Friday, July 11, 2014

Penaklukkan Gunung Merbabu - Puncak ~ Basecamp


Waktu pagi di atas gunung ini masih terasa dingin. Angin masih bertiup dari mana mana padahal matahari sudah muncul.. seharusnya udah anget tapi entah kenapa tubuh gue masih kedinginan.. gue ngeliatin temen temen gue mereka keliatan fine fine aja seolah gada terpaan angin yang menusuk tubuh hingga tulang.. gue langsung khawatir.. apa jangan jangan gue kena flu tulang.. masa iya sih cuma gue yang masih berasa kedinginan.. gue beneran khawatir disini, masalahnya badan gue itu kena panas langsung sinar matahari dan gue beneran ngerasa anget.. tapi itu bagian luar kulit gue, entah darimana asalnya yang jelas tubuh gue kedinginan, gue ngelepas jaket karena mengira jaket gue basah tapi engga.. yang ada gue malah makin kedinginan.



Menjelang agak siang pas banget matahari udah kembali berada di atas, kali ini gue ngerasa anget.. inget.. anget.. bukan panas.. padahal matahari seakan deket banget tapi tetep disini cuma ngerasa anget dan bukan panas. Angin masih berhembus.. tubuh gue masih diambang ngilu antara emang dinginnya beneran nusuk atau kena flu tulang.. gue cuma bisa berdoa dan pasrah aja kalo emang udah beneran kena.



Setelah beberapa lama, sekitar jam 9, kita semua bebenah barang sembari ngebakar sampah sampah. Disini gue udah merasa amat gaenak badan, seluruh tubuh gue kaku dan kepala gue sangat pusing.. gue gatau kenapa tapi kalo gue inget lagi.. gejala flu tulang adalah ketika bangun, seluruh tubuh akan berasa kaku.. gue sudah memasang siaga 11 disini..

Selesai ngebakar sampah sampah, sebelum turun, kita nyempetin waktu buat foto di daerah sabana. Disini jujur aja.. hawanya sudah mulai panas dan sangat terang.. angin dingin tetep masih ada tapi panasnya juga sangat membakar, sebenernya kulit kita semua itu kebakar tapi karena adanya angin dingin, kulit sama sekali gak kerasa kaya kebakar.

"Yo turun, inget loh kalo turun itu lebih berat dibanding naik"

Kenapa begitu? jadi gini teorinya.. ketika lo naik gunung, yang bikin lo cape adalah lo belom tau medan dan begitu ngeliat.. oke lo tau kaya gimana di depan sana dan lo masih bisa memilih antara naik apa engga tetapi kalo udah yang namanya turun.. lo udah tau medan lo kaya gimana dan oke.. lo tau persis akan seperti apa lelahnya dan lagi.. lo gabisa milih untuk turun atau engga karena kalo lo engga turun.. sama aja lo menyiksa diri lo buat merasakan angin malam berikutnya.



Kita pun memulai turun gunung pertama hari ini... Gue berada di posisi paling depan dan memimpin pasukan dalam hitungan kurang dari 10 detik....... setelahnya gue langsung duduk di pinggiran dan menahan kaki yang gemeteran karna harus menopang tubuh selama turun ke bawah dan gue harus melakukan ini untuk 7 jam ke depan..

Gak lupa lagi.. satu masalah terberat kita kali ini adalah persediaan air minum yang benar benar dalam kondisi kritis stadium 4 pangkat 2. Botol yang tersisa adalah 2 buah dengan isi air yang cuma setengah masing masing sementara kalo mau ngisi air itu cuma ada di pos 2, ini merupakan bencana terbesar karena kalo gue inget rute serta medan dari pos 2 ke puncak ini.. itu bisa sampe 4 jam turun gunung.. Gila banget kalo turun 4 jam tanpa melakukan pengisian air.

Gue turun gunung melewati tebing tebing bebatuan dan pasir.. kali ini sendal rumahan gue yang udah alus itu semakin sering ngebuat gue kepleset ditambah kaki gue yang gakuat buat nopang tubuh ini bener bener udah diluar kendali.

"Sini wy kita tukeran ja sendalnya"
"Ah gausah pik.. nanti kamu malah jatoh jatoh"
"Gapapa aku bisa kok, daripada kamu gemeteran gitu, gausah sok kuat"

Oke.. gue emang gaboleh sok kuat disini.. jujur aja deh daripada kenapa napa..

Akhirnya gue make sendal gunung Topik. Lumayan enak ternyata ya sendal gunung.. recommended abis deh, yaiyalah namanya juga naik gunung. Gue pun jalan lagi, Ogie, Bagas, Ali, Umami dan mas kesasar kemarin udah berada jauh di depan. Semakin turun gue ngerasa kepala gue semakin berat, pusing.. pusingnya semakin jadi tapi gue gatau pasti karena apa.. gue sempet maksain jalan turun karena waktu itu posisi gue emang berada di tengah tengah dan sendirian.. gue maksa turun sebentar dan tiba tiba pas banget di kanan gue jurang, pandangan gue sempet kabur dan menghitam. Tanpa ancang ancang, gue langsung jatohin badan dan duduk, gue panik kalo ternyata gue hilang kesadaran dan jatoh ke jurang...

"Kenapa wy?"

Adit bertanya dengan tampang seperti orang yang mau mati juga.

"Gapapa.."

Gue juga gakuat ngomong banyak, yang jelas gue cuma mau istirahat dulu yang agak lama.. parah, padahal ini baru setengah jam perjalanan..
Gak lama, rombongan Jati, Maja, Arafat dateng.

"Wy kamu ngerasa pusing gak sih?"
"Iya ja.. kamu juga?"
"Iya nih mana bau belerang juga lagi.."

Bener juga sih, bau belerang ini bikin pusingnya jadi dikombinasikan dengan mual.

"Mau muntah aku ja, mual juga.."
"Ni pusing kenapa ya.. apa gara gara nopang badan kalo turun..?"
"Bisa jadi, tapi ini sih gara gara kebanyakan makan indomie menurutku.. lagian juga porsinya gak banyak jadinya masuk angin.."
"Yowes yang penting ke pos 3 dulu aja, aku ada nata de coco, nanti makan bareng bareng disana"

Oke gue lanjut jalan.. maju sendiri ke depan dan berada sendirian lagi. Kali ini gue ngelewatin jalanan dengan selincah mungkin dengan harapan bisa merasakan nata de coco. Ditengah pikiran nata de coco gue, ternyata di depan itu gue dihadapkan oleh 2 jalur ke kanan dan ke kiri yang sebenernya nanti bakalan menyatu lagi. Pas berangkat itu gue lewat jalur yang kanan, seinget gue medannya pasir dan bebatuan dan agak susah, jadinya gue ambil jalur kiri. Di jalur ini tanah walau turunnya agak curam, beberapa lama gue jalan.. tiba tiba gue menemukan Fenomena Tisu Basah di sepanjang jalan ini.. gue khawatir..

"Jangan jangan ini tempat pembuangan..."

Emang tempatnya cukup strategis, kanan kirinya itu agak rada tinggi dan ga keliatan siapa siapa, orang orang yang terkena panggilan alam pasti bakal milih tempat ini buat meluapkannya. Gue akhirnya terus jalan dan bener aja sumpah itu tisu basah makin banyak daaaann yang lebih gue takutin lagi adalaaaaahhh..... LALET DIMANA MANA!!! Hewan ini sudah menjadi saksi mata cukup crucial karena itu berarti gue deket dengan ampas buangan tersebut tapi.. ah masa iya sih di jalanan? biasanya kan orang orang abis ngeluarin "itu" langsung dikubur di dalem tanah.. apa jangan jangan dia nguburnya gak total?

Di tengah pikiran gue itu.. gue melihat dengan mata kepala gue sendiri dengan jarak sekitar 1 meter, gue terpana.. gue sadar.. gue salah ambil jalan.. tapi itu semua sudah terlambat.. bongkahan lembek dan sedikit encer coklat atau lebih tepatnya TAI itu sudah berada di depan gue. Sekeliling gue adalah lalat yang ternyata mendekati sasaran utama mereka. Gue sempet terbujur kaku beberapa detik dan akhirnya mengambil keputusan buat ngelompatin itu jebakan lalu lari dan akhirnya ketemu persimpangan jalan jalur kanan dan menjadi satu jalur lagi.. gue ngeliat ke atas.. ternyata orang orang yang ada di belakang gue itu mengambil jalan yang sama kaya gue karena gue jadi patokan jalan mereka....

Akhirnya setelah lama dan pemaksaan kaki buat berjalan.. tibalah gue di pos 3.. disana semuanya sudah berkumpul.

"Loh Ogie sama Bagas mana?"
"Duluan tadi sama mas mas yang kesasar, katanya mereka laper mau buru buru makan nasi telor basecamp"
"......"
"OMYGOD NASI TELOR BASECAMP!"

Untuk saat itu, itu adalah makanan terenak dalam sejarah pendakian kami.

"Dah mending kita makan nata de coconya sekarang nih"
"Makannya ganti gantian ya muter, satu orang kejatahan 2 ya"

Gue makan nata de coconya.. emmmmm gilaaa seger bener sumpah.. itu adalah makanan recommended yang harus dibawa dalam pendakian, kenyal kenyal segar.. rasa kelapanya ngebuat pikiran fresh dan gue merasakan segar sementara walau masih berasa pusing dan gemeteran.

"Gini aja, ini kan air tinggal dikit banget, nanti aku turun duluan aja ke pos 2 ngisi air trus naik lagi, gimana?"
"Serius jat?"

Emang sih, persediaan air kita itu bener bener dibawah kebutuhan.. satu orang cuma bisa kebagian seteguk kecil dan itu sama sekali ga berpengaruh buat ngilangin aus. Akhirnya kita setuju dan Jati pun jalan duluan menuju pos 2.

Gue ngelanjutin jalan lagi dan berada di posisi depan, kali ini gue ngikutin jalur senaluri gue ngebawa gue aja, yang ada di pikiran gue kali ini cuma pos 2 dan air, pos 2 dan air, itu doang. Gue butuh air, akhirnya gue ngerasain banget seberapa pentingnya air buat kehidupan kita.. jangan pernah nyia nyiain air deh.. rasanya kalo kaya gini ada aer apapun di jalan bakalan gue minum.

Sampai di tempat yang agak lebar bisa buat istirahat, disitu gue langsung jalan tanpa berhenti bareng Arafat. Doi juga sama, di bayangannya cuma pos 2 dan air.

"Wyy Faaat berhenti duluu, Jati bilang ada aiir"

Mami tereak, ternyata di tempat tadi itu Jati lagi nyari air. Gue langsung duduk dan menunggu.. mendengar kabar itu seperti mendengar bahwa kiamat gajadi datang. Arafat juga langsung duduk dan kita berdua sama sekali gak bersuara apa-apa. Kita cuma menunggu.. nunggu dan tunggu.. kok lama ya.. udah sekitar 15 menitan kita nunggu, Jati muncul tapi gue ngeliat botol botolnya sama sekali gak ada yang berisi air.

"Ternyata bukan air bersih.. maaf yo"

Lalu Jati langsung lari lagi ke bawah menuju pos 2. Gue dan Arafat cuma saling liat.

"Lo ngebayangin apa yang gue bayangin gak pat?"
"Yang di bayangan gue tuh Jati dateng dan 8 botol itu keisi air dingin penuh semua.."
"Berarti beda, yang di bayangan gue tuh gue ngelempar lo ke jurang karena gue udah gila"

Akhirnya kita cuma bisa ngelanjutin perjalanan dan menyayangi tubuh kita sebisa mungkin. Gue saking gilanya.. setiap nemu turunan yang datar dan berpasir.. gue langsung duduk dan meluncur seperti naik perosotan, bodo dah gabisa ngerem dan nabrak yang penting gue sampe bawah...

Kita ngelewatin beberapa rombongan sekeluarga juga, dan kita jadi balap balapan dengan rombongan itu. Sempet sekali pas banget kita lagi istirahat, rombongan keluarga itu udah keliatan di belakang mau nyusul kita.

"Eh cepet nanti kesusul jadi malu"

Arafat langsung bangun, turun sambil lari dan dalam sekejap gue tau tau cuma ngeliat dia geletakkan di atas pasir.

"Ngape lo pat?"
"Gue pengen niat gak malu malah jadi malu maluin dah.."

Setelah ngelanjutin perjalanan lagi, kita nemu beberapa pohon kayu yang kita kenal banget itu adalah pohon waktu kita istirahat pas mau ke puncak.

"Ini kan..?"
"Wah berarti pos 2 dikit lagi dong!"
"Yaudah istirahat sek.."

Kita ngatur tenaga lagi dan istirahat, gue ngeliatin muka mukanya udah gada yang enak.. Pas lagi enak enaknya duduk, gue ngedenger ada pendaki yang lagi naik sementara gue duduk di tengah jalannya. Mau bangun aja susah, kaki sakit. Ternyata pas banget gue mau maksain bangun.. itu pendaki adalah 3 sosok malaikat surga yang membawa botol berisi air dingin buat kita.. Jati, Topik dan Ali.

"WAAA AIIIRR!!"
"Yo ini ada banyak, pos 2 dikit lagi kok"

Gue langsung minum dan habis setengah botol, itu adalah air tersegar dalam hidup gue. Setelah itu kita kembali duduk dan ngobrol ngobrol sedikit.

"Ayo lanjut, inget nasi telor basecamp"
"Waduuhh jadi laper kan.."
"Ya anggep aja itu penyemangatnya"
"YOOO!!"

Lanjut turun... setelah banyak rintangan dan gue bisa laluin tanpa istirahat karena tubuh sudah terisi air.. kita sampai di pos 2. Pemandangan tenda dimana mana itu ngebuat gue kangen padahal baru gue tinggalin sehari. Gue langsung duduk istirahat menghela napas sementara Jati ngebuatin super bubur karena emang tinggal itu makanan tersisa.

"Seenggaknya makan bubur dulu biar keisi perutnya trus ga pusing"

Gue duduk nunggu aja sambil terengah engah, baru beberapa lama gue duduk tiba tiba angin mulai menerpa tubuh gue lagi, padahal gue make jaket dan sarung tangan.. gue ngeliatin temen temen gue, mereka biasa aja.

"Mi kamu ngerasa kedinginan gak?"
"Engga sih biasa aja"

Kembali gue kepikiran, jangan jangan gue beneran kena flu tulang.. masa iya angin begini doang tapi gue ngerasa kedinginan.. gue langsung nyari spot yang terang dan langsung kena sinar matahari. Ada, gue langsung duduk disitu, sumpah itu anget banget. Tapi kalo kelamaan gue yakin kulit gue bisa kebakar, tapi kalo gue pergi dari situ gue bakalan kedinginan lagi, tapi kalo.. aaaahhh.

"Yo makan nih udah siap"

Gue dengan lahap langsung makan itu bubur keburu dingin, pokoknya secepet mungkin kita bareng bareng abisin tuh bubur. Abis makan gue ngerasa rada enakan, badan gue udah mulai mau ngedengerin gue dan ternyata emang bener gue kurang makan. Gue tegesin, naik gunung gak recommended kalo semua makanan lo adalah indomie.

Setelah itu kita langsung lanjutin jalan turun meninggalkan pos 2, kali ini rutenya gak seberat ke puncak jadi kita sudah bisa mengatur napas segampang mungkin. Jalan juga masih bisa diatur walau turunannya masih agak mengerikan.

Setelah lama berjalan, kita sempet ngelewatin satu turunan yang agak berpasir dan terjal, disini terjadi kecelakaan hebat.. Jati turun dengan cepat sambil lari dan berhasil melewati rintangan dengan sukses, lalu Umami yang ngeliat itu langsung dengan sigap ngikutin juga dan doi lari turun dan berhasil melewati rintangan tapiiii.. dia gabisa ngerem.. di depannya ada jurang dan ada kemungkinan dia lari ke arah jurang dan jatoh.

"MI JURANG!!"

Umami ngejatohin badannya dan kita semua sempet panik, kepala Umami masuk ke dalam semak semak dan tubuhnya berada di pinggir jurang.

"HAHAHAHHAHAHA!!!"

Itu adalah ketawa ngakak pertama selama naik turun gunung.

"Asem cah ga iso ngerem aku.."

Seenggaknya kejadian itu bisa menjadi moodbooster sementara kami. Setelah itu pun gue selalu kebayang bayang karena kejadian itu persis kejadian di depan mata gue.

Kembali lanjutin jalannya dan kita pun ngelewatin berbagai tempat yang kita inget di bagian mana dan sejauh apa dari pos 1 dan basecamp, yang ngejutin cuma kali ini kita bisa ngeliat dengan jelas seberat apa medan waktu kita naik ke pos 2 karena waktu itu malem dan ga keliatan apa apa.

Satu hal yang gue gabisa acuhkan adalah kalo ketemu pendaki gunung yang mukanya masih keliatan seger seger. Gue ngebayangin apa yang akan terjadi pada mereka kalo mereka ngedaki dari pos 2 ke puncak.. mungkin akan sama seperti kami. Ditambah lagi gue nemuin pendaki yang cukup unik seperti gue nemu pendaki yang naik dengan ngebawa tas di taro di kayu dan mereka megang itu kayu berdua seperti ngebawa buruan hewan dan diikat terbalik di kayu, ada lagi anak kecil.. bener bener kecil mungkin masih SD kelas 3 dan dia mendaki gunung dengan bersemangat, gue iba jujur.. apa yang akan terjadi dengannya nanti gue gamau tau..

Setelah lama berjalan kita akhirnya tiba di pos 1 lalu beristirahat sebentar dan langsung pergi lagi. Jalur dari sini mulai berat lagi karena turunannya agak curam dan licin. Gue mulai tau trik buat turun cepet gimana.. rasanya turun selama 5 jam ini berhasil ngebuat gue mendapatkan sedikit trik supaya turunnya gak kebanyakan istirahat.

Sampai di tempat istirahat sebelumnya kita waktu naik, disini kita istirahat cukup lama.

"Masih jauh gak sih?"
"Engga kok, nah itu udah keliatan kota"
"Pokoknya patokan kita itu jalanan aspal yang udah dibikin dan ada makam"
"Iya itu berarti dikit lagi basecamp"
"Yaudah ayo jalan"

Arafat jalan duluan dan gue di belakangnya.

"Pokoknya aku harus bisa ngasih tau bapak ibuku kalo aku bisa naik gunung"

Umami mulai nyeloteh.

"Aku bisa aku bisa! Wy tungguin!"

Umami lari.. gue gak balik badan, gue tau dia lari dari suara langkahnya dan gue cuma minggir dikit ngasih jalan buat Umami.

*GEDABRUK*

"Aduh cah.. aduh cah.."

Gue balik badan, Umami udah geletakkan di atas tanah.

"HHAHAHAHAHAHAH!!!!"

Ketawa ngakak kedua gue ini sukses dikeluarkan dan sukses menghabiskan energi yang sudah gue isi barusan.

"Asem aku ga iso ngerem cah.."
"Yo podo ket mau koe ga iso ngerem!"

Kali ini tubuh gue bener bener udah diambang batasnya. Kaki gue udah sakit buat jalan, badan ga kuat cuma mau istirahat, yang lainnya udah duluan ninggalin gue, banyak pendaki yang baru naik disini. Gue udah gak kuat, mendekati bawah gue semakin ga kuat karena turunannya makin terjal. Adit juga sama, semenjak dari pos 2 dia selalu turun dengan menggunakan botol sebagai alas dan dia meluncur bagaikan di salju meninggalkan jejak garis botol.

Gue sekarang tinggal bertiga bareng Umami dan Topik. Gue ga kuat, Umami juga.. Topik nemenin kita. Jalanan semakin jadi, turunan semakin meraja. Pendaki yang baru aja naik ngeliat muka kita mungkin bisa berpikir 2 kali buat gak jadi naek. Ditengah rasa lelah yang amat sangat itu, kita ngeliat Makam dan jalan aspal.

"DIKIT LAGI!!!"

Gue langsung melakukan jalan cepat di aspal itu tapi apa? Lo harus tau, jalanan aspal itu ternyata lebih berat ketimbang jalanan rusak. Karena jalanannya rapi dan rata tapi menurun, kaki lo semakin jadi buat nopang badan. Entah kenapa tapi itulah realitanya. Disini kaki gue jerit jerit, kalo dia bisa ngomong mungkin sekarang dia minta dilepas dan dicariin majikan laen yang lebih bisa menghargai bagian tubuhnya sendiri. Gue, Umami dan Topik turun sambil tereak pegel pegel. Kita akhirnya turun tanpa ngeliat jalur ke depan dan begitu sampe di perempatan.. kita merasa ada yang aneh.

"Kita dimana?"

Padahal udah di perkampungan penduduk tapi ga inget kalo sempet lewat sini, kita nyasar.

"Ya Allah udah sampe perkampungan ini dikit lagi.. masa bisa bisaan nyasar dah..."
"Kayaknya kesini"

Au ah kemana aja, gue udah ga kuat, gue berada di posisi paling belakang. Kaki sakitnya minta ampun.

"Oh ini dia mesjidnya!"
"Kok kita bisa lewat jalan sono dah??"
"Gatau.. udahlah yang penting dikit lagi ini"

Akhirnya kita turun lagi.. dan sampailah di basecamp. Gue langsung geletakkan dan terharu karena berhasil turun gunung. Gue mau nangis, inikah perasaan berhasil menaklukkan gunung sebesar itu? kaki gue adalah saksinya. Tubuh gue adalah korbannya. Tubuh? Ya, gue masih kedinginan.. kulit gue berasa ditusuk tusuk entah apa yang terjadi tapi gue udah merasa kena flu tulang. Ga peduli, yang penting sekarang ini gue udah berhasil Menaklukkan Gunung Merbabu.

Kematian di Basecamp


Timelapse I make on Merbabu Mountain




1 comment: