Friday, October 11, 2013

Jadi Ini PPAK... ~ Day 1 ~


Gue bangun tidur sekitar jam 5an dan lo tau apa yang gue lakuin begitu gue bangun? iya, gue langsung nyamber bb dan entah kenapa gue seakan tergoda untuk membuka twitter ngecek timeline. Syok. Kaget. Panik. Semuanya bercampur aduk jadi satu. Gue ngebaca tweet ternyata semalem itu sekitar jam 11 sampe 12 ada updatean tugas individu yang harus dibawa, totalnya sekitar 16 barang dengan tema 90an. Lo tau apa? sebagian tugasnya itu udah diapus dan gue cuma kebagian sekitar 10 barang... sedih.... bangun tidur, yang gue rasakan cuma serangan jantung, gak ngulet atau apa.

Parahnya lagi, yah seperti biasa.. barang barangnya itu adalah barang barang aneh yang nyarinya harus dengan ulet. Biasanya ospek itu punya jeda waktu beberapa hari buat nyari barang... tapi.. ini.. ah.. kita cuma dikasih waktu satu hari untuk nyari 16 barang yang aneh. Beberapa barang yang gue dapet antara lain.

1. Buah kesenian 1 sisir
2. Sendok dan garpu tahun 90an
3. Anak mas
4. Krip krip
5. Cokelat choyo choyo
6. Cokelat anti air
7. Roti kuyub kadaluarsa tahun 2015
8. Sendal jepit daimatu
9. Koran dengan foto artis tahun 90an
10. Kaset pita tahun 90an

Pertama kali gue baca, mata gue sepet karena batin dan kornea gak sinkron. Gue harus gimana? Gue ngecek bbm ternyata Tiara ngebbm gue semalem buat ngingetin pantau twitter, tapi apa daya gue terlalu lelah. 

Gue inget, hari pertama PPAK itu jam 7 atau 8 gitu dan acara pertama adalah upacara senat pembuka. Gue kurang tau banget jam berapa, tapi karena mungkin saking paniknya, gue memilih untuk berangkat jam setengah 7.. Gue mandi dan prepare barang barang, gada yang gue bawa sih.. palingan cuma kertas buat nulis aja. Pakaian hari ini adalah kemeja putih dan celana bahan item. Gue berangkat jalan kaki ke kampus dengan perasaan DEG DEG DEG. Gue takut. Ya. Gue takut diculik.

Gue ngecekin sekeliling jalan, ada senior apa engga ada alumni apa engga. Gue takut. Gue ngebayangin diri gue diculik dan begitu mereka pengen nimpukin gue pake tai, ternyata mereka sadar gue sendiri udah bau tai.

Gue jalan kaki, pelan pelan. Niatnya sih gue pengen gak ketauan kalo gue ini Maba tapi.. seragam gue? seragam Maba sempurna. Gada cara buat ngeles, kalo semisal gue ketemu para penculik.

"Maba ya?"
"Bukan kak bukan.."
"Itu baju Maba!!"
"Iya kak bajunya Maba tapi sayanya bukan Maba kak....."

Ahh.. kena gampar deh gue.

Gue ke depan gedung serba guna dan disana masih kosong melompong sepi, gue adalah orang pertama dan terniat untuk menjadi anak kuliahan. Plonga plongo kaya orang bego, ternyata ada satu orang yang mengenakan seragam maba juga. Gue kenalan, namanya gue lupa siapa *parah* akhirnya gue ngobrol berdua bareng dia, gak lama mulai banyak anak anak lain bermunculan dari mana mana.. dari atas pohon, dalem got dan sebagainya.

Si anak yang gue ajak ngobrol ini pergi, mungkin dia gak betah diajak ngobrol pria dengan tampang dan hati yang sudah down. Gak lama ada seorang anak lagi yang terlihat sedikit agak seperti orang cupu gitu. Gue kenalan namanya Akil anak Bandung dan dia dari jurusan animasi. Kita ngobrol, gue gak lupa bro.. gak lupa.. gue masih deg degan dan sangat ingin mencari tau temen temen kelompok gue di fakultas, kelompok yang katanya Tiara itu kelompok 14. Gue nanya ke Akil apakah dia kelompok 14 tapi ternyata bukan........

Akil pergi, mungkin dia gak betah diajak ngobrol dengan pria yang stres ingin mencari tahu keberadaan teman teman kelompoknya. Ada 2 orang yang duduk di sebelah gue, kita bertiga kenalan. Satu namanya Adul, agak pendek dari jurusan TV juga dan satu lagi bernama Tatang dari jurusan animasi. Kita ngobrol ngobrol bareng sembari menunggu waktu jam 8. 

Sekitar jam 8 kurang, di depan gedung serba guna itu sudah mulai dikasih meja untuk absen registrasi sesuai fakultas masing masing. Gue dengan sigap langsung kesana dan berbaris. Selama berbaris, gue cuma bisa plonga plongo karena emang masih belum banyak kenal, tapi akhirnya gue kenalan sama orang yang baris di belakang gue bernama Fauzi anak TV juga dan gue kenalan dengan beberapa orang lagi yang gak perlu gue sebutin satu persatu.

Di dalem, kita duduk bebas dimana saja, gue duduk bareng Fauzi bersebelahan. Gue kenalan juga dengan beberapa orang, Bakti, Riva, Luthfi dan banyak lagi. Selama gue kenalan dengan orang orang, semuanya gue tanya.

"Kelompok berapa yang fakultas? 14 bukan?"
"Bukan"
"Engga"
"Aku 8"
"Beda kelompok kita"

Jawabannya bukanlah jawaban yang gue inginkan. Gue masih tetap deg degan, bahkan gue sampe curhat ke mereka mereka... anjir gue norak abis pake acara curhat baru kenal. Pasti pikiran mereka kaya 'ini orang baru kenal uda curhat', 'dih sok asik banget sih', 'iye iye aja deh gue', 'hooaahhmm'

Gue diem. Menatap ke depan panggung, disana terlihat ada beberapa orang memainkan alat musik tradisional, Karawitan mungkin? Di samping kanan ada beberapa orang memainkan musik orkestra, Etnomusikologi ya? Gue gak paham, yang gue pahamin sekarang ini adalah gue harus cepat mencari tau kelompok fakultas gue siapa aja.

"Abis ini kita langsung pulang?"
"Kurang tau aku wy, ini upacara sampe jam berapa?"
"Wah gatau juga aku"

Gue memikirkan segala cara, kalo bener abis ini langsung pulang.. gue harus.. harus.. ke.. senior............ Otak gue berputar balik, senior? gue bakal diapain kalo nanya ke senior?

"Kak maaf saya mau tau kelompok fakultas siapa aja.."
"KEMAREN KEMANA!?"
"Gak dateng kak!! Maaf!!"
"CULIK!!!!"
"AAAAAAAAAAAAAAAA"

Hati gue jerit.

"Eh ini ada updatean baru di twitter"
"Apa tuh?"
"Katanya anak FSMR abis upacara nanti langsung kumpul ke gedung fsmr"
"Mau ngapain...?"
"Paling briefing"

Ini kesempatan gue. Gue bisa nyari tau siapa aja temen temen kelompok gue sendiri. Nanti disana saat kumpul, gue bakalan nanyain siapa kelompok 14 dan pasti ada yang angkat tangan, setelah itu gue bakalan minta maaf dan membantu mengerjakan tugas hingga selesai! Yes!!!

Begitu kita ngumpul ke gedung fsmr.

"SEMUA BARIS SESUAI KELOMPOKNYA!!!"

Skakmat.

Gue ling lung, nyari, mana dia kelompok 14... wajah wajahnya gue gatau.. ah kiamat!
Tiba tiba ada 2 orang anak yang nanya ke senior kalo mereka belom dapet kelompok.

"YANG BELOM DAPET KELOMPOK, BARIS DI PALING KANAN!!!"

Bagaikan prajurit siap mati, gue langsung ambil posisi baris sigap. 

"Oke karena uda masuk waktu solat zuhur, semua yang mau solat, boleh solat"

Ternyata ada juga senior yang masih baik dan lembut...

"10 MENIT!! CEPAT!!!"
"SIAP!!"

Gue langsung buru buru ke mesjid, wudhu, solat dan balik lagi.

Begitu gue balik, ada beberapa anak yang berdiri maju ke depan dibariskan gitu. Sisanya mereka mengambil posisi teropong, teropong itu telunjuk dan jempol tangan ngebentuk lingkaran terus tangan kita itu diputar ke muka dan lingkaran tadi sebagai kacamata terbalik. PEGEL.

Gue langsung duduk di barisan gue, mengikuti teropong. Ada 2 orang anak yang tadi kembali ngomong ke senior kalo belom dapet kelompok, gue ikutan. 

"Kenapa gak dapet kelompok? kemarin kemana pas mentoring?"
"Saya gak dateng kak, kemarin itu udah bilang sama panitianya kalo gak bisa hadir karena masih ada kegiatan penting di tempat asal.."
"Tempat asal dimana?"
"Jakarta kak"
"Seharusnya kamu konsisten dong, mau kuliah di Jakarta apa Jogja?"
"Jogja kak.."
"Yaudah kalo kamu mau kuliah di Jogja ya harusnya dateng"

Gue berasa lagi dimarahin sama pacar...... kalo di Jakarta pasti dimarahinnya

"Seharusnya lo konsisten, kalo lo mau kuliah di Jogja ya dateng!!"

Tapi ini dimarahin dengan lembut rasanya.. akukamu

"Sekarang kalian yang gak ada kelompok berdiri disana"

Kita berdiri di pinggiran berbanjar sekitar 7 orangan lah.

"TEROPONG!"

Gila, teropong sambil berdiri dahsyat banget pegelnya. Gue merasakan yang namanya permulaan ppak. Tapi ini belum seberapa, gue masih harus menanti dan tau siapa kelompok kelompok gue.

"Siapa disini yang jadi adminnya fotografiISI13? Angkat tangan!! Ngaku!! Songong banget kayaknya"

Gue inget di twitter pernah ada heboh juga nanyain siapa admin dari akun itu dan gue gatau pasti juga sih ada apa sebenernya tapi yang jelas, gue rasa gak bakalan ada yang berani ngaku...

"Anak Foto berdiri semua, baris sendiri disamping!!!!"

Untuk pertama kalinya gue bersyukur di ppak.. gue bukan anak fotografi...
Gue ngeliatin ada begitu banyak anak fotografi berdiri di tempat sebelah gue, rame banget. Mereka seakan diasingkan gara gara ada akun itu..

"Kamu, namamu siapa"
"Kawakibi kak"
"Kelompok 14, sana cepet cari kelompoknya"

Manteb, gue langsung menurunkan posisi Teropong yang maha pegal itu. Ngambil tas dan bergegas bertanya tanya kelompok berapa ke tiap orang dari belakang.

"Kelompok berapa?"
"11"
"12"
"13"
"15"
"16"
"17"
"15"
"10"
"Loh?"

Gue bingung, kok 14 engga ada.. seharusnya abis 13 itu 14 dulu kan dalam urutan matematika.. Gue muter muter berkali kali dan bertanya lagi ke orang yang sama, gue masih heran kenapa kelompok gue itu bisa gak ada.. Jangan jangan kelompok gue sengaja gak ngasih tau karena udah kesel sama gue.. aduh.. masa sih..

"13"
"15"

Gue masih bertanya tanya.. 4 orang lain yang belum dapet kelompok ternyata sudah duduk di barisan kelompoknya masing masing, sedangkan gue? boro boro.. gue masih berdiri muter muter..

"WOI DUDUK!!"
"Iya!!"

Akhirnya gue muter ke depan dan bertanya lagi. Pas satu orang gue tanya, seorang pria dengan tampang bule, gue sempet khawatir, ini harus make bahasa inggris apa engga soalnya, pas upacara senat itu dikasih tau ada 2 orang Afghanistan yang masuk ke ISI dan 1 orang Malaysia. Gue berpikir apakah dia ini salah satu dari mereka itu apa gimana.

"Kelompok berapa?"
"14"

Aaahh.. Hidup...
Gue sekelompok sama bule, gue langsung duduk di barisan dan mengikuti alur PPAK ini.

"RADAR!!!"

Gue langsung masang kuda kuda. Tangan gue yang masih pegal karena teropong sekarang harus dilanjutkan dengan radar. Gila.

Waktu pun berlalu dan kita dipulangkan pada pukul 2 siang. Sebelum pulang, gue sekelompok itu ngumpul bentar dan berbincang bincang mengenai barang barang dan kostum untuk besok. Ketua kelompok gue bernama Fian, cowo, jomblo. Kita berunding sebentar lalu berencana untuk berkumpul di kosan Fia, salah satu anggota kelompok.

Gue berangkat ke kosan Fia bareng Ahru, anak animasi dan Gala, anak fotografi. Kita ketemuan dengan Fia dan Kesuma di sebuah warung deket kosannya. Disitu ngebahas barang barang yang dibawa apa aja, gue ngeliatin list lengkapnya.. mengerikan, gue gatau itu semua.

Sejauh ini gue denger perbincangan mereka yang menggunakan bahasa jawa itu cuma bisa bikin kepala gue berasep. Gue kudu cerna dua kali dan gue cuma diem diem aja.

"Kamu bisa bahasa jawa?"
"Engga...."
"Yaudah pake bahasa indonesia aja"

Akhirnya gue merasa nyambung dengan mereka. Membagi bagi tugas, karena gue dari kemaren sama sekali belum melakukan apa apa dan hari ini anggota kelompok gue kekurangan uang, gue berbaik hati untuk meminjamkan uang yang ada di dompetku untuk keperluan barang barang ppak ini.

"Pake uangku dulu aja gapapa"
"Kamu ada uang berapa?"
"Ada 300 ribu kok"
"Okedeh, uang kita udah abis buat barang barang yang kemarin soalnya"

Setelah selesai membagi tugas beli beli barang kita berangkat menuju Malioboro tapi dikarenakan kekurangan kendaraan, gue bareng Gala naik motor sedangkan Ahru, Fia, Kesuma dan Ayik naik transjogja bis. Gue bareng Gala jalan duluan sembari nyari barang barang dan yang nyetir motor itu gue!! gue!!! ini pertama kalinya gue ngebawa motor di Jogjakarta. Wooooww rasanya beda loh, di Jakarta gue kalo ngebawa motor pasti anginnya jarang karena macet, disini.. masuk angin adalah hal yang mudah.

"Aku gatau jalan Gal"
"Aku kasih tau lah"

Kita jalan dan gue ngikutin arah yang diberikan Gala. Satu hal yang gak gue lupain, pas kita jalan dan di bagian kanan kiri jalan itu sawah luas weeuuuhh gilaaa keren abis brooo, anginnya semriwing dan viewnya luar biasa. Gue nagih. Ehem tapi gue gapunya waktu buat menghentikan degup jantung. Untuk sementara deg degan gue berkurang karena sudah bertemu kelompok dan bisa ikut serta membantu mempersiapkan barang barang yah tapi itu belom sampe setengah deg degan, sisanya itu lebih banyak.

Barang barang yang dicari ini merupakan barang yang langka alias susah karena tema PPAK kali ini adalah tahun 90an, baaah macam mana.. susahnya minta maaf lah. Selama perjalanan ke Malioboro ini, kita nyari nyari juga di pinggiran jalan tapi gak nemu, walhasil pas di Malioboro kita keliling juga. Gue dan Gala kebagian nyari snack snack yang apalah tau, coklat payung, coklat choyo, anak mas, krip krip dan lain lain. Tapi gak ada yang jual.. terus kita juga harus nyari buah kesenian 1 sisir, apa itu?? terkaan awal gue itu pisang karena ada kata kata 1 sisirnya, tapi emangnya pisang itu buah kesenian ya?

"Buah kecapi kali ya?"
"Hah?"

Gue makin bingung, kecapi itu kesenian emangnya ya? Tapi kita mencoba nyari dan yah gak ada yang jual juga, malahan gak ada yang tau kecapi itu kaya gimana.

"Jangan jangan satu buah dan satu sisir harus dibawa"

Pikiran gue sudah semrawut. Mumet ndasku.

Gue muter muter Beringharjo, gila abis, waktu terakhir kali gue ke Jogja bareng anak anak, gue gak pernah masuk sampe sedalem dalemnya Beringharjo, ini gue sampe ke atap Beringharjo loh.. mengerikan. Gue nanya nanya ke hampir seluruh penjual disitu tapi jawabannya selalu sama.. engga ada, kalopun beda paling nanya balik 'itu apa?'

Akhirnya karena gak nemu apa yang diinginkan, kita berencana keluar pasar dan jalan lagi, pas di sebuah gang, kita nemu sebuah toko kecil yang ngejual koin 100 perak lama dengan gambar wayang.

"Eh ini dia koinnya Gal!"
"Oiya ini"
"Beli deh beli, kita 9 orang kan? berarti 9 koin, berapa satunya mbak?"
"3000"
"Berarti 9 itu 27 ribu, nih duitnya"
"Eh engga wy, bukan satu orang satu koin, tapi satu orang 10 koin"

Gue terdiam mencoba menelaah kata kata Gala.

"Maksudmu??"
"Koinnya itu 1 orang 10, jadinya kita butuh 90 koin"
"!@#$!%$!($@!$)!@&*#%!@#)!@*#$"

BUSET
90 koin!!!?? berarti.... 270 ribu???? duit 300 ribu gue abis dengan satu barang... mengerikan!!!!!

"Serius gal?? terus barang barang lainnya gimana nih??"
"Ya.. tawar aja deh coba.."

Mati gue, nawar harga merupakan kelemahan gue, gue paling gak tega masalah nurunin harga dan gue gatau harga sebaiknya berapa.

"Tawar 1000 aja wy"
"Kalo digampar?"
"Yaudah bayar 3000"

Itu bukanlah solusi yang cerdas. Gue berpikir, penjualnya udah ngeliatin muka gue menunggu kata kata harga yang keluar dari mulut gue ini. Gue keringetan, merinding disko. Berapa yang harus gue tawar, 1000? 1500? atau berapa.. kalo gue tawar 1000 dan berhasil, gue cuma perlu keluar uang 90 ribu.. Gue berpikir keras, apa sebaiknya gue coba 1000 dulu aja apa gimana.. gue kena tekanan batin.. apakah 1000 atau berapa. Gue menarik napas dalam dalam dan menenangkan pikiran, setelahnya gue menjadi mantab dan yakin. 1000. Ya, kalo dia gamau 1000, gue batal beli.

"Gimana dek?"
"2500 ya mbak"

Pikiran gue bayar begitu si penjual nanya. Akhirnya gue bayar 1 koin 2500........
Tapi gue berpikir panjang, kalo duit gue abis di koin, gimana barang barang lainnya.. akhirnya gue ngambil tindakan tegas untuk hanya membeli 10 koin saja.

"Wy itu kaset kan?"
"Oiya itu kaset pita loh"

Dengan mata elang dan kaki citah, kita berdua menuju toko kaset yang notabenenya udah rapi rapi mau tutup.

"Pak! kaset ini tahun 90an penyanyinya?"
"Ada kok dek"
"Jangan tutup dulu ya pak, kita mau beli"
"Oh ya boleh boleh, buat ospek ya?"
"Iya pak.. kok tau..?"
"Banyak yang nyari kok haha"

Kita riset, nyari penyanyi penyanyi tahun 90an, kita beli sekitar 9 kaset. 1 kaset harganya 10 ribu, aaahh dunia...

Selesai membeli kaset, kita berdua udah stuck dan gatau harus kemana lagi buat nyari barang, di Jogja, rata rata sore udah pada tutup, apalagi Beringharjo ini, jam 5 aja udah rapi rapi dan tutup. Kita pun kelagapan.

"Kemana nih gal?"
"Ah gatau aku.."
"Keliling dulu aja deh"

Kita berdua langsung ngambil motor dan tancap gas keliling Jogja lagi. Untunglah Gala ini orang Jogja jadinya gue gaperlu khawatir nyasar.

"Ini kita kemana gal?"
"Gatauu aku bingung gatau daerah sini"
"Hah????"
"Ke arah rumahku dulu deh, sekalian lewat toko fotokopian buat nyari rautan yang ada kacanya gitu"

Oke kita langsung berangkat kesana, yah setelah sampe ke tempat fotokopiannya ternyata gak ada. Jadinya kita ke rumah Gala buat nyiapin perkakas lain. Di rumah Gala, gue baru inget kalo kita disuruh siapin printscreenan udah follow twitter BEM dan HMJ kampus dan gue belom. Gue numpang disini buat printscreen dan disinilah gue log in Twitter untuk kedua kalinya dalam hidup.

Kita berdua istirahat sebentar disini hingga maghrib tiba sembari ngobrol ngobrol dan menunggu anak anak yang naik bis tiba di Malioboro. Dari jam 2 siang sampe maghrib, mereka belum sampe sampe, sekitar setengah 7an, barulah mereka tiba di Malioboro dan kami berdua menyusul kesana.


No comments:

Post a Comment