Friday, December 28, 2012

Observasi Baduy Dalam Day 1 ( OTW ), 12 Desember 2012


SIANG - PERJALANAN MENUJU BADUY DALAM

Kita mulai masuk perbatasan mulai perjalanan.. dengan gagah dan penuh rasa sok gue jalan berlagak mampu dan kuat
Perjalanan pertama adalah tanjakan aspal, well masih biasa lah gue sering ketemu di Jakarta..
Sampai di atas kita disuruh nunggu rombongan lainnya dan berbaris..
Selesai baris kita mulai perjalanan.. posisi gue paling depan, bener bener paling depan!
Jalan deh tuh.. gak lama sudah mulai memasuki wilayah gunung, jalanan tanah, batu dan rumput
Gue jalan pelan pelan dan gak lama napas mulai terengah engah.. inikah kekuatanku? cuma gini aja?
Satu persatu orang mulai nyusul gua.. tanpa sadar gue berada di gelombang kedua...
Gua masih kuat.. gua jalan di temani oleh Aaw dan Laras.. banyak anak anak yang sudah terengah engah
Aaw berhenti jalan dan terengah engah
"Ayo aw semangat!!" gue muna gue tau, gue juga uda ga semangat
Gue liat muka Aaw udah merah pucet pasi penuh keringet seakan berubah wajah
"Hahh.. hahh.. iya.. hahh.."
Gue jalan ngeduluin Aaw dan menyusul anak anak di gelombang pertama.. gak lama istirahat semua untuk menunggu rombongan lainnya
Gue duduk, di depan gue Ory yang juga sudah engah engah.. banyak sekali..
"Woohh duuuhh gila baru 3 kilo udah cape aja.."
"Belum juga 1 kilo tau.."
Kata kata tour guide itu membuat kami semua memalingkan wajah ke arahnya.. inikah tantangan untuk kami?
Jalan kembali di lanjutkan dan gue udah terengah engah.. jalanan ini full nanjak, belum ada yang datar, jelas saja lelah...
Gue jalan sendirian.. sebenernya gak sendirian tapi gue ngerasa sendirian karena udah buta sama sekeliling gue.. selama jalan cuma nundukin pala ngeliat medan dan hati hati.. jalanannya licin licin..
Tiba tiba di samping gue ada Ithan dan Farah, akhirnya kita bertiga jalan bareng..

Perjalanan Baduy ini melatih menjadi ansos.. jarang sekali ada perbincangan.. semua hanya memikirkan nasibnya masing masing..
Gue jalan bertiga bareng Farah dan Ithan, gak lama pada saat sedang menanjak dan agak licin, kaki kanan gue kepleset dan muncul rasa ngilunya.. Sial banget ga tepat timingnya..
Kaki kanan gue mulai sakit buat jalan, ngilu.. gue diem aja nahan sakit.. ngomong juga bikin cape soalnya.. gue jalan di bantu dengan Smith tongkat gue.. baik sekali dia
Ithan dan Farah mulai jauh ninggalin gue, gue berhenti sejenak dan mengistirahatkan kaki..
Lalu gue jalan lagi dan ketemu Malik, kali ini medan datar lurus dan terbuka lebar..
Tiba tiba gerimis... aduh kenapa coba..
"Wy mau make jas ujan gak?"
"Duh gimana ya masalahnya ini baru gerimis lik.."
Brrrrrr!! mulai agak deres, akhirnya kita neduh..
Gue berdua Malik jalan ngelewatin rombongan Ithan Farah dan Ory yang sedang mengenakan jas ujan..
Akhirnya gua berhenti, neduh dan mengenakan jas ujan.. jaket gue yang tebel itu gue masukin tas.. jadi makin berat deh..
Selama make jas ujan, gue berhenti cukup lama dan di susul rombongan
Jalan lagi, gue bareng Malik, di belakang gue Septy dan beberapa temannya.. jalanan becek dan berlumpur.. inilah yang berbahaya..
Kena becekan dan lumpur bikin kaki jadi berat.. rasa cape semakin bertambah..
Gue terus jalan dan jalan.. Malik makin cepet, gue ketinggalan...
Gue ketemu Fiki di jalan dan kita jalan bareng walau cuma sebentar...

Di depan mata, gue ngeliat ada sebuah tanjakan terjal sampe 85 derajat... komen gue "Ha"
Gila banget brooohh itu terjal abis... manjat itu mah...
Gua keinget kata kata tour guide

"Selama perjalanan berangkat ke Baduy nanti ada Tanjakan Cinta loh.. ada aja deh disana itu pasti ada yang jadian.. tapi medan tanjakannya susah banget, makanya disebut Tanjakan Cinta"

Daripada Tanjakan Cinta, ini lebih pantas disebut Tanjakan Neraka.. gak ada cinta cinta nya sama sekali
Gue mulai manjat dibantu oleh Smith.. tiba tiba gue kepleset dan Smith terjatuh..
Aaahh.. apa gue harus berpisah dengan Smith disini? ternyata tidak.. Porter ada di belakang gue dan dia berhasil nolong Smith.. Terima Kasih...
Disini gak ada yang nolongin maupun gue tolong.. sampe akhirnya pas gue kesusahan manjat, ada sebuah tongkat menjulur memberikan pertolongan.. gue kaget.. apakah ini jodoh gue? apakah gue akan terus bersama dia selama di perjalanan ini?
Gue mulai mendongakan kepala perlahan lahan dengan efek slow motion penuh senyum..
Begitu gue liat ternyata Ikhsan, seorang lelaki anak Rohis yang baik hati..
Gue pegang tongkatnya dan dia narik gue
"Makasih san.."
Gue lanjut jalan di ikuti Ikhsan dan beberapa temannya.. jalanan makin licin dan penuh tanah tanah..
Tanpa gua sadarin, gua sendirian.. mampus gue nyasar bisa panjang urusan nih..
Kaki kanan gue udah gemeteran.. gua duduk buat istirahat tapi kaki kanan gua sakit buat duduk dan di lurusin.. berdiri malah gemeter.. akhirnya gue jalan

POS PERTAMA ~ PERJALANAN BADUY DALAM

Gua jalan dan jalan akhirnya gue bertemu dengan Farah, Ithan dan Lana.. kita akhirnya jalan berempat..
Berhasil kami memasuki pos pertama sebuah perumahan Baduy juga.. disitu berarti sudah sekitar 7 kilometeran jalan...
Jalanan licin, Lana paling depan, belakangnya Farah, Ithan dan gue paling belakang...
Ithan jatoh jatohan.. gua ngeliatnya juga udah oleng olengan..
Gue tolongin dan gue juga di tolong inilah kerja sama....
Berhasil melewati pos pertama.. kita berempat bertemu lagi dengan musuh alami pejalan kaki.. Tanjakan..
Kali ini tanjakan licin.. Disitu gue liat mukanya Lana udah merah padam..
"Na udah jangan di paksa..."
"Ihiya whhyy.. duuh istirahat dulu istirahat dulu"
Gue ama Lana istirahat.. Ithan dan Farah nungguin..
"Gue istirahat dulu, lo pada duluan aja.."
Perban kaki gue mulai awur awuran... Kaki udah minta istirahat.. gue pun minum disini bareng Lana.. ini minum pertama gue setelah pendakian..
Lana nyiram kepalanya make aer
"Wiiiyyy cegeeerrr cegeeerr"
Gak lama Bowo lewat dan berhenti minta minum lalu nyiram kepalanya juga..
Gue sama Lana istirahat lama dan di susul banyak orang
"Ayo Na.."
"Entaaarr sabaar kita gak terakhir kok.. gak terakhir.. tenaang.."
Bilang aja lo masih gak kuat Lana...
Akhirnya kita berdua jalan lagi..

Disini gue bangun dan kaki gue gemeteran.. paksain jalan.. masa gua berenti disini..
Gak lama si Lana mulai jauh ninggalin gue, kembali gue sendirian..
Gue jalan dan jalan dan matahari sudah mulai menunjukkan kejahatannya...
Di perjalanan ini kaki kanan gue mulai agak keseleo.. gua jongkok dan urut sebentar.. disusul banyak orang... selama banyak orang lewat, suara yang terdengar selalu sama
Hahh hahh.. hoohh hoohh.. huahhh hahh.. huuuhh.. hahh hahh..
Sungguh musik yang indah..
Setelah jalan menanjak, gue liat deretan rombongan yang istirahat duduk di kayu pohon..
Gua ikutan duduk sambil istirahatin kaki gua
Disitu gue minum lagi, gak lama gue ngeliat ada Widian, Prima, Abim, Hana, Mikyal jalan dan duduk di samping samping gua.. wajah mereka tidak seperti biasanya...
Istirahat lama dan gue ngeliat satu orang lagi dengan wajah terengah engah, Cacing..
Kita semua minum dan lanjut lagi berjalan..
Gak lama setelah jalan kita istirahat lagi soalnya ada kaka mentor tour guide nya juga berhenti
"Ini mulai lewatin pohon ini kita uda masuk perbatasan Baduy Dalam"
Kita pun istirahat sebentar disitu sebelum melewati perbatasan.. gue ngeliat medannya turunan curam dan berbahaya..
Gua jalan duluan dan yang lainnya mengikutin.. licin, sakit, ngilu.. itu yang gua rasakan..
"Aaaaa!"
Ada yang jatuh.. ternyata Rahe.. kakinya kram.. waduh kasian sekali yah.. dia kesandung sepertinya..
Bervy berada di sampingnya memberikan berbagai kata kata motivasi agar tidak sakit lagi..
Apakah ini Kesandung Cinta?
Turunan makin licin dan gue bersama Smith kompakan jalan pelan..
"Waaw!"
Sarpam jatoh di belakang.. gue uda gak napsu buat ketawa.. senyum sudah cukup
Kita pun akhirnya kembali berjalan.. Gue jalan bareng Hana, Mikyal, Cacing, Widian, Sarpam dan beberapa orang lainnya
Tiba di sebuah pondok yang rame orang istirahat, kita pun ikutan istirahat..
"Si Laras sesek napes tuh wy"
Jaaahh aya aya aja dah orang.. terlalu memaksakan.. untung gak kelewatan.. bisa pingsan tuh.. tapi gamungkin ada anak sebego itu maksain diri sampe pingsan
"Si Sarski sempet pingsan wy"
Yeh.....................

Gue duduk di sebuah batangan pohon, di sebelah kiri gue Cacing dan kanan gue Widian
Kita minum sebentar dan niat berjalan lagi
Baru gue berdiri sebentar tiba tiba ambruk.. kaki kanan gue gemeter.. ototnya kaget.. lemes buat bediri
"Wy mending lu duduk lagi deh jangan maksain"
Wah kalo gue maksain nanti sesek napes.. lebih parahnya pingsan kaya Sarski.. gak dah gak..
Gue pun duduk dan mijetin kaki kanan gue di temani Cacing, Hana, Mikyal, Widian dan Sarpam..
Selesai, gue coba bediri dan jalan sudah agak mendingan
Kita jalan rame rame dan Widian semakin jauh meninggalkan kami..
Kali ini gue bisa bareng mereka terus.. gak sendirian.. Sampe di sebuah pondok berikutnya kita niat gak istirahat dan lanjut tapi..... tanjakannya aja uda keliatan dari jauh curamnya.. gimana dari deket... istirahat
Istirahat dan minum akhirnya jalan lagi.. mendaki tanjakan curam.. Di atas hawa panas matahari sudah menunggu kita..
Mulai jalan agak jauh dan masuk ke hutan lagi, kita istirahat.. pokoknya setiap ada tanjakan yang mengerikan, kita istirahat
Duduk rada lama dan kita akhirnya bertemu dengan Ertika, Eldi dan Nadira...
Akhirnya kita jadi berdelapan..
Jalanan yang kita lalui berikutnya adalah full tanjakan dengan jalanan datar yang sedikit, ditambah tingginya batu tangga yang bikin paha pegel pegel...
Gue jalan di belakang... mereka bertujuh di depan cukup agak lama dan membuat kaki gue pegel pegel nahannya... Kaki kanan gue gemeteran lagi.. ngilunya semakin jadi...
Gue pun nungguin semua selesai manjat, gue lari dari bawah ke atas mempercepat waktu
Sampe di atas gue istirahat nunggu yang lainnya, bisa terlihat pemandangan gunung yang buram tertutup oleh mata yang beler karna kelelahan..
Yang lain sudah sampai, lanjut berjalan.. gue ngeliat ada tanjakan yang curam dan berbelok..
Kaki gue udah gak kuat buat di angkat... gimana ini...
Eldi, Ertika dan Nadira jalan duluan, di belakangnya gua.. begitu nanjak kaki kanan gue udah mulai aneh gak karuan.. pas gue ngangkat dan nginjek tangga berikutnya.. Bzzt..
Kaki gue mati rasa, gabisa di gerakin.. gue panik, ini tanjakan.. kalo gue oleng terus jatoh, lumayan banget...
"Wy wy lo kenapa?? kaki lo kenapa?"
Hana, Mikyal dan Cacing di belakang gue bertanya tanya
Aduh belakang gue banyak orang ngantri.. akhirnya gue paksa jalan dan ada sedikit sela tempat untuk istirahat.. disitu gue duduk dan melihat Pae yang kelelahan..
Pae gue liat mukanya pucet pasi, dia sesek napas.. akhirnya manggil kaka mentornya..
"Lurusin kakinya dulu terus lemesin" gue turutin.. gue istirahat, kaki gue uda gakuat jalan
KaMen nya ngurusin si Pae yang sesek napes, gua liatin dia uda ngap ngapan..
Gue ngelurusin kaki tapi sakitnya bukan main.. gue tekuk.. wadaw....
Kaki gue kram, akhirnya sama si KaMen nya di urut sebentar dan disuruh istirahat...
Hana, Mikyal dan Cacing gue suruh duluan.. akhirnya gue kembali sendirian
Gue istirahat agak lama, pengen jalan lagi tapi apa daya.. kaki uda gabisa gerak..
"Masih kuat gak?"
"Masih kak, jalan deh saya"
"Yaudah sini gue bantu bopong"
Gue gabisa berdiri tapi ya gue harus tetep jalan.. akhirnya gue di bopong sama KaMennya.. gila abis kaki kanan gue bener bener susah di gerakin.. itu tanjakan parah.. gue akhirnya bertumpu pada kaki kiri..
Awalnya gapapa tapi makin lama makin tinggi dan makin berat.. di atas tanjakan udah ada beberapa rombongan yang beristirahat menyerukan nama gue
"Ayoo Awy berjuanglaaah!"
"Kamu pasti bisa! Ayoo!"
"Jangan menyeraaah! Kita lakukan bersama sama!"
Sekarang gue ngerti kenapa film Sinetron itu lebay lebay...

Sampai di atas tanjakan gue jatoh, kaki kiri gue kram karna numpu seluruh badan...
Rombongan yang istirahat tadi akhirnya pergi, gue berdua sama KaMen.. sepi.. kami pun main mata dan malu malu.. No way!! -_-
Gue istirahat dan mijet kaki, banyak rombongan yang lewat satu persatu, sepertinya gue sudah sampe pendaki gelombang sebelum akhir..
Pak Masykur dateng dan bertanya tanya
"Kenapa? Kram?"
"Iya pak.."
"Sini di lurusin dulu"
Kaki gue di urut sama Pak Masykur dan dia ngasih gue obat pengurang rasa sakit, gue minum.. segala obat gue minum kalo sakit entah itu apa...
Gak lama Ory dan Omar ngelewatin gue, Septian, Yogi dan Bayu juga
Gue nyoba berdiri dan jalan.. KaMennya ngebantu gue layaknya ngajarin bayi berjalan..
Begitu gue jalan, bisa!! kaki gue bisa jalan!!
Gue jalan sendiri akhirnya, masih terasa ngilu tapi sudah mendingan.. di jalan gue nyusul Yogi.. Akhirnya gue berdua dia jalannya
Ada pondok dan kita istirahat disitu.. gue duduk di korsinya dan begitu gue dongakin pala wohyooo ada anjing item lagi tiduran depan mata gue..
"Mati deh kalo itu anjing ngejar begimane larinye..."
Anjingnya tidur kalem, yaudah jangan di ganggun.. gue istirahat dan Wira muncul lalu ikutan duduk disamping gue.. di sebelahnya ada Sarpam
Duduk lama istirahat, Baba muncul bareng Acoy dan Meidy..
"Ngapa lu wy? Kok ngap ngapan gitu"
Gue abis naek roller coster sambil makan indomie kuah dan es teh manis
Kenapa lagi gue ngap ngapan? ya naek gunung...
"Nih wy mau susu kagak, ada nih minum gih"
Gua terima dan gue minum.. air gue uda abis dan gue belom minum
Baba pergi dengan rombongannya.. gue masih istirahat
Ghani dan Dhana lewat.. si Ghani bawa dua tas.. tasnya bu Yuli.. strong abis.......
Akhirnya kita jalan.. berhadapan dengan tanjakan bebatuan yang curam.. Kaki gue mulai terasa sakit lagi.. kali ini gak bisa berdiri kanan kirinya..
Gue akhirnya duduk disitu di temenin Yogi, Wira, Rizka, Desy, Jojo dan Sarpam..
Gua uda bingung musti di apain lagi ini kaki..
"Kaki lo gapapa wy?"
"Gapapa kok, yang kaya gini mah di amputasi juga sembuh"
Porter lewat depan gue dan bertanya
"Kram?"
Gue ngangguk, dia jongkok dan ngelurusin kaki gue.. kaki gue di pijet.. waw pijetannya dahsyat.... ototnya emang gede gede.. pelan pelan kaki gue di pijet di tempat yang sakitnya.. parah...
Selesai itu pun lanjut jalan.. kali ini gue bener bener harus nahan sakitnya.. kata porter itu sekitar 5 kilometer lagi...
Gue jalan bareng Jojo, Yogi dan Desy melewati tanjakan dan turunan yang licin dan curam..
Lama jalan dan istirahat akhirnya kita tiba di sebuah turunan yang hampir mendekati tujuan.. turunan curam penuh lumut yang licin..
Disitu kita berempat istirahat lama dan membiarkan rombongan melewati hingga akhirnya rombongan paling akhir pun muncul dan melewati kita
"Masih ada rombongan lagi?"
"Masih ada guru guru sama murid beberapa.. masih jauuuuuhhh"
Busyeh.. yaudah kita jalan juga akhirnya..
Lama jalan, kita hampir sampai di Baduy Dalam..
"Aaaaww!" Desy teriak
"Kenapa Des!? Ada apa!? Macan? Beruang? Singa? atau sekumpulan Lebah yang sedang mencari orang tuanya??"
Ada Luwing gede banget......... raja dari segala luwing... mungkin itu kaki sepuluh ribu..
Kita lanjut jalan dan melihat ada jembatan... melihat jembatan itu menimbulkan energi dalam tubuh kita menjadi 23% dari 0%
Kita akhirnya jalan cepet melewati jembatan itu dan inilah dia.... Baduy Dalam

No comments:

Post a Comment