Wednesday, July 26, 2017

Balada Gigi Bungsu


"Umur segini tuh masih bisa tumbuh gigi gak sih?"

Tiga hari belakangan ini gue sering melontarkan pertanyaan itu. Alasannya karena selama 3 hari ini gusi bagian kiri belakang gue sakit banget. Sangat amat sakit kalo gue harus bilang lagi. Masalahnya gue gatau ini sakitnya gegara apa, numbuh gigi? sariawan? bengkak? atau sebenernya gigi yang bolong? Gue sih berasumsi numbuh gigi tapi gue bingung emang umur 22 tahun  masih bisa numbuh gigi ya?

"masih wy, itu gigi lo yang terlambat"
"bisa jadi wy, karena lo telat akil balig"
"mungkin aja wy, gegara lo kasih pupuk makanya tumbuh hihi"

Bodo amat.

Gue taunya sih numbuh gigi itu waktu jaman gue masih SD. Dulu tuh gue hobi banget yang namanya gigi copot, trus tumbuh lagi. Pernah satu waktu gue lagi jalan-jalan ke Bogor, waktu itu masih TK apa ya, gue makan ayam trus dua gigi gue berdarah. Gue bingung. Trus gue langsung ke wastafel bersihin darahnya, usap usap usap. Begitu ngaca dan nyengir, nah, copot dah dua gigi depan gue, tiap nyengir pasti orang-orang bisa ngeliat lobang tenggorokan gue.

Itu dulu. Sekarang gigi gue numbuh dan gue kaya gatau menau kalo rasanya tuh sesakit ini. Gila. Bayangin aja, ngomong sakit, setiap kali gue ngobrol sama lawan bicara gue, akhirnya gue selalu memposisikan diri sebagai pendengar saking sakitnya ngomong, kalo tiba saatnya gue yang harus ngasih pendapat dan berbicara, gue mulai menggunakan bahasa isyarat, ngasal sih tapi entah kenapa lawan bicara gue bisa ngerti. Trus juga kalo makan sakit buat ngunyah, ah ini paling parah, namanya manusia ya, hidup butuh makan, boro-boro gue ngunyah makan, baru pengen makan aja uda kebayang usahanya gerakin mulut trus neken makanan yang masuk ke mulut, dikunyah-kunyah trus telen. Serba salah, udah gitu badan gue serasa demam, lemes banget, ngapa-ngapain gaenak, rasanya badan meriang terus, kepala gue juga berat bawaannya, mata sayup sayup dan badan maunya geletakkan aja di kasur, persis kaya gejala mager.

Geregetan banget, gue pun ngecek gigi gue sendiri di kaca, bukan di dokter, bego emang, tapi yaudah. Gue ngecek dari kaca, mangap, gelap, pake senter langsung keliatann betawa indahnya dalam mulut gue. Trus gue liat liat bagian gusi kiri gue yang sakit, takjub, di belakang gigi geraham gue tumbuh sebuah gigi kecil yang muncul dengan posisi yang miring ke arah mata gue seraya berkata "Hai kampret". Langsung aja karena gedeg, tuh gigi gue teken teken, gue otak atik dan ga berasa apa-apa sih, tapi begitu gusi bawahnya gue teken. JIR. Keparat. One hit KO.

Kayaknya bener gara-gara numbuh gigi. Semakin penasaran gue pun searching di internet mengenai tumbuh gigi di usia remaja layu kaya gue gini. Gue menggunakan keyword gingsul, kenapa gingsul? gue gatau gingsul itu apa. Tapi akhirnya setelah gue searching gue baru tau kalo gingsul itu adalah gigi taring yang tumbuh terlambat which is bukan gingsul kasus yang terjadi pada gue. Searching lagi, kali ini keyword yang gue pake adalah tumbuh gigi usia 20. Muncullah dia si kampret. Dijelaskan bahwa itu adalah fenomena tumbuh gigi molar ketiga atau gigi bungsu dan biasanya muncul dalam rentang usia 17-24 tahun. Nah sampe sini gue masih ngangguk berarti ini di usianya yang aman. Gue lanjut baca ada penjelasan, "jika gigi bungsu itu tumbuh dalam keadaan miring maka muncul gejala bengkak, nyeri atau bahkan demam. Terlebih jika gigi ini menusuk gusi, akan menjadi sangat nyeri dan memungkinan untuk menjadi spiderman". Oke yang soal spiderman gue bercanda.

Wadadaw. So far so bad. Fenomena yang gue alami sekarang emang sudah ada bahasannya. Gue pikir gue doang yang ngalamin kejadian ini. Gue nyoba nyari cara buat nangkalnya gimana tapi lagi-lagi gue dikejutkan dengan pendapat seseorang di web itu yang berkata "Tidak ada cara mencegah gigi bungsu ini untuk tidak tumbuh miring. Pertumbuhan bersifat alamiah tergantung benihnya. Jika benihnya bagus maka gigi akan tumbuh lurus". Dan gue terdiam untuk beberapa detik. Jadi benih gigi yang tumbuh ini gak bagus makanya miring? Trus kalo udah begini gue musti ngapain dong. Gue ngeliatin gigi bungsu itu lagi, dia tumbuh dengan aneh, miring gitu, kecil pula kaya masih anakan. Gak cuma itu, gue pun merasa bagian atas juga sama sakitnya, masa iya tumbuh dua gigi bungsu sekaligus di atas dan bawah?

Tapi kalo ngomongin soal gigi, emang gigi gue ini berantakan. Gigi depan gue agak tonggos, trus semua gigi gue ga beraturan posisinya, pas kecil dulu ga pernah gue ajarin PBB. Parahnya lagi, geraham kanan atas gue itu bolong. Beh bukan bolong sih kayaknya, ilang malah. Jadi waktu smp dulu gigi geraham kanan atas gue uda terlihat ada kropos bolong di bagian samping. Gue uda sadar itu bolong, tapi gue cuek aja karena gue takut ke dokter gigi. Gue biarin terus menerus, terus menerus, setiap kali sakit gue tahan. Sampe akhirnya gue SMA kelas 2, saking cueknya gue sama gigi geraham itu, suatu waktu gue mulai merasakan rasa sakit yang semakin menjadi-jadi. "Kok makin sakit ya", akhirnya gue nyempetin diri ngintip lewat kaca dan gue kaget. Gigi bolong gue itu sudah menghilang, tepatnya kropos. Ibarat nih satu gigi utuh kita bayangkan bentuknya persegi, itu gigi tinggal sisa sisi bagian kanan doang. Gila. Ilang geraham gue. Gue pun mikir dong berarti selama gue menjalani proses kehidupan dan menahan sakit tiap kambuh, gigi gue kropos perlahan-lahan dan kroposannya itu ketelen dong?? Fak gue ga sadar selama itu gue makan gigi gue sendiri. Ditambah lagi, dari gue SMP itu sampe sekarang ini gue ngetik, kalo makan atau ngunyah gue selalu make gigi kiri gue, satu sisi doang, karena gigi kanan gue sakit banget ya gegara bolongnya itu. Alhasil gigi kanan gue ini nganggur selama bertahun-tahun. Mungkin karena gak pernah kepake juga makanya keropos pelan-pelan. Tapi gue santai aja karena berpikir toh nanti bakalan tumbuh lagi. Kesotoyan gue itulah yang lagi-lagi ditampar keras keras oleh website yang gue temukan hari ini yang mengatakan bahwa di umur 20an biasanya yang copot itu adalah gigi geraham dan secara normal, gigi geraham yang copot tidak dapat tumbuh lagi. Gue tersenyum. Berarti geraham gue yang kropos ini gabisa diselamatkan kecuali dicabut ke dokter. Masalahnya gue takut. Gue takut begitu dokternya ngeliat gigi gue yang ilang ini langsung diejek "IH GOBLOK KOK GAK DARI DULU SIH!!!!"

Gue kasitau ya, gigi kropos gue ini terkadang tiba-tiba sakit di waktu yang gak diduga duga dan rasanaya naujubilahiminzalik. Wueehhhh sampe otak!! Seakan semua masalah gue di dunia ini hilang berubah menjadi satu, gigi bolong ini, Kalo uda kaya gitu gue cuma bisa diem, ngusap ngusap pipi sambil gumam "udah ya sayang udah jangan nakal lagi". Efeknya bisa berlangsung berjam-jam kalo lagi gak beruntung dan selama itu pun gue cuma punya satu masalah di dunia ini. Nah itu juga yang gue alamin sekarang, bedanya, ini tumbuh gigi, perfect, bukan cuma sakit di kepala aja, sekujur tubuh gue lemes, demam. Lagi-lagi gue merasa segala beban yang gue emban hilang seketika. Enak sih, tadinya mikirin ini itu tiba-tiba gue lupakan sementara, fokus sama si gigi ini dulu.

Sekarang kalo kita ambil kesimpulan dari bahasan ini, selama ini gue selalu menggunakan gigi kiri gue untuk ngunyah makanan. Gigi kanan gue yang bolong pasti sakit kalo ngunyah. Terus dalam 3 hari ini, tumbuh gigi bungsu di bagian kiri gigi gue yang mana sakit banget kalo buat ngomong atau ngunyah. Lalu dari pemaparan di atas, coba dijelaskan secara rinci bagaimanakah cara Gue ngunyah makanan dengan aman dan tidak merasa sakit?

Gue tunggu jawabannya sambil berdoa semoga tidak tumbuh gigi bungsu di gigi kanan gue yang bolong. Gabisa kebanyang deh sakitnya bakal kaya apa...


6 comments:

  1. Hahahaahahah, FYI, kalo itu gigi numbuh dan sakit, trus tiba2 gak sakit lagi, kamu jangan seneng dulu. Soalnya ntar secara tiba2 sakit itu bakal muncul lagi.

    Hmm ada dua pilihan jwbn; kunyah pake gigi depan (tapi bakal lama dan gak efisien waktu) atau langsung di telen.
    Saran kedua lebih oke tuh wak. Apalagi klo makan salak lgsg di telen. Hahaha 😝😝

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang aku uda masuk fase tiba tiba gak sakit itu. Berarti harus siap siap lagi.. Eh tapi masi sakit deng buat ngunyah.
      Aku milih saran ketiga aja deh, minta dikunyahin tapi nanti aku yang nelen

      Delete
    2. Rasanyatuh gak enak banget, lebih sakit drpd di PHP in sama lionel messi. Wkwkwk.
      Serius nih pake pilihan 3? Mau di kunyahin sama adik itu dak wak? #YouknowwhatImean

      Delete
    3. Sa aje lo mentang mentang lagi gabut
      Adik fina? Gamau ah, fiqri aja

      Delete
  2. WY SAMA BANGET INI GUSI GUA SAMPE BENGKAK BENGKAK :(

    ReplyDelete