Saturday, April 20, 2013

Ujian Nasional - Day 3 -


Matematika mungkin musuh kedua setelah Fisika kaliya..
Kalo mtk gue masih bisa jabanin, semaleman gue belajar sampe jam 12 dan itupun tidur karena ketiduran..
Gue juga sebenernya yakin dan paten sama matematik, merasa mapan dan bisa ngerjain soal soalnya.

Gue feeling jangan jangan bakalan ada acara nangis nangis lagi nih pas mtk.. ah kalo emang ada gue bakalan cuek dan sok cool jalan keluar sambil bilang "Biarlah ku rela" iya itu lagunya Nidji, gue kan emang gatau harus basa basi apaan.

Pagi pagi sebelum masuk kelas seperti biasa gue beserta para peserta lainnya yang notabene anak 60 juga. Gue diajarin Widian rumus cepet cara mencari sin dan cos di Bab tentang Limit.. mapan.. gue ngerti sekarang cara ngerjain sin cos.. Selain itu gue juga diajarin cara nyari Quartil Bawah.. sebenernya SKL itu Modus dan Median tapi ya buat jaga jaga gue belajar Quartil Bawah.. kebetulan waktu itu ada contoh soal Quartil Bawah juga. Gue juga ngapalin ada satu soal tentang luas daerah gituu nah disitu tuh ada kaya jawaban pasti yang emang tiap tahun cuma itu itu aja jawabannya, ada sekitar 6 angka.. gue apal semua.

Ujian dimulai, gue nerima soal dan gue mulai melakukan scanning soal soal dengan cepat mencari kesalahan cetak atau apapun.. gak ada.. ada sih.. menurut gue semua salah, soalnya susah susah.
Gue ngerjain.. nomer 1 - 10.. lumayan lah.. dan seterus terusnya juga lumayan hingga akhirnya! gue ketemua sama soal model sin cos yang baru saja diajarin cara cepetnya.. ternyata itu bukan sin cos.. tapi tan... gue lemes...... Dari Sin Cos dan Tan. Dari 3 pilihan itu.. gue belajar Sin dan Cos.. berarti kemungkinannya 2 : 3.. tapi kenapa yang "1" ini yang muncul? Segitu sialnya kah gue? Segitu hinanya kah gue? Gue lewatin.
Gue nyari lagi.. soal yang Modus, Median semacamnya... gue ngebaca dan begitu liat pertanyaannya.. itu "Quartil....." Asik asik asik Quartil!!!! yey udah belajar!!! "Quartil Atas"    0_0

Kenapa.. atas? kenapa gak bawah... KENAPA
Gue terus bertanya tanya hingga akhirnya gue mengalah.. bentuk soalnya masih bersikeras untuk menanyakan kuartil atas dan tidak diganti menjadi kuartil bawah.
Gue ngelanjutin dan mencari bagian luas daerah dengan 6 jawaban pasti itu.... gue nemu soalnya dan gue ngeliat jawabannya, tiba tiba penglihatan gue gelap dan begitu gue melek ruang kelas kosong.

Gue ngeliat soalnya.. "Ini dia luas daerah!!" gue langsung mengingat ingat jawaban jawaban yang ada.. tapi begitu gue ngeliat pilihan jawabannya.. waw.. bukan angka melainkan bentuk integral.. "apaan nih?" spontan mulut gue ngucap kalimat itu tanpa pikir panjang.

Gue terus ngebaca soal hingga gue nemu di nomer terakhir ada soal yang anehnya gak karuan.
"Seorang peneliti memaparkan bahwa dalam 20 tahun ke depan kemungkinan terjadi gempa bumi adalah 1/3"

"Ha?"

"Kesimpulan yang dapat dibuat dari pernyataan di atas adalah?"

"Ha?"

Ada satu pilihan jawaban yang bikin gue ngakak
"Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi nanti karena semua yang terjadi adalah kehendak-Nya"

"Apaan nih?"

Gue bingung dan gak ngerti harus jawab apa.. ada pilihan A. 20 X 1/3 = 6 tahun kemungkinan terjadi gempa blablabla

"Gak mungkin, masa soalnya gini jawabannya itung itungan"

Akhirnya gue milih jawaban yang simpel dan yakin "Pasti terjadi gempa beberapa tahun ke depan"

Selesai dengan soal itu, gue ngelanjutin.. gue ngebuka halaman lain lagi terus gue liat soalnya.. tiba tiba gelap dan begitu gue melek.. gue ada di motor bareng Widian dan lagi otw pulang menuju Akri buat makan. Gue pingsan.
Hana ngebbm gue dan gue dipaksa ke rumah Farah, oke gue turutin kali ini.

Gue di rumah mandi dan istirahat sambil belajar, gila mungkin lebih tepatnya. Sekitar jam 1 gue berangkat ke rumah Hana buat pick up dia dulu dilanjut ke rumah Farah. Sesampainya di rumah Farah, kita berdua nunggu lama di depan rumahnya..

"Farah masih tidur kali wy ya"
"Nah cakep tuh"
"Masuk aja yuk wy"
"Emang gapapa asal masuk aja nih"
"Gapapa kok"

Kita masuk dan di dalem ada adeknya Farah lagi tidur tiduran.

"Farahnya mana?"
"Di kamar lagi tidur, sebentar aku bangunin"
"Eh gausah gapapa biarin aja"

Benar sekali, niat jahat kita timbul untuk ngerjain doi dengan melakukan sesi foto model. Pas banget kamar dibuka, gue dari luar ngeliat seekor monster yang sedang tidur dengan luar biasa hebohnya. Gue ga berani masuk.

"Gue diluar deh Han..."
"Yaudah gue masuk ya"

Alarm hapenya bunyi tapi dia sama sekali ga kebangun.. pas banget Hana nyalain lampu eh dianya sadar. Kaya beruang abis hibernasi lama gitu. Farah emang punya mukjizat.. dia bisa tidur dimana dan kondisi apa saja.

Setelah beruang hiber itu cuci muka, kita mulai belajar Kimia pertama. Gue lumayan ngerti sama Kimia.. kalo ditanya kenapa.. mungkin lo bakal bisa ngambil kesimpulan kalo udah pernah baca post post gue sebelumnya. Gue tanpa sadar ngajarin mereka layaknya guru muda yang baru aja lulus kuliah dengan IPK tiarap.

Gue ngajarin mereka hingga gue pusing sendiri.. apalagi si Hana dengan mukjizat kata "eh" nya yang bisa bikin orang orang di sekitarnya terhenti untuk bicara.

"Ini gak gini tau ini kan larutan H2SO4.. jadinya asam kuat nah makanya ini.."
"Tapi kan buffer itu sama yang lemah.. ini kan kuat kuat"
"Iya ini kan baru asam kuat, yang satu lagi basa lemah berarti"
"Kalo basa lemah itu apaan aja sih contohnya?"
"Ya kaya.. NH4OH trus ada jug-"
"EH EH EH!!!!! TAU GAK SIH!!!!!!"
"....."

Pas sekitar jam 4an gitu ternyata ujan.. deres deh.. yaudah gue juga jadinya pulang nunggu ujan reda dulu gitu kan. Sembari belajar biologi sembari nunggu ujan. Hana udah ngedumel laper ngajak nyari makan tapi gue gabawa duit.

"Wy keluar yok cari makan"
"Gue gabawa duit"
"Aaah Hana laper niih"
"Iya tapi masa gue cuma ngeliatin lo makan"
"Gimana kalo kita bikin Indomie?"
"NAH CAKEP TUH FAR!"

Akhirnya kita sepakat makan mie, Farah yang bikinin. Gue sama Hana solat Ashar. Asik.

Abis makan mie.. lanjut belajar dengan ogah ogahan.. gue udah gakuat.. butuh cooling down otak. Pada akhirnya kita bertiga gak belajar dulu, istirahat.. ngobrolin banyak hal kaya gimana cara bikin singa bertelur, cara tidur dengan mata terbuka, cara nelen ludah sambil tahan napas dan berbagai hal.

"Han lo kuat banget belajar.."
"Iyalaaah guee"
"Jelas aja kuat, bikin contekan"
"Yaa yang penting kan gue belajar juga"
"Gue udah ngantuk.."
"Gue belom dooong"
"Ah apaan palingan ntar juga tidur duluan"
"Enggaaa tarohan yok entar siapa yang duluan tidur"
"Ayo!"

Gak pernah sekalipun gue ketiduran duluan dibanding Hana, dia pasti duluan tidur dengan dibarengi bacotan gedenya yang bilang "Iya gue temeniiin" "Iyaa gue masih kuat koook"

Gue sebenernya pengen pulang.. udah gak tahan.. tapi ujannya gak berenti berenti.. udah jam 7 malem tapi masih aja ujan. Di grup bbm gue dikirimin foto sekolahku tercinta yang sudah tergenang banjir. Damn man kita un tapi banjir?? Gue berangan angan un dimundurin.. tapi jangan.... mental gue break yang ada.

Belajar lagi.. gue enggak, gue ngantuk dan pengen tidur.. tapi gabisa.. gue dapet kabar ampera macet lah disini banjir lah apalah.. jadi mager batin dan fisik. Jam 9an nyokapnya Farah pulang dan ngebawain kita makanan.. wow.. makan lagiiii..

"Wy abis makan pulang yuk nrobos ujan aja.."
"Tahan dulu jangan langsung.. masa abis makan pulang"

Kita berencana nerobos ujan, kalo gak ya gak bakal balik.. Udah jam 10 malem.. kalo gak pulang bisa bahaya.. gimana kalo kita bertiga ketiduran bersamaan dan begitu bangun udah jam 6 pagi? gak bakalan gue ikut un.

Diluar ujannya udah agak reda, langsung gue ama Hana balik. Gue nganter Hana dulu pulang, di tengah jalan pelan pelan ujannya mulai turun lagi dan makin deres. Gue berhasil nganterin Hana dan langsung bergegas pulang, baju gue udah basah kuyup. Gue inget banget Ampera macet parah dan susah gerak, jadinya gue ambil jalan lewat Mangga Besar. Bener aja.. di MaBes itu sepi dan lancar lancar aja, gue jadi bisa ngebut pulang ditengah rintikan air derita. Merasa aman sampe rumah.. ternyata di MaBesnya banjir. Gue terpaksa menerobos lewatin banjir tersebut, gue ngeliat ada siluman kura kura kaki empat dan siluman kodok loncat. Ternyata itu cuma batu kali yang ngapung.. imajinasi gue terlalu tinggi.

Gue sampe rumah dengan keadaan basah dan masuk angin sepertinya.. gue cuma berharap besok pas UN sekolah masih banjir sehingga diundur.. atau mungkin tiba tiba ada puting beliung yang memporak porandakan Jakarta..


No comments:

Post a Comment