Friday, December 28, 2012

Observasi Baduy Dalam Day 2 ( OTW ), 13 Desember 2012



SIANG - PERJALANAN PULANG

Tibalah saatnya.. Saat saat neraka menghampiri..
Rombongan di kumpulkan di lapangan untuk di briefing terlebih dahulu.. siang itu panasnya gak karuan..
Kita bertujuh di rumah 17 sepakat patungan untuk memberikan sedikit uang rasa terima kasih kepada kang Aldi pemilik rumah
Sebelum kita bertujuh berkumpul di lapangan, Ecal ngasih kita bertujuh Voltaren.. sahabat Counterpain sepertinya.. gue olesin di kaki gue dengan banyak karena gak berasa..
Selesai oles, mulai kumpul di lapangan dan briefing mulai..
"Kita akan lewat jalur berbeda nah kalo pas berangkat itu tanjakan cinta.. sekarang kita pulang ngelewatin turunan cinta"
Beh.. cinta...?
Setelah selesai briefing dan berdoa.. perjalanan dimulai..
Kali ini gue berencana mulai dari paling belakang untuk menghemat tenaga dan juga lebih enak kalo sepi.. ga banyak omong
Jalur pulang berbeda dengan jalur berangkat.. lewat kali tempat mandi cowo cowo..
Yang perempuan di persilakan duluan sementara laki belakangan.. gue bareng Dimas, Omar, Farid, Widian dan lain lain di belakang..
Melewati jembatan.. jalanan langsung lumut dan licin..
Gue jalan dengan kepala terus menunduk kebawah dan tarik lepas napas untuk menghemat energi..
Belum lama, jalanan semakin susah.. depan mata terlihat tanjakan setan dengan kemiringan 60 derajat..
Sialan.. baru mulai sudah ketemu mini boss..
Gue mulai jalan mendaki tanjakan dan terus melaju.. posisi gue paling belakang, depan gue Iyus dan Septian
Terus berjalan dengan konstan tanpa lelah.. kaki gue mulai panas... Voltarennya bekerja.. gue gak kuat sama panasnya.. 
"Gila gilaa.... paraah panaaasss"
Panasnya gak karuan... tapi karena panasnya itu kaki gue sama sekali gak ngerasa pegel.. luar biasa..
Gue pun terus jalan bersama dengan Septian.. gue ketemu Arini yang sedang kesusahan gerak.. kasihan sekali dia.. 
Lanjut jalan gak berhenti henti.. belum capek sama sekali.. ketemu Malik, Sasa dan temannya yang gue lupa namanya siapa..
Kita berlima pun jalan bersama sama, di tengah perjalanan hutan.. setelah menanjak.. kita tiba di sebuah ladang yang terbuka dengan panas matahari yang dahsyat..
Badan yang terkena panas matahari ini penuh keringat dan kaki yang kena panas Voltaren penuh warna merah..
Septian jalan duluan ninggalin kita... akhirnya kita berempat dan dipertemukan dengan 2 jalur kanan dan kiri..
Tentu kita was was dan takut salah jalan malah nyasar.. walhasil kita menunggu porter atau KaMen lewat..
Menunggu orang di tengah panas matahari terik itu seperti ketika lo lagi presentasi di depan kelas dan guru yang mendengarkan menyuruh kita untuk mengulang presentasi tersebut karena salah bahan.. cuma bisa diem gak gerak sambil bercucuran keringat
Akhirnya porter dateng.. ya ampun dia seperti malaikat..
"Kang ini kanan apa kiri?"
"Terserah"
Hah? gua mulai curiga.. akhirnya Septian, Sasa dan temannya ke kiri sementara gue ke kanan... bener aja.. dua jalur itu kembali menyatu dan kami bertemu.. Shit
Keringet sudah bercucuran dan gue masih belum cape... lanjut jalan
Gue jalan.. depan gue Dimas, bukan Dimas yang sekamar sama gue tapi yang lain.. jalanan mulai menurun curam tanpa ujung bahkan licin..
Dimas depan gue jatoh jatohan.. dia gak make tongkat sementara gue di temani Smith yang setia mampu melewatinya.. kaki gue masih terasa panas gak karuan.. capenya ga berasa
Di ujung turunan mulai kembali masuk hutan dan dibawah sana ada sungai serta jembatan.. jembatan itu cuma muat satu orang aja..
"Eh itu katanya jembatan cinta tuh.."
Hah? jembatan cinta? Guys.. gue gak butuh cinta.. gue butuh tenaga..
Gue jalan turun di sela sela rombongan yang mengantri dan tiba di bawah ketemu Yoel dan Friska, Widian dan Sari, Sarpam serta Ghani, Ertika, Omar dan lainnya
Satu persatu mulai menyebrang.. gue di belakang Omar
Setelah jembatan berhasil di taklukkan, gue terus jalan tanpa istirahat, kaki gue belom cape
Ketemu dengan Widian, Sari dan Sarpam yang tadi udah duluan.. mereka terengah engah.. 
"Aduh wy.. kaki gue panas!"
"Gue juga wid... kacau deh"
Jalanan mulai banyak yang menanjak... gue depan, belakang gue Sari, Sarpam, Widian..
Sampe di atas tanjakan, mereka bertiga istirahat, gue nungguin dan lanjut jalan
Mulai disini medannya berbahaya.. licin dan berlumut...
Pelan pelan gue jalan.. terus jalan.. gue berpikir mumpung kaki masih panas dan ga ngerasa cape.. jalan teruuusss
Tiba di sebuah perumahan Baduy, Sari, Sarpam dan Widian istirahat sementara gue masih terus jalan..
Tangganya tinggi tinggi! bujughhh kaki emang kaga pegel... napas yang gak kuat..
Akhirnya gue numpang istirahat di salah satu rumah penduduk sambil nunggu Sari, Sarpam dan Widian
Gak lama mereka dateng dan istirahat di samping gua...
Disitu gue beli minum 2 botol buat persiapan soalnya botol aqua yang kemarin sudah abis
Lanjut berjalan.. medannya mudah.. jalanan kosong cuma kita berempat, walau ada panas matahari tapi gak berasa..
Di ujung jalan ada tanjakan.. gue paling depan.. 
"Eh! itu Awy!!"
Deg deg.... gue takut.. gue was was.. gue deg degan.. gue tau suara itu... suara bocah cilik pengganggu yang sudah merusak segala ketenangan gue dengan suaranya....
"Awy siniii cepeeet"
Ohhh tidaaak.... 
Di atas, gue ketemu beberapa pasangan.. Abim dan Prima, Nadira dan Tata, Ertika..? 
Kita bersembilan.... jadi rame.. gue terus jalan.. kali ini bareng Ertika..
Seperti biasa gue jalan pala nunduk sambil tarik lepas napas
Jalanan bercabang dua.. depan belakang gada porter ataupun KaMen.. 
Tiba tiba di jalur kiri dateng 2 orang.. KaMen dan Widi
"Lewat kanan.. kiri salah jalan"
Oke akhirnya kita lewat kanan.. ketemu dengan Rohim dan Meidy..
Jalanan disini sempit banget... cuma setapak untuk satu orang.. sebelah kiri tebing, kanan jurang....
Di tengah seriusnya gue jalan tiba tiba Ertika teriak
"Eeehh!"
"Wueeehh!" 
Dia kepleset, gue kaget, mau megangin.. dia kejauhan, yaudah gue tahan make tongkat aja.. merepotkan sekali orang ini menganggu konsentrasiku..
"Kok loo pake tongkat sih??"
"Mao gua plototin doang?"

Lama berjalan, tiba tiba terbagi 2 jalur lagi.. Kali ini di salah satu jalur di kasih tanda X yang berarti... tunggu sebentar.. X ini berarti tidak boleh lewat apa harus lewat situ..?
Akhirnya KaMen ambil keputusan untuk tidak lewat situ..
Disini rombongan gue mulai rame.. ada Recil dan Gina juga yang gila.. lari larian di turunan..
Turunan di medan ini penuh batu batu.. Rohim ninggalin Meidy yang kesusahan turun
Walhasil gue yang megangin dia.. aduh si Meidy ini bener bener takutan sama turunan.. tas gue di pegangin dia.. gue nunggu pelan pelan.. rasanya seperti mengantar mempelai wanita menuju pelaminan suaminya saat pernikahan
Lama jalan akhirnya sampe di perumahan Baduy lainnya.. Ertika jauh di depan
"Wy cepetaaan"
"Sabaaarr"
Setelah ngelewatin perumahan, kita ketemu lagi dengan turunan dan dibawahnya menunggu sungai kecil..
Disana ketemu Baba, Eldi, Acoy... Meidy gue serahin kepada mereka..
Gue jalan lagi bareng Ertika berdua.. setelah lama jalan.. panas di kaki gue mulai ilang dan pegal pegal datang bertubi tubi....
Tanjakan depan mata, timingnya gak pas.. damn banget...
Nanjak, Ertika duluan.. gue regangin kaki dan jalan menanjak, di atas ketemu Cacing, Mikyal, Hana, Ory... semuanya duduk dengan wajah yang gak enak di liat...
Gue tetep jalan... kalo kebanyakan istirahat juga bakal cepet capek..
Mereka pun ngikut di belakang gue, Ory di depan jalan bareng KaMen..
Medannya naek turun dan bebatuan, di belakang gue Mikyal dan beberapa anak lainnya..
"Wy tungguin..."
Well akhirnya gua duduk nungguin mereka yang cukup jauh ketinggalan... Kaki uda mulai berasa pegel pegelnya
Lanjut jalan yang becek penuh tanah.. gue di depan.. lama berjalan akhirnya kita nemu jembatan kedua yang nyambung ke gazebo..
Sepanjang jalan menuju jembatan gue ngeliatin banyak orang cina yang bawa bawa kamera nikon, turis?
Sampe di jembatan gue nungguin yang laennya.. Ertika jalan duluan.. gue di belakangnya
Jembatan kedua ini goyang goyang.. Ertika jalan lama banget...
"Heeeuuuu takuuuuttt..."
Payah........ dia malah nangis di tengah jembatan.... terpaksa.. gua dorong doi sampe ke ujung jembatan di iringi musik berupa teriakan..
"Waaaa waaaa huaaaa!!"
Sampe di ujung jembatan si Ertika mukanye masih kaya orang bengep.. merah nangis memikirkan jembatan tadi
"Aduuh gue masih kepikiran nihh.. masih deg degaann.. huu heuu.."
"Tik upil lo keluar tuh"
"Haaah?? Sumpah demiapa!??"
Ertika panik megangin idungnya.. setakut apapun perempuan.. sekhawatir apapun perempuan.. apabila tau upilnya keluar.. semua masalah dia akan hilang dan tersibukkan oleh upil tersebut yang padahal tidak ada..

Gue lanjut jalan.. kita sudah tiba di Gazebo.. gue inget gazebo itu tempat buat beli oleh oleh khas Baduy.. waah sudah pasti yang di pikiran gue adalah itu perumahan penuh toko dan rame akan rombongan...
Kenyataannya? perumahan sepi seram tanpa ada tanda tanda kehidupan.. 
Di tengah kesepian itu ada seorang wanita muda yang sedang menenun.. akhirnya kita istirahat disitu di temani porter..
Istirahat lama dan gue beli 2 botol aqua lagi.. Baba, Eldi, dan Acoy lewat, kita masih istirahat
Gak lama akhirnya kita jalan lagi.. gue belakangan ngebenerin tas yang melorot
Gue nyusul dan kali ini bener bener rame rombongan gue.. ada Baba, Eldi, Acoy, Widian, Ertika, Cacing, Mikyal, Hana, Sari, Sarpam..
Di tengah perjalanan itu Baba nyeplos ke gua
"Wy si Andry sms gua, Ba awy yok! begitu wy"
Jaaaahh si Andry.. kebeneran banget dah dia ngajakin ke rumah gua..

Lama jalan kita sampe di tanjakan tangga tinggi...... disini luar biasa lelah... tangganya menakutkan..
Gue jalan untungnya masih kuat.. bareng Ertika, Cacing, Widian, Sari, Sarpam sementara Hana, Ory, Mikyal gugur di belakang
Kita jalan terus dan istirahat sambil menunggu yang lainnya.. ketemu Yogi, Rifqy, Feby semacamnya yang sedang asik makan duren bersama di sebuah rumah penduduk... gila banget...
Istirahat lama dan menunggu yang lain belom kunjung muncul juga.. saat mereka muncul, mereka langsung istirahat di tempat...
Kita pun jalan lagi... gue jalan belakangan di temani Cacing.. Setelah keluar perumahan, gue ngeliat seperti jamban orang Baduy.. ada yang mandi di situ.. siapa itu.... kepo sekali.. slepet.. gue kepleset
"Wy!"
Kaget gua.. bener bener.. meleng sedikit, nyawa bayarannya
Porter lewat disamping gue..
"Kang itu tanjakan depan serem banget... masih jauh gak?"
"Masih ada 2 tanjakan lagi.."
Tanjakan depan mata ini lebih mengerikan dibanding sebelumnya.. disini gue kelelahan.. jauh banget jaraknya.. gue pun duduk di batu sambil nunggu lainnya di temani Cacing..
Ertika, Widian, Sari jalan duluan..
Lama menunggu akhirnya muncul Hana, Mikyal dan Sarpam.. Ory muncul dengan kekasihnya.. Omar..
Hana, Mikyal dan Sarpam istirahat bareng kita..
Gue ngeliatin muka Hana.. aduh.. seperti ibu hamil yang hendak melahirkan.. mulut nganga.. mata beler.. pala dongak ke atas.. kaki diselonjorkan..

Kembali lanjut berjalan... kali ini tanjakannya berhasil kita lewati bersama dan melihat dataran disertai tanjakan yang luar biasa tinggi di depan mata... Ertika, Widian dan Sari sudah tumbang...
Gue tetep kekeuh dan teguh pendirian menghadapi musuh itu.. dan gue tumbang
Bisa di bilang ini adalah Tanjakan Tak Berujung..
Gue disini tumbang berkali kali.. sampai akhirnya gue maksain jalan dan akhirnya istirahat rame rame bersama yang lainnya..
"Minum gak tik?"
"Iya deh.."
Ertika minum dan minuman pun habis.. kali ini persediaan air bener bener enggak ada..
"Ayo semua! Kita harus berusaha bersama sama!"
"Ooooww!"
Kita jalan lagi dan maksain diri melawan jembatan tak berujung ini..
Sampai di atas.. ada jalanan datar sekitar 1 meter dilanjutkan tanjakan bermeter meter....
Gue jalan di sebelah kanan deket jurang.. samping gue Omar dan Ory, depan gue Beeya 
"Waduduuh!" Omar kepleset
"Uwaaa!" Keplesetnya Omar bikin gue kaget dan hampir bikin nyawa gue melayang
Sudah hampir sampai di ujung jembatan dan kita semua kelelahan..

Jalanan kembali mendatar.. gue jalan bareng Cacing di paling depan dengan wajah yang bengep
"Ayo dek sedikit lagi.. nanti di depan ada turunan.. trus sampe deh.."
Mendengar itu gue langsung gak mikir panjang.. 
Gue dan Cacing saling pegangan dan kita lari menuruni turunan yang licin itu bersama sama berharap sampai di tempat tujuan..
Wajah gue sudah menunjukkan emoticon :D dan pikiran gue selalu mengatakan "Jalan keluar.. keluar!!"
Tapi? setelah kita berdua selesai menghadapi turunan.. di depan muka kita adalah tanjakan yang cukup terjal.. Ngedown
"Wyyy tungguuuiinn" Ertika nyaut
Gue udah lemes.. gatau lagi musti apa.. terpaksa sudah gue hadepin itu tanjakan dan tiba di sebuah perumahan
Disitu gua istirahat bareng Cacing dan disusul Ertika..
Beberapa rombongan sudah melewati.. Cacing pergi duluan.. Si Ertika disitu minum obat.. sempet sempetnya ini bocah.. gua nungguin lalu jalan

Lama berjalan dan gua udah cape membahas kisah sedih perjalanan ini.. 
Langsung aja gua skip dan kita tiba di sebuah jalan batuan aspal..
Energi gua yang tadinya 0% bertambah menjadi 14%..
Denger suara orang orang berbincang ramai energi jadi 36%..
Ngeliat ada toko toko yang jualan, energi jadi 67%
Liat ada papan bertuliskan "Pintu Keluar, Terima Kasih" energi jadi 3%, kenapa? karena kata kata "Terima Kasih" itu gak pantas di taruh di papan pintu keluar.....
Sampe di pintu keluar, beberapa anak Baduy meminta kembali tongkat Baduy itu.. tapi gua gamau ngasih karena Smith sudah menjadi sahabat gua...
Gua beruntung karena gak salah megang tongkat selama perjalanan.. bisa aja gua malah megang "Christopher" dan bukan Smith..

Kali ini kita sudah berada di jalanan pertokoan Baduy Luar..
Istirahat sejenak.. Cacing eneg mau muntah...
"Hoeek hoeeekk" Jaaaahhh bangke gua juga jadi eneg kan...
Yaudeh gua urut lehernya aje biar dia muntah sekalian gak di tahan tahan..
Kita jalan lagi berempat, Gua, Ertika, Cacing, Eldi..
Sedang asik asikya ngobrol tiba tiba tongkat gua ga berhasil mencapai aspal.. gua jatoh terpelosok.. ternyata tongkat gua masuk lobang got.... kurang ajar...

Jalan menuruni aspal dan pertokoan.. gue ngeliat banyak rombongan sma 60 yang sudah bercanda tawa dan bersenang senang..
Gue pun ikut senang.. karena inilah dia... Baduy Luar..

No comments:

Post a Comment