Friday, December 28, 2012

Observasi Baduy Dalam Day 2 ( Pagi ), 13 Desember 2012

PAGI, RUMAH NO. 17

Bangun di pagi hari gue tidur lagi dan bangun dan tidur lagi.. begitu pula si "Christopher" dia bangun dan tidur lagi..
Begitu gue bener bener melek, sudah terang sekali... mungkin jam 8an, depan rumah gue kembali rame dengan rombongan yang jajan indomie
Gue bangun ngeregangin badan dan duduk bengong.. Di sela kebengongan gue Ashar ngajakin buat refill botol aqua dengan air gunung
Gue ikut dan kita pun jalan.. tempatnya di luar baduy ngelewatin jembatan masuk kemarin
Pagi ini gue bisa jalan dan ngeliat liat Baduy Dalam.. ternyata sangat luas.. kemarenan itu gue cuma netep di rumah istirahatin kaki.. sekarang udah enakan
Di tengah perjalanan ketemu Sarski, dia ngikut gue Ashar Ecal.. berempat deh..
Pas banget kita lagi nyebrang jembatan, terdengar suara cewe cewe, waa waa, kyaa kyaaa
Wow ternyata lagi pada mandi..
"Wy!!" Suara yang gak asing manggil gue, ternyata cacing, dia lagi mandi.. cuek
Kita berempat menuju mata air yang mengalir dengan derasnya dan jernih
Segar.. gue minum airnya dan dinginnya pas...
Selesai merefill botol aqua, kita balik lagi menuju rumah..
KaMen dateng ngasih makanan pagi berupa nasi goreng dan juga telor..
Gue makan di depan rumah di temani Farah, Ertika dan Ashar beserta ayam ayam Baduy..
Kita semua ketawa tawa bahagia membuat lawakan tentang ayam ayam..
Ayam disana cukup liar dan terlatih untuk menjaga diri..
Gue lagi asik makan nasi goreng sementara Farah dan Ertika takut takutan dengan ayam yang melompat lompat dan berkelahi satu sama lain.. gue mah cuek
"Waaahh! Aaaahh"
"Apaan dah lo tik riweuh amat ama ayam doang"
WUUEEEERR!! Seekor ayam lompat menyerang nasi goreng gue... Gue kaget dan loncat sambil duduk.. loncat sambil duduk...?
"Gawat!!!" Gue gamau kalah, telornya gue abisin dan nasinya gue lempar walau hanya sedikit..
"Hampir aja.. kalo sampe tadi jatoh semua.. rugi abis..."
Farah dan Ertika cuma bisa ketawa ngeliat gue berantem ama ayam dan gue cuma bisa bengong ngeliatin ayam yang barusan nyerang gue
Selesai makan gue masuk ke kamar dan tidur tiduran.. Widian masuk ke kamar bersama Dimas dan ngoceh
"Anjir di kali cowo banyak tai lewaaat! ada yang coklat, putih, caer.. weeuuhh..."
Well itulah nasib hidup sebagai pria.. kita harus ikhlas menerima apapun yang diberikan kaum wanita...

PAGI AGAK SIANG, BADUY DALAM

Observasi mulai dijalankan, rombongan disuruh berkumpul di halaman tengah untuk mendengarkan cerita dari narasumber orang Baduy..
Narasumbernya ini katanya sih wakil dari Puun, Puun itu petingginya Baduy Dalam.. lebih tepatnya Presiden
Nama narasumbernya Ayah Mursid... mungkin seperti itu penulisannya..
Orangnya termasuk tampan di BaDal.. kulitnya putih dan wajahnya tidak seperti orang BaDal lainnya..
Rombongan duduk berkumpul di tengah panasnya matahari dan Ayah Mursid bercerita dengan volume suara di bawah Standar Kompetensi yang membuat semua rombongan mendengarkan dengan wajah seperti..


Selesai mendengarkan sesuatu yang tidak bisa didengar, semua rombongan berpencar bersama kelompoknya dan memulai observasi
Gue bersama Ade, Nurma, Laras, Mia, Reni, Septy, Sari
Kita menuju rumah no.5 dan bertanya tanya disana..
Kelompok kita kebagian tentang Kimia.. Obat obatan.. di buku modul ada banyak nama penyakit yang jarang gue ketahuin.. tentu gue penasaran..
Contohnya ada penyakit namanya Nyu'uh... apa itu? penyakit seperti apa itu? dari nama saja sudah terdengar menarik.. begitu gue baca cara pengobatannya "Dirasakeun weeeh.."
Pikiran gue semakin menjadi jadi.. maksudnya apa... gue pun mencoba bertanya..
"Kang.. penyakit Nyu'uh itu naon?"
"Hah? apa itu?"
Gue ngerasa di begoin buku.. narasumber gue gatau penyakit apa itu.. jangan jangan buku ini berbohong..
Gue liatin ada sekitar 20an lebih nama penyakit Baduy..
"Kang di Baduy Dalem ini penyakit apa yang sering muncul?
"Batuk.. pilek.."
Gue pun mulai merasa bego... itu penyakit standar yang bahkan gue udah alamin sejak kecil... ternyata orang sini juga sama seperti kita..
Gue ngebuka kertas soal yang diberikan guru, disitu ada pertanyaan aneh yang mengatakan 
"apakah ibu ibu di Baduy Dalam melakukan aktivitas dengan keluar rumah atau menetap di dalam rumah menonton sinetron?"
Gue cengo dan bingung.. sinetron? orang baduy dalam nonton sinetron? tidak mungkin.. listrik saja tidak ada disini.. mereka juga gak tau teknologi.. jadi gamungkin banget mereka nonton sinetron..
"Kang ini orang orang baduy dalem tau kaya masalah sosial atau presiden negara Indonesia gitu darimana?"
"Nonton tivi.."
Gue syok.. bunuh gue sekarang... siapapun.. tolong...
"Kang pernah ke Jakarta?"
"Pernah.."
"Kemana aja?"
"Kemang.. Mampang.. Jatinegara.."
Gue serius ngedengerin
"Cilandak.. Sudirman.. Pasar Minggu.."
Gue mulai deg degan..
"Pondok Indah Mall.. Grand Indonesia.. Plaza Semanggi.."
Gue mau mati
Gue seumur umur belom pernah ke GI.. dia udah... gue pun semakin yakin bahwa gue adalah orang pedalaman....

Masih banyak pertanyaan yang gak kalah seremnya tapi gue urungkan niat gue untuk bertanya.. gue takut merasa lebih bego dan di begoin..
Narasumber gue bernama Yasrip.. orangnya baik yah cukup ramah jadi enak untuk di tanya tanya..
Di sela sela bolak balik kertas soal tiba tiba ada pertanyaan 
"Apakah orang Baduy masih memiliki budaya menabung? dimana? 1. Bank 2. Celengan 3. Koperasi..."
Gua mau nanya tapi gua takut dia jawab
"Kita nabung di bank.. Bank mana aja kita punya kok.. BCA, BRI, BNI, Mandiri.. apa aja.."
Bisa parno gue...

Selesai banyak tanya gue akhirnya balik ke rumah gue dan packing untuk persiapan pulang..
Disitu anak kamaran gua dan Aaw serta Sarski lagi menginterview kang Aldy
Gue menunggu di luar menikmati saat saat terakhir di Baduy Dalam..


No comments:

Post a Comment