Friday, December 28, 2012

Observasi Baduy Dalam The Day before Day 1 ( My Unlucky Noon )

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh...

Salam sejahtera bagi kita semua dan perkenalkan saya adalah pemilik Blog ini yang ingin sekali membahas pengalaman saya selama Observasi ke Baduy dalam..
Sama halnya dengan post Study Tour Bali - Jogja sebelumnya.. gue pengen nyeritain hari sebelum hari pertama ke Badui dulu agar pembaca bisa mengerti betapa sedihnya perjuangan gue selama ke Baduy..

#The Day before Day 1 to Baduy Dalam ( My Unlucky Noon )

Inilah dia.. Hari ini adalah hari Selasa dan di sekolah gue gak ada pelajaran.. lebih tepatnya Class Nganggur
Hari ini gue dateng ke sekolah dengan maksud ingin remedial pelajaran Kimia.. well gue emang rada goblok sama pelajaran itu..
Semaleman gue udah belajar mati matian hingga larut.. gue siap banget ngadepin remed
Selain remed, siswa kelas 3 emang di wajibin dateng buat dikasih wejangan dari guru sebelum berangkat ke Baduy
Gue dateng ke sekolah.. nunggu beberapa jam di kelas.. menunggu kabar untuk remedial yang tak kunjung datang
Di kelas gue cuma bengong dan duduk diem manis manja..
Yah anak anak kelasan pada bepergian kemana mana, nganggur sih gak ada kerjaan.. semua punya kesibukan masing - masing..
DimSe.. temen gue yang paling gak bisa diem dan riweuh itu komat kamit pengen remedial Biologi, tapi sang guru sedang sibuk mengatur jadwal Baduy karena panitia jadi dia disuruh nunggu sampe jam 10
Wah wah kasihan sekali dia.. ah untung gue gak remed Biologi..

Gue duduk diem di kelas, ditemani Prima ngobrol ngomongin Baduy seperti apa kira kira
"Lo ke Baduy bawa apa?"
"Baju ganti.. celana dalem"
"Gua juga tau goblok"
Di tengah sepi itu tiba tiba anak kelasan gue pada masuk ke kelas
"Wah ada apa ini? Apa remedial sudah dimulai?"
Ternyata engga.. Sarski, Ertika, Farah dan sebangsanya itu mau ngerundingin masalah buku tahunan kelas, yah sudah gue ngedengerin aja mereka ngobrolin itu
Gue masih gak sabar nungguin remed, kaki gue gabisa berenti gerak, tangan gue gabisa diem, badan gue goyang goyang, kepala gue muter muter.. ternyata gue ayan..

"Guuysss remed kimianya gak jadiii, Bu Yuli nya sibuk ngurus Baduy, SAS dan nilai UAS"
Kracckk..!
Gue denger ada retakan hati gue...
Gatau harus seneng atau sedih.. Senang karna gak jadi remed atau sedih karna gak jadi remed.. ah itu kan 2 hal yang sama wy? entahlah makanya gue bilang gue gatau harus seneng atau sedih..
Yasudahlah gapapa, gue jadi bisa nganggur di sekolah..
Gue ngobrol berdua sama Prima, Nadira di belakang gue lagi sibuk banget bernarsis ria dengan iTouch entah milik siapa dan tiba tiba datanglah sesosok gadis cilik nakal yang mungkin kalian tau kenakalannya jika sudah membaca post Study Tour Bali - Jogja
Dia dateng, hawa gue uda gaenak.. mau apa dia?
"Wyyy gue mau curhat nih.."
"Yaudah apa?"
Kebetulan gue lagi ngantuk butuh dongeng tidur
"Jadi gini wy.. gue blablabla gituuu.. trus tau gak siihh dia tuh kaya blablabla.. kan gue jadi agak keseeel blablabla..."
"Hmm.. ho oh ho oh.. trus?"
"Yaa gue kan blablabla wyy.. jadinya tuh blablabla.."
"Ooohh jadi blabla lo itu blablabla kan? hahaha yaudah blablabla ajaaa"
"Iiihh kok blablabla sih? gue kan ga ngertiii blablabla gituu.. lagipula kalo blablabla nya gitu ya masa gua blablabla.."
Yah ternyata masalah Ertika adalah blablabla.. makanya gue ngedengernya juga blablabla..

SMAN 60 JAKARTA - RUANG AUDIO VISUAL

Disini anak anak kelasan IPA di panggil dan berkumpul untuk diberikan wejangan... waktu menunjukkan pukul 11..
Wejangan di berikan dan kita semua mendengarkan dengan seksama..
"Jadi nanti kalian selama ada di Baduy harus jaga sikap.. jaga omongan dan jangan buang sampah sembarangan.. merokok juga tidak boleh.. karena disana ada hukum adatnya.. kita harus sopan dan menghargai adat istiadat mereka.."
Hmm.. disana itu kita semua diharuskan menjadi anak anak baik... entah apapun caranya pokoknya jadilah anak alim atau kalian kena kutukan orang sana...

Selesai diberikan wejangan, kita semua di bariskan di tengah lapangan siang bolong untuk melakukan upacara pelepasan..
Panas.. ya memang.. siang bolong.. hati gue juga bolong..

Selesai pelepasan, semua anak dipersilahkan pulang ke rumah untuk prepare Baduy dan inilah akar dari permasalahan gue di Baduy..

- PERJALANAN PENUH DERITA -

Gue pulang bareng Widian, Lana, Eldi dan Baba..
Gue naek motor bareng Widian.. Gue yang ngendarain.. Baba, Lana dan Eldi niga..
Kita jalan bareng, niatnya sih pengen belanja dulu di indomaret kan..
Baba Lana Eldi ngilang.. yaudah akhirnya gue berdua ke Indomaret beli tissue basah..
Selesai akhirnya kita menuju rumah gue dan ketemu Lana dan Eldi di tengah perjalanan.. Baba udah di balikin ke rumahnya
"Wy ke CiMall yok kita mau belanja nih!" Kata Lana
Yaudah gue ngikut kan tuh akhirnya bareng mereka.. Kita berempat
Di tengah perjalanan kita asik bercanda canda.. Bahkan kita sempet ngeliat satu mobil yang penuh dengan perempuan..
Ya kita bahas lah bareng bareng
Jalanan lagi sedikit agak kosong gue jalan kenceng, Lana Eldi di depan gue tiba tiba mereka ngerem dan gue bengong...
Gue ngerem mendadak dan Gedubraaaakk
"Awy!!!"
Gue jatoh dari motor, Widian guling guling di depan gue...Kepala gue yang sudah terbungkus helm itu ternyata percuma karna dagu gue yang kena bantingan..
Eldi dateng ngehampirin gue dan Lana nyetop motornya..
Kita pergi ke pinggir, motor Widian injekannya patah,,
Gue ngecekin badan gue, cuma dagu yang berdarah, lengan kiri lecet, kaki kanan gue robek dan kepala pening..
"Waduh wy lo gapapa kan?"
"Gapapa.."
Gue uda gatau deh tuh harus gimana, penglihatan gue udah mabur.. agak gelap tapi gue coba tahan..
"Yaudah wy kita ke rumah lo dulu.."

Akhirnya gue dibawa pulang sama mereka bertiga.. gue di bonceng Widian.. si Widian keseleo tangan kanannya.. Selama di perjalanan gue udah keliyengan.. tangan kiri gue agak pegel..
Sampe di rumah gue duduk di teras.. Widian kebingungan pengen ngebenerin motornya
"Bawa ke bengkel aja"
"Ah mahal kan kalo ngelas begituan.."
"Coba aja dulu ayo deh kita temenin, wy lu disini aja"
Rumah gue kosong, gak ada orang.. gue jaga rumah akhirnya..
"Gue kaga ada duit bro buat bayarnya"
"Nih pake duit gue dulu aja"
Gue pinjemin duit gue, lagian gue juga kan yang ngerusakin motornya dia.. Cukuplah untuk ngebenerin semua kerusakan yang ada
Widian Lana Eldi pergi bertiga ke bengkel.. Badan gue sakit semua pengen gerak.. akhirnya gue tiduran di teras rumah dengan sakit sakitan..

Gak lama mereka bertiga balik..
"Wy kok lu tidur disini?"
"Ehiya ketiduran, gimana? bisa?"
"Udah wy tuuhh uda kepasang"
"Itu doang tuh yang di benerin??"
"Kaga, stang gue miring, di benerin juga.. Sama ini lampu pecah, skotlet aja tapi minggu depan"
"Yaudahlah gapapa kalo gituh, pada pulang dah gih prepare buat besok"
"Yaudah wy lo gapapa kan? di urut wy biar sembuh"
"Iye Lan nanti gue urut"
Mereka pun pulang, gue masuk ke dalem rumah dan gue mandi.. betapa sakitnya luka luka ini terkena air...
Selesai mandi gue tiduran di kasur.. luka luka gue yang kebuka itu perih.. kesentuh sakit.. gue kasih betadine aja dan gue hansaplasin buat nutup sakitnya..
Gue diem dan kepala gue uda pusing berat.. gue gabisa prepare sekarang.. akhirnya gue istirahat...
Gak lama kaki kanan gue sakit.. kram.. beuuuhh ngape nih?? belom juga ke Baduy.. gue urut sedikit dan agak baikan.. gue tidur akhirnya buat ngilangin pusing..
Begitu soreny gue bangun.. kepala gue masih pusing malahan pening... rasanya cekit cekiit cekit cekiiit

Malamnya gue minta di panggilin tukang urut.. Gue harus urut.. mau gak mau... kalo begini terus bisa bahaya gue di Baduy
Tukang urutnya dateng dan gue minta urut kepala dulu, pening gak karuan.. gerak sedikit sakitnya bukan main..
Pas di urut. duh. gak nahan banget deh sakitnya itu kepala...
Lanjut di urut kaki gue dan beberapa bagian tubuh gue..
"Ini belikat kamu ada yang salah ini"
Gak sekalian bilang otak gue juga salah... Kaki gue di urut, sakit banget.. salah urat.. gila padahal lukanya robek biasa doang..

Selesai urut gue langsung prepare buat ke Baduy..
Gue harus stand by di sekolah jam 4 pagi.. itu waktu yang menyedihkan..
Waktu menunjukkan pukul 12 malam.. akhirnya gue tidur di iringi sakit di tubuh gue..

No comments:

Post a Comment