Saturday, April 6, 2013

Ternyata Karena Itu Toh...


Muka gue numbuh jerawat, dimana aja ada.. jidat, dagu, idung, pipi, pipi kanan, pipi kiri terus telinga, pundak, dada, perut, punggung, pinggang dan lainnya.
Gue gatau kenapa jerawat ini bisa muncul begitu aja tanpa alasan yang konkrit, yang jelas.. sakit.. ampe bedarah terus keluar uler sanca yang siap menelan mangsa, oke itu lebay.

Jadi karena gue sebentar lagi bakalan menghadapin UN.. sekolah gue membuat event doa dan dzikir bersama di sekolah bareng orang tua murid. Acaranya pagi banget sekitar jam setengah 7 harus ngumpul di sekolah, gue bangun dan prepare dengan mantab ke sekolah bareng nyokap gue, sampe disana ternyata acara mulai jam 7..

Acara di tengah lapangan dan dipasang tenda, cuacanya lagi berawan dan agak sedikit mendung jadi gak terlalu panas.. tapi tetep aja gue kepanasan gara gara padet. Laki perempuan dipisah, gue duduk di bagian belakang belakang bareng Ashar, Dimsep, Widian, Satrio, Faris dan lain lainnya. Selama acara dimulai kita masih asik ngobrol aja gak terlalu nanggepin karena cuma sambutan sambutan. Gue yang masih ngantuk langsung masang sikap duduk sila pala nunduk ke bawah dan memejamkan mata.

Waktu mulai berlalu dan saat ceramah pun dimulai, penceramahnya asik dan bawain dengan logat komedi jadi gak terlalu ngebosenin.. tapi karena gue ngantuk jadi gue dengernya sambil dongak dongok kaya kambing kesetrum. Tapi selama gue berusaha tidur itu ada satu orang yang luar biasa mengganggu kekhusukan tidur gue, Dimsep.

"Wy kemaren lu try out kimia bisa gak?"
"Wy liat deh di recent update gue, wartanfamily ultah"
"Wy maen biliard yok, sekali kali lah"
"Wy gue mau pipis"

Gila, ini orang gak bisa mikir kalo ada orang lain yang butuh tidur apa gimana gue gatau, gue terpaksa ngeladenin kalo engga bisa makin parah. Akhirnya dia membicarakan topik dimana gue mulai tertarik dan mendengarkan.

"Wy masa nih ya gue punya mantan kocak banget deh"
"Kocak gimana?"
"Dia tuh kalo misalkan ditanya lagi apa gitu pasti balesnya harus foto dulu"
"Hah? foto? maksudnya?"
"Misalkan gue nanya, lagi apa? trus dia bakalan bales tapi foto duluuu, kalo lagi belajar nanti dia foto sambil megang buku pelajaran"
"Hah?" Gue mulai bingung
"Kalo waktu itu dia pernah lagi tidur tiduran doang trus difoto sambil tetep bilang 'lagi tiduran' gituu"
"Ha..."
"Trus pernah malem gue tanya lagi apa, dia bales lagi mau tidur... fotonya gelap item semua.. lampunya dimatiin kali ya"
"Asli loh itu cewe kenapa.. segitu takutnya dibilang boong apa sampe ngirim bukti..."
"Gatau wy pokoknya kalo gue tanya lagi apa pasti dia ngirimin foto"

Buset.
Ternyata ada ya orang yang kalo ditanya "lagi apa?" itu balesnya dengan foto.. Gue gabisa bayangin kalo dia lagi dikelilingin perampok dan tiba tiba pacarnya nanya "lagi apa?" mungkin cewe itu bakal ngajak foto si perampok terus bilang "Tolong aku ay".

Dimsep ini orangnya memang ngaco kalo mempermasalahkan cewe, dia agak telmi dan bloon. Standar otaknya mungkin dibawah minimum entah dari Iq, Eq, Sq, Aqyu, Kamyuw. Pernah waktu itu gue sempet baca chat bbm dia sama seorang perempuan yang notabenenya gebetan. Waktu itu situasinya keliatan kaya lagi marahan gitu kaaan terus gue baca baca baca. Ada satu conversation bodoh yang bikin bingung setengah mampus.

Si cewe  : Yaudah deeh gue lagi pusing banget ah
Dimsep  :  Sama gue juga, yaudah sana lo sarapan cepetan!
Si cewe  : Iya bawel banget sih
Dimsep  : Udeh sana

Gue tablo, gue baru tau ada yang kalo lagi marahan itu nyuruh sarapan.. lagi ngomel ngomel
"Woi apaan apaan sih lo! kurang ajar dasar kutu kebo kecoa kampret!"
"Diem lo!! Sarapan sana!!"
Gak elite anjir... gue gamau marahan dan harus berakhir disuruh sarapan.. dan lagi yang gue bingung si cewe nurut banget disuruh sarapan malah bener dilakuin.

Di tengah kebingungan gue memikirkan sicewetukangpoto itu, Satrio tiba tiba nengok ke arah gue dan membuka mulut dengan wajah seperti orang dikejar sesuatu.

"Wy makanan buat kelas kita mana ya?"

Bener juga, ini udah jam 9 dan kita belum dibagiin snack, kurang ajar si Farah. Jangan jangan dia sengaja ga ngebagiin.

"Nyokap gue sms nih wy.. dia nanyain makanan.. katanya orang di sebelah dia udah makan, nyokap gue udah laper kayaknya"

Yang ada di otak gue sekarang nyokapnya Satrio lagi ngeliatin orang di sebelahnya makan dengan tatapan tajam dan lidah keluar kesana kemari sambil bilang "Makanan...."

"Wy minta sama siapa makanan?"
"Gatau sat.. si Farah yang ngordinir kayaknya, lo sms dia aja"
"Ah gak berani gue masa minta duluan"
"Yaelah, yaudeh gue bbm nih"
"Jangan deh gausah..."
"Trus nyokap lo gimana? Ntar kelaperan"
"Gapapa deh gausah ntar aja.."

Akhirnya Satrio lebih memilih nyokapnya bertahan tanpa makan ketimbang memberi asupan gizi. Gue kembali melanjutkan tidur tenang yang terganggu gue hingga si Ashar minjem hape gue dan mulai bbm Farah untuk meminta makanan. Satrio yang tau kalo anak anak lagi minta makanan lewat hape gue juga ikutan nimbrung minta.. yang pasti untuk nyokapnya.

Setelah selesai acara akhirnya makanan baru dibagikan, Satrio sudah hilang dan dia belom dapet snack. Kasihan sekali dia.. gue khawatir sekarang dia lagi membopong nyokapnya yang pingsan karena kelaparan.

Pas banget gue pengen pulang, nyokap gue tertahan oleh beberapa panitia perpisahan dan harus ikut rapat.

"Kak mama kok ikutan rapat sih? kan mama bukan panitia"
"Nah mana aku tau, mama kok mau aja disuruh rapat?"
"Yah abis mama uda ditarik tarik.. terpaksa ikut deh"

Akhirnya gue menunggu lama. Orang tua murid yang rapat dan semuanya ibu ibu.. gue yang ada di luar ngeliatin mereka seperti sedang ngerumpi gosipin tetangga RT sebelah yang ganteng atau ibu RW 3 menang arisan.
Lama menunggu, gue pulang bareng nyokap.. sebelum pulang nyokap ngajak makan dulu di restoran Padang, kita kesana dan mengisi perut kosong. Sembari makan, gue ama nyokap ngobrol ngomongin apa yang tadi di rapatin di sekolah, ternyata masalah perpisahan.. nyokap gue yang gatau apa apa dengan polosnya ngikutin rapat sampe selesai dengan hasil yang plontos.

Gue pun mulai cerita cerita ke nyokap kaya misalkan stres ngadepin try out, takut ketemu UN, gak kuat ngeliat celana dalem superman, kesurupan diliatin Sandra Dewi, atau kelagapan dikira maling jemuran.

"Kak kamu jangan kebanyakan pikiran deh, kalo ada masalah apa apa cuekin dulu aja, fokusin UN.. abis UN kelar baru deh tuh pikirin lagi masalah masalahnya.. itu kamu stres karena kebanyakan pikiran"

Gue stres.. stres.. stres.. stres dalam arti kebanyakan pikiran apa tingkah laku kaya ayam kesurupan?

"Muka kamu sampe tumbuh jerawat kan gara gara stres"

OH.
Stres bikin tumbuh jerawat??
Ternyata karena itu toh.. gue jerawatan gara gara stres.. kebanyakan pikiran, kata kata nyokap mulai membuka pikiran gue yang tadinya keruh.

"Minggu sekarang kamu pikirin UN aja dulu, nanti abis UN baru deh stres lagi gapapa, stres aja banyakin, penuhin tuh muka ama jerawat"

Sekarang gue tersadar, ternyata selama ini gue kebanyakan pikiran, gue mikirin gimana harus lolos UN, gimana harus bisa ngerjain soal UN, gimana harus ngeraut tanpa muter pensil, gimana cara ngelepas celana dalem tanpa ketauan pengawas, gimana cara liat bocoran tanpa harus menggerakan badan..

Karena itu sekarang gue akan mencoba menghilangkan beban pikiran, gue bakal tidur siang tiap hari.


No comments:

Post a Comment