Sunday, April 7, 2013

C'est Super Try Out!


Try out, try out dan try out.
Minggu ini otak gue lagi dipenuhin yang namanya pelajaran, pusing setengah mampus karena gue harus ketemu dengan pelajaran itu itu lagi dan yang lebih parahnya, gue hari ini ngikutin sebuah acara Super Try Out di Stekpi yang ditambah dengan hipnoterapi apalah tau itu. Gue ngikut karena gratis, apapun yang gratis gue ikut.

Try outnya jam 7 pagi, gue kesana berangkat bareng Lana, Baba dan Cacing juga berhubung gue, Baba dan Lana gatau tempatnya jadi kita ngajak Cacing. Pertama jemput Cacing dulu di rumahnya dan itu udah jam 7 lewat, begitu kita jalan lagi akhirnya nemu seorang pria yang berdiri tegak sambil megang papan bertuliskan "Try Out" ditambah tanda panah ke kanan. Begitu gue nengok kanan, hassshhh.... pasar... gila ramenya gak karuan dan gue harus nerobos masuk lewat situ melewati terjangan ombak manusia sambil membawa motor.

"Permisi ya.. misi.. aduh maaf.. permisi.."

Itu yang harus gue ucapin selama menerobos masuk dan lagi Stekpinya itu lumayan jauh ke dalem.

Begitu sampe di Stekpi, gue langsung ngambil tiketnya dan masuk ke dalem dan nyari kursi kosong.. udah rame banget.. acara Try Outnya itu gabungan antara SD, SMP dan SMA. Gue kebingungan karena kayaknya korsi udah pada penuh.

"Mas ini korsi buat yang SMA IPA UN dimana?"
"Oh itu di bagian kiri depan, kalo kanan itu SBMPTN"
"Oke kak makasih ya"

Gue jalan ke deretan bangku di sebelah kiri dan ternyata itu bener bener full. Ada sih kursi kosong tapi di tengah tengah, gak bakal gue duduk situ....
Gue jalan lagi dan nanya ke panitia lain yang lagi mondar mandir.

"Kak ada korsi kosong gak?"
"Nih disini aja"

Gue disuruh duduk di bangku tanpa meja. Gue harus ngerjain soal tanpa meja. Gue gak punya meja.
Gue duduk di bagian kanan, kiri gue seorang cowo yang gue gak kenal sama sekali siapa dan apa yang dia lakukan. Gue gak peduli tapi gue merasa seperti pria tersesat yang mencari jalan pulang. Gue plonga plongo nyariin anak sekolahan gue kenapa gak nemu nemu. Akhirnya gue duduk diem sambil nunggu acara yang agak ngaret itu. Tiba tiba Laras dan Sari dari arah korsi deretan kanan memanggil gue.

"Wy! Ngapain lu disitu? Sini sini! Ada yang kosong nih"

Tapi.. itu kan bagian SBMPTN.. gue pengen kesana sih soalnya di tempat gue duduk itu gada yang gue kenal.. gue berpikir apa yang akan terjadi kalo gue duduk disana.. negthink, jangan jangan setelah gue duduk disana bakal dikasih soal SBMPTN dan gue disuruh ngerjain dengan dikelilingi pengawas dan jawabannya harus bener semua.

Pada akhirnya gue pindah kesana. Gue bertanya orang di sekeliling gue.. mereka semua SBMPTN.. jangan jangan gue dijebak.. di sebelah kiri gue ada seorang cowo yang keliatannya gue kenal.. gue merhatiin dia sedikit demi sedikit.. gue liat dari rambutnya.. pundak.. pinggang.. kaki.. gue raba kepalanya.. gue sentuh bibirnya.. gue digampar.

"Sidqi?"
"Awy?"
"Sidqi? Sidqi!!??"
"Awy!!? Awy!!!"
"OOOOOOHHH"

Gak selebay itu sih.. palingan cuman tos terus pelukan sambil lompat lompat dan teriak "AAAHH KANGEEEN"
Sidqi ini temen SMP gue dan dia sekarang sekolah di SMAN 28 yang termasuk sekolah unggulan.. dia anak IPA 28.. gue IPA 60.. otak gue langsung berpikir untuk mencari tahu sepintar apa sih anak ipa 28 ini.

"Sid lo ngapain disini?"
"Ya Try Out lah, aneh dah lu"

Satu serangan fatal dengan kata kata "aneh dah lu" sudah membuktikan perbedaan mendasar antara kami berdua.
Akhirnya acara dimulai dan soal soal mulai dibagikan, gue sempet bingung.. ini acara try out dengan 6 mata pelajaran.. bakalan berapa lama? 1 pelajaran bisa 2 jam.. kalo 6? 12 jam... gila.
Pas soal dibagiin, ternyata ada 2 sesi, sesi pertama itu pelajaran Fisika, Kimia dan Biologi digabung jadi satu. Kita masih ga dibolehin ngebuka soal sebelum dimulai.

"Wy lu ikut apaan? UN apa SBMPTN?"
"UN lah sid.. lo apaan emang?"
"SBMPTN gue.. UN mah gampang wy, SBMPTN aja yang lebih bagusan"
"Tapi.. gue.. belom.. siap UN.."

Satu lagi perbedaan mendasar dari kita berdua.. Sidqi siap UN dan gue engga. Gila, dia yakin dan pede banget. Gue sempet kagum sama dia bisa ngomong gitu dengan mudah dan wajah yang datar.

"Sid berarti lo SBMPTN ada plus minusnya dong kalo jawab soal?"
"Iya tapi sesi pertama gue kan soal TPA jadinya engga ada"

Gue gatau soal TPA itu apa.. gue gamau keliatan bego di depan dia. Gue pengen bikin dia juga kagum ama pengetahuan yang gue milikin.

"Oohh soal TPA.. mata pelajaran apa? Bahasa? MTK?"
"Ini soal TPA wy.. Tes Potensi Akademik.. ya isinya soal soal yang lucu gitu.. mana ada mtk bahasa gitu.."

Oke gue udah cukup melakukan pengetesan kepintaran.. dia lebih pintar.. gue ulangin DIA LEBIH PINTAR.
Begitu LJK dibagikan.. gue udah mulai masang tampang curiga, kok? kenapa ada 120 nomor? gila kali. Mungkin itu cuma jumlah nomer yang ada.. gue akhirnya mengurungkan niat untuk merobek LJK tersebut.

"Mulai!"

Semua peserta TO boleh buka soal soalnya. Gue ngebuka dan gue syok setengah mati. Bener bener 120 soal. AAAAAHHH!! Gue gila!! 3 mapel IPA dalam satu kali kerja dan berjumlah 120 soal ditotal????

"Oiya waktu ujiannya 2 jam ya"

Matilu.

Waktu cuma 2 jam dan gue harus ngerjain 120 soal? berarti satu soal = satu menit! Gila!
Gue ngebuka soal Fisika. Lalu lompat ke kimia tanpa basa basi, di kimia gue ngasal banyak sekali.. hampir semuanya ngasal.. gue ngelanjut ke Biologi dan gue masih ngasal sengasalnya.. Waktu sudah berjalan cukup lama dan begitu gue itung itung ternyata gue udah ngerjain 80an nomer! JENIUS!!

Gue masuk ke soal Fisika dan mulai mengerjakan beberapa.. walaupun pada niat dasar untuk ngasal gue pun tetep berpura pura pusing ngerjain soal.. saking pegelnya gue duduk bongkok ngerjain di papan jalan tanpa meja, gue lesehan di lantai dan ngebikin korsi jadi meja... ternyata banyak yang kaya gitu.. gue ikutan dan memasang headset sembari mengerjakan soal. Itung itung ngilangin rasa terharu yang amat dalam.

Tanpa gue sadarin... gue selesai 120 soal!!!!!!!! JENIUS!!!

"Waktu masih 45 menit lagi ya"

Gila. Gue emang jenius bisa ngerjain 120 soal dalam waktu kurang dari satu setengah jam. Itu hal biasa karena gue punya julukan Si 3 Menit. Gue jago lari kabur dari ruang ujian setelah 3 menit dimulai.

"Oiya untuk yang UN IPA atau IPS itu kan ada 3 mata pelajaran, satu mata pelajaran kerjain 20 nomer aja ya, jadi kalian cuma ngerjain 60 nomer total.. soalnya kalo 120 kebanyakan.."
"Yaaaaahhhh"

Suara "Yaaahh" menggema di ruangan tersebut. Tapi di hati gue bukan lagi suara yaah melainkan HAAAAHHH!!!!?
Gue uda selesai ngerjain! Kenapa baru dikasih tau sekarang! Tanpa sadar gue ngomong "Yah gue udah 120 nomer gimana dong.."
Alhasil beberapa orang ngeliat ke arah gue dan ngeliatin LJK gue. Mereka pasti pengen nyontek dan berpikir "Wah anak ini jenius sekali.. pasti dia ngerjainnya gak make mikir"
Bagian gak make mikirnya emang bener.. tapi jeniusnya engga.. gue emang ngerjain gak make mikir.. mungkin lebih tepatnya gak make soal. Coba aja kasih gue 200 nomer LJK tanpa soal, pasti bisa gue kerjain.

Gue di tengah rasa agak lemas itu mencoba cuek dan masa bodo. Gue lebih tertarik ngetes taraf kepintaran Sidqi. Gue bakalan nyoba nanya dia tentang Fisika yang katanya musuh anak IPA, ada satu nomer gampang yang gue bahkan tau jawabannya. heheh lihat saja

"Sid gue bingung deh bantuin dong, ini nomer 40 jawabannya apaan?"
"Hmm.. oohh ini mah gampang wy!"

Weesss ini gampang juga ternyata buat dia, sekarang gue tinggal menunggu apa jawaban dia.. jawaban gue D dan gue sangat yakin itu karena sering keluar soal soalnya. Kalo Sidqi benar, gue bakalan lanjut ke nomer lain tapi kalo Sidqi salah.. muhahahaha dasar bodoh

"Itu mah jawabannya C wy"

Huahahahah!! C?? Dia salah! Ternyata gue bisa ngebegoin dia!

"Jawabannya C sid? okee makasih yaa"
"Iya tapi gatau juga bener apa salah"
"Gapapa kok makasih"

Gue melakukan tampang wajah innocent sambil ketawa licik. Gue pengen ngasih tau Sari di sebelah gue kalo Sidqi salah ngejawab soal yang gampang, ternyata dia cuma keliatan pinter aja hahahahah.

"Sar ini nomer 40 jawabannya apa?"
"40? bentar bentar.."

Gue masih senyum senyum ( penjahat ) dan menunggu jawaban dari dia yang pasti tau jawaban yang tepatnya.

"Ini C wy, gampang tau ini mah"
"Ha?"

Gue blank, gue salah denger apa gimana..

"Jawabannya apa sar?"
"C"

C.. c... c... c...
C!?!? Masa sih jawabannya C?? pasti D! gue yakin banget jawabannya D! Saking ga percayanya gue, gue nanya ke orang di belakang gue yang notabenenya juga dari SMA 60.

"Itu jawabannya C"
"C itu"
"Iya C, kan gampang"

Kan gampang.. kan gampang.. kan gampang...
Gampar gue. Gue balik badan ke arah Sidqi dan menepuk pundaknya sambil bilang

"Lo emang pinter bro"

Gue terharu, air mata gue keluar.
Gue masi gak percaya.. gue yang jenius bisa ngerjain soal banyak dalam waktu singkat ini ternyata salah satu nomer!? Gue akhirnya mampu mengambil 2 kesimpulan
1. Gue emang jenius
2. Gue emang jenius yang pura pura bodoh

Yasudahlah... gue akhirnya diem dan menunggu waktu berakhir..
Begitu waktu dikatakan berakhir, banyak peserta yang panik karena belum selesai. Gue? Stay calm men.

Kita dikasih waktu setengah jam buat istirahat, gue, Baba, Lana dan Cacing keluar ke pasar buat nyari makan. Pasarnya rameee banget jadinya sempit plus panas bangetan. Kita berempat makan sate padang karena sepi dan lebih efisien. Setelah sukses makan, kita balik lagi ke tempat acara dan melanjutkan ke bagian Hipnoterapi.

Gue awalnya ngira hipnoterapi ini kaya semacam hipnotis gitu, jadi satu orang dipanggil ke depan terus dibuat gak sadar dan dikasih semacam intuisi buat ngelakuin hal aneh kaya joget tory cheese crackers atau nyanyi lagu rhoma sambil joget gangnam style atau apalah. Tapi ternyata katanya ini adalah saat saat relax, wih gue suka ini.

Pertama latian fokus, kita disuruh pasang tangan kanan di depan muka sekitar 20 cm dan tunjukkan angka 1. Terus kita harus fokus ke jari itu dan berasumsi bahwa jari itu adalah besi. Gue fokus.. dan fokus...

"WAH WAH JARI GUE GERAK JARI GUE GERAK!"
"Itu emang lo gerakin sendiri bego"

"Sekarang kalian pikirkan kalo jari kalian itu adalah besi.. besi.. pikirkan.. setelah kalian yakin itu adalah besi.. cobalah bengkokan jari kalian.. pasti tidak akan bisa"

Gue nyobain.. gue fokus.. besi besi besi.. tapi otak dan keinginan gue gak sinkron.. sementara gue pengen jadi besi.. otak gue mikirin Pevita Pearce, jadilah gue yakin jari gue itu adalah Pevita Pearce dan hampir gue peluk.
Ada orang di sebelah Baba itu gila abis. Dia bener bener kebawa suasana dan dia bener bener kesusahan bengkokin jarinya.. hahaha itu lucu abis, mukanya gak nahan.. berkerut dan urat nadinya keluar semua terus dia kaya kesusahan napas saking gak nurutnya itu jari buat bengkok. Dia kena hipnotis.

Kedua kita merelaxkan diri dan ini yang gue tunggu.

"Saat relax, kalian akan dibantu bagaimana cara menenangkan pikiran yang sedang lelah ini.. nanti tubuh kalian akan merasa lebih ringan dan otak tidak seberat sebelumnya"

Kita disuruh duduk dengan posisi seenak mungkin, gue lakuin. Terus disuruh pejamkan mata. Lagu harmoni slow slow gitu mulai berdendang, gue nutupin muka make handuk.

"Sekarang kalian relax.. tarik napas dan bayangkan segala energi masuk ke tubuh kalian.. lalu buang dan tarik lagi.. bayangkan kepala kalian sedang dalam posisi relax dan tenang.. pundak.. kaki.. semuanya relax.. setiap tarikan nafas yang kalian tarik.. kalian mulai mengingat seg- "

Setelah itu gue tidur.

*PROK PROK PROK*

Gue ngedenger suara tepuk tangan dan begitu melek ternyata pembicara hipnoterapi itu udah turun panggung sambil bilang "Terima Kasih".
Apa yang sudah terjadi...?


Sesi kedua langsung dimulai, kali ini pelajaran Bahasa indo, inggris dan mtk. Oke gue udah mumet tanpa ada relax karena sudah bablas ketiduran eh malah disuruh baca koran (baca: bahasa indonesia)

Gue pertama ngerjain bahasa inggris dan berhasil selesai dalam beberapa menit, kali ini gue serius ngerjainnya. Begitu masuk mtk gue mulai mabok. Lana di sebelah gue malah ngebuat kata kata "MAGER" di LJK, dia juga udah gatau musti apa lagi.

Akhirnya gue yang sudah pasrah dan berhubung waktu sisa 5 menit, gue ngebuat tribal di LJK gue. Walhasil TO gue kali ini penuh kesan dan cerita tentang keidiotan gue yang kebingungan menghadapi kepintaran anak 28, kebablasan relax dan keibaan mengerjakan 120 soal.

No comments:

Post a Comment