah.. waktu sudah menunjukkan pukul 6 dan kita diharuskan sampe di kampus jam 7.. gaboleh telat. Gue lebih mengedepankan tidak telat ketimbang tidak lengkap. Untunglah kita bersama sama sepakat berangkat dan tiba disana dengan tidak telat... namun... kita akan lihat apa yang terjadi di PPAK Fakultas Hari pertama...


No comments:

Post a Comment