Tuesday, September 17, 2013

Karena Mabuk Aku Kalang Kabut


Sebenernya gue pengennya sih ngepost tentang kisah PPAK gue dulu.. tapi apa daya... terlalu panjang kisahnya jadi sampe sekarang ini belom selesai. Sembari menunggu hasil ketikan PPAK, gue pengen cerita aja tentang kisah barusan mengikuti acara Babad Alas. Babad Alas ini semacam kegiatan yang menampilkan band band gitu. Sebenernya bukan babad alasnya yang pengen gue bahas tapi gimana kesan pesan gue selama mengikuti acara tersebut dari jam 3 sore hingga jam 11 malaaamm.

Jadi begini,. di acara ini angkatan gue disuruh buat ngisi acara dan setelah kita seangkatan ngobrol ngobrol, ternyata mau diisi sebagian joget Caisar, sebagian joget JKT48 dan sebagian lagi ngeband. Gue kebagian joget Caisar, terlebih lagi.. gue juga salah satu dari 3 center depan.. gue harus siap muka.




Joget Caisar masuk sebagai pembuka kedua setelah band jadi kita tampil sekitar jam 4an. Nah yang Band itu sekitar jam 5an, JKT48 kebagian setelah maghrib karena mereka ada lightstick dan wotagay ( bener gak tuh tulisannya? ). Selama siang dan sore itu acara berlangsung dengan baik baik tanpa hambatan.

Begitu haris sudah mulai malam, inilah saat dimana gue merasa berada di dunia berbeda dan ini adalah pertama kalinya gue berada di dunia ini. Gue duduk bareng 2 orang temen gue, Zaki dan Alex. Baidewei.. gue baru dikasih tau Alex kalo dia bukan Alex...

"Lex nanti helmmu tuker lagi sama helmku ya"
"Oke oke, oiya aku minta nomermu deh"
"Boleh.. aku aja yang nyatet nanti kumisscall"
"Sebenernya namaku bukan Alex"

Baidewei, Alex ini adalah maskot Caisar. Dia beneran mirip Caisar.

"Terus namamu siapa?"
"Azkia, aku waktu itu ngomong kalo namaku Alex cuma bercanda.. eh semuanya nanggep serius.. jadinya berubah deh namaku.."

Nah setelah gue berbincang bertiga, Putong temen gue berasal dari Manado ikut gabung. Kita ngobrol dan bercanda canda ngebahas berbagai hal.

"Kampus Seni itu kaya gini ya.."
"Gimana?"
"Ya kaya gini.. kita ngumpul semua bareng bareng, ketawa tawa.. trus ngerokok dimana mana bebas.. ada yang mabok mabokan segala juga bebas.."
"Iya seru ternyata ya.. selama ini kirain yang kaya gini tuh bikin risih atau gimana gitu.."
"Ya tapi kenyataannya seru seru aja gitu, ditambah mereka semua itu pengertian loh bi"
"Pengertian gimana tuh lex?"
"Aku daritadi tuh ngobrol ngobrol sama senior trus ditawarin minum tapi kutolak dan mereka itu gak maksa aku buat minum"
"Nahitulah, mereka menghargai yang lainnya, yang penting seru aja"

Di tengah obrolan, Putong pergi buat cari minum karena haus. Gak lama... doi balik dan gue mencium sebuah bau yang gue kenal banget ini bau apa. Arak.

"Tong kau minum??"
"Itulah.. aku pikir itu aqua.. aku minta air sama si Bagas, botolnya sih botol aqua.. pas aku minum.. woalah kok gini rasanya yo.."
"Gimana rasanya??"
"Panas di perut.. aduh.."
"Cari air tong.."
"Weeeyy sahabatkuuuuuuu"

Tiba tiba Dian, temen satu kelasan gue dan juga ketua kelas, anak Medan yang katanya angkatan 2007 tapi entah kebenarannya masih belum pasti. Dia datang dalam keadaan mabuk bersama Rizki, anak Kalimantan.

"Heey kalian sudah makan kaah?"
"Mabuk kau yan?"
"E e e dengar dulu dengar duluuuu... aku baru saja minum 10 botol.. parah kali kalian tak ikutan laah"
"Hahaha maboknya udah kacau nih bro"
"Benar aku.. masih ada sisa itu disana, kalo mau ya ambil sajaaa"

Dian ini anak Medan yang selalu aktif dan juga menganggap dirinya preman. Rambut dia punk dan gayanya cukup mengerikan jika dilihat oleh orang awam. Tapi begitu gue denger lagu yang dia nyanyiin, ternyata lagu BCL.

"Eyy kau dengar ya semua.. aku ni dulu pernah jadi guru ngaji.."
"Kali dah?"
"Benarrr.. aku ajarkan anak anak yang ingin belajar mengaji.. 2 orang kubuat khatam"
"Maboknya udah kronis nih orang.."

Yap, jadi yang sebenernya ingin gue bahas disini adalah.. gimana kisah hidup gue yang masuk ke dalam ruang lingkup dunia anak muda bebas yang penuh mabuk dan rokok. Asli, ngadepin orang mabok itu bener bener bikin bete... Contohnya Dian tadi.. ngaku pernah jadi guru ngaji dan ngatamin 2 orang.. pusing gue dengernya...

Putong yang notabenenya kena Arak sedikit, untunglah dia kuat. Dia ngajak gue pergi dari kumpulan orang mabuk ini. Gue sebenernya asik asik aja ngobrol sama mereka tapiii bete karena selalu ngebahas hal yang sama. Gue ngobrol dengan sekitar 3 orang mabok, rasanya gue ikutan mabok.

"Wy temani aku, kita cari air minum beneran.."
"Ayo.."

Kita nyari minum sembari berpisah dengan para orang mabok, kita mencari tempat normal yang aman. Gue ngeliatin sekeliling, beeeh ini bener bener.. gue berada di tempat yang dulu itu gue ngebayangin gue pasti bakalan takut kuadrat kalo berada di tempat itu, tapi kenyataannya sekarang gue berada disini.

"Eh itu air putih"
"Ini aqua beneran?"
"Iya beneran kok.."
"Bagi ya... kasian nih temenku kena Arak"
"Mabuk?"
"Ndak, masih kuat kok"
"Kamu mabuk?"
"Aku mabuk kalo naik kendaraan berAC"

Putong emang bilangnya sih gak mabok, tapi dia jadi keliatan lebih ceria dan agak pede. Mungkin itulah efek sampingnya. Gue ngumpul di kawanan anak anak alim sekarang. Tiba tiba, Zaki yang baru saja habis dari tempat Dian itu datang ke tempat gue dan kaget ngeliat gue megang botol aqua. Disini, semua botol aqua isinya Arak dan hampir jarang yang beneran berisi air putih. Melihat dia kaget, pikiran gue terbesit untuk ngerjain dia, yap, gue pura pura mabok.

"HEY BROOO SINI BROOOO MINUM BROOO"

Dan gue merasa seperti anjing liar yang dikejar kucing banci.

Gue berpikir wah kayaknya seru nih ngerjain orang maksa minum sambil pura pura mabok, gue pengen ngerjain Reza salah satu temen kelas gue.

"Bi.. kamu minum?"
"HEY BROOOO SINI BROOO MINUM BROOOO"

Kali ini gue ngerasa kaya banci akil balig yang salah jurusan kuliah.

Waktu pun berlalu, gue banyak banget ngobrol sama orang mabok. Selama ini gue gatau, orang yang mabok itu kaya gimana sih tapi ternyata setelah gue berbincang bincang dengan mereka.. mereka itu kaya punya dunia sendiri dan kebahagiaan gitu seperti kata orang orang. Bawaannya ketawa tawa ngobrol bareng mereka padahal gue gatau apanya yang lucu. Gue cuma ikutan ketawa.

Tapi ada satu pemabok yang kayaknya kronis kuadrat.. jadi gue lagi berdiri gitu ngeliatin band manggung, tiba tiba ada seseorang ngerangkul pundak gue.

"Kita ini saudara.."
"Yoooi brooooo"
"Kenalan dulu dong.. siapa namamu?"
"Kibi mas"
"Oohh, aku Daniel, jurusan opo?"
"TV aku mas"
"Oohh aku Fotografi, darimana toh?"
"Jakarta.."
"Aku dari Medan broooo"
"Yoooii broooo"

Terlihat biasa aja kan perbincangannya? tapi tau gak itu terjadi berapa kali? 3 kali.... perbincangan pertama terus dia pergi entah kemana dan gue juga pergi, tau tau dia ngerangkul gue lagi dan nanya hal itu lagi dan terjadi lagi dan lagi. Gue merasa seperti berada di dalam film yang terus menerus di rewind.

Gue ngeliatin tingkah laku orang orang mabok itu lucu lucu juga sih. Ada juga orang yang geletakan di aspal gara gara kebanyakan minum sepertinya. Gue juga sempet ditawarin minum tapi kaga dah.. gue gamau mengajak ngobrol seseorang dengan hal hal yang bakalan gue bahas berulang ulang..

Sempat di tengah tengah acara tiba tiba ada satu kehebohan yang amat sangat, ada yang pingsan.

"Eh ada yang pingsan tuh ada yang pingsan"
"Kenapa tuh??"

Gue langsung lari ke tempat tersebut dan melihat ternyata Irani. Mungkin dia pingsan kelamaan duduk.

Intinya.. dunia ini luas.. coba explore lagi dan cari pengalaman... jujur gue pertama kali berada di ruang linkup kaya gini dan ternyata ini gak seserem yang gue bayangin, malahan seru seru aja. Kayaknya kehidupan yang kaya gini bakalan berlanjut lagi.





2 comments:

  1. wy, dapat foto-foto PPAK darimana? mauu~

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo yang ini maah moto sendiri make hape hahah
      si raka ada tuh lengkap foto fotonyaa

      Delete