Monday, July 11, 2016

Edisi Pertama Kali: Jatuh Cinta Sama K..



Mari kita lihat.
Jatuh cinta, oke, 2 kata yang dimiliki setiap makhluk hidup. Bukan cuma manusia, binatang pun jatuh cinta, tumbuhan juga sama, jin dan malaikat pun juga merasakan jatuh cinta, cuma gue yang belom merasakan jatuh cinta. Dulu. Pas masih SD, kecuali sama orang tua.

Menurut wikipedia, cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi.
Menurut wikipedia, emosi adalah perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu.
Menurut wikipedia lagi, kasih sayang adalah status kejiwaan yang disebabkan oleh pengaruh eksternal.
Jika kita gabungkan, Jatuh Cinta memiliki arti emosi intens kepada seseorang karena status kejiwaan yang kuat dan pribadi eksternal yang jatuh.
Artinya apa? Yap. Ini artinya, jatuh cinta tidaklah mudah tapi bisa dilakukan.

Oke uda cukup gajelasnya.
Simpel sebenernya, di edisi pertama kali, kali ini gue mau ngebahas gimana pertama kalinya gue merasakan yang namanya jatuh cinta. Well, kedengarannya bakalan jadi sebuah cerita yang romantis sih dan kemungkinan gue bakalan nangis ketika ngetik ini......

Waktu gue masih SMP kelas 1, gue masih polos polosnya, lugu lugunya, bego begonya. Gue sekolah di sebuah gedung yang katanya sekolah favorit pada masanya di daerah gue. Disana gue menjalani kehidupan sehari hari sebagai seorang introvert dengan teman seadanya yang kadang kala kalo gue maen bareng mereka, gue kehilangan intro nya sehingga jadilah vert. Tambahin per di depannya. Pervert.
Gue merasa cukup kok dengan jumlah teman gue segitu karena waktu itu gue ngerasa udahlah ngapain punya temen banyak-banyak, nanti malah bingung mau main sama yang mana dulu. Dominannya, gue punya banyak temen cowo ketimbang cewe, kenapa? bukan karena gue pervert, tapi karena emang gue lebih nyaman aja maen sama cowo, bukan karena gue homo, tapi karena emang gue nyambungnya bercandaan sama temen temen gue yang cowo.

Di tengah jumlah temen-temen SMP gue yang minimalis tapi pasti itu, di rumah, gue punya temen main juga yang mana merupakan sodara gue dan lo mau tau apa? Dari sinilah kisah cinta gue berawal. Sebenernya yang paragraf di atas tentang hidup gue di SMP itu gak penting-penting amat jadi boleh aja gak dibaca.

Berawal dari gue menonton sebuah film Drama Jepang berjudul Kurosagi, mungkin ada yang tau? Drama itu diangkat dari manga berjudul The Black Swindler. Tentang seorang penipu yang menipu penipu tapi demi kebaikan. Di drama tersebut, pemeran utamanya adalah Yamapi yang merupakan idola gue semasa dulu, gue ngidolain dia banget dari cara ngomong, gaya rambut, style berpakaian dan gimana dia bisa memunculkan karismanya cuma dengan kedip. Gue sempet ngelakuin kedip itu tapi hasilnya gue kedip selamanya karena digampar sama cewe yang gue kedipin.

Nah di drama tersebut, pemeran utamanya ini punya seekor kucing anggora berwarna hitam yang menurut gue itu lucu. Gue pengen punya kucing. Gue ngomong ke nyokap 'Ma, aku mau punya kucing' dan dengan tegasnya nyokap gue berkata 'gada duit'. Knocked Out! Tapi gue ga nyerah sampe situ, gue tetep pengen punya kucing, gue pengen ngerawat kucing, gue pengen berdialog dengan kucing, gue kucing!!

Tapi kalo gue flashback lagi, awal pertama gue pengen melihara kucing dan tertarik dengan kucing bukan disitu. Dulu lagi, pas masih SD, dalam perjalanan pulang ke rumah, di pinggiran lapangan sepak bola, gue menemukan 3 ekor bayi kucing yang baru lahir. Cuma bertiga tanpa ada hawa kehadiran orang tuanya.

"Kasihan sekali kucing ini, pasti ibunya hamil di luar nikah dan ditinggalkan"

Begitu pikiran gue karena masih kecil juga kan jadi wajar aja.
Gue gamau ninggalin mereka bertiga, gue takut nanti ada anjing jahat yang malah makanin bayi kucing itu. Akhirnya gue ambil kantong plastik, gue masukin bayi kucingnya, gue bawa pulang naik sepeda. Dalam perjalanan pulang, gue keinget sama perkataan bokap dan nyokap kalau gue gak dibolehin melihara binatang kalau gak bisa ngurusnya. Yah, tetep aja gue gamau ninggalin 3 kucing itu. Gue umpetin ke dalem tas akhirnya.. bego bat gue ya ampun kalo dipikir-pikir lagi sekarang...

Sampe di rumah, gue taro tas dan anak kucingnya. Gue melakukan kegiatan selayaknya yang biasa gue lakukan supaya tidak timbul kecurigaan yang maha sangat oleh orang tua gue. Gue makan tetep pake tangan kanan, nonton tipi gak merem, mandi pake aer dan sebagainya. Semua berjalan dengan aman hingga akhirnya di suatu malam, bokap bilang dia gak bisa tidur karena terdengar bisikan suara aneh. Nyokap gue yang takutan dengan sigap mencari Al Quran untuk dijadikan senjata sedangkan gue cuma berharap arah suara bisikan itu bukan ke 3 bayi kucing yang gue bawa. Bokap gue gelar sejadah dan dengan khidmat membacakan zikir zikir supaya terhindar dari bisikan-bisikan aneh itu. Gue gak nyangka, efeknya sekuat ini cuma gara-gara gue ngebawa bayi kucing. Bokap gue, sambil ngebawa tasbih, berjalan mengelilingi seisi rumah buat nyari asal suara itu. Akhirnya ketemu. Bener banget. Dari tas gue. Which means, kucing-kucing itu.

"Kucing darimana ini wy?" tanya bokap
"Dari lapangan pa, kasian gak ada yang jagain jadi aku bawa pulang.."
"Kucingnya masih kecil, mending kamu balikin kesana, kasian pasti Ibunya nyariin"
"Tapi pas aku disana gak ada Ibunya.."
"Ibunya lagi nyariin mereka makan, umur mereka masih bayi, mungkin 3 bulan, masih butuh susu dari ibunya sendiri, emang kamu punya susu ibunya mereka?"

Yap. Gue bingung setengah mati. Di satu sisi bokap ada benernya juga, apa jadinya bayi tanpa susu ibunya? Gatau harus apa, gue juga sangat yakin gue gamungkin bisa ngebesarin 3 bayi kucing itu sendirian sedangkan kondisi gue sendiri masih anak-anak. Gue ngeliatin ketiganya, mereka masih bayi, kecil banget, ngeong pun kadang kenceng kadang pelan. Tiap mereka ngeong, gue ngerasa kaya mereka sedang berusaha sekuat tenaga untuk memanggil sosok ibunya dan meminta perlindungan dari manusia yang ada di hadapannya, yaitu gue. Akhirnya, dengan perasaan setengah tidak yakin, gue balikin ketiga bayi kucing itu ke tempat dimana pertama kali gue temuin. Gue masukin lagi ke plastik dan gue bawa pake sepeda. Sampe disana, gue letakkan ketiga bayi kucing itu seperti semula, tapi gue gak setega itu buat ngelepas mereka. Gue nemenin mereka, gue inget banget itu adalah waktu yang lama tapi terasa sangat cepat buat gue. Gue maen bareng mereka, mereka ngeong-ngeong, lagi, gue yakin mereka manggil Ibunya. Gue ngeliatin arah mereka mengeong, tapi hasilnya nihil. Tidak ada jawaban dari Ibunya. Gue ngerasa bersalah, jangan-jangan selama gue ngebawa mereka pulang, Ibunya nyariin mereka kemana-mana, gue ngebayangin waktu Ibu kucing itu balik ke tempat anaknya dan tidak ada, pasti panik dan kagetnya udah gak karuan.

Gak ada jawaban, gue makin merasa bersalah. Kepikiran, gue pengen ngebawa mereka pulang lagi, tanggung jawab. Gue bakalan ngurus bayi bayi kucing ini. Gue gak yakin gue bisa ngerawat mereka dengan baik tapi gimana? Gue rasa ini emang salah gue sendiri karena udah ngambil keputusan yang cukup bodoh tanpa pikir panjang dan ngebawa kabur bayi yang bukan milik gue sendiri. Di tengah kegalauan gue itu, tiba tiba gue ngeliat sesosok kucing gede yang berjalan ke arah gue dan 3 bayi kucing yang ada di dekat gue. Gue ngeliatin kucing itu dan kucing itu juga ngeliatin gue. Ketiga bayi kucing ini kembali mengeong ke arah kucing itu dan lebih keras dari sebelumnya. Tiba-tiba kucing gede itu berlari menghampiri ketiga bayi kucing ini dan mengendus-endus untuk meriksa apa benar anak-anaknya atau bukan, gue mundur pelan-pelan karena gamau ganggu reuni keluarga itu. Lalu, sepertinya benar, kucing gede itu tidak lain adalah Ibu dari ketiga bayi kucing tersebut. Dia mengeluskan kepalanya ke bayi-bayi kucing itu lalu tiduran di tanah dan memberikan susunya kepada bayi-bayi kucing itu, dengan cepat ketiga kucing itu langsung menyerbu susu Ibunya. Gue ngeliatin mereka, kalo lo mau tau, sebagai seorang anak SD, itu adalah pemandangan terindah yang pernah gue liat. Gue gak pernah nyangka bakalan sedramatis itu pertemuan binatang. Orang tua dimana aja sama, baik manusia atau binatang. Anak adalah sosok yang sangat mereka sayangi. Selama itu gue pikir binatang gak punya perasaan, mereka cuma hidup ala kadarnya dan sebebas itu, tapi ketika gue ngeliat bagaimana Ibu kucing dan ketiga anaknya melakukan komunikasi, di hati gue terbesit sebuah perasaan yang seakan mengatakan 'Lo suka kucing wy'. Gue jatuh cinta sama kucing.

Berbekal dari kejadian itu, gue punya pandangan agak berbeda dengan kucing. Tapi tetep, gue gak dibolehin melihara kucing karena emang gue pasti gabakalan sempet ngurusnya dan takut malah nyakitin kucingnya. Akhirnya selama SMP dan SMA pun gue habiskan dengan tidak memelihara kucing. Gue terlalu fokus dan sibuk menghadapi kehidupan gue sendiri, mikirin masa depan mau jadi apa kalo uda gede hingga akhirnya gue bener-bener lupa semua tentang kucing, gue gak terlalu sepengen itu melihara kucing. Sikap dan pemikiran kecil gue yang serba gampang, cepet baper itu jadi hilang seketika mengikuti pertumbuhan gue yang semakin dewasa. Bahkan gue hampir lupa kalo gue pernah jadi anak-anak.

Sampailah gue di masa kuliah. Pas itu bokap kebetulan lagi berkunjung ke Yogya, gue samperin dong, ngobrol-ngobrol dan gue mendapat kabar bahwa adek gue, Hayer, melihara kucing.

"Kok bisa??"
"Yah dia juga kaya kamu, tiba-tiba bawa pulang ke rumah"
"Anak kucing?"
"Kucing remaja gitu deh, katanya kucingnya ibu kantin tapi karena libur takut gak ada yang urus, jadinya hayer bawa pulang.."

Ternyata emang buah jatuh gak jauh dari pohonnya.

Gue ngeliat foto kucingnya dari hape bokap.


"Siapa nama kucingnya pa?"
"Telon.."

Gue liatin sosok Telon. Dari kepala sampai kaki. Bokap juga ngasih video waktu Telon maen sama yang lainnya. Telon keliatan lincah, kesana kemari. Gue ngeliat dia kaya bahagia banget bisa dipelihara gitu, tinggal di rumah dan jadi kucing rumahan. Waktu itu juga yang ada dipikiran gue cuma satu, gue mau ketemu sama Telon.

Selesai menjalani semester dahsyat di kuliah, gue balik ke rumah menjalani liburan panjang bulan puasa. Pertama kali pertemuan gue dengan Telon. Gue nyamperin Telon, dia gak kabur, malah nungguin gue, gue datengin, gue liatin mukanya, dia ngedeketin gue, dia mau ngendus gue, trus gue tampar mukanya, oke yang ini gue bercanda.
Gue maen-maen ama Telon, kucingnya Hayer, bisa dikatakan sudah pintar, bahkan saking pintarnya, dia bisa ngerjain tugas sekolahnya Hayer. Dia juga cepet banget, kalo pengen boker pasti langsung lari menuju toilet, pernah sekali gue pengen boker tapi keduluan sama Telon, dia masuk kamar mandi dan ngunci pintu seharian. Sial.

Kadang-kadang Telon maen ke kamar gue tiap tengah malem, maklum gue tiap tengah malem biasanya belom tidur. Telon kayaknya tau kalo gue belom tidur, dia garuk garuk pintu kamar gue. Gue tau tapi gue diemin aja. Tiba tiba dia ngebuka pintu, trus masuk sambil jalan pake 2 kaki, gue pingsan karna terlalu kaget.
Tiap malem kalo gue denger suara pintu kamar digaruk-garuk, uda apal banget deh. Telon minta ditemenin, yaudah gue buka dan gue biarin dia masuk ke kamar. Di kamar gue, spot yang paling dia suka adalah di pojokan tembok di atas kasur. Itu juga spot gue. Karena AC nya dingin banget dan cuma disitu yang gak kena langsung sama AC. Akhirnya gue berantem ama Telon dan selalu gue yang duluan yang kalah.



Gak cuma seneng mojok, Telon juga seneng banget gangguin gue yang maen laptop. Lagi ngetik atau browsing tiba-tiba dia jalan dah di keyboard gue, keinjek-injek. Bahkan yang luar biasanya, doi kok bisa-bisanya dari sekian banyak tombol keyboard, malah neken alt+f4 sehingga menutup microsoft word gue. Pernah juga di sela gue lagi seru nonton pidio di youtube, doi naik ke punggung gue dan tidur disitu. Pewe banget deh, gue juga pengen tidur kaya gitu di punggung dia. Tapi tetep seru sih, biasanya kalo udah malem gitu gue cuma fokus mantengin laptop browsing sana sini tapi setelah ada Telon, gue jadi lebih sering browsingan bareng dia, kadang dia bandel gitu suka buka situs porno tapi gue larang karena dia sendiri gak make baju.

Telon lumayan menghidupkan seisi rumah, karena usil dan petakilan, doi jadi bikin geger siapa aja yang dia samperin. Tapi gue gak terlalu sering main sama dia, toh itu juga kucingnya Hayer. Hingga akhirnya di suatu waktu, bokap gue pulang dengan membawa sebuah kardus yang bergerak kesana kemari. Begitu gue buka.



"Namanya siapa?"
"Blonteng, ini kucing temen Papa, dikasih sama dia"

Blonteng menjadi keluarga baru. Badannya lebih kecil dari Telon, perkiraan umur tuaan Telon. Jenis kelamin juga beda, Blonteng cowo dan Telon cewe. Gue gatau kenapa tapi Telon dan Blonteng kayaknya gak akrab soalnya pas Blonteng dikeluarin dari kardus dan ngeliat seisi rumah buat perkenalan, Telon langsung kabur gitu. Tiap Blonteng nyamperin, Telon langsung minggat. Kalo diibaratin manusia, ada cowo gak dikenal masuk ke rumah lo dan di rumah itu cuma ada satu cewe. Si cowo gada niat jahat, cuma pengen kenalan tapi si cewe kege'eran dan ngira mau digodain jadinya pergi-pergian. Nah itu yang terjadi juga sama Blonteng Telon, akhirnya karena kasihan, gue tarik si Telon, gue pegangin trus gue taro di depannya Blonteng persis. Mereka diem dieman, saling liat liatan trus Telon nampar gue seraya ngomong 'eh kampret gausah sok nyomblangin deh lo'.

Bisa dibilang Blonteng ini lebih hiperaktif ketimbang Telon, maklum lah umurnya juga masih anak anak. Udah gitu dia kaya belagu gitu, entah karena cowo kali ya. Kalo gue ngasih makan, pasti yang dateng duluan itu si Blonteng dan dilahap abis sama dia. Jadi gue harus nyediain makan di 2 tempat yang berbeda. Ditambah lagi kasus tiap malem juga sama, Telon masih suka maen ke kamar gue kalo kondisi rumah udah gelap, sepi dan pada tidur. Kaya biasa deh dia pengen ditemenin, garuk-garuk pintu kamar dan gue buka. Tapi kali ini gak cuma Telon, Blonteng pun ikutan masuk. Jadilah di kamar itu ada gue, Blonteng dan Telon. Gue sih gak masalah, cuma gue ngerasain ada situasi yang awkward diantara mereka berdua. Gimana engga, mereka berdua diem dieman gitu kaya gatau mau ngomongin apa. Persis situasi dimana ketika lo lagi duduk sebelahan sama cewe yang lo baru aja kenal dan bingung mau ngomongin apa. Gue ngeliatin mereka lucu banget, diem, diem, kadang ngeliatin satu sama lain. Pas Blonteng mau nyamperin, Telon mundur. Trus mereka duduk lagi, gue liatin, gue liatin, tau tau Blonteng ngomong 'apa kabar lo?'. Gue pingsan lagi.


Dari sini tiap malem gue semakin menjadi jadi, gue ditemenin sama dua kucing yang siap tidur di punggung gue kalo gue tengkurep. Kalo maen laptop, Blonteng pasti tiduran di sebelah gue dan ikut ngeliatin apa yang gue liat. Kadang kalo gue lengah dia langsung buka situs porno, tapi lagi lagi gue larang karena dia juga ga make baju.

Seenggaknya gue jadi punya temen maen kalo lagi bete. Ini yang gue pengenin waktu kecil dulu. Ada binatang di rumah yang bisa diajak maen. Nah tapi kalo gue pikir lagi, kayaknya gue yang diajak maen sama mereka. Lucunya lagi, si Blonteng ini paling manja, dia seneng banget nyamperin kaki gue trus ngelus ngelus kaya minta digendong. Kalo udah di gendong, wah langsung dia kalem banget kaya bayi, trus matanya merem mau tidur. Selalu kaya gitu, sementara si Telon yang notabenenya lebih tua, cuma ngeliatin aja dan merasa 'ah dulu gue udah pernah digituin, biarin.. biarin.. bangke ngiri gue'.

Suatu waktu, gue pulang ke rumah. Dari luar kedengeran rame banget di dalem rumah. Gue masuk dan gue kaget. Engga, bukan kucingnya mati. Malah nambah, Nj, ade gue yang paling muda ternyata ngebawa satu kucing lagi. 


"Namanya?"
"Masbro"

Kucing pesek dan kecil walaupun bulunya tebel. Kasusnya sama kaya pas Blonteng pertama kali mendarat di rumah gue, Telon gak suka sama Masbro. Dia kabur terus, posisinya emang Telon udah menginjak umur dewasa sedangkan Masbro ini keliatannya seumuran Blonteng. Masbro juga cowo jadi gue gak heran ngeliat Blonteng dan Masbro keliatan akur. Malah Blonteng yang nyapa Masbro duluan. Mereka kaya berkenalan dan Blonteng ngenalin seisi rumah, gue yakin banget si Blonteng juga ngasih tau kalo tiap malem semisal bete atau bosen main aja ke kamarnya Awy trus gangguin dia.

Yap, bener aja. Kali ini 3 kucing yang maen ke kamar gue dengan situasi yang lebih awkward dimana Telon selalu memasang kuda-kuda siaga dan matanya terkunci kearah Masbro kemanapun dia pergi. Gue bingung, Blonteng juga, gue ngeliatin Blonteng dan dia juga ngeliatin gue seakan kita berdua punya pikiran yang sama 'gue harus gimana nih?'. Sempat kepikir buat ngedeketin Telon dan Masbro secara paksa tapi gue takut dikatain sok nyomblangin lagi.

Masbro ini juga bisa dibilang lumayan aktif, dia mondar mandir kesana kemari. Kalo mau makan juga pasti nyamperin gue. Kenapa gue? Soalnya Nj sibuk maen laptop melulu ngegame. Jadi gue yang ngurusin si Masbro. Ditambah lagi dia juga sama kaya Blonteng, seneng maen di kaki orang. Kalo gue elus-elus rasanya enak dan dia juga kaya seneng gitu, langsung bebaring manja trus meremin matanya. Blonteng juga ikut-ikutan minta digituin, cuma Telon yang engga. Doi kayaknya udah benci akut deh ama Masbro, susah banget dideketinnya. Tapi seenggaknya tidak terjadi pertengkaran hebat diantara mereka.

Semua berjalan fine fine aja selama pemeliharaan, Telon, Blonteng, Masbro keliatan girang-girang aja. Tiap malem juga gue pasti maen ama mereka, cuma Telon yang makin jarang maen ke kamar, mungkin gara-gara Masbro. Hingga suatu waktu terjadilah satu kejadian yang gak akan pernah gue lupain. Bisa dibilang sebenernya inti dari cerita kali ini adalah kejadian itu.

Gue baru pulang ke rumah abis dari acara sama temen-temen gue. Kondisi udah malem jam 9. Gue masuk ke rumah terus seperti biasa gue ngecek dimana Telon, Blonteng dan Masbro. Telon Blonteng lagi akur di dapur belakang saling tiduran, tapi Masbro gak ada disana. Gue gak nemu Masbro dimana. Gue cari ke seisi rumah gak ketemu.

"Je, Masbro mana?"
"Gak tau, tadi ada disitu"

Gue gak nemu, trus duduk di sofa. Gak lama tiba-tiba Masbro nongol dari kolong sofa trus nyamperin gue. Kaya biasa, dia ngelus kepalanya ke gue. Ngeliat itu langsung aja gue angkat dan gue taro di pangkuan gue. Gue elus bulunya, gue sisir sisir. Trus gue maen-maen ama dia kaya biasa. Dia kaya gada semangat gitu. Nah gue bingung dong. Soalnya dia kaya lemes banget, dia tiduran di pangkuan gue, trus kepalanya bener-bener ditaro gitu kaya ngerasa berat banget. Udah gitu kalo mau jalan lama banget bangunnya.

"Je, Masbro kenapa?"
"Gak tau, kenapa emang?"

Nah malah ditanya balik gue.
Gue makin bingung, ini kenapa tiba-tiba jadi kaya gini. Padahal tadi pagi masih fine-fine aja. Jangan-jangan belom dikasih makan. Gue ambilin makan dan gue bawa ke Masbro. Dia ngendus endus tapi gak dimakan. Kenapa ini? Masa sakit sih? Gara-gara apa?

Gue taro lagi si Masbro di pangkuan gue. Gue elus-elus karena gue gatau harus gimana. Dia keliatannya lemes banget, gada tenaga. Gue liatin dia, kepalanya gerak dan matanya natap gue dalem dalem. Gue ama dia saling pandang dan lo tau apa? Masbro seakan memohon ama gue buat diobatin. Gue bisa ngeliat matanya kaya nyimpen rasa sakit yang parah, matanya kaya ngomong ama gue meskipun sebenarnya gak ada dialog antara gue ama dia. Gue ngeliat kehidupan, ini pertama kalinya gue bertatapan langsung dengan binatang yang sakit, gue sadar binatang juga punya kehidupan kaya manusia, dia juga ngerasain sakit. Gue paham banget apa yang dirasain soalnya gue juga pernah sakit. Tiba-tiba hati gue bergetar, lebay sih tapi emang ini yang terjadi.


Gue gatau menau masalah kucing. Selama ini gue pikir gue udah cukup tepat nanganin kucing. Tapi pas beradepan ama yang kaya gini, gue cuma bisa diem gatau mau ngapain. Akhirnya gue nanya Lana temen gue, doi juga melihara kucing dan lebih pengalaman timbang gue.

"Lan Masbro lemes banget deh, kenapa ya?"
"Sakit kali wy, mungkin ada bakteri tuh, di bulunya ada bercak item gak?"

Gue cari-cari, ada sih item-item tapi gatau itu bercak apa bukan. Gue gak yakin, akhirnya Lana gue suruh aja ke rumah. Bokap nyokap gue uda pulang dan langsung gue kabarin kalo Masbro sakit. Posisinya Masbro udah lemes banget, dia kaya mau mati. Jujur gue kebingungan harus gimana, Gue cuma bisa ngelus ngelus dan nemenin dia.


"Sakitnya kenapa?"
"Gatau, ini lagi ngabarin Lana siapa tau dia ngerti"

Gak lama Lana dateng ke rumah dan dia ngecek tubuh Masbro. Diliat dikit-dikit, nyari bercak item yang menurutnya pertanda kena semacam bakteri.

"Gue kurang tau sih wy kenapanya, tapi kayaknya dia kena virus, mending dibawa ke dokter"
"Jam malem gini masih buka lan?"
"24 jam kok"

Bokap nyokap pun nyuruh gue ngebawa Masbro ke dokter. Gue masukin Masbro ke kandang kecil biar gampang dibawanya. Gue kaget lagi begitu gue ngangkat Masbro make satu tangan dan megang badannya, itu kecil banget. Gue bener-bener kaget pas tau ukuran badannya itu ternyata kecil tapi keliatan gede karena bulunya lebat. Gue genggam badannya aja jari jempol dan jari tengah gue masih bisa ketemu. 

Gue ke dokter hewan di daerah Ragunan naik motor. Selama dalam perjalanan, gue terus ngeliatin Masbro di dalem kandang. Dia ngeliatin gue kaya ketakutan gitu. Sesampainya di dokter hewan, langsung registrasi dan menunggu panggilan. Sementara Lana regis, gue ngeliat sekeliling ada banyak banget hewan yang dirawat inap, mayoritas sih anjing dan kucing. Gue nungguin dan gak lama giliran Masbro. Kita masuk.

Di dalem sudah ada dokter yang menunggu. Gue bingung harus bertindak gimana karena ini pertama kalinya ke rumah sakit.

"Siapa nama kucingnya?"
"Masbro dok"
"Coba masbronya ditaro di atas situ"

Asisten dokter dengan sigap membantu, Masbro diletakkan dan ingin diperiksa temperatur tubuhnya lewat pantat. Pas banget mau masukin termometer tiba-tiba Masbro berontak ngelawan gitu. Gue dengan begonya cuma diem dan ngeliatin sementara si dokter tersebut langsung berdiri dan nyamperin Masbro, megang kepalanya dan ngomong

"Ssshh.. tenang yaa, tenang.. gak apa apa kok, ini cuma sebentar aja"

Gue liatin dokter itu, penanganannya gak jauh beda kaya kalo ada anak kecil ketakutan. Masbro pun diem dan terlihat lebih kalem setelah digituin. Dokternya ngeliatin mata Masbro karena udah lebih tenang.

"Dia stres banget ini mas.."
"Kenapa ya dok?"
"Yah bisa macam-macam, di rumah ada kucing lain?"
"Ada 2 dok dan salah satunya yang cewe itu gak akur sama dia"
"Masbro pendatang baru?"
"Iya dok"
"Ya wajar, soalnya kalo kucing itu emang ada perebutan kekuasaan, kucing yang lebih lama tinggal di rumah, pasti akan ngerasa dituakan dan berkuasa"

Gue ngedengerin segala penjelasan dokternya tentang kucing. Gue baru tau semua itu, masalah kekuasaan, pendekatan kucing yang satu dan yang lain, makanan dan semacamnya.

"Trus juga ini sebaiknya divaksin mas tapi gak bisa karena dia kurus banget, harus digemukin dulu sedikit"
"Gimana caranya dok? Makan aja dia susah banget"
"Ini masih muda, itungannya masih anak-anak, jangan dikasih makan makanan yang keras, sama kaya bayi manusia, mereka harus dikasih makanan yang lunak dulu supaya gampang dikunyahnya, kesalahan orang-orang biasanya itu karena gatau"

Gue dengerin lagi.

"Dan juga buat kucing yang masih anak-anak gini kalo bisa jangan makanan kaya wiskes gitu karena proteinnya tinggi banget, untuk umur anak-anak ini bahaya"
"Minum juga sama dok?"
"Nah kalo minumnya jangan dikasih air mentah, kasih air bersih, air minum biasa.. sama juga kaya manusia, biasanya air mentah itu malah potensi kemasukan bakteri dan virusnya lebih tinggi.. sering-sering diganti tiap hari supaya bakterinya gak ikut masuk"

Gue menela'ah semuanya, gue rasa ini dasar banget. Gue semakin yakin bahwa binatang itu juga sama seperti manusia. Gak boleh sembarangan kasih makanan, tapi gimana dengan kucing kampung?

"Kalo kucing kampung itu emang dari kecil udah terlatih hidup susah jadinya mereka lebih tahan banting"
"Wah harusnya Masbro dibiarin hidup di kampung dulu ya dok haha"

Yah setidaknya gue mengerti beberapa hal. Dokter langsung ngasih gue resep obat yang harus diberikan ke Masbro, lewat pipet. 

"Ini satunya vitamin dan yang satunya antibiotik, yang antibiotik ini pahit jadi harus dimasukin langsung ke tenggorokannya pake pipet, biar gak dimuntahin lagi sama dia"
"Duh dok saya takut salah.."
"Ya kamu harus bisa dong, ini kan kucing kamu, dia juga butuh orang yang bisa ngerawat dia, kan ga mungkin dia ngerawat dirinya sendiri"

Gue mikir, dia butuh orang yang bisa ngerawat. Sempet kepikir buat nyewa suster yang cantik buat ngerawat tapi takutnya malah gue ikut ikutan sakit.

"Dah ya, ini resep obatnya, nanti diambil di depan"
"Makasih ya dok"
"Sama-sama, semoga lekas sembuh ya"

Gue dan Lana langsung ngambil obatnya ke depan. Setelah itu langsung pulang ke rumah. Sampe di rumah, gue langsung nyeritain semuanya ke bokap nyokap apa yang gue denger dari dokter.

"Wah jangan jangan dia sakit gara gara tadi NJ mandiin.."
"Mandiin gimana?"
"Iya si Masbro kan kotor, NJ mau mandiin, sama dia langsung diceburin ke bak mandi"

Pantesan si Masbro stres.. 
Gue juga kalo jadi dia bakalan stres, lah tiba-tiba gue diangkat dan diceburin ke dalem bak berisi aer trus sekujur tubuh gue digosok gosok dengan posisi kepala masih antara pengen ngambil napas ama diceburin lagi dan itu dilakukan oleh seorang bocah SD yang gatau apa apa.

Oke, sampe rumah, hal pertama yang gue lakuin adalah menyiapkan kandang besar untuk Masbro. Gue taro tempat makan, minum dan masukin Masbro ke dalem. Dia masuknya lemes banget, jalannya terbata bata persis kaya waktu gue mau mandi pagi. Sampe di dalem kandang, gue nyiapin keset yang gue lipet lipet seakan jadi alas tidurnya dia supaya empuk, gue taro di pojokan kandang. Masbro langsung ke keset itu dan tiduran, lemes banget bener-bener sakit. Abis itu gue langsung ngambil makanan buat dikasih ke Masbro, inget kata dokter kalau dia jangan dikasih makan kering atau keras, alhasil yang gue cari makanan basah yang empuk. Di kulkas ada royal kenin, makanan kucing kalengan, langsung gue bawa ke Masbro. Pas banget gue nyampe depan kandang, dia langsung ngendus endus baunya dan nyamperin gue perlahan-lahan. Gue langsung naro makanannya di tempat makan dan yang terjadi adalah Masbro dengan lahapnya memakan semua sampai habis tanpa sisa. Gila, laper banget pasti, nafsu makannya mungkin gak ada emang karena dia kesusahan makan yang kering, bisa jadi daya tahan tubuhnya turun karena jarang makan makanan kering ditambah dimandiin secara tiba-tiba dan jelas kedinginan. Bahasa gampangnya masuk angin.


Doi selesai makan dan berikutnya, gue harus ngasih antibiotik dan vitamin. Ini dia. Layaknya anak kecil yang sakit, pasti paling males kalo udah ngeliat ada obat di depannya. Begonya gue, pas nyiapin tuh obat malah di depan kandangnya persis. Jelas aja dia ngeliat dan langsung pura pura tidur gitu. Palanya direbahin sok sok nyaman padahal gue tau lagi kesakitan dia. Begitu gue ngeluarin pipet, entah si Masbro bego apa gimana, dia masang tampang kaya gamau gitu. Mungkin di mata dia pipet kaya suntikan. 

Pertama, yang gue kasih adalah antibiotik, karena menurut gue pasti pahit dan mending dikasih pertama
Kedua, jelas vitamin karena manis, jadi bisa menahan paitnya antibiotik supaya gak dilepeh sama dia
Ketiga, kasih minum
Sempurna. Tapi lagi lagi gue bego karena yang gue kasih ini adalah kucing. Bukan anak kecil.

Gue kasih antibiotiknya, kata dokter antibiotiknya harus lansung dimasukkin ke kerongkongan karena kalo engga, pasti dilepeh barengan sama air liurnya. Oke, gue pegang palanya dan terjadi pertengkaran hebat, palanya geleng-geleng sehingga gue kesusahan buat ngasihin obatnya. Sementara tangan kanan gue megangin pipetnya, tangan kiri gue sibuk grayangin pala Masbro. Akhirnya setelah lama, gue masukkin pipet ke mulutnya dan dengan cepat gue teken sampe keluar. Alhasil, masuknya ke mulut. Trus gue di mulutnya keluar busa-busa putih dan gue panik, gue mengira Masbro kena epilepsi. Gue liatin busa-busanya dan ternyata itu adalah antibiotiknya, bener ternyata, kalo gak ke kerongkongan nanti dilepeh barengan air liur. Tapi, karena gue udah bingung mau ngurus dia kaya gimana, akhirnya gue berasumsi 'ah palingan udah ketelen dikit dikit antibiotiknya, udah lah'. Karena masih ada vitamin dan gue harus grayangin palanya lagi, gue memilih untuk cepet cepet nyelesein. Pas gue mau ngasih vitamin juga kejadiannya sama persis, gue dan Masbro sama sama ngeliat dejavu. Vitaminnya juga dilepeh, kok gitu? bukannya manis ya? apa jangan-jangan emang begitu efeknya kalo kucing dikasih obat? atau jangan-jangan itu pertanda penyakitnya makin parah? gak ngerti deh.. 

Waktu menunjukkan jam 2 malam. Gue mengambil keputusan untuk memasukkan kembali Masbro ke dalem kandang. Setelah masuk, dia langsung ke pojokan kandang dan rebahan. Kepalanya ditaro dan memejamkan mata. Gue ngeliatin dia 'sakit gak sih, lemes banget ya, gue harus gimana nih' 
Itu yang ada di pikiran gue.

Keesokan harinya, entah ada apa, gue bisa bangun pagi jam 8. Menurut gue itu pagi. Biasanya bangun pagi pasti gue mager-mageran, kali ini engga, gue langsung nyamperin Masbro. Ternyata dia udah bangun tapi masih di tempat yang sama, entah udah bangun atau sama sekali gak bisa tidur. Asumsi gue gabisa tidur, itu yang biasanya kejadian ama gue kalo sakit dan rasanya kesiksa klimaks.
Gue langsung ngambil makanan royal kenin, sialnya ternyata tinggal sedikit dan gak ada stok lagi. Selesai makan, tiba saatnya pemberian obat dan lagi-lagi gue dan Masbro merasakan dejavu.

Berhubung makanannya abis, gue langsung keluar nyari makanan Masbro. Ini pertama kalinya gue nyari makanan kucing dan gue gak nemu nemu yang jual makanan kaleng sejenis Royal kenin dimana. Kebanyakan yang dijual itu makanan kering dan wiskes gitu, gue nanya-nanya dan disaranin coba ke daerah Mangga Besar itu ada kaya semacam dokter hewan kecil-kecilan tapi dia juga ngejual kebutuhan buat binatang peliharaan dan bener aja, sampe disana gue nemu banyak Royal Kenin dan berbagai jenisnya. 

Seharian itu kebetulan gue lagi ada urusan jadi si Masbro gue titipin ke NJ, gue bingung juga sih, itu kan kucingnya dia ngapa jadi gue yang nitip. Gue suruh si NJ buat ngasih makan Masbro dan lainnya. Nah malemnya, sekitar jam 9 gue balik ke rumah dan nyamperin Masbro dan sumpah naudzubillahiminzalik. Ruang tamu di lantai bawah tempat dimana Masbro diletakkan baunya gak karuan, 'Wueh apaan neh!?'

"Itu baunya Masbro kak, dia mencret-mencret, tuh pantatnya kotor gitu"

Bener aja loh.. bagian pantat Masbro itu kotor mencretan dia semua dan parahnya lagi, Masbro itu bulunya panjang-panjang jadinya segala mencretan dia nyebar ke bulu-bulunya dari kaki sampe ke bagian deket leher. Gila!! Gue langsung pengen mandiin Masbro tapi lagi-lagi gue keinget kata-kata Dokter kalau masih belum boleh dimandiin karena kondisi badannya juga kurus dan lagi sakit. Aaakkh gue pusing banget dan gue yakin dia juga pasti sangat amat merasa tidak nyaman dengan kondisi tubuh yang kaya gitu, bayangin aja tangan, kaki dan badan lo kena tai lo sendiri, omegat.


Baunya bener-bener gak bisa ditahan lama-lama, udah make masker pun masih tembus. Nyokap juga minta buat dibersihin karena baunya kemana-mana. NJ bilangnya gak kuat sama baunya, yaiyalah emangnya lo doang, gue aja rasanya pengen lari nyelametin diri. Tapi gimana bersihinnya juga, dimandiin gak boleh.

"Kamu lap aja badannya pake tissue basah"
"Aku?"
"Ya.. kamu"

Which means, gue yang harus bersihin.

Gue ambil tisu basah, masker, tisu kering, plastik buat tempat sampah dan begitu gue jalan nyamperin Masbro, baunya menusuk hidung sampe tembus paru-paru. Gue nahan napes, waktu itu dibayangan gue itu gue kaya lagi jadi Tom Cruise di film Mission Impossible: Rogue Nation pas dia nahan napas 6 menit ke dalem aer buat masukin kunci. 

Disini gue nyebokin Masbro, asli itu susah banget, dia juga ngelawan mulu pas dicebok. Gatau kenapa ya, gue aja tiap nyebok selalu pasrah gitu gak pernah ngelawan. Ini dia kayak ngerasa gak nyaman gitu, mungkin cara nyebok gue salah, yang gue lakuin adalah gue ke belakangnya Masbro dan diem diem gue lap pantatnya pake tisu basah dan bener aja loh itu kotorannya buanyak banget, gue ampe ngabisin tisu basahnya masih belom bersih juga. Bulu putihnya sampe gak putih lagi gara-gara udah kena kotorannya dan tetep baunya gak bisa ilang. Emang harus dimandiin tapi yah gimana, gue takut dia makin sakit lagi, sekarang aja dia udah lemes banget. Gue ngerasa gagal banget deh buat ngurusin kucing, baru dikasih satu ujian buat ngadepin binatang yang sakit tapi gue sendiri uda kalang kabut. Gak kebayang gimana kalo ngurusin banyak kucing yang sakit.

Malam sekitar jam 11.00
Gue lagi main laptop di kamar trus keluar nyamperin Masbro. Gatau kenapa gue jadi sering banget nyamperin dia karena gue pikir dia pasti kesepian. Kandang Masbro ditaro di ruang tamu di lantai 1 bawah tanah jadinya gak terlalu banyak orang lewat walaupun baunya masi kecium kemana-mana. Sementara kedua kucing lainnya, Telon dan Blonteng entah mereka paham apa engga kalo salah satu penghuni kucing ada yang sakit. Mungkin saking dibencinya, mereka sampe gak peduli. Gue semakin ngerasa sedih ajh buat Telon mungkin gak bakalan deh ngeliatin Masbro karena emang kayaknya udah benci akut. 

Tapi kalo Blonteng, satu momen yang gak akan bisa gue lupain dan gue pun gak nyangka ini kejadian. Malam itu pas mau nyamperin Masbro, gue ngeliat dari balik tembok, Blonteng berdiri tepat di depan kandang Masbro dan ngeliatin Masbro yang lagi lemes di pojokan kandang. Pas gue liat itu, gue gak langsung nyamperin mereka. Gue ngeliatin apa yang lagi mereka lakuin. Oke ini mungkin bakalan kedengaran kaya boong tapi inilah yang terjadi. Blonteng dan Masbro saling tatap, trus sesekali Blonteng ngedeketin kepalanya ke Masbro entah ngapain, Masbro cuma diem aja tapi sesekali ngeong tanpa suara kaya gak kuat ngomong. Kepalanya Blonteng diusap usap ke jeruji kandang seakan mau nenangin Masbro seraya berkata 'tenang aja, pasti kamu bakal sembuh'. 

Gak nyangka sih, Blonteng ternyata masih care sama Masbro, dia sampe nyamperin dan interaksi walau gue gatau apa yang mereka omongin tapi moga aja emang saling care karena kalo engga buset php banget. Jangan-jangan sebenernya Blonteng ngancem Masbro buat gausah sok sok sakit dan palanya bakal di jedotin ke jeruji.

Akhirnya gue gajadi nyamperin Masbro, bukan karena gue kebauan, iya sih bener, tapi bukan itu, gue ngebiarin mereka berdua ngobrol dulu aja. Mana tau kalo sama manusia si Masbro gabisa open kan. Jadi malem itu gue serahin ke Blonteng untuk ngobrol apa aja. Gue pun balik ke kamar dan tidur.

Memasuki hari ketiga semenjak Masbro dari dokter. Di hari ini gue lagi-lagi merasakan dejavu sama Masbro saat pemberian obat. Dia masih nolak-nolak, kalo pagi gue belom bangun, om gue yang ngasih obat. Tapi kalo udah malem, giliran gue. Tiap pagi tiba, gue selalu ngebuka segala pintu dan jendela di ruang tamu tempat Masbro dikandang untuk ganti sirkulasi udara yang bau kotorannya. Parahnya, mencret Masbro semakin menjadi-jadi, kayaknya dia makin parah dan gue mulai ngerasa pemberian obatnya salah. 

"Kak mending besok bawa ke dokter aja, minta biar dirawat disana, daripada disini gak sembuh sembuh nanti malah kasian"
"Iya sih, tapi Masbro mau gak dirawat gitu"
"Kamu mau Masbro kenapa napa?"

Ya enggalah.
Saran Bokap gue ikutin, besok Masbro bakalan dimasukin aja ke rumah sakit. Malamnya, kaya biasa, gue nemenin Masbro dan lagi-lagi terjadi pertarungan hebat saat ngasih obat. Kali ini, kandang Masbro gue buka dan gue biarin dia jalan-jalan di sekitar ruang tamu biar gak stres juga keseringan di kandangin. Yah, lantainya jadi bececeran mencret dia sih tapi yaudahlah gapapa. Dia jalan dan masuk ke kolong lemari gitu dan rebahan disana, kayaknya doi gamau diganggu atau mungkin dia udah gak percaya lagi ama gue karena gak kunjung sembuh. 

"Masbro, sini.."

Gue coba panggil Masbro, tapi dia tetep engga mau keluar. Gue terus panggil, gue coba kasih-kasih mainan dan segala macamnya tapi dia tetep gak mau keluar. Akhirnya gue diem, tengkurep ngeliatin Masbro dari posisi yang sejajar, gue bisa liat mukanya di kolong berair gitu. Nangis? gak tau.. gue cuma ngeliatin dia aja. Terus tangan gue, gue masukin ke kolong ngelus ngelus rambutnya. Setelah beberapa lama, Masbro mulai gerak ngedeketin tangan gue, doi tiduran di deket tangan gue. Kalo lo mau tau, disitu gue nangis, gak kejer sih, cuma berkaca kaca aja tapi tetep masih nahan bau yang luar biasanya walau mulai terbiasa. Gak tau deh kenapa gue bisa sampe nangis, lebay gak sih? Gue ngerasa kaya gamau kehilangan sesuatu yang berharga banget dan disini itu Masbro. Mungkin ini yang dirasain orang-orang waktu putus sama pacarnya atau mungkin ditinggal pergi tiba-tiba atau diselingkuhin. Akhirnya gue juga bisa ngerasain itu dan bener sih, gak enak banget. Walaupun sebenernya Masbro gak ninggalin atau selingkuhin gue tapi gue udah ngerasa takut bakal kejadian, kecuali yang selingkuhin gue.

Besoknya, Masbro dibawa ke rumah sakit. Ngobrol-ngobrol dan Masbro pun dirawat...
Waktu pun berlalu, ruang tamu gue dibersihin, kandang yang ditempatin Masbro juga dibersihin. Selama Masbro dirawat, gue kembali main bareng Telon dan Blonteng, Telon keliatannya tenang banget pas tau gak ada Masbro, dasar betina jahat. 


Beberapa waktu berlalu, 2 hari sebelum kepulangan gue kembali ke Jogja, gue sekeluarga lengkap mengunjungi Masbro di rumah sakit tempat dia dirawat selama kurang lebih 5 hari. Jujur gue sempet deg-degan pas mau ketemu Masbro. Aneh sih... yaudalahya.

"Masbro ya?"
"Iya dok"
"Sebentar ya"

Kita dianterin ke ruangan tempat Masbro dirawat, gue masuk pertama dan gue ngeliat sebuah kandang tertutup cuma bisa dilihat dari depan dengan infus di luarnya dan terdapat nama "Masbro". Belum sampe ke depan kandangnya, tiba-tiba Masbro nongolin dirinya dari balik kandang. Gue ngerasa girang banget sebenernya tapi gue tahan, gue samperin Masbro, dia udah keliatan sehat, udah gerak dengan leluasa gak kaya sebelumnya.

"Masbro sebenernya udah sembuh, ini cuma tinggal beberapa hari lagi aja buat perawatan total tapi kalo mau dibawa pulang udah bisa"
"Wah mending disembuhin total dulu aja dok, takutnya nanti malah sakit lagi pas dibawa pulang"

Bokap menyarankan kaya gitu yang berarti ini adalah kali terakhir gue bertemu dengan Masbro sebelum ke Jogja. Sementara yang lainnya keluar buat dimintain keterangan, gue tetep disitu nemenin Masbro. Kita sama sama tatap-tatapan, sesekali dia ngeong dan suaranya udah bisa kedengeran. Gue seneng banget, seenggaknya dia udah keliatan sehat. Gue juga yakin doi masih inget sama gue, yaiyalah, kalo engga inget itu kurang ajar. Ada satu hal lucu yang masih gue inget juga, selama gue ama dia interaksi, gue coba masukin jari gue ke sela sela kandang, trus tiba tiba tangan Masbro kaya megangin jari gue gitu dan palanya juga ke jari gue kaya minta dielus elus, pengen banget gue elus elus tapi jeruji kandangnya terlalu kecil. Akhirnya ngeliat respon pala Masbro yang terus gerak-gerak, gue ngelus elus dia make jari telunjuk gue, entah kenapa gue ngerasa dia lagi pengen banget dielus elus, entah emang karena kangen atau mungkin dia tau ini adalah pertemuan terakhir gue sama dia. Gue rasa sih dua-duanya, dan gue pun juga ngerasain hal yang sama. Lagi-lagi mata gue berkaca-kaca, gue masih antara percaya dan engga bisa sampe segininya banget berhadapan sama kucing, gue rasa Tarzan bisa berkomunikasi dengan binatang itu bukanlah sesuatu yang fiktif dan gue percaya Owen di Jurrasic World bisa berkomunikasi dengan raptornya karena keterikatan hubungan yang kuat itu emang beneran bisa. Intinya, manusia dan binatang sama-sama punya ruhani dan jasmani. Walaupun lewat jasmani kita gak bisa saling mengerti tapi ruhaninya pasti saling memahami karena mereka sama-sama diberikan oleh Allah. That's it! 

"Kak ayo pulang, udah tuh"
"Oh, iya"

Gue ngeluarin jari gue dari kandang dan pergi nyamperin Bokap.

"Udah say goodbye belom ke Masbro?"
"Udah"

Bokap pergi, gue ngeliatin Masbro buat terakhir kalinya.

"Dah ya Masbro, semoga next time kesini kamu masih ada"

Masbro masih ngeliatin gue dan dia mengeluarkan suara ngeongnya, mungkin artinya.

"Iya"


4 comments:

  1. Kayaknya kamu berbakat buat jadi suster kucing wak. Btw telon, blonteng dan masbro mungkin terjebak kisah cinta segitiga yg dimenangkan oleh blonteng, sehingga masbro patah hati dan galau gak tau hrs curhat kesiapa, dia depresi, gak selera makan akhirnya dia jd kurusan dan jatoh sakit. Dia butuh kasih syg lebih. Yg bisa menyembuhkan cuma telon. 😳😳😳 tp keknya telon juga gak cantik cantik bgt sih. Tp mungkin karena dia pemalu klo ada cowok dtg suka sembunyi2 jd buat para cowok pebasaran sama dia. 😱😱

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya kamu berbakat buat jadi dokter cinta kucing fan
      Kaya pengalaman banget fan ceritanya, pernah kena cinta segitiga?

      Delete
    2. Dulu bercitacita utk jadi itu sih wak.
      No comment deh buat pertanyaannya

      Delete
  2. KOK GUE BELOM KETEMU MASBRO SIH WAKTU KEMAREN? :(

    ReplyDelete