Friday, December 28, 2012

Observasi Baduy Dalam Day 1 ( Malam ), 12 Desember 2012

SORE - BADUY DALAM ( CIBEO )

Sore sekitar jam 5an gue sampe di Baduy Dalam atau Cibeo.. Begitu sampe, hal pertama yang gue cari adalah rumah yang akan gue tinggalin untuk satu hari kedepan..
Gue nyasar... dimana gue?? Gue berdua Desy nyari nyari
"Des gue kesana kali ya... Des.. Dess.."
Desy ilang, sialan gue di tinggal sendirian..
Gue jalan dan ngeliat banyak rombongan 60 perempuannya
"Wy!! Lu baru sampe!??" Tanya Cacing..
Menurut sudut pandang lo gue ini baru sampe atau habis membela diri ngelawan macan?
"Rumah buat cowo di belakang sana wy"
Wah jauh yah.. gue pun jalan melintasi rumah rumah suku Baduy itu..
Nomer 17.. 17.. nah ini dia akhirnya gue nemu rumah gue tapi yang janggal itu rumah gue depannya rame banget... ternyata warung.... gila abis bro.. rumah gue sarang warung dan tempat berkumpul mereka yang ingin jajan..
"Buset wy lu baru sampe?" itu komentar pertama yang gue denger dari temen kamar gue
"Iya nih, cape broo.."
"Kaki lu gapapa? nanti gue urut deh wy, lo mandi dulu sana rendeman di kali.. seger looohh" kata Ecal
"Lu uda pada mandi nih?"
"Udeeehh sana gih cepetan, tadi abis pada Gay Party anak cowonya.. mandi pada make sempak doang"
Wow ini luar biasa... sekumpulan laki laki yang mandi bersama di kali dengan hanya mengenakan sempak layaknya tarzan..
"Wy lu baru sampe?" Lana nyamperin gue
"Iya Na, eh anterin gue ke kalinya deh.. takut nyasar gue.."
Gue ditemenin Lana ke kali belakang.. disana gue liat banyaknya anak cowo sedang berendam bersama sama dengan celana dalam ataupun boxer...
Gue ikutan mandi dengan mengenakan boxer... pas nyemplung.. airnya dingiiiin tapi seger banget..
Alirannya deres banget... di tambah lagi itu aliran dari tempat yang cewe cewe.. jadi bekas mandi mereka atau apapun yang mereka buang akan kami terima dengan ikhlas hati...
Negthink.. Gimana pas kita lagi seger segernya mandi tau tau ada buaya yang kebawa arus dengan mulut kebuka nganga dan gue masuk kedalam perut buaya itu?
Gue mandi seger banget kecipak cipuk.. ngeliat Baba lagi duduk jongkok di atas batu macam tuyul nyari celana dalemnya yang hanyut kebawa aer..
Gue nyelem dikit ngebasahin muka dan rambut..
Gue cuma mandi sebentar aja soalnya kaki masih gabisa diajak seneng seneng..
Selesai mandi gue balik ke rumah gue dengan mengenakan baju ganti tentunya....

RUMAH BADUY NO. 17 

Di dalem rumah, gue istirahat duduk dan tiduran.. Ecal masuk kedalem
"Sini deh wy gue urut kaki lo"
Dia ngeluarin sebuah minyak dari dalam tas yang kelihatannya panas..
Di mata gue, Ecal terlihat seperti sedang tersenyum licik seakan pengen ngebunuh gue dengan cara ngasih minyak panas ke kaki gue dan di urut sampe mati
"Perban lo buka dulu deh, gue pengen liat lukanya"
"Lukanya gak gede cal cuma robek dikit, tapi urat urat dalemnya yang meletat letot"
"Yaelaah gitu doaangg.. sini deh lurusin kaki lo"
Gue lurusin kaki gue dan Ecal mulai beraksi dengan minyak jahatnya.. Kaki gue di urut.. panas dan sakit parah.. Pijetannya pelan, tapi dia nemu aja bagian sakit di kaki gue.. di pencet pencet, urut beeehhh cakep banget deeehh...
Kaki gue di urut sama Ecal, di samping gue Dimse ngeliatn kaki gue yang di urut.. sepertinya dia ingin di urut juga..
Selesai di u!rut akhirnya gua cuma bisa tiduran dan istirahat sementara depan rumah gua rame orang yang jajan

MALAM - RUMAH NO. 17

Sudah mulai gelap.. gue masih ngeliatin depan rumah gue yang rame akan orang yang jajan, yang gue lakuin cuma duduk bengong diem manis manja janda kembang
Pemilik rumah gue namanya Aldi, ya... Aldi.. nama yang cukup modern untuk orang pedalaman..
Serta sang istri yang gue gatau namanya siapa..
Penduduk BaDal rata rata cuma laki laki yang fasih bahasa indonesia sementara yang perempuannya cuma bisa bahasa sunda.. walhasil kita kita ngobrolnya sama kang Aldi..

KaMen dateng ngasih asupan gizi, kita bertujuh pun langsung menyerang bersama sama..
Rumah Baduy tidak ada lampu maupun listrik.. kita makan di iringi dengan lilin yang remang remang menimbulkan kesan homo asik bercanda ria
Ecal bawa senter tembak.. emergency lamp mungkin bahasa bagusnya..
Begitu lampunya dinyalakan.. Baattt.. SHIT!! Laron!! kita diserang!!
"Lindungi makanan!!"
"Dimengerti!!"
Kami bertujuh kewalahan menghadapi serangan laron tersebut.. jumlahnya sangat banyak dan mereka tidak henti hentinya menyerang kami
"Ecal! Awaaass!!"
"Aaaakkhh!!"
Ecal mulai kena serangan laron! dia yang megang emergency lamp nya
"Ecal lepaskan lampu itu!! Berikan padaku!"
"Tidak bisa! Aku tidak akan makan demi kalian.. Cepatlah makan sementara aku mengalihkan perhatian laron laron ini!"
"Tapi.. Ecal!!"
"Awy!! Jangan sia siakan pengorbanan Ecal... ayo kita makan sebelum laron itu kembali menyerang kita.."
"Ecal..."
Dengan berat hati kita berenam akhirnya makan tanpa Ecal, Ecal megangin lampu.. kita yang makan dengan hati yang sedih...
Selama kita makan, laron laron tidak ada mengganggu
"Kang pesen indomie rebus satu, goreng satu"
Sahut Dimse yang mesen indomie buat gue dan dia.. kita makan tambahan karena makanan asupan gizi nya kurang mengenyangkan
"Woi gantian pegangin lampunye booy"
Dimse kali ini yang megang lampu.. dia pun di serang laron
"Semuanya cepat makan!! Sekarang aku akan mengalihkan perhatian mereka!"
"Gak ah udah kenyang dim"
Indomie datang dan gue pun makan.. kenyang..
Lampu di letakkan di tempat yang agak jauh dan Dimse pun makan..

Selesai makan, KaMen menyuruh kita berkumpul untuk melaksanakan mentoring
Kita bertujuh di tambah beberapa anak IPS seperti Abim, Adam Cadel dan beberapa orang lainnya
Disini daripada disebut mentoring, lebih tepatnya sharing karena KaMennya kebanyakan cerita cerita yang seru serapah
Dia cerita tentang mitos Baduy tentang ular, rumah di atas tanah dan cara penguburan mayat
Gue gamau bahas...

TENGAH MALAM, RUMAH NO.17

Mentoring selesai, anak IPS kembali ke rumahnya dan kita bertujuh mulai ngantuk
Tetapi sebelum tidur, kita bertujuh sepakat ingin buang air pipis dulu..
Senter di tangan dan kita pun berangkat menuju kali belakang tempat mandi tadi sore..
Di tengah perjalanan yang sangaaat gelap dan hanya ada lampu dari senter itu tiba tiba Rafdi megangin tangan gue
"Emm.. serem wy"
"Iya Raf"
Rafdi ternyata takut.. gue juga.. kita juga.......
Sampe di kali ternyata serem banget, gue ga nyangka gue mandi di tempat seserem ini
Gue, Ecal, Ashar, Dimse, Faris dan Widian pipis disitu..
Penasaran dan tiba tiba gue ga sadar nyenter ke sekeliling tempat itu ngeliat liat hutan dikala malam
Tiba tiba dari belakang muncul tangan dan nepuk pundak gue...
"Wy... jangan..."
Ternyata Rafdi yang masih ketakutan...
Selesai pipis dan lega, kita jalan balik menuju rumah, gue paling belakang
Baru jalan beberapa saat tiba tiba gue denger suara Ssstt... Sssttt...
Apaan tuh? Gue gak deg degan.. anak anak di depan gue pada diem semua.. masa iya cuma gua doang yang denger? ah gue sok strong aja..
Gue nengokin ke belakang gak ada apa apa, nyenterin ke kiri gue gak ada apa apa.. kanan gue rumah
Yaudah gue diem aja sampe rumah..

Begitu sampe rumah, kita bertujuh pada diem.. entah ada apa masa sih kesurupan? bisa repot gue..
"Eh lo denger suara gak tadi.." Dimse ngebuka perbincangan
"Iya iya gua denger ada yang ketawa gitu.."
Ha? gue bingung.. ketawa?
"Ketawa? Gue malah denger ada yang nangis..."
Ha? gue makin bingung.. nangis?
Kenapa gue gak denger dan kenapa gak ada yang denger suara panggilan sst sst.. ada berapa setan disana? mungkin lagi pada ngerumpi membahas target yang akan di takut takuti
"Udah udah! gausah di bahas.. tidur tidur"
Akhirnya kita pun tidur dengan perasaan was was...
Di rumah baduy gue itu ada 3 orang lelaki baduy yang sedang ngumpul dan ngobrol.. kita ngobrol cuma sebentar dan tidur
Sebelum tidur kita bertujuh make semacam autan buat anti nyamuk...
"Disini gak ada nyamuk dek.." sahut orang baduy itu...
Yaudah gapapa, kita semua batu dan tetep make.. akhirnya tertidur deh
Gue belom tidur.. terus gue denger perbincangan mereka.. ga ngerti sih soalnya bahasa sunda tapi yang jelas mereka ngomongin kita.. mungkin kalo di translate seperti ini
"Eh itu yang di tengah ganteng yaa.."
"Iiihh gantengan yang di sebelah kanan kaliii.."
"Hmm.. kayaknya gantengan kamu"
Walahi maafkan saya, ini hanya jokes belaka

Tidur di Baduy memang nyaman.. entah ini karena kecapean apa karena ketakutan tapi gue selalu kebangun entah gelisah kenapa.. sempet bangun dan gue merasa belom melek.. Gelap!!!! lilin mati... takut.. tidur....
Pagi pagi mungkin sekitar jam 4an... gue bangun dan...
Well.. gue tidur deket pintu masuk dan kaki gue itu pas di depan pintu.. DINGIN!!!!
Kaki gue beku banget rasanya...
Gue ngebuka mata dan di depan muka gua persis banget dan jaraknya sangat dekat ada muka Dimas..
Gue panik.. ya ampun hampir kami berciuman... akhirnya gue balik badan dan tidur..
Sebelum gue berhasil tidur lagi, gue denger ada suara kucing..
"Meooong.. meong..."
Deket banget... serasa di sebelah kepala gua.. setau gue gak pernah liat kucing di Baduy.. apa gue merupakan orang terpilih buat ngedenger suara itu?
Negthink.. Jangan jangan siapapun yang mendengar suara kucing itu akan menjadi pahlawan yang mengalahkan makhluk jahat pengganggu masyarakat Baduy Dalam dan tinggal disitu selamanya..
Gak lama setelah gue tidur, si Dimas ngebangunin gue di tengah dingin yang melanda
"Wy... dingin..."
Cobalah ngebangunin gue dengan kata kata yang normal.. cara lo ngebangunin gue "wy dingin.." itu seperti seorang homo yang butuh di hangatkan sementara orang yang lo minta itu juga lagi kedinginan
Gue kasih jaket gua yang gak dipake, dia pun nutupin badannya make jaket itu..
Gak lama dia balikin
"Jaket lu basah wy.. menggigil gua"
Mana gua tau kalo jaketnya basah... yaudah gue kasih sarung gue yang gue jadiin bantal, sungguh mulia hati gue yang mementingkan teman ketimbang diri sendiri..
Selesai mengurusi homo nyasar, gue pun tidur kembali

No comments:

Post a Comment