Friday, July 11, 2014

Penaklukkan Gunung Merbabu - Basecamp ~ Pos 2


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Gue merupakan salah satu dari kesekian orang yang kuat dengan hawa dingin.. Dulu. Sekarang gue adalah salah satu dari ribuan orang yang termakan omongan sendiri dan semua itu dikarenakan sebuah dataran tinggi banget yang menjulang ke atas atau biasa disebut Gunung dan lo tau apa? Gunung itu berhasil menghancurkan kulit dan menusuk tulang tulang gue.

Ceritanya beberapa hari yang lalu itu gue dengan beberapa karib gue melakukan pendakian salah satu gunung tinggi yang berada di Jawa Tengah. Sebuah gunung dengan ketinggian 3149 meter diatas permukaan laut ini benar benar sangat sulit untuk ditaklukan. Tapi gue dengan beberapa karib gue yang tidak lain tapi bukan Johnny Depp adalah Bagas, Ogie, Mami, Ali, Topik, Jati, Maja, Arafat dan Adit.

Gue bahas gimana gue bisa mendaki gunung ini. Gue sendiri sebenernya masih syok kenapa bisa kejadian wacana pendakian gunung ini. Jadi ceritanya gue dan mereka itu tengah malam sedang asik asiknya keliling Jogja untuk melepas lelah UAS. Kita makan di lesehan pinggiran dan memakan sego Jatiman. Setelah makan, kita ngobrolin berbagai hal yang asik dan seru seperti arah perkembangan dan kemajuan perekonomian Indonesia dan politik bebas aktif jaman orde baru.

"Ki koyone sesok munggah gunung asik yo"

Yap.
Cuma sekedar omongan ceplas ceplos aja. Awalnya Bagas yang ngajakin buat naik gunung Langgeran yang cuma 700 meteran dan gak berat berat amat. Tapi entah kenapa kenaikan tingkat pembicaraan kami disini sungguh luar biasa drastis.

"Mumpung besok libur, naik Langgeran yo"
"Nanggung, Merbabu aja sekalian"
"Wuih bisa tuh, berapa lama sih Merbabu?"
"Ya diatur aja"

Karena kebetulan tanggal 26 gue balik kota, kita pun memperminim hari dan akhirnya berencana cuma 3 hari melakukan pendakian gunung.

"Ini jadi serius nih?"
"Yo aku manut"
"Besok ya?"
"Iyo boleh, jam piro?"
"Kumpul jam 11, berangkat jam 1an lah ya"

Dan kita pun pulang ke kosan masing masing lalu prepare. Selama prepare, hati gue berbisik.

"Serius ini?"

---------------------------------------------

Keesokan harinya, pas banget kita mau berangkat, sekitar jam 2an kita makan mengisi tenaga dulu di burjo lalu cao menuju Magelang. Perjalanan dari Sewon ke lokasi cukup memakan waktu sekitar... 6 jam naik motor tapi itu juga karena selama perjalanan kita kena problematika dahsyat yang gak pernah direncakan oleh setiap pengendara motor, ban bocor.

Ban motornya Umami bocor, kita nambel dulu kira kira satu jam. Lanjut jalan ada lagi perkara lain seperti, Arafat bablas salah jalan, Ujan, jalur lagi di benerin dan lainnya. Tapi tetep, kita gak akan pernah menyerah, tidak semudah itu untuk mengalahkan tekad 10 orang pria yang masih bertanya - tanya apakah ini beneran jadi naik gunung merbabu?

Sampe di bagian gapura bawah basecamp Merbabu ternyata jalannya lagi dibenerin, kita naik pelan - pelan dan ohiya motor gue!

"Pat motor gue kan kagak kuat nanjak"
"Kuaaaat, santai aja"

Bener kuat, kuat mundur.

Akhirnya gue turun dan jalan kaki, itu bener bener tanjakan tergila yang pernah gue naikin. Bayangin, gue sempet ngira diatas sana itu adalah puncak saking nanjaknya.. Gue gakuat, belom mulai ngedaki tapi ude ledes eni kaki. Ditambah, kondisi waktu nanjak itu udah malem sekitar jam 7an, gelapnya bener bener gelap gada cahaya apapun kecuali lampu motor, jalanan juga licin gara gara abis gerimis manja.

Gue nanjak jalan kaki dan berada di posisi paling belakang, gelap total, kalo lo masih bertanya-tanya segelap apa, coba lo tutup mata sekarang nah kaya gitu itu tuh gelapnya, Total. Jalan kaki aja gue musti mikir 2 kali sapa tau kaga sengaja gue nginjek orang yang lagi camping di tanjakan.

Akhirnya masang rencana buat ngebawa naik barang-barang dulu ke basecamp pake motor yang kuat nanjak, gue ngebawa motor dan 2 tas. Di tengah jalan gue ketemu Topik dan Adit, motornya Topik rantainya coplok, ini adalah pertanda, menurut legenda gunung Merbabu katanya kalo malem dalam keadaan gelap gitu lagi nanjak naik motor trus rantai motornya tiba-tiba copot, biasanya itu motor harus di dorong ke atas. Bayangin nanjak tinggi banget dan harus ngedorong motor? Mati.

Gue nanjak ke atas menuju basecamp buat naro barang-barang, gue jalan.. jalan... nanjak.. belok.. belok..... KOK JAUH AMAT BASECAMPNYA.
Selama perjalanan ke basecamp itu gue naek motor ngelewatin medan yang gabisa gue pikirin bagaimana jadinya kalo tadi gue jalan kaki. Masa Allah itu nanjak semua tonggg, bebatuan lagi, negthink, gue ngebayangin lagi nanjak jalan kaki, gelap gelap, bebatuan dan tiba tiba begitu gue lagi mau naik.. terjadi longsor batu dan gue ikut kebawa longsornya dan jatuh ke bawah lagi dalam keadaan selamat.. bagus? engga! gue harus naik lagi kalo selamet! mending luka luka, biar dibawa lari ke rumah sakit.

Gue naik trus dan keinget obrolan anak-anak kemaren di tempat makan sego Jatiman.

"Ntar kalo naik ketemu Green Skin Red Eye gimana? hahaha"

Green Skin Red Eye adalah bahasa kerennya Hantu. Yap... gue tanpa ada basa basi apapun tiba tiba keinget obrolan itu, posisi gue lagi naik motor sendirian kerepotan karena ngebawa 2 tas gede dalam suasana yang cuma terdengar suara dari motor gue dan penerangan cuma ada di lampu motor.

"Dulu aku pernah ngeliat ada Green Skin Red Eye, pas lagi naik itu, tapi yaudah diemin aja asal ga ganggu"

Gue keinget itu.. gue ngebayangin lagi jalan tiba tiba tepat di depan mata gue ada sesosok makhluk dengan kaki yang ditekuk dan muka seperti menahan rasa sakit.. ternyata ada orang yang lagi boker.

Gue terus jalan dan akhirnya gue sampe di basecamp, apa yang pertama gue rasain di basecamp? Hawanya. Dinginnya sudah berasa disini, jaket gue tembus, baju lapis 2 bukanlah lawannya. Gue naro barang barang dan langsung turun lagi menuju tempat dimana anak anak tadi berhenti buat nunggu jemputan, selama perjalanan turun itu gue masih sendiri.. ngelewatin tempat gelap lagi.. kali ini gue ngerasa gelisah rasanya ada sesuatu yang ganjil tapi apa gue gatau.. bulu kuduk gue berdiri, biasanya kalo gitu berati ada sesuatu yang aneh di deket gue.. ternyata resleting gue kebuka.

Sampe di bawah, gue langsung ngebawa beberapa barang lagi dan kembali ke atas lalu gue balik lagi buat jemput Umami dan Maja... kalo dipikir pikir.. kok gue mau aja ya bolak balik..
Motor gak kuat ngebawa Umami, pria dengan berat yang melebahi gentong aer yang berisi full. Akhirnya gue balik lagi.

------------------------

Semua sudah tiba di basecamp, waktu menunjukkan pukul 8 malam, langit menunjukkan bintang bintang dan perut menunjukkan rasa laparnya. Kebetulan di basecamp yang kita tempatin itu bisa pesen makanan. Sembari istirahat, kita makan nasi telor dan tahu dengan nikmat dan khidmat. Sumpah, itu nasi telor terenak yang gue makan di gunung karena ini pertama kalinya makan nasi telor di gunung.

"Nanti jam 9 aja ya berangkatnya"
"Gampaang"

Ternyata kita berangkat jam 11.

Persiapan sudah beres, carier sudah dikenakan, jaket sudah di kancing dan resleting juga sudah tertutup. Kita semua jalan memulai pendakian. Rintangan pertama adalah.. tanjakan curam mengerikan yang penuh bebatuan dan kondisi sekitar yang gelap gulita seperti kalo lo nutup mata. Senter yang ada cuma dari hape dan headlamp yang mungkin gak tahan lama, apalagi hape gue yang suka mati tiba tiba. Kita semua jalan dengan riang gembira tanpa mengetahui seberapa jauh dan segila apa medan yang sebenernya sedang kita laluin karena emang gelap banget.. gue sempet ngebayangin pas lagi jalan terus gue megang akar kayu buat pegangan tapi ternyata kayunya itu licin dan sangat empuk dan bergerak.. ternyata uler.. gue bakalan jerit ketakukan dan pipis di celana.

Selama perjalanan itu gue belom nemu jalanan lurus, semuanya naik.. kaki gue gemeteran padahal belom ada setengah jalan.. jangankan setengah, seperempat aja belom ada. Tapi yang lebih kasian lagi adalah Umami, pria gentong yang gue bilang barusan.. dan lagi Arafat, pria bloon asal Bekasi yang entah kenapa gak ada suaranya sama sekali selama pendakian.

"Sek cah, leren sek.."

Oke kita berhenti dan istirahat.. jujur dalam pendakian kali ini, leren merupakan kata kata favorit karena hampir tiap 10 menit sekali kita istirahat. Gue juga sebenernya butuh tarikan napas, waktu itu kondisi pendakian cukup rame gak cuma rombongan kita doang tapi ada banyak. Gue sempet nyenterin jalanan ke atas selama istirahat dan yang gue dapetin cuma syok mampus yang bikin ngedown dan pengen istirahat lebih. Bener bener terjal banget, kondisi jalanan abis gerimis jadinya basah dan agak licin, begonya lagi, gue make sendal rumahan karena gada sendal gunung, jatoh adalah sahabat gue selama pendakian ini.

"Yo cah ojo kakean leren, neng pos 1 wae leren ne"
"Isih adoh ra..?"
"Ora, mlaku wae, ga kroso"

Akhirnya kita jalan lagi. Bener sih, kebanyakan istirahat itu bukannya malah bisa ngisi tenaga tapi malah bikin siknes, mager, jadi makin lemes.. tapi kalo gak istirahat, betis rasanya jerit jerit, jadinya serba salah mau ngapa ngapain, sing penting mlaku wae wes!

Selama perjalanan gue megang senter dan ngeliat medan yang ada di depan mata, gue cuma bisa istighfar. Umami dan Arafat makin gak bersuara. Gue sempet khawatir mereka berdua kesurupan jin gunung autis yang gapunya temen, makanya mereka diem aja..

"Sek cah, leren.."

Umami mengumandangkan istirahat, kita pun istirahat. Ogie, Bagas dan Maja jalan duluan. Mereka sangat strong... gue? nah.. napas gue udah ngap ngapan, jantung berdegup kencang, sekeliling berasa hangat, tubuh gue seperti melayang, inikah cinta?

"Yo jalan lagi"

Kembali jalan lagi.. gue memimpin.. tapi dengan tampang budak yang kecapean. Tiap langkah gue disertai lantunan irama napas 7 orang yang terdengar seperti Acapella sebuah lagu. Kita jalan melewati beberapa rombongan, oiya selama pendakian ini entah kenapa reflek setiap kita ketemu rombongan lain itu pasti kita akan mengucapkan salam, permisi dan semacamnya. Naik gunung ini bisa melatih kita untuk menjadi sopan santun loh.

Ketemu rombongan dan kita pun mengucapkan salam dan kita lewati mereka. Sekitar 15 menit berjalan mendaki tanpa henti dan tanpa suara juga, anehnya Umami dan Arafat tidak mengumandangkan isyarat leren. Gue khawatir.

"Mi? istirahat dulu gak?"
"Boleh boleh.."

Kedengarannya seperti gue ini sangat perhatian dengan kondisi fisik Umami ya? Engga.. itu adalah motif gue untuk menutupi bahwa gue sedang kelelahan dan pengen istirahat.. tapi mengatasnamakan Umami.

"Minum dulu nih"

Persediaan air semakin menipis. Awalnya gue kira satu orang bawa 2 botol aqua gede itu kebanyakan, tapi setelah tau medannya begini.. gue rasa 4 botol juga kurang.. tapi kalo gue pikir pikir lagi, ngebawa 4 botol dalam tas itu bener bener berat dan bakalan semakin jadi kalo naek...

"Banyune entek ki, neng kono ono banyu ra?"
"Ono, neng pos 2, yo santai wae mengko neng dalan biasane ono banyu"

Perjalanan masih jauh, pos 1 baru saja kita lewatin dan tempatnya itu ga terlalu gede. Dari basecamp ke pos 1 sebenernya jaraknya gak jauh jauh banget, tapi karena jalannya nanjak, semuanya terkesan sangat jauh. Di jalan itu kita ngehemat air, jalur dari pos 1 ke pos 2 ini keliatannya agak lebih parah ketimbang jalur ke pos 1, nanjaknya bener bener sempit dan terjal. Dari sini isyarat leren menjadi kata kata favorit.

"Sek cah.."
"Leren sek.."
"Haduuhh, sikilku kesel caah"

Berkali kali kita berhenti dan siknes semakin jadi.. selama perjalanan dan istirahat itu kita selalu ketemu rombongan yang itu itu aja dan tiap ketemu pasti menyapa.

"Misi mas"
"Ayo mas"
"Monggo mas"

Padahal kita sama sama gatau wajahnya seperti apa karena gelap tapi hati kita seakan saling kenal.. ya.. sama sama kenal cape.
Perjalanan semakin menjadi jadi, rombongan gue sekarang ada 7 orang yakni gue, Adit, Umami, Arapat, Jati, Ali dan Topik. Kita jalan ditemani aba aba istirahat berkali kali dan hampir tiap istirahat.. yang mengaba abakannya adalah orang orang selain umami tetapi mengatasnamakan umami untuk beristirahat. Bahkan sempat sekali saat dimana gak ada satupun orang yang mengutarakan aba aba istirahat, umami mengatakan.

"Sek cah, tungguin Arafat dulu.. ketinggalan dia"

Gue balik badan dan begitu gue senterin si umami, ternyata pas banget di sebelahnya ada Arafat.

"Loh pat?? kok kamu udah disini?"

Gue tau banget umami mau mengatasnamakan Arafat untuk beristirahat..

Kita terus jalan, rasanya semakin jadi dan gue merasa pos 2 ini sangat jauh. Kita sempet berhenti buat nyari kayu bakar yang bakal dipake buat sesembahan kepada penunggu gunung supaya kita bisa selamat sampe di tujuan, gak deng canda. Kita nyari kayu bakar buat bikin api unggun di pos 2 nanti.

Sekitaran sudah.. agak lama pas banget kita berada di jalan yang gak nanjak nanjak amat dimana disini tinggal gue, Arafat dan Adit doang sementara Jati, Mami, Ali dan Topik berada di belakang. Tiba tiba ada satu orang yang lagi turun.

"Misi mass"
"Yaaa, di pos 2 saluran airnya mati tuh, tadi sekitar kamu jalan ada mata air gak?"

Pernyataan yang diutarakan membuat otak gue beku selama 15 detik.

"Mas?"
"Hah? ah ya mas tadi di bawah sana ada kok mata air, tapi gatau bersih apa engga mas"
"Ohhyaya makasih ya mas"
"Iya.."

Dia pergi, kira-kira beberapa menitan kita bertiga terdiam dan gak ada satupun kata yang keluar lalu kita sama sama duduk.

"JATI!!!! DI ATAS GAK ADA AEEEERR!!"
"HAAAAH?"
"TADI KATA ORANG TUH DI ATAS SALURAN AERNYA MATII!"
"GAK KEDENGERAAAN!"

Akhirnya Jati nyamperin kita duluan lalu dia mengambil tindakan untuk mengambil mata air yang ada di bawah. Kita duduk menghela napas, gue ngeluarin Choki choki ke 6 gue.. kata Jati kalo naek gunung itu usahakan bawa coklat soalnya bisa nambah energi dan bisa bikin anget.. entah hal itu berlaku buat coklat choki choki apa engga..

Setelah beberapa lama, Jati kembali dengan botol botol yang berisi air penuh. Kita melanjutkan perjalanan menanjak.

Sekitar setengah jam berlalu selama menanjak, kuping sensitif gue mendengar ada suara kegaduhan di atas, gue khawatir.. masa iya ada gerombolan harimau menyerang pendaki gunung? apa jangan jangan siluman penunggu gunung yang sudah menanti datangnya pendaki karena hari ini adalah hari perayaan ulang tahun keturunannya yang ke 47? apa benar Jerman ngalahin Brazil 7-1?

"Jat ada suara apa tuh?"
"Nah itu suara pendaki lain yang di pos 2"
"Berarti..!?"
"Dikit lagi"

Gak ada yang lebih indah dibanding kabar mengenai pos 2 di depan mata. Kita melakukan jalan cepat dan begitu gue menaiki jalanan yang tertutup rerumputan.. gue melihat dengan jelas menggunakan mata gue sendiri, sebuah ladang luas dipenuhi orang-orang dan tenda yang sudah berdiri tegak dimana-mana, gue merasa seperti sudah sampai di puncak.

"Yok cari spot buat kita"

Masih berjalan lagi, kita nyari spot privat yang enak buat ditempatin.

"Disini aja? apa mau agak kesana tuh? kayaknya lebih privat"

Kita ke tempat yang dituju, tempatnya deket jurang, ditutupin sama rerumputan yang agak tinggi, emang privat banget dan ga banyak orang di deket sini.

"Jangan.. jangan disini, bahaya"
"Kenapa? jurang? gapapa kali, tempatnya bagus kalo terang kayaknya"
"Engga, itu liat.. banyak tisu basah, ini daerah ranjau"
"Hah? OHIYA"

Buat kalian yang gatau, di gunung itu ada fenomena tisu basah yaitu fenomena dimana ketika manusia terkena panggilan alam dan mencari spot tersembunyi untuk mengeluarkan panggilan alam tersebut, dan mereka membersihkannya dengan tisu basah lalu ampasnya dikubur di dalam tanah.

"Pindah..."

Kita pindah spot dan menuju ke tempat dekat pohon. Pembagian tugas, kita langsung ngediriin tenda dan ada yang bikin api unggun. Gue bantu diriin tenda, tendanya Jati yang gede muat 6 orang. Gue bantu manjangin frame tenda dan menahannya.. gue melakukannya dengan penuh usaha keras.. ditambah lagi.. di pos 2 ini, dinginnya tidak bisa diutarakan dengan kata-kata.. seharusnya emang dinginnya itu udah dari tadi, tapi karena kita banyak gerak dan keringetan, tubuh jadi ga ngerasa kedinginan tapi disini? gue ngerasa kedinginan hebat.

"Aseemm adem cuukk"

Gue ngedenger Adit ngomong adem jadi ngerasa lemah, dingin luar biasa begini masih bisa dibilang adem sama dia?

"Dit.. beneran adem?"
"Lah kamu ngerasain gak?"
"Ini dingin banget dit..."
"Lahiyaaa aku ngomong gitu kan"
"Kamu bilang adem dit"
"Adem itu artinya dingin wy.."

Sip. Gue hampir tertipu dengan penggunaan bahasa jawanya. Dingin dalam bahasa jawa adalah Adem.

Gue masih kedinginan, buat lo yang gatau dinginnya seberapa.. coba deh.. lo mandi trus nyalain AC pasang paling dingin dan lo berdiri tepat di depan AC itu dengan keadaan badan masih basah, dingin? oke sekarang dinginnya itu lo kaliin 30x

Tangan gue beku, gue megang frame besi itu jadi gakuat, jari jari gue susah digerakin, gue bakal mati.. gue bakal mati!!!!! Tapi gue gak akan mati dengan mudah disini, gue harus hidup, gue harus hidup!!!
Tenda Jati susah banget dibangunnya, sekitar setengah jam kita berurusan sama tenda.. yang laen udah bikin api unggun dan bikin kopi serta indomie. Gue? Gue cuma pengen tidur di dalam tenda yang hangat ini.. gue gamau keluar dihujat oleh angin gunung yang mengerikan.

Tenda selesai dibangun.. gue merasakan kebahagiaan sedikit, gue pengen masuk.. pengen menghangatkan diri.. akhirnya gue masuk, gue rebahan, gue mejemin mata.. GUE KEDINGINAN!!!

Alas tendanya dingin! ternyata gara gara tanahnya juga dingin banget! belom lagi sisi samping tenda.. gue dipojok! sisinya dingin mampus! ternyata di gunung ini gak ada tempat yang hangat... tenda yang awalnya gue kira bakal jadi tempat favorit ini ternyata gak ada apa-apanya.. ini berbahaya...

Gue ngeliatin anak-anak juga berusaha menghangatkan diri, bahkan saking pengennya anget.. itu kaki sama tangan udah gak di deket api lagi, tapi bener bener dikenain ke apinya. Gue? mau keluar dari tenda neraka ini.. neraka disini bukan berarti tempat yang penuh dengan api tapi hanya konotasi negatif yang berarti tempat yang gak enak. Gue akhirnya nyari alas matras buat pembatas tubuh gue dan alas tenda, tapi tetep.. badan gue kedinginan..

"Wy? tidur wy.. pelukan aja yu.."
"Ayo pik.."

Di tengah malam sekitar jam 2an di gunung di dalam tenda, 2 orang pria yang kedinginan akan tidur dengan berpelukan. Homo? BODO AMAT! Karena disini yang namanya pikiran kaya gitu udah gak ada sama sekali, yang penting gimana caranya buat bikin tubuh lo tetap hangat. Penyakit yang mungkin terjadi disini adalah Hipotermia dan Flu Tulang. Tenang, biar gue jelasin maksud dari 2 penyakit itu. Hipotermia, menurut kamus ganteng Kawakibi Muttaqien, Hipo adalah kependekan dari Hippopotamus yang berarti kuda nil, Termi adalah kawan dekat dari alat pengukur suhu tubuh bernama termometer dan A adalah huruf pertama dalam alpabet.. jadi Hiportemia adalah keadaan dimana seekor kuda nil dengan nama awalan A sedang menggunakan termometer untuk mengatur suhu tubuhnya.

Gue lebih khawatir kalo kena Flu Tulang.. bukan, bukan keadaan dimana tulang tulang gue bersin dengan sendirinya.. tapi badan gue bakalan kena kedinginan hebat dan paginya bakalan kaku.. kayaknya itu sama aja kaya tidur biasa kalo pagi kaku.. beda, ini bakalan bikin kulit tumbuh bercak merah gitu tapi ini beda sih sama demam berdarah dan untuk ngebedainnya perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Asik ya gue kaya tau banyak gitu? search aja di Google.

Gue tidur bareng Topik, pelukan.. tapi dinginnya masih berasa.. badan gue kaku semua, jari gue gabisa digerakin.. tubuh gue belom bisa beradaptasi karena ini pertama kalinya gue naik gunung tinggi. Apa yang harus gue lakuin? pandangan gue sempet kabur, semuanya hitam.. gue gabisa liat apa apa.. ternyata gue lagi merem.

"Wy? ini makan indomie dulu biar anget"

Disaat seperti ini Bagas dateng dan ngasih gue indomie, ternyata kawan kawan gue masih baik memperhatikan gue yang lemah dengan hawa dingin ini...
Gue megang mangkoknya itu panas tapi di tangan gue itu adalah hangat.. mau megang sendok tapi.. tangan kaku, gue seperti anak bayi yang baru pertama kali diajarin cara makan.

Setelah makan, gue langsung rebahan lagi.. gue mau tidur.. tapi susah.. dingin.. gue gakuat.. rasanya semua yang ada di sekeliling gue adalah salju dan es. Apa apa dingin, bahkan jaket gue yang harusnya anget.. malah dingin banget..entah apa yang dilakuin orang orang yang kuat itu di luar sana menerpa angin. Gue cuma bisa tiduran di dalem mengharapkan sesuatu yang hangat.. gue ngebayangin gue lagi makan soto panas, lagi mandi pake air panas, lagi berjemur di pantai dan yang paling parah.. gue ngebayangin kehangatan ketika sedang bersandau gurau dengan pacar.. tapi pas gue ngebayangin itu.. hati gue malah jadi dingin.

No comments:

Post a Comment