Friday, July 11, 2014

Penaklukkan Gunung Merbabu - Pos 2 ~ Puncak


Gue tidur gelisah parah dan sangat amat susah. Hampir tiap satu jam gue bangun tapi pada akhirnya begitu matahari sudah muncul, gue sudah merasa tidak kedinginan banget.. tapi masih tetep dingin sih, gue keluar dan sumpah.. itu adalah pemandangan gunung pertama yang gue liat dan gue bener bener takjub, gue berada di pos 2.



 Umami ngebikinin gue indomie




Yap abis makan, gue sama Umami melakukan sedikit keliling di sekitaran pos 2 buat menikmati pemandangan pertama di gunung Merbabu ini. Kita jalan melewati tempat yang entah tapi sepertinya itu adalah tempat yang baru saja semalam kita bahas mengenai fenomena tisu basah.. bener aja.. banyak banget tisu basah disitu dan tidak lupa.. lalat dimana mana.. gue gabisa ngebayangin kalo kita beneran jadi bikin tenda disitu, mungkin problem utama gue bukan kedinginan.. erh mungkin masih kedingingan tapi disamping itu ada problem lagi untuk berurusan dengan fenomena itu.

"Mi ono kethek mi!"
"Ndi??"

Beneran ada.. tapi itu monyet asli gede bener, doi langsung lompat ke pepohonan lalu hilang begitu cepat sebelum gue lakukan pengambilan gambar.

Anginnya masih semriwing dingin tapi mataharinya juga ada jadinya gak terlalu kerasa dingin dan gak terlalu kerasa panas, cuma silau banget aja.. seenggaknya ini lebih mending lah ketimbang keadaan yang terjadi tadi malam dan untungnya lagi gue gak kena Flu Tulang ataupun Hipotermia. 

Pas udah agak siang sekitar jam 9an, semuanya udah pada bangun kecuali Ali, kita semua makan, ngobrol dan menikmati suasana.

"Jat itu tower apaan di atas sana?"
"Oh itu menara sinyal, nah itu pos 3 nya"
"Sumpah?"

Gue ngeliat itu tower awalnya ngira itu adalah puncak soalnya jarak yang ditempuh lumayan jauh dibalik bukit dan sangat tinggi.. tapi ternyata itu adalah pos 3?

"Berapa pos sih jat..?"
"Gatau ya.. 4 kalo gak salah sih, sama puncak jadi 5"

Oke.. yang penting sekarang isi tenaga dulu dan persiapan.

Kiri ke Kanan
Topik, Umami, Bagas, Adit, Jati, Maja, Ogie, Gue, Arafat.

Sekitar jam 10an, kita mulai bebenah beres beres dan bersiap mendaki lagi menuju puncak buat ngejar sunset. Kita mulai jalan di sekitaran pos 2 dan menuju jalan setapak ke puncak. Kerugian melakukan pendakian saat siang hari adalah.. lo udah tau duluan medan yang ada di depan lo kaya gimana dan bisa ngebuat lo ngedown setengah mati apalagi... medan menuju puncak ini... terjalnya melebih medan menuju pos 2.

"Jat.. ini nanjaknya lebih gila deh jat.."
"Mulai dari sini sampe pos 3 itu nanjak semua wy, gada yang landai"
"Hah..?"
"Ini belom seberapa.. nanti dari pos 3 ke puncak itu ada yang curam dan mesti manjat.."

This is the real hiking!

Sejujurnya gue gamau terlalu banyak ngebahas keadaan gue selama hiking ini.. cape.. beneran dah.. selain cape ngetik, gue cape hati ngingetnya. Satu hal yang paling nyantol di pikiran gue selama pendakian pos 2 dan puncak ini adalah persediaan air. Jadi mata air itu cuma ada di pos 2, kita udah ngisi full semua botol air kita.

"Pokoknya sebisa mungkin kita hemat air selama perjalanan ke puncak soalnya di atas nanti gak ada mata air sama sekali"
"Siap..."

Perjalanan utama dari pendakian ini dengan harus menghemat air.. menurut gue itu suatu masalah, mungkin bagi orang yang biasa naik gunung itu bukan apa apa tapi bagi gue...

Tetep aja biar kata harus ngehemat aer, badan gabisa boong, kebutuhan aer paling utama disini.. rasanya kalo gak minum itu dahaga menyerang dan bisa bikin dehidrasi, jadinya sebisa mungkin satu botol gede itu harus cukup dibagi ke beberapa orang.

Bener banget sih kalo kata Jati, perjalanan menuju puncak ini beneran sadis, gada yang landai.. curam dan terjal, aba aba istirahat disini semakin jadi dan entah kenapa tubuh gue gak sekuat semalem ngedakinya.. apa karena energi turun drastis akibat kedinginan atau apa, gue gatau..yang jelas kali ini gue sering banget di paling belakang.





Keliatannya dari foto foto sih indah.


"Semua yang dilakukan di Gunung itu indah"
- Jati Pramudya Darmastuti


Benar sekali kata pepatah Jati.. tapi apapun yang indah sudah pasti harus melalui apapun yang tidak indah dahulu dan itulah yang tidak ada di foto foto.

Persediaan air semakin harus dihemat dan leher semakin mengering, di dalam tas gue masih ada 2 botol yang penuh, sengaja gue tahan buat persediaan di puncak. Tapi melihat medan seperti ini, sepertinya gue harus ngorbanin satu botol. Gue, Umami, Topik dan Adit melakukan sesi minum seadanya. Istirahat dan jalan dan istirahat dan jalan, sebuah rotasi kehidupan pendaki yang selalu sama sama saja.

"Hoooii"
"............"
"Haaaapppp"

Sebuah kode gerombolan kita untuk mengetahui dimana posisi yang lain berada, ternyata yang lainnya sudah berada jauh agak di depan. Gue udah melalui mungkin sekitar 3 jam perjalanan menuju pos 3 ini tapi kenapa masih gak kunjung sampe. Semakin ke atas, hawanya makin panas karena dekat matahari, angin dingin disini gak terlalu berasa, mungkin gak terlalu dingin di atas nanti. *kau akan tau ada apa di atas sana*

"Hoooii"
"Haaapp"

Gue nyaut, mungkin mereka sudah mau sampai pos 3.

"Ayo wy, dikit lagi itu kamu liat gak tanjakan itu? di baliknya itu pos 3"
"......"
"ITU TEBING JAT BUKAN TANJAKAN!"

Ini adalah tebing luar biasa yang harus dipanjat, dibaliknya ada pos 3.. tempat dimana tower yang gue tanyain. Gue ngedaki berada di 2 sebelum terakhir, gue udah ga kuat, napas udah ngap ngapan. Rasanya pengen turun lagi.. tapi begitu inget medan buat turun, gue rasanya pengen naek.. tapi begitu liat medan buat naik.. rasanya pengen turun.. AAAAHHH!!!!

Sampai sudah di pos 3, gue langsung duduk menghela napas dan mengeluarkan choki choki ke 12 gue. Makan dikit, tarik napas sambil menimati pemandangan indah disini.

"Itu puncaknya dikit lagi dibalik 2 bukit itu"

2 bukit itu... 2 bukit.. 2.. 2..

Hahahaahaha. Gue cuma bisa ketawa ngeliat 2 bukit itu.




Disini Adit kembali ngebuka bungkus indomie, doi hampir tiap istirahat selalu ngebuka bungkus indomie dan melahapnya satu persatu.

"Buat nambah energi wy"

Boro boro.. gue sama sekali ga napsu makan yang kering kering begitu.. leher gue udah kering duluan soalnya.

"Jalan lagi yo, tanggung tinggal dikit lagi, katanya mau ngejar sunset"

Oke kata kata sunset itu cukup meyakinkan buat mendaki lebih cepat.. akhirnya kita kembali jalan melewati medan yang naik satu level. Tanjakan bebatuan.

Kali ini medannya dominan pasir dan batu, resiko jatoh disini cukup besar. Kesalahan terbesar gue adalah menggunakan sendal rumahan.. sekali lagi harap maklum, sepatu basah kuyup abis kena ujan.. gue melakukan pendakian dengan nekad ini dan alhasil gue menjadi sahabat pasir.

Rute kali ini deket dengan tambang belerang, jadinya bau belerang banget dan ini sungguh memuakkan. Gue kembali berada di barisan belakang. Selama jalan, gue selalu ngeliat kebelakang.. melihat pemandangan indah yang ada dari atas padahal belom puncak.. sebuah pemandangan yang gabisa lo temuin di kota maupun di daerah, ini cuma ada di atas gunung. You should see this!



Seorang anak terlantar yang memakan super bubur mentah


Yap. Untuk sementara pemandangan bisa menghilangkan rasa lelah, tapi disini baru dimulai, sebuah tebing curam bebatuan yang harus dipanjat.. mengerikan. Gue sendirian disini berada di posisi tengah tengah rombongan, 3 orang di depan, sisanya di belakang. Gue merasa sangat sendirian. Naik, naik dan naik.. tapi lebih banyak istirahatnya.

Sampai di sebuah persimpangan kanan dan kiri, kita memilih rute yang kiri padahal masalah ramai, rute kanan lebih banyak pendaki, rute ini sama sama menuju puncak tapi di puncak yang berbeda tempat. Kita milih puncak kiri yang gak terlalu rame biar lebih privat.

Semua sudah sampe puncak kecuali gue, Umami dan Adit. Kita bertiga sepertinya 3 orang yang paling lemah disini... ditambah, kita masih menunggu di persimpangan, dari situ sebenernya puncak udah keliatan, tapi apa daya.. dongaknya bikin lemes.

"Aku duluan deh wy dit, nanti kalian juga palingan nyusul kan"
"Iyaudah mi duluan aja"

Gue bareng Adit cuma duduk bengong menghela napas dan melihat pesawat terbang yang ada jauh disana di bawah kita. Nuansanya beda banget emang kalo di atas gunung, hati gue lebih tenang, nyaman, pemandangannya indah, kita berada di atas awan, samudra awan yang tak berujung, rasanya pengen mengabadikan setiap sudutnya, sayang aja gue disini duduk bareng cowo...

"Ayo deh dit jalan"
"Duluan aja wy, aku mau nikmatin dulu"

Gue pun ngedaki lagi, jalurnya menjadi sempit dan tanah basah, rasanya agak kerepotan. Anginnya mulai dingin lagi.. gue udah ngerasain tusukan anginnya padahal masih dalam posisi ngedaki.. matahari juga udah di depan, bukan di atas lagi.. disaat gue lagi naik sebuah tanjakan.. tiba tiba gue ngeliat ada kaki orang disitu, jujur gue kaget, gue sempet ngira itu adalah mayat pendaki yang udah lama tewas dan tidak ada yang nemuin... tapi setelah gue liat liat lagi, itu adalah Umami yang tewas karena kelelahan.. doi tidur..

"Mi? bangun mi.."
"ZzzzzZZZZZzZzZ.. Grroookk!"

Peduli amat... dibangunin juga pasti bakal susah, akhirnya doi gue tinggal. Gue terus ngedaki.. naik dan naik.. beberapa langkah lagi gue bakal sampe di puncak.. ya puncak.. seperti apa pemandangan dari puncak gunung ini.. gue mau liat... gue harus liat!!!

HUUWWAAAAAAA!! INILAH PUNCAK!!!!







Yesh. Itu adalah beberapa dari ratusan foto yang ada, gue bingung milih milih jadi asal ambil aja, kalo lo mau tau lebih luas gimana puncak.. naik ajee sendiri.

Sesampainya di puncak, gue langsung nikmatin pemandangan sambil duduk, kembali gue merasakan sesuatu yang gabisa gue dapetin di kota kota. Sebuah ketenangan yang dikarenakan alam sekitar, kalo di kota? ketenangan karena harus menutup telinga dari suara kendaraan. Disini gak ada suara kendaraan, cuma suara angin dan rerumputan yang tertiup. It's really relaxing men, you have to try this.

"Umami mana?"

Oh God, kita ngelupain doi.

"Turu neng ngisor"
"Moso??"

Tiba-tiba Umami muncul dari langit.

"Mi?"
"Asem cah gada yang bangunin aku"
"Susah mi bangunin kamu, tidur juga udah kaya di rumah"

Yaah setidaknya kita semua sudah sampai di puncak dengan selamat. Gak lupa kita foto foto disini dan juga menikmati sunset dari atas gunung yang jarang bisa dilihat.





Kita ngumpulin barang bawaan. Ngeluarin persediaan yang ada buat malam ini camping di puncak. Gue masih mondar mandir foto sana sini mengabadikan setiap momen yang ada walau hasilnya di kamera rada ngeblur.

"Mas, ini kalo lewat sana bisa turun ke bawah?"
"Hah? emm bisa kayaknya mas"

Seseorang yang terlihat muda itu nanya ke gue, doi langsung turun gunung padahal hari udah sore.

"Wy bantuin bikin tenda"
"Yooo"

Kembali gue bangun tenda dan lo tau apa? Angin disini kembali menggila, dinginnya bisa dibilang lebih parah ketimbang di pos 2.. kalo di pos 2 gue nyuruh lo ngaliin 30.. mungkin sekarang ini dikali 50.........

"Botol aer tinggal 8 nih"
"Yowes dipake seperlunya aja"
"Bikin indomie nih ya"

Gue ngebangun tenda dan beberapa bikin makanan. Kita bekerja demi mendapatkan kehangatan.. entah kenapa di kepala gue keinget banyak hal yang terjadi saat malam hari di pos 2.. dingin dan gue inget banget gue udah hampir kaya mayat beku disana.. gimana disini... dengan keadaan dingin yang lebih parah karena di puncak.

Selesai ngebangun tenda, gue makan dan langsung masukin barang ke dalem tenda. Sekitaran jam 6 sore, anginnya setara dengan dingin pos 2 jam 2 pagian.. gila.. gimana jam 2 pagi disini gue gak ngerti, pokoknya gue yakin banget gue bakal melalui kejadian yang sama dengan tingkat yang lebih mengerikan..

"Loh mas? kenapa mas?"
"Saya nyasar..."

Mas mas yang tadi nanyain gue itu balik lagi ke puncak...

"Iya disana gada jalan turun ke bawah, tadi teriak tolong tolong tapi gak ada orang.."
"Waduh mas.. yaudah mending gabung sama kita aja, ini juga udah mau malem"
"Iya.. makasih ya"

Gue ngeliat kondisi dia.. kecapean, dia hebat.. sendirian, nyasar tapi masih bisa balik lagi ke atas gunung. Kalo gue yang nyasar.. mungkin gue udah ngelepas semua barang bawaan gue dan lompat dari atas bukit sambil ngebayangin diri gue terbang dan tiba di sebuah pedesaan. Tapi.. ini salah gue bukan sih yang bilang mungkin bisa turun lewat sana ke orang itu?

Hari mulai gelap, gue langsung masuk ke tenda dan menghangatkan diri di tenda kecil yang muat 3 orang punya Ogie. Disitu, gue, Arafat, Ogie dan Topik saling pelukan dan timpa timpaan pokoknya gerak sebanyak mungkin untuk menghasilkan metabolisme tubuh yang hangat... entah apa yang gue omongin ini...

Mulai dari jam 7 malem, gue sama sekali gak keluar tenda.. gue menghangatkan diri sejadi jadinya. Tidur, cuma itu yang bisa gue lakuin. Gue bener bener gabisa ngelakuin apapun karena kondisi yang semakin malam semakin jadi. Parahnya, disini gue bener bener susah buat tidur, entah ada apa yang pasti gue kedinginan hebat, semuanya juga sama..

Sekitaran jam 10an ke atas, kita semua ngebuat kopi dan berbagai makanan serta minuman hangat..

"Cuk iki sikilku wes tak anggo koyo cabe isih keroso adem.."
"Yo pie meneh dit.."

Gue ngeliatin kaki Adit itu udah dikasih sekitar 5 koyo cabe.. bayangkan.. koyo cabe! tapi gak kerasa panas..

Sekitar jam 12 ke atas, semuanya sudah diam di tenda. Gak ada suara, sekalinya ada paling cuma keluhan dingin dan suara gertakan gigi. Semuanya gelisah, kedinginan.. mau nolongin si ini tapi lagi kedinginan juga.. tapi yang lebih bikin gue lebih gelisah ada bau kentut di dalam tenda.......

Gue tau banget ini bau kentut kalo gak Arafat pasti Bagas.. tiap 1 jam sekali gue bangun dan begitu gue bangun, di idung gue yang beku ini selalu nyium aroma gak sedap.. entah apa yang jelas gue yakin banget secara absolut itu bau kentut, bukan bau pertanda ada penunggu gunung yang datang. Gue kesiksa dengan posisi tidur gue, tangan gue udah dikasih kaos kaki tapi masih kedinginan, gue udah masukin tangan ke dalem celana sedalem dalemnya tapi masih aja dingin. Gada cara sama sekali buat ngatasin hawa dingin ini.. gue harus apa?

Kali ini gue bener bener kepikiran.. apa gue bakal kena Hipotermia? apa gue bakal kena flu tulang? dinginnya bener bener benar.. gue gakuat, ini lebih parah ketimbang di pos 2 dan kali ini semuanya kedinginan.. tangan gue bener bener beku padahal udah ditutup pake kaos kaki, kaki gue juga sama padahal udah ditumpuk pake tas, badan gue kedinginan, muka gue yang gak ditutup apapun itu serasa beku, telinga pengang.. tapi kalo gue mati disini..

"Gak kuat dingin, seorang remaja tewas kedinginan karena resletingnya kebuka"

Mungkin headline buat gue bakalan kaya gitu.. akhirnya gue tutup resleting gue.

Jam 3an gue bangun dan sama sekali ga bisa tidur, Jati juga udah bangun, gue pengen keluar ngeliat pemandangan dari atas gunung di malam hari tapi dinginnya ngebuat gue ga berdaya.

"Jat sunrise yo.."
"Nanti aja wy, masih belum, jam 4an aja"
"Oke"

Untuk kali ini gue bakal nungguin aja, soalnya gue ngebuka pintu tendanya dikit.. beh...... anginnya masuk kenceng banget, malah sempet tenda gue kaya mau terbang ketiup gitu saking kencengnya. Gue kali ini gak tiduran lagi, duduk sila dan masukin tangan kemanapun yang hangat.. di sebelah gue Adit yang lagi tidur tapi mulutnya gemeteran... semuanya sama.. kedinginan..

"Ayo keluar wy"

Gue ngebuka pintu tenda dan... uwaaaaoooooooooooooo!!!!!!!!!!

COLD AS HELL!!!!!
Kembali gue tekankan, Neraka disini bukan neraka yang panas tapi hanya konotasi negatif yang berarti sesuatu hal yang buruk.

Dingin gila, lo tau apa?? badan gue gerak gerak sendiri.. gemeteran kesana kesini karena dinginnya.. biasa gimana sih kalo lo abis pipis trus ada sedikit getaran yang namanya aftershock?

"Jat...."
"Kenapa?"

Gue ngeliat Jati syok setengah mampus, doi cuma make celana pendek dan jaket dan sendal...

"Kamu gak kedinginan...?"
"Dingin kok tapi yoo udah biasa"

*prok prok prok*

Jati bikin api unggun, gue melakukan pemotretan kepada bintang bintang.

Sekitar jam 5an, Bagas dan Umami keluar. Kita berempat pun melihat sunrise yang sayangnya tertutup awan hitam yang besar.




Akhirnya satu malam di puncak yang penuh rasa dingin itu terlewatkan dan tibalah hari dimana kami akan turun gunung...


No comments:

Post a Comment