Saturday, April 20, 2013

Ujian Nasional - Day 4 -


HAAAHH!!!
Inilah dia! Last Day of War, di hari inilah akhir dari awalan baru atau awal dari akhiran baru atau akhir diawal yang baru atau apa yang jelas. Setelah ini gue bebas.
Gue bangun pagi langsung mandi gosok gigi dan make baju lagi. Gue ngeliat di recent update bbm ternyata sekolah banjir! Gila beneran banjir.. gue langsung laporan ke nyokap tentang fenomena banjirnya sekolah gue

"Mah sekolah banjir tuh"
"Masa? yaudah paling UN diundur jadi hari jumat.."
"Kalo gak diundur gimana?"
"Berarti kamu gak UN"

Setelah ngedenger kata "Kamu gak UN", gue ngerasa jiper.. gue gabisa bayangin gimana temen temen gue yang sukses UN dan merasa bebas sedangkan gue engga.. gue pasti bakalan nangis di pinggir kamar sambil jongkok dan ngusep usep lante lalu bilang "Banjir kurang ajar".

Gue kekeuh ke sekolah, selama perjalanan gue ngeliatin sekeliling gue sambil tersenyum. Ada burung berkicau, bunga yang tumbuh, pohon yang anginnya berlambai lambai dan tong sampah yang penuh laler. Sampe di sekolah gue bener bener ngeliat dengan mata kepala gue sendiri fenomena air yang menggenangi jalanan yang tidak diinginkan atau lebih gampangnya banjir.

"Nak sini nak tunggu disini dulu, nanti truknya balik lagi"
"Ha? Truk?"

Gue ngeliat di deket gerbang, itu ada tronton gede.. tronton kaya truk marinir gitu, ternyata kita tetep ngelaksanain UN, jadinya kita diangkut naek tronton itu ke dalem sekolah.. luar biasa. Gue naek tronton dan duduk di bagian terdalam.. seharusnya ini momen tepat dan menyenangkan selama berada di dalem tronton karena bisa merasakan dan melihat bagaimana banjir yang menggenangi sekolah, tapi selama truknya jalan gue cuma bisa ngeliat punggung para siswa dengan indah.

Begitu truk berhenti, gue kira kita langsung sampe di dalem sekolah ternyata engga, disitu disiapin kaya meja meja gitu buat injekan.. wih gue jalan di meja itu bener beneran.. depan gue Lana dan belakang gue Widian.

"Asiiikk"
"Yeeeyy banjiiirr"
"Aaaww airnya nyiprat"
"Ahahaha"
"Hahaha"

Rasanya para murid disini bukannya merasa sedih ataupun suram tapi bahagia dan penuh canda tawa. Gue jalan di atas meja melewati dedaunan, seperti adegan ketika jagoan di film sedang survive di hutan belantara. Bedanya kalo jagoan di film itu ganteng kece dan gesit, kalo gue cuma ganteng aja.

Begitu sudah sampe di dalem sekolah eh jalanan mejanya udah buntu dan selesai, terpaksa kita berhenti dan turun... gue ngelepas sepatu dan kaos kaki. Trus jalan ke tangga, gue inget banget kata Lana ada ikan lele, ikan mas dan belut. Gak percaya.. tapi ternyata beneran ada.. Ikan mas gede gitu setangan gue sedang asik asiknya berenang mencoba nuansa baru, begitu juga dengan belutnya.. ada di deket musholla.. entah darimana asal hewan hewan itu yang jelas gue ga abis pikir.

Sampe di deket tangga ada korsi dan kita jalan di atas korsi, gue naik dan jalan sebentar.. di kala gue sedang ngadep belakang ngeliatin sekolah gue yang banjir dengan perasaan sedih atau senang.. tiba tiba

DUEENG!

"Aw..."

Pala gue kejedot besi dan kenceng banget.. orang orang disitu pada ketawa, gue juga.. itung itung jaga perasaan.

"Ngapa lu wy? Hahahaha"
"Sst.. Acting.. biar pada gak cemberut gara gara banjir"

Iya gue tau kok sebenernya anak anak pada ceria.. tapi daripada gue malu mending gue ngeles.

Sudahlah cukup dengan acara banjir banjiran, sekarang saatnya menghadapi musuh sesungguhnya. Gue masuk ke kelas dengan perasaan camdukper, pertama itu Kimia. Gue siap setengah mampus. Begitu gue buka soal yang dikasih, gue cek perlembarnya.. gue ketawa "Hahahaha!!" sambil mengeluarkan air mata dan mengusapnya dengan telunjuk.

Gue terharu, ternyata soalnya gak sesusah yang gue kira... gue bisa ngerjain 20an nomer.. itupun sambil keringetan dan grasak grusuk. Tapi untunglah gue bisa ngerjain dengan baik.. yang paling gue tunggu itu justru Biologi karena itu hapalan dan gue lemah dalam menghapal apalagi nama latin.

Gue ngerjain soal soal kimia dengan khidmat.. tiba tiba gue ngerasa di sebelah kanan gue ada orang yang begitu sibuk sibuknya melakukan sesuatu, gue nengok dan ngeliat Reni dengan seriusnya tiduran dan menutupi kepalanya dari pengawas make kertas soal.. dia lancar banget nanya nanya jawaban ke orang di belakang gue yang gatau siapa.. yang jelas gue ngerti banget perjuangan dia..

Gue cuek terus ngerjain lagi.. gue terhenti di soal yang susah banget bangetan.. kepala gue tiba tiba nengok ke arah Reni seakan kesihir, ternyata Reni lagi nengok ke arah gue dan tiba tiba dia ngegerakin mulutnya seolah ngasih sinyal nanya soal. Gue yang gamake kacamata dan bingung itu cuma bisa masang muka cengo. Gue gatau dia ngomong apaan.. dia cuma gerakin mulutnya tanpa mengeluarkan suara, gue harus ngebaca dengan jelas gerakan mulutnya..

"O.. O.. O.."
"O??"

O?? Apa itu O?? gue bingung dan memasang tampang berpikir lalu bertanya ke dia

"Beol?"

Reni ngebuang muka begitu aja. Ada yang salah?

Selesai Kimia akhirnya gue melakukan konversation dengan Reni.

"Ren lu ngomong apaan sih?"
"Kolong wyyy.. itu kertas yang dikasih Mia itu jatuh ke kolong loo"
"Oooohhh itu kolong??"

Yaudahlah.. semua indera gue seakan mati, jadinyas gak sensitif. Gue keluar ruangan dan belajar biologi, gue mencoba menghapal nama nama latin tapi gabisa.. gue berdoa dengan khusuk semoga gak ada nama latin.

Pas banget pelajaran biologi gue beneran ketemu nama nama latin.. Acetobacter Xylinum.. Apa itu? Untuk apa nama latin itu? Menurut kamus ganteng Kawakibi Muttaqien, Aceto adalah nama panggilan Kak Seto, bacter adalah bakteri.. Xyl adalah paduan kata yang gak jelas artinya dan inum adalah bagian belakang dari kata "minum".. berarti dapat disimpulkan bahwa Acetobacter Xylinum adalah kejadian dimana Kak Seto sedang asik asiknya minum sambil meneliti bakteri yang gak jelas artinya. Tapi begitu liat di pilihannya gak ada jawaban kaya gitu..

Ada lagi soal soal ngaco laennya.. tapi gue gak bisa inget.. seakan otak gue langsung keremove begitu ngebaca soal soalnya.. Pada akhirnya gue berhasil survive menghadapi biologi dengan wajah lesu.. Bel selesai berbunyi dan gue belom selesai 15 nomer.. gue lemes.

Pas banget pulang tapi hujan kembali membasahi bumi dengan deras derasnya.. kita tertahan di sekolah, gue turun ke bawah dan ikutan tanda tangan di kain putih yang disediakan.. sebanyak mungkin gue tanda tangan supaya nama gue bisa terkenan dimana saja..

"Wy ke kantin yok, laper banget gue"
"Ayo lan"

Gue dan Lana ke kantin buat makan, berhubung hujan masih turun deres jadinya kita juga nunggu. Disana gue makan bareng Prima dan Ertika.. makan soto. Setelah pesanan datang, gue langsung melahap dengan laparnya.. Lana juga.

"Wuh laper banget gue dah hari ini"
"Belom makan lo ya?"
"Belom wy"
"Oiya Lan lo ikut coret coretan baju kaga?"
"Gue pengen ikut wy cuman ya gue udah dibilangin nyokap gaboleh.."
"Nah trus? biasanya lo ngelanggar dah.."
"Iya soalnya kan ini UN gue takut durhaka ama nyokap.. gamau boong dulu gue"
"Jahaha jadinya engga coretan?"
"Engga.. gue ngeri wy soalnya kan nyokap juga.. ASTAGFIRULLAHALADZIM!!!!!"
"Hah hah???"

Gue kaget, Lana tiba tiba istighfar.. gue kira dia kerasukan jin banjir.

"Kenapa lu lan?"
"Ya Allah gue lupa"
"Ngape? gabawa duit?"
"Engga. bukan.. aduh.. pak ini berapa sotonya?"
"9000 de.."

Lana ngeluarin duit dan langsung ngebayar begitu aja.

"Gue lupa gue lagi puasa wy..."
"Puasa....?"
"Iya aduh pantesan gue laper banget.. gue lahap banget makan soto.. biasanya kan gue tiup dulu ini langsung gue santap.."
"Yah.. lumayan dong ye udah beberapa suap.."
"Pedes wy.. gue belom minum kan.."

Akhirnya Lana terdiam menahan rasa pedas karena puasa.

Hujannya gak berhenti henti, gue dan Lana berencana nerobos begitu aja.. yaudah akhirnya kita nerobos dan pulang sampe ke rumah gue. Badan basah kuyup.. tapi setidaknya.. semua sudah selesai.. 12 tahun gue sekolah.. kini usai sudah... setelah lulus gue bakalan pisah.. pisah dengan meja kelas yang sering gue corat coret..


No comments:

Post a Comment