Sunday, March 13, 2016

Lo Serius Mau Bunuh Diri??


Bunuh Diri.
Menurut kamus ganteng Kawakibi, Bunuh artinya mengambil nyawa sesuatu dan Diri artinya tidak duduk. Jadi jika digabungkan, Bunuh Diri artinya mengambil nyawa dengan cara tidak duduk..

Oke ini agak sakral sih bahasannya tapi ini true banget dan gue sendiri masih geleng geleng gak nyangka gue nemuin sesuatu yang kaya gini. Biasanya gue sering banget ngeliat berita di tipi atau website tentang orang yang mati entah karena kecelakaan, pembunuhan, penganiayaan, bunuh diri dan semacamnya. Kalo bunuh diri biasanya alasannya karena di-PHK, sering dikucilkan teman-teman, keluarga tidak bahagia atau yang anehnya karena diputusin sama pacar sendiri. Gila men, ini absurd banget ada orang yang bunuh diri cuma karena diputusin sama pacar? Aneh. Gue selalu pengen banget ketemu sama orang yang punya pikiran kaya gitu dan kalo ketemu gue pengen tau temen-temennya itu ngapain aja sih kok bisa ngebiarin temennya sampe bunuh diri gitu loh. Gue sendiri penasaran hingga akhirnya gue bener-bener ketemu sama orang yang punya pikiran pengen bunuh diri dan itu adalah temen gue sendiri. Sebut saja namanya Faris dan lo mau tau kenapa si Faris ini pengen bunuh diri? Yap. Tepat. Karena diputusin sama pacarnya.

Intermezzo dikit, Faris dan pacarnya yang kita kasih nama Vania aja ya, mereka udah menjalani hubungan sebagai kekasih sekitar.. 4 tahun kali ya? gue gatau pastinya berapa yang jelas uda lama banget dari jaman gue masih SMA. Faris ini emang orangnya rada polos bego dan romantis bego sih.. gimana ya.. pokoknya bego deh. Sementara si Vania ini orangnya kalem bloon dan bawel bloon.. duh gimana ya.. pokoknya bloon deh. Singkat cerita mereka udah jadian lama dan gue ngeliat mereka jadian sih fine fine aja kaya gada masalah karena selalu bareng kemana-mana, pulang ngampus dijemput, main ke rumah masing-masing dengan keluarga sampai larut, ngumpul bareng temen juga bareng pokoknya oke lah. Tapiiii tiba-tibaaaaa gak ada hujan tapi ada petir kenceng banget tadi di luar gue sempet kaget juga Faris ngechat di grup whatsapp yang tulisannya cukup membingungkan seisi grup sih walau isi grupnya cuma berlima.

"Thanks bgt atas semuanya. Mungkin keputusan gue ini tolol 
tapi gua udah pertimbangin semuanya. Gue pamit kawan :) 
thanks ya"

Lah?
Kenapa nih anak?

"Ris lo salah grup?" tanya gue dengan jeniusnya.
"Ini grup awy baba andry indah aji vania kan? Kalo iya berarti gue gasalah :)"

Lah?

"Kenapa lu?" tanya Andry dengan pertanyaan mainstreamnya.
"Tolol pokoknya"
"Kasih tau dong ris, gue pengen sedih jadi gabisa karena gatau"

Tiba-tiba dia ngirim 2 buah foto yang cukup ngebuat gue pusing dan kebingungan nyari sinyal karena fotonya gak ke download. Setelah beberapa saat kedownload, gue ngeliat di foto itu ada sebuah tangan yang tersayat-sayat kaya pake cutter gitu dan darahnya keluar kemana mana.

"Anjir gue ngilu kampret ris"
"I commited to suicide"

Pertama kali gue baca tulisan dia itu gue rasanya pengen tegur dia kalo commited itu T nya ada 2 jadi seharusnya committed tapi yaudahlah karena dia bego jadi gue maklumin. Tapi bukan itu maksud gue, dia mau bunuh diri coy!!!

"Dasar komitmen lu apa ris?" Tanya Andry
"Hihihi tolol deh pokoknya"

Gue antara percaya dan engga, soalnya itu cuma foto tangan aja jadi kan bisa aja dia ngambil dari internet trus di download dan ditunjukin ke kita kita supaya dramatis banget padahal sebenernya dia lagi ada di bioskop nonton Kung Fu Panda 3 yang baru banget keluar beberapa hari yang lalu. Btw seru loh Kung Fu Panda 3, Gue ga nyangka ternyata endingnya itu Po beneran jadi Dragon Warrior erh.. sori balik ke topik.

"Lo ga naek kelas lagi ris?" Tanya gue sambil bercanda

FYI, Faris pernah gak naek kelas dulu pas SMA jadi sekarang dia setahun di bawah gue.

"Sakit gak ris?
"Nggak sakit wy, udah ke cover sama rasa ingin mati duluan"
"Yailah ris yakin amat bisa masuk sorga lo"
"Udah gabutuh surga wy, biar urusan akhirat gua yang tanggung jawabin"
"Masalah lu apaan emg"
"Masalahnya gua gamati mati ndry wkwk"

Ga ngerti gue ini beneran apa engga. Doi juga suka bercanda gaje gitu sih orangnya jadi gue masih bingung, yaudah gue terusin bercanda canda aja dulu.

"Tapi kayaknya masih aman lah ya masih bisa ngetik ris hahaha"
"Ho oh, minum baygon kaga ngaruh, muntah2 gajelas"
"Busedeh, lo uda nyoba cara apa aja?"
"Itu nyayat, minum baygon sama mau gantung diri tapi gada spotnya"

Yaelah........ ribet amat....

"Lu emg lg dmn ris?"
"Rumah ndry"
"Bokap nyokap gimana?"
"Dibawah"
"Mereka tau ga lo mau bunuh diri?"
"Ya gila kali gua kasih tau"
"Ya lo mau bunuh diri aja uda gila ris"

Tiba-tiba Andry ngechat personal gue.

"Wy gila lu keknya dia serius dah"
"Ntar dulu yan gue masi belom yakin"
"Gue liat home Line nya"
"Mana?? Coba liat"

Dan Andry ngirimin 3 capturan status Faris di Line yang isinya kurang lebih kaya penyesalan maha dahsyat seakan tidak ada lagi arahan hidup. Yah berbagai kata kata kaya 'Im done', 'That was like i sell my soul to evil', 'Bloods everywhere. Mmmuahahahaha', 'Kalo dipikir Al Ghazali ganteng juga ya..'.
Oke yang terakhir gue bercanda.

"Serius lo yan?? Anjir dia kenapa sih?"
"Makanya jangan dibecandain anjir, pea luh"
"Die masih gaje yan, jangan diajakin serius dulu, pelan pelan"

Andry pun memulai chat dengan Faris lagi di grup dan tudepoin.

"Cewe ris?"

Faris ngebales dengan emoticon Hati yang Patah. Fix. Dia putus.

"Uda dari kapan lu putus ris?"
"Dah 2 minggu"
"Buset ris ntar juga balikan, dulu juga pernah kan putus trus balikan lagi"
"Beda, gue baru tau hari ini alasannya"
"Trus kenapa baru hari ini lo pengen bunuh dirinya?"
"Udah 2 mingguan dah nyicil ngarsir dikit dikit, ini puncaknya"
"Anjir nyicil"

Gua ga ngerti dia bego apa gimana.. gua baru kali ini denger ada orang bunuh diri aja nyicil nyayat diri selama 2 minggu dulu.. apa jangan jangan semua orang yang mati bunuh diri di berita itu ngelakuin hal yang sama ya?

"Ceritain dulu ris kronologinya"
"Wkwk dah ah gua jalanin cara lain dulu, thanks ya"

Gua panik. 'Ini beneran gak sih???'
Ditengah kepanikan itu gue langsung nelponin temen-temen yang disono, Baba, Lana, Eldi, Abim, Ashar. Gue tau banget sesibuk apapun mereka kalo ngedenger kata kata "Bunuh Diri" pasti bakalan excited dan dengan sigap bergerak, kenapa engga? Ini first time loh, coba lo bayangin tiba tiba ditelpon sama seseorang trus bilang ke elo 'woy si ini mau bunuh diri!!'. Ya kan? Lo pasti langsung syok, histeris lalu siap siap mau update status dan ketemu dengan tersangka untuk diajakin ngobrol.

Gue nelpon Abim. Tudepoin.

"Bim Faris mau bunuh diri, lo ke rumah Andry sekarang karena Andry ga berani mau ke rumah Faris sendirian"
"Hah? Serius lu?? Oke oke gua otw"

Gue nelpon Eldi. Tudepoin.

"Di Faris mau bunuh diri, lo ke rumah Andry sekarang karena Andry ga berani mau ke rumah Faris sendirian"
"Hah? Masa sih wy? Aduh gua lagi di stasiun, bentar gua telpon Andrynya"

Gue nelpon Ashar. Tudepoin.

"Shar Faris mau bunuh diri, lo ke rumah Andry sekarang karena Andry ga berani mau ke rumah Faris sendirian"
"Hah? Gue lagi di lottemart wy, baru banget sampe, sorry banget gue gabisa kesana.."
"Oke shar gapapa deh"
"Iya wy eh itu seriu-"
*TUUUUUUT*
Gue langsung tutup telpon dari Ashar tanpa ngasih jawaban pasti supaya dramatis aja.

Gue nelpon Baba. Ngamuk.

"Ba lo dimane begoooo, buka wa sekarang!"
"Gue lagi di jalan wy sama Lana, kenapa emang?"

Gue langsung ngeluarin kalimat pamungkas gue yang ngebuat semua orang yang gue telpon mengeluarkan kata kata "Hah?" sebelum ngomong panjang.

"Faris mau bunuh diri ba" Kata gue dengan keren.
"Hah???"

Nah kan bener, kalimat itu bener bener jitu buat ngeluarin kata kata Hah.

"Lo ngomong apa wy? ga kedengeran"
"............"
"Faris mau bunuh diri"
"Hah?? Gimana gimana??"
"FARIS MAU BUNUH DIRI, LO KE RUMAH ANDRY SEKARANG KARENA ANDRY GA BERANI MAU KE RUMAH FARIS SENDIRIAN"
"HAH!!??? yaudah yaudah oke wy"

Itulah susahnya ngomong dengan orang yang lagi di jalan, lain kali kalo naik motor jangan sambil telponan ya guys.

Selesai gue ngabarin semuanya, gue langsung chat Faris lagi, gue coba cooling down doi. Jujur gue ngeri dalam posisi gitu tiba tiba ada setan lewat dan bisikan di telinga dia buat jadi Homo aja ketimbang mati. Gue lebih mending ngebiarin dia mati daripada harus hidup jadi Homo.

"Ris ceritain ke gue dong kenapa lo pengen bunuh diri, mana tau pas gue denger gue pengen bunuh diri juga gitu kan"
"Jangan lah gila lu"
"Lu aja udah gila"

Gue ngulur waktu sembari nunggu yang lainnya bergeriliya menuju rumah Faris.

"Dikit aja deh ris kasih tau"
"Wkwk gue liat wa nya dia ada 2 cowo yang bilang suka sama dia"
"Trus trus?"
"Udah"
"Masa cuma itu!!"
"Hihi katanya dikit aja"
"Itu dikit banget kampret"

Mau mati aja masih bikin orang kesel.

Gak lama setelah itu, Andry, Abim, Baba dan Lana sudah tiba di rumah Faris. Gue tau banget sih walaupun gue gak ikut kesana tapi pasti begitu mereka sampe ke kamar Faris, Farisnya lagi senyum senyum ga jelas dan ketawa tawa kaya orang bego. Padahal seharusnya untuk meningkatkan tangga dramatik, begitu mereka sampe di kamar Faris, doi harusnya berada di pojokan ruangan berdiri di atas meja belajarnya dengan tangan kanan megang pisau dapur dan tangan kirinya udah berdarah banyak lalu matanya mengeluarkan air mata. Mereka berempat kebingungan harus apa dan mencoba nenangin Faris dengan kata-kata tapi apa daya Faris sudah terlalu buta dan ingin mati hingga akhirnya ketika dia mau motong urat nadinya, Baba mencegah lalu ga sengaja urat nadi Baba kepotong trus dia mati. Setelah itu Andry, Abim, Lana dan Faris jadi sahabat seumur hidup dan sukses di kemudian hari.

Bener aja, pas mereka sampe disana katanya Faris malah ketawa tawa kaya orang bego dan malu trus nutupin mukanya di bantal.

"Kita udah sampe wy disini dan bener ada banyak bekas muntahan baygon dan tangannya banyak bekas sayatan gitu.."
"Jangan sampe dia pengen bunuh diri lagi, kalo masih pengen mati, lo aja yang ngebunuh"

Setelah itu gue menunggu Faris dan lainnya berdialog untuk menenangkan diri.

Malam pun tiba dan Faris tiba-tiba ngechat lagi di grup.

"Aku suka cowo sekarang"

Gak oke gak gue cuma bercanda. Dia chat gini.

"Thanks ya buat semuanya.
Intinya gua kaya gini karna gua yang belom pantes buat dia, 
mungkin karna effort gue kurang atau lambat.
Dia gasalah apapa, dia bebas milih siapa yg dia suka. 
Gua aja yg tolol terlalu ngarepin hal yg gamungkin wkwk jadi keterusan curhat"

"Usaha penyelamatan lu sukses wy"

Gue dibilang sukses nyelametin dia. Padahal niat gue nyuruh semuanya ke rumah Faris supaya dihasut buat mati bareng bareng jadinya dia ga mati sendirian. Tapi yaudahlah ya seenggaknya dia udah lebih kalem. Tapi gue tetep kepo apa yang mereka omongin selama disana.

"Lana, ceritain dong tadi gimana"
"Nih wy dengerin aja sendiri, tadi gue rekam semua yang dia omongin"

Bener aja loh, itu rekaman 30 menit dan gue langsung pasang posisi terenak gue dan fokus ngedengerin rekaman itu.

"Dia bilang aku gamau sakitin kamu lagi, gue ga ngerti maksud dia apa, trus tadi pagi gue sempet ngebuka hape dia dan ngeliat di hapenya ada 2 cowo ngechat dia dan bilang suka sama dia, yang satu bilang katanya cuma dia yang cocok sama tuh cowo dan yang satu lagi kaya dikasih jalan buat deket sama dia, yaudah ketauan dari situ gue langsung ke rumah dia mau minta ngobrolin tapi gue disuruh balik dulu dan jam 9 ketemu lagi, yaudah gue balik trus pas jam 9 gue dateng lagi dan kata adeknya si Vania lagi mandi, jadi gue tunggu.. beberapa lama trus gue disuruh pulang aja sama nyokapnya karena mau ke Bekasi.."

Gila gue dengernya serius banget dan situasi disana kaya gada yang bercanda tuh. Tapi sejauh itu cuma intermezzo dan belom ke poin cerita.

"Tapi lo tau alesannya gak ris?"
"Masih abu abu"
"Berarti lu mati kepo ris"
"Iya mati penasaran hihihi"

Kok mulai gaje ya obrolannya....

"Dia bilang gue gak berubah dari dulu, gue ngerti kayaknya dia yang cape sama gue"
"Engga ris, 2 cowo yang nembak dia diterima apa engga?"
"Gua gatau gua ga ngecek lagi, langsung gua close"
"Lah berarti lo belom tau kan"
"Dia bilang dia uda ada cowo"
"Hah?"
"Eh engga dia bilang belom ada cowo"
"Apaan sih..."

Ini apaan sih... kok ga jelas gini obrolannya..

"Pokoknya gue berubah banget pas ada dia.. dulu kan gue ancur tuh sering cek cok tapi pas ada dia gue sering disuruh buat akur dan gitu gitu.."
"Sekarang lo ngerasa kehilangan banget ya"
"Dia yang jahat..."
"Tapi gak bunuh diri juga anjir"
"Nah.. gua tau banget sih rasanya gimana ris, gua malah dulu pas putus itu lagi di jalan ris, gue berantem gara gara hal sepele... Trus gue bingung soalnya si doi curhat sama orang di aplikasi Secret itu tapi kok dia bukan galauin gue malah seseorang yang gue gatau sama sekali, gue sempet marah dan gue ngediemin dia bodo amat dari jam 12 siang sampe 9 malem..."

Lah??? Kok jadi Abim yang curhat??

"Iya gue pernah juga sih kaya gitu pas putus sama cewe gue yang udah 4 tahun.."

Lah??? Lana sekarang ikutan curhat??

Gue makin bingung, gue pengen tau banget permasalahan cinta Faris itu apa tapi yang terjadi adalah gue tau permasalahan cinta semua orang yang ada disitu, ternyata mereka menyimpan rasa sakit dan akhirnya dikeluarkan semua disitu.. Gue gabisa bayangin mereka semua lagi duduk melingkar trus saling curhat satu sama lain mengenai pengalaman cintanya dan mereka menyayat tangan mereka tiap kali teringat rasa sakit itu.

Gue terus ngedengerin dan makin kebelakang makin ga jelas aja loh obrolannya.. Gue makin khawatir mereka curhat curhat dan curhat hingga akhirnya beneran memutuskan untuk bunuh diri masal.. Rencana gue berhasil dong.

"Ba itu gimana sih kok malah pada curhat di rekamannya?"
"Gua juga gatau wy, bingung juga malah sedih dengerin Abim curhat.."
"Trus Farisnya gimana?"
"Dia fix bego sih wy, dia bedarah tapi gatau dia bego apa gimana dia ga potong urat nadinya.."
"Dia butuh temen ngobrol sih ba kayaknya"
"Iya malah udah nyeduh superpel campur baygon wy"
"Trus???"
"Sama dia lupa diminum"

Udah deh kayaknya ini cuma cerita bego hari ini aja, gue gatau musti panik, takut, heboh atau gimana tapi ini semua jauh banget dari ekspetasi gue... Gue ngira begitu denger kata salah seorang temen gue mau "Bunuh Diri" sebagai teman yang baik harus mencegah dong, lalu pas udah diajak ngobrol gue kira bakalan ada obrolan serius yang sangat intim atau pertengkaran antara satu sama lain yang mengakibatkan tali pertemanan putus dan berakhir dengan tidak sengaja satu orang terbunuh gitu kan biar bombastis.. tapi... aduh.. yaudahlah bersyukur aja tidak ada yang mati. Allah memang selalu memberikan yang terbaik.



P.S : gue gatau malam ini Faris masih berpikir buat bunuh diri atau engga

6 comments:

  1. HAHAHAHAHAHHANJ!!!! BEGOOOOK!!! GUE BARU BACA LAH WY! IH *LEL

    ReplyDelete
  2. kuat banget ya nulis panjang gini, tapi heran juga aku betah bgt bacanya wkwkwkwk..

    ngakak bgt obrolannya, itu beneran gitu ya? pengalaman yang nggak terlupakan, heboh bgttt XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. laah kok nemu aja lin blogku wakaka
      beneraaan, kronologinya seperti ituu

      Delete
    2. nemu nih dari tempatnya si fani wkwkwkwkk
      hororrnyaaaa untung gak pernah ngalamin sendiri tuh model kejadian begitu hahaha

      Delete