Friday, December 28, 2012

Observasi Baduy Dalam Day 1 ( Siang ), 12 Desember 2012

PAGI - RUMAH SENDIRI

Pagi hari gue di bangunin nyokap gue dengan keadaan panik
"Kak bangun!! cepet nanti terlambat!!"
"Hah? Emm iya bentar hoaahh"
Begitu gue liat jam buset masih jam 3 pagi.. emak gue ngiranya jam 4 pagi uda harus berangkat ke Baduy kali..
Gue bengong sementara di atas kasur, terdiam meratapi kaki kanan gue yang masih ngilu ngiluan
Selesai bengong dan meratapi nasib, gue mandi di kamar mandi.. airnya dingin tapi sakit begitu kena luka di kaki.. apalagi di hati
"Kak itu kaki kanan kamu di perban aja ya supaya lukanya gak kena tanah gitu, takut infeksi"
Well gapapa deh gue turutin kata kata nyokap, gue perban kaki gue akhirnya.. lagian itu luka kesentuh dikit sakitnya banyak
Akhirnya jam setengah 5 gue berangkat ke sekolah dalam keadaan setengah sadar dan bawaan yang begitu berat

PAGI - SMAN 60 JAKARTA

Setibanya gue di sekolah, gue liatin betapa gelapnya disana..
Turun dari motor gue masuk jalan kaki diikuti irama ah. aduh.. awh.. kaki kanan gue sakit buat jalan...
Gue menuju koridor depan ruang avis dimana temen temen yang laen pada ngumpul..
Dateng lalu duduk, Ertika nyambut gue dengan tatapan wajah sinis bermaksudkan jahat.. gua uda bisa bayangin apa yang bakalan terjadi nanti kalo gua deket deket dia.. bisa bisa kaki kanan gua ilang
"Kaki lo kenapa?"
"Jatoh dari motor kemaren sama Widian.."
"Haaahhh jatoh dari moootooorr? sama Widiaaan?"
Jawaban gue di tanggepin dengan banyak orang yang berkumpul di koridor situ, kenapa? apakah itu suatu hal mistis? fenomena yang jarang sekali terjadi? ini tidak bisa di biarkan...
"Trus lo naek gunungnya gimana?"
"Jalan kaki"
Gue nunggu lama disitu, ngeliat jam sudah mendekati jam 5.. Banyak anak mulai berdatangan seperti anak kodok dan anak nyamuk
Farah dateng ngebawa plastik berisi sekitar kalo tidak salah 3 Aqua 2 liter, 4 aqua 1 L, dan 1 Pocari Sweat.. Ada apa denganmu? sudah kehausan sebelum sampai ke Baduy?
Waktu sudah mendekati pukul 5, gue masuk ke dalem bis.. Tentu, gue gak duduk di belakang.. masih ingat dengan kelemahan gue naik kendaraan kan? kali ini gue di tengah karena si Ertika minta disitu, yaudah gue turutin aja..
Gue duduk bertiga bareng Ertika dan Farah, depan gue Prima, Sarski, Sarpam belakang gue Rifqy, Mikyal, Ithan
Tapi berjalannya waktu si Rifqy pindah ke belakang, Sarski gabisa dieman orangnya.. dia kemana mana
Sebelah kiri korsi kita ada April, Sari, Thazza, Hervina.. lumayan.. apalagi April, dia sumber makanan gue selama di Bali..
Gue nunggu di dalem bis sekitar satu jaman.. ya cukup lama menunggu keberangkatan selama satu jaman.. untunglah gue masih berada di jaman yang sama
Ngaret.. sudah jam 6 tapi masih belum berangkat.. Tour Guide pun menjelaskan apa yang akan di lakukan selama disana
Oiya gua ada di bis 2, tour guide gue sesosok perempuan berkerudung merah bernama Weny
Bis mulai berjalan, Pak Masykur pun memimpin doa agar kita semua selamat di perjalanan namun gue ga yakin bakalan selamat dari rasa mual

TENGAH PAGI - BIS 2

Baru aja keluar sma 60 dan menanjak ke atas semua makhluk yang ada di depan belakang kiri gue mulai ngoceh aja.. doh gak bisa diem... ini lebih parah di bandingkan ke Bali
Yang gue bisa lakukan cuma diem dan menahan rasa sakit di kaki gue.. Prima di depan gue timbul dengan rambut yang berantakan dan wajah yang mupeng
"Berisik banget ya"
"Iya.. baru jam 6 lewat 7.. Tarohan yok Prim kira kira jam berapa mereka diemnya"
"Ayo kata guee jam 8!"
"Hmm.. jam setengah 8 kalo menurut gua"
Sepakat kita taruhan dengan jam masing masing dan duduk mendengarkan ocehan mereka sambil menikmati pemandangan yang tertutup siraman air derita oleh langit alias hujan
Waktu menunjukkan pukul setengah 7, anak anak diem
"Ha?" gue syok, cepat sekali mereka diemnya.. oh ternyata tour guidenya mulai menjelaskan tentang Baduy

"Jadi temen temen nanti kita selama di Baduy itu harus sopan dengan mereka ya.. ohiya udah tau kan di Baduy itu gak ada listrik? lampu, tivi, handphone gitu mereka gatau dan disana gak ada, jadi jangan ada yang ngeluarin handphone selama disana ya.. trus jangan merokok.. hormati mereka semua.. masyarakat Baduy itu pedalaman, masih belom tau banyak tentang dunia luar"

Gue ngedengerin sambil mata gue tertuju dengan sebuah gedung tua yang sudah ambulakral di luar jalan
"Orang Baduy banyak loh yang ke Jakarta, mereka ke Jakarta jalan kaki dan nyeker.."
Hah?? nganga gue, betah sekali mereka nyeker panas panasan gitu..
Modul observasi di bagikan, gue mulai ngebaca satu persatu, gue buka jadwal dan tertera bahwa jam 11 malam akan tiba di sman 60 besok.. waw malem malem nich...
Gue ngebuka lagi dan ngebaca medan perjalanan menuju Baduy dalam
1) Datar  ; 0 - 10%
2) Miring ; 10 - 45%
3) Terjal  ; 5 - 75%
Jalanan berbukit, bergelombang naik turun dengan tanah merah

"Oiya selama di perjalanan kalo gak kuat kalian boleh nyewa Porter kok.. Porter itu jasa ngangkut barang.. orang Baduy dalam yang jasa.. mereka ngebawain barang barang kita kalo gak kuat.. soalnya jarak perjalanannya itu 16 km jalan kaki dan banyak tanjakan turunan"

Hahaha lebay banget make porter segala.. ini juga medan perjalanannya boong gamungkin kaya gini.. berlebihan ini mah, 16 km doang

~ saat itu gue gatau bahwa pikiran gue itu akan menjadi genjatan senjata berupa kemakan omongan ~

Gue emang gatau sebenernya 16 km itu sejauh apa jadi santai aja ga terlalu memikirkan medan dan kaki sebab di bis hanya mual yang menjadi satu titik pemikiran gue
Jalanan tol bis melesat cepat, anak anak mulai rewel pingin pipis lah apalah.. gua juga.. ingin menghirup oksigen layaknya ikan paus yang kelamaan maen di bawah laut

HAMPIR SIANG - MASJID AGUNG RANGKAS BITUNG



Tiba disini begitu turun, semua perempuan melesat menuju kamar mandi..
Pemandangan yang biasa itu dimata gue terlihat seperti segerombolan ibu ibu yang berpacu bersama dalam sebuah fenomena diskon
Gue keluar dari korsi pelan pelan menahan kaki sakit gue.. berjalan ke dalam masjid
Cukup besar masjidnya dan megah...
Gue masuk dan mencari dimana toilet cowo bersama sama sekitar 9 orangan..
Toilet di bagian depan di tutup... akhirnya kita mencari lagi
Misterius sekali.. toilet tidak ada.. kita bersembilan berjalan perlahan ke bagian belakang masjid sambil memegang obor, tiba tiba banyak kelelawar keluar
"Tiarap!!"
Serentak kami semua tiarap.. kami bercucuran keringat.. medan ini sungguh sulit.. dari samping terdengar suara naga mendengkur..
"Pelan pelan jangan sampai terbangun"
"Dimengerti!"
Akhirnya kita menemukan 4 buah kran air di bagian belakang tanpa toilet...
Gue gamau rugi, jalan udah jauh ke belakang, kena serangan kelelawar dan dengkuran naga.. akhirnya gue cuci muka disitu sebentar dan cuci tangan.. selesai cuci muka.. gue balik badan ternyata kosong!
"Mereka semua kemana!? Sial aku lengah.. aku tidak bisa menjaga teman temanku.."
Mungkin mereka lari di serang naga..
Gue jalan perlahan memperhatikan kanan kiri dengan waspada sambil memegangi tembok dengan hati yang was was atau lebih tepatnya nyasar...
"Ya Allah gue dimanaa.. nyasar di masjid.. sungguh alim diriku ini.."
Gue jalan masuk mengenakan sandal tanpa sepengetahuan gue kalo gue uda ngelewatin batas suci..
Ada seorang pria yang lagi santai santai tiba tiba ngeliatin gue.. gue balas tatapannya.. mata kami pun bertemu.. inikah cinta? aku tidak menyangka bahwa dia adalah seorang homo dan aku kena wabahnya
"Dek itu batas suci"
"Oh maaf mas maaf..."
Gue lepas sendal dan jalan ke bagian depan sedikit dan ternyata toiletnya terbuka...
Gue masuk kedalem dan buang aliran air jahat dari hidung atau ingus
Begitu ingin keluar, gue bersama sama Ashar dan lainnya ditagihin duit 1000.. Gue cabut gak bayar.. lah buang ingus bayar?
Akhirnya gue kembali ke bis dan perjalanan pun dilanjutkan

SIANG - BIS 2

Perjalanan berlanjut dan medan kendaraan bis semakin menjadi jadi.. kali ini banyak goyangan yang berbahaya.. Bis terombang ambing.. begitu juga perut dan kepala gue..
Gue diem melotot dan lampu tanda bahaya gue mulai menyala merah seperti Ultraman
Ertika di sebelah gue mengeluarkan sebuah botol jahat berupa lotion panas untuk tubuh
Baunya....... tidak bisa diungkapkan dengan kedipan mata...
"Woy bau anjeeeh gua lagi muaal!"
"Enak tauuu coba pakee deeh ini disuruh sama cowo gue make ini.."
Permasalahan disini adalah bukan disuruh cowo lo make atau gua yang make...
Gua udah gak tahan... baunya semakin jadi... akhirnya gua ngeluarin Pringles dari tas gue..
"Nih mau pada makan gak?"
"Mauuuuu!!"
Bagus, gue berhasil mengalihkan perhatian mereka.. Ertika juga selesai make losiennya.. tapi baunya kemana mana
Di sela sela pemikiran keras gue itu tiba tiba.. Gajlukk!!
Muaahhsyyaa Allaaaahh..... ape tuh? gajlukannya dalem banget... gua mau muntah..
Tuhan.. terimalah aku sebagai hambaMu yang paling beriman...
Akhirnya gue memutuskan untuk tidur...
Tidur gue di iringi dengan irama gonjang ganjing.. tetapi berhasil pada akhirnya.. begitu gua bangun sudah tiba di Ciboleger
"Bis 2!!"
"Enjoy The Trip!!"
Teriak satu bis yang merupakan slogan dari tour guide itu.. gue gabisa enjoy sama sekali

SIANG - BADUY LUAR ( CIBOLEGER )

Sampe di Baduy Luar atau Balu biar gampangnya, gue di bangunin Ertika
"Wy bangun udah sampeee.. Wyyy banguuuun"
Alhamdulillah dia sudah belajar dari pengalaman di Bali...
Gua bangun dan melihat depan mata gue ada alfa mart, gue dimana?? Baduy?? Modern..
Prepare gue ngepacking barang dan mengenakan jaket karena katanya Baduy itu dingin..
Gua keluar dari bis dan niat menghirup udara segar sambil merentangkan kedua tangan untuk merasakan hawa dingin dan sejuk.. tapi yang gua dapet cuma debu, sinar matahari terik dan keringet bercucuran.. ternyata panas.. inilah kebohongan pertama.....
Disini banyak anak anak kecil jualan tongkat untuk bantu jalan..
"Shar beli tongkat yo, lo ada duit gak? gue minjem dulu ya"
"Ayo ayoo"
Gue berdua Ashar beli tongkat.. ngedeketin satu orang bocah Baduy
"De beli tongkatnya dong berapa tuh?"
"Yang ini aja kak"
"Yang ini"
"Ini ini"
"Ini bagus kak"
"Ini!!"
Dalam sekejap gue berdua Ashar di kelilingi anak anak penjual tongkat.. 5000 dapet 3.. Ashar ngambil 2 dan dia ngasih 5000
"Sana bagiin aja ya"
Tongkat gue bagus, gada seratnya dan enteng.. awalnya gue ngira itu tongkat gak bakalan berguna dan akan terbuang percuma.. tapi ternyata tongkat itu merupakan sahabat gue selama perjalanan menuju Baduy Dalam..gue kasih nama Smith
"Ayo semuanyaaa bariiiss!"
Kita di kumpulin dulu untuk di briefing lalu penentuan bis mana yang akan jalan duluan, ternyata bis 2, bis gua! yeeyy kita jalan tapi foto foto dulu pertama..


No comments:

Post a Comment