Saturday, April 20, 2013

Ujian Nasional - Prolog - Day 1


AKHIRNYA
Bukan, ini baru awalnya.. Selesai sudah perjuangan gue selama berwindu tahun bulan minggu hari jam menit detik sekon selama gue hidup ini..
Hari ini adalah akhir dari perjuangan gue menuju perjuangan baru.. ya.. gue baru aja kelar UN dengan hati yang banjir. Gue gatau harus seneng apa sedih tapi gue sama sekali gak merasa lega.. gue juga kurang tau kenapa.. gue ngerasa ada yang ngeganjel gitu. Malemnya gue baru sadar duit gue ilang seribu.

UN gue selama 4 hari dan tahun gue ini merupakan tahun yang istimewa serta penuh surprise dalam mengerjakan ujian nasional ini. Desas desus yang katanya ada 20 paket itu awalnya gue kira cuma basa basi bikin mental down para pelajar indonesia, tapi ternyata itu semua merupakan kenyataan pahit yang gabisa ditolak mentah mentah.

Sindrom UN yang paling sering terjadi adalah bocoran jawaban atau lebih enaknya kita sebut coranbo. Tahun tahun dulu emang yang namanya coranbo masih anteng anteng aja, tapi sekarang?? boro boro.. nyari jawabannya aja udah pegel duluan.

Sebelum UN kita dapet minggu tenang yang cuma berkisar 3 hari, Jumat sampe Minggu dan selama 3 hari itu.. yang gue pelajarin cuma Fisika karena doi hari kedua. Gue masih buta Fisika padahal H-1 tapi gue masih gabisa apa apa, gue belajar Fisika dari segala sumber yang ada.. soal TO, soal UAS, UTS, LKS, MKKS, SKS, SKJ, PRJ, atau RSJ. Gue terus belajar hingga akhirnya gue mulai bisa mengerjakan Fisika walau cuma 20an nomer tapi itu merupakan keajaiban bagi gue sebagai kaum IPA.

Hari pertama UN gue Bahasa Indonesia gue laluin tanpa belajar, awalnya gue santai santai aja karena pengen make coranbo. Gue dateng pagi jam setengah 7, mulai un jam setengah 8 tapi kita dateng dulu biar gada yang terlambat. Gue dateng dan duduk di koridor sembari bengong tanpa belajar. Desas desusnya itu coranbo bakalan di share lewat hape sebelum waktu un mulai berarti sekitar jam 7an gitu kan. Gue pasang niat, kalo emang bener soal soalnya ada 20 paket.. gue gak akan make coranbo sama sekali.. tapi kalo ternyata cuma 5 paket.. hehehe.

Waktu menunjukkan pukul setengah 8 dan kita sudah mulai disuruh masuk ke kelas masing masing. Gue masuk kelas dan ngebagiin kartu peserta lalu nyiapin alat perang dan duduk manis manja. Pertama gue ngerasa kaya ada yang kelupaan dari alat perang gue kaya tentara bawa pistol tapi gada kokangannya atau gada tempat buat isi peluru. Gue ngerasa ada yang kelupaan tapi apa, gue cuek. Soal mulai dibagiin dan gue mulai ngecek soal yang diberikan soalnya tahun gue ini soal UN dipakein barcode jadi emang susah buat nyontek katanya sih gitu, LJUN juga disatuin sama soal jadi kita harus ngerobek perlahan dan hati hati.

Begitu gue selesai ngisi identitas dan bel tanda pengerjaan dimulai, gue beku. Gue baru inget kalo coranbo cuman di share lewat bbm. Gue baru inget gue gak belajar Bahasa Indonesia. Gue baru inget hape gue masih ada di dalem tas. Gue baru inget pensil gue belum diraut.
Yang jelas gue baru inget semuanya.. gue inget! ya.. gue inget.. gue pernah manjat pohon bersama teman teman dan tertawa bersama.. gue pernah jatoh ke empang bareng tetangga.. gue pernah kejedot tembok pas naek sepeda..

Gue udah fix gak bisa make coranbo, gue harus teguh dan tangguh ngerjain segala soal yang ada. Gue buka halaman pertama, mata gue kram gabisa kedip.
Gue ngerjain soal soalnya, gue mulai dari paling belakang.. karena nomor nomor awal itu bacaan semua dan ini masih pagi jadi gue takut ngantuk dan ketiduran begitu baca soal, jangankan baca soal.. baca jawaban aja gue bisa tidur.

Soal soal di nomer akhir agak lebih cukup pendek. Gue ga tidur bacanya, cuma merem melek mulut nganga keluar iler. Soal soalnya gampang gampang susah banget, gue was was tiap jawab soal dan gue selalu bertanya tanya kepada diri gue supaya lebih yakin ketika ngejawab itu. Misalkan gue nemu jawabannya A, gue pasti berpikir "Kenapa A? Kenapa bukan yang B atau C? Apakah yang A paling tepat? Gue ngerasa B juga bisa.. tapi menurut gue A.. ah yasudahlah D saja"
Akhirnya gue mengisi dengan jawaban yang gada di pikiran gue.

Bel tanda pengerjaan selesai.. gue masih belom ngisi 5 nomer soal.. ini luar biasa.. gue bener bener serius ngerjainnya.. gak pernah gue selama TO bel selesai ada jawaban kosong yang nyisa.. biasanya lembar identitas yang kosong.
Gue bergegas ngecek hape di tas dan ngebuka grup yang ngeshare coranbo.. damn.. gue gak akan make coranbo, fix karena ini beneran 20 paket dan ngablu parah.. gue bingung cara ngeliat coranbonya.. gue pusing.. nyarinya aja udah bikin orang ngalor ngidul. Ditambah lagi pas gue liat jam sampenya itu bocoran.. ternyata bertepatan dengan bel selesai ujian.. begitu bel selesai.. bocoran dateng.. bah.

Setelah gue sukses membaca koran jadi jadian sambil di plototin pengawas.. gue ngelupain itu semua karena emang sejak awal target dan musuh utama UN buat gue adalah FISIKA dan itu besoknya..
Gue pulang bareng Satrio temen gue yang notabenenya terpintar di kelas gue tapi ternyata dia juga punya perasaan yang sama dengan anak gembel IPA lainnya, takut sama Fisika. Gue jadi semakin mantab dan merasa bahwa gue yang terpintar. Pas turun dari kopaja, ada motor hampir nyerempet gue.

Gue baru sampe rumah tiba tiba Hana ngebbm dan nyuruh dateng ke rumah Farah. Ah mager sekali soalnya panas, jadi gue gak dateng kesana. Gue lebih memilih belajar di rumah sendirian biar lebih fokus, lagian gue udah 5 hari digojlok Fisika.
Seiring gue belajar, gue baru inget Pak Arief guru Fisika gue pernah ngasih semacam kertas berisi rumus rumus yang lengkap gitu, gue tapi gak kebagian.. gue minta sama Wira tapi dia lagi make itu kertas buat les.. gue butuh banget karena gue gatau harus nyari rumus kemana.. ke internet? banyak banget.. buku? mual.. nanya temen? boro boro.
Akhirnya gue nanya Hana dan katanya dia punya.. oke... gue disuruh dateng ke rumah Farah.. ternyata gue emang mau gamau harus kesana..

Sampe disana ada Farah, Hana dan Ertika.. gue ikutan belajar akhirnya, niat yang cuma pengen motokopi kertas rumus berubah seketika ketika dipaksa duduk dan belajar bersama. Gue ngerjain soal soal yang ada disana, gue seneng.. usaha 5 hari gue ternyata membuahkan hasil yang luar biasa. Gue bisa ngerjain sekitar 30 nomer soal. Gue merasa sombong
*Pada waktu itu gue sama sekali gak berpikiran kalo soal yang gue kerjain itu bukan soal SKL yang akan muncul di UN.

"Tadi lo make bocoran gak?" Ertika tiba tiba bertanya
"Ha? engga, gue udah fix gak akan make bocoran.."
"Belagu looo, Fisika? MTK? Kimia? Bio? gamake?"
"Engga.. gue murni aja.. lagian susah dipake juga itu bocoran"
"Yee bener lu ye gak bakal make bocoran!"
"Oke! Lo make emang han?"
"Kalo Fisika gue make deeh abis susah"
"Mending kaga usah.. tadi aja bocoran nyampenya telat"
"Iya gue liat besok kalo datengnya lebih cepet gue make, kalo engga yaaa gue pegang dulu hapenya"
"Serah lu dah"

Anak jaman sekarang emang susah diajak jujur, gue gak salah satunya.. gue juga sering boong kok.. gue suka boong ke ortu kalo gue abis tidur di lantai atau gue boongin abis makan mie ayam make sendok nasi gitu gitu.

Ertika pulang duluan, tinggal gue Hana dan Farah. Kita bertiga gak belajar, stres, muak. Cuma ngobrol ngobrol biasa.. gak sih gak biasa, tapi gue males ngebahasnya.
Gue pulang ke rumah sekitar jam 8an dan sampe rumah gue lanjut lagi belajar Fisika. Gila... gue ngerasa kalo Awy ini bukanlah Awy yang dulu.. Awy yang dulu adalah sosok makhluk yang anti belajar dan ogah megang apapun yang berbau Fisika.. tapi Awy hari ini adalah Awy yang seharusnya ada sejak dahulu kala.. Awy yang teguh.. tangguh.. tegar dan bijaksana. Awy yang bisa kentut tanpa mengeluarkan suara dan bau..

Tapi apakah Awy yang ini bisa menang melawan Fisika dan Bahasa Inggris esok? Awy syok ketika tau Fisika itu jam pertama.. lalu kedua Bahasa Inggris.



No comments:

Post a Comment