Sunday, June 2, 2013

Malam 1000 Bulan Dibalik Layar ~ Day 3


Hari ketiga ini lokasi syutingnya di Cibubur tepatnya Mandiri, entah Mandiri itu apa dan dimana..
Gue bangun jam 8 dan mager selama 1 jam.. setelah itu gue cao langsung ke lokasi syuting. Hari ini adegannya kebanyakan si Ujang.. kemarin itu bagiannya si Pujono, tapi hari ini gue harus kerja keras.

Rencananya hari ini gue bakalan maen sama Yati Surahman, dia berperan jadi Ibunya si Ujang. Tapi sebelum  sama mak Yati, adegan pertama gue itu bagian pas Ujang dan Pujono berangkat mau pergi keluar kota buat nyari kerja naah disini itu motornya Ujang udah jadi miliknya Tukiman. Pas Ujang pengen berangkat, dia ngeliat motornya dan langsung diambil, Tukiman ngeliat dan terjadilan aksi reaksi tarikan.



Pas lagi take bagian gue naikin itu motor, seharusnya gue nyalain dan bablas. Tapi berhubung motornya itu motor budug yang naujubilah.. gue starter gabisa.. berkali kali gue genjot ampe kaki gue pegel.. kagak nyala juga itu motor, kondisi kamera masih record.. mau gamau, gue langsung nyeplos 'ah motornya gak nyala.. Jo dorongin, bantuin gue' alhasil gue outframe kamera dengan didorong.

CUT!

Adegan kedua masih dengan Tukiman, bedanya kali ini gue jadi anak yang alim lagi setelah lama pergi dari rumah beberapa bulan. Motornya si Tukiman itu ceritanya gak ada karena dibakar massa, nah pas Ujang ketemu Tukiman.. jelas aja dia nyariin. Tapi berhubung Ujang udah jadi anak alim.. Tukiman cuma bisa heran.

Peran anak alim ini sebenernya lebih enak ketimbang sebelumnya.. soalnya gue cuma senyum, ngangguk, iya iya, dan mengucapkan kata syukur..



Nah pas di take ini, si lawan main gue yang bernama Fagih itu pas lagi di briefing sama Astrada 1 yang bernama Utung eehh ga sengaja si Utung nyenggol batu dan batunya itu niban kakinya Fagih dan berdarah. Lumayan...

CUT!

Selama gue syuting bagian bareng si Fagih itu tiba tiba dateng sebuah mobil dan dari mobil itu keluarlah mak Yati, ternyata orangnya memang seperti ibu ibu hahaha. Gue ganti kostum dan mulai scene bareng mak Yati. Di scene ini adegannya Ujang ngebawa Pujono ke rumahnya nah pas ibunya Ujang keluar, Pujono syok karena ternyata ibunya Ujang ini adalah korban jambretnya si Pujono. Alhasil Ujang marah.

Gue emang jarang marah.. begitu gue harus adegan marah, yang bisa gue lakuin cuma ngomong kenceng sambil masang tampang yang ganas. Selama take itu gue ngira tampang ganas gue bener bener sangar, tapi begitu gue liat hasilnya ternyata gue lebih mirip monyet ngamuk karena pisangnya jatoh ke sungai.



Disini si Ujang masih dalam kostum yang seperti orang miskin.. kaos, celana pendek, sendal jepit dan kanebo. Gue make baju kaya gitu sembari ngamuk.. rasanya freak. Ada lagi pas bagian pengambilan shot terakhir adegan gue ngedorong Pujono dan ngancem dia, saking semangatnya gue ngedorong, Pujono beneran jatoh dan ujung sepatunya ngenain kuku kelingking gue...
"Jadi elo Jo yang jambret ibu gua!"
"Bentar Jang bentar!"
*Ujang dorong Pujono*
*Pujono jatoh*
"Lo denger ya! Kalo samp-"
*Klak*
"Aaah..."




Kuku kaki kelingking gue berdarah... soak dan ngampleh gitu, haiiihh..... ngilu gue bayanginnya. Yang bisa gue lakuin cuma duduk diem ngelamun sambil megangin kelingking gue. Mak Yati begitu ngeliat kelingking gue berdarah dia langsung ngambil betadine dan nyuruh ngobatin luka gue. Jalan rasanya sakit... yang lebih takut lagi, gue ngeri bakalan cantengan. Gimana nasib gue kedepannya? Baru hari ketiga.. Kalo cantengan biasanya harus dioperasi, nanti kalo diamputasi gimana.. gue gak bakalan punya kaki..

CUT!

Selesai dengan adegan ini sekarang berlanjut.. kali ini Ujang akan berhadapan dengan adik kandungnya di film ini yang bernama Lilis. Lilis ini diperankan oleh anak dari si Mieke yang kemarin make kacamata ituu, namanya Kayra. Pas hari pertama gue udah coba kenalan dan ngobrol tapi sepertinya Kayra itu masih malu malu dan diem aja. Tapi pas hari ini banyak adegan dia, gue selalu sama dia.. gue sadar.. dia petakilan dan gabisa diem...

Adegan pertama dengan Lilis itu ceritanya si Ujang udah pengen berangkat keluar kota dan pas banget Ujang mau berangkat, Lilis baru pulang sekolah. Lilis nanyain Ujang yang ingin pergi dan meminta uang jajan untuk Lilis kalo sudah dapet kerjaan nanti.






Kayra yang kelas 3 SD ini ternyata pinter banget actingnya.. dia jago dan gue pun sempet gak nyangka. Apalagi pas dia bilang kalo dia gamau manggil gue pake nama asli gue.

"Aku gamau manggil Kak Awy.. maunya Kak Ujang ajah supaya hafal pas syuting nanti"
"Yaudah kalo gitu aku juga manggilnya Lilis aja gamau Kayra"
"Yaudaaahhh huuu dasar Kak Ujang"

Itulah awal mula gue tau kepetakilannya dia. Selama take syuting pasti dia mondar mandir kesana kemari, dia gatelan pengen banget syuting dan selalu nanya nanya ke sutradaranya.

"Om aku kapan lagi nih syutingnya?"
"Kamu masih nanti.. tunggu aja dulu"
"Aku maunya dimana ada kamera, disitu ada aku om"
"Yaudah mending lu bawa kamera sendiri dah..."

Si Lilis ini demen banget syuting, sepertinya dia udah punya mental mental artis. Saking pengennya dia maen terus sampe sampe dialog di skenario yang harusnya Ujang ehh diganti jadi Lilis.. ckck luar biasa sekali dia.

Tiba di adegan dimana Ujang ceritanya kembali ke rumah setelah sekian lama pergi. Disini scenenya si Ujang ngedatengin Ibunya dan menangis terharu lalu berpelukan dengan sang Ibu, setelah berpelukan dengan sang Ibu.. si Lilis juga berteriak 'Kak Ujang! Aku kangen Kak Ujang' lalu lari dan meluk si Ujang.. nah disinilah yang luar biasa dari si Lilis, dia bisa nangis.. gila.. keren.. Lilis nangis beneran. Gue salut. Pas gue tanya

"Lis kok bisa nangis? gimana caranya?"
"Aku gamau ngasih tau Kak Ujaaaanngg"
"Wah curang, kasih tau doongg Kak Ujang banyak scene yang harus nangis niih"
"Hahaha makanya nangis dong wooo"
"Makanya kasih tau Lis.."
"Aku ngebayangin Kak Ujang itu kakakku beneran terus beneran udah lama pergi dari rumah"
"............"

Imajinasi yang luar biasa.... cuma dengan kaya begitu dia bisa nangis..

CUT!

Selesai take berkali kali dengan Lilis akhirnya tiba saatnya adegan malam hari, ini adalah adegan flashback ketika Ayahnya Ujang meninggal dunia. Di scene ini gue harus nangis, harus... gue ulangin.. harus. Gue gabisa. Susah, gue keinget dengan imajinasi Lilis yang menganggap benar benar kakaknya.. Scene disini itu si Ibu, Ujang dan Lilis.. kita semua nangis. Gue nyoba ngebayangin si Ayahnya Ujang ini bener bener bokap gue, tapi gue gabisa. Mungkin gue cuma bisa nangis kalo ngebayangin muka gue ganteng.. soalnya itu tidak mungkin terjadi.

Nah akibat susahnya gue nangis disini.. akhirnya gue ditawarkan untuk menggunakan semacam obat mata gitu.. namanya Gliserin. Nah gue gatau menau itu apa.

"Itu apa mba Ina?"
"Ini kalo kena mata bakalan perih terus jadinya keluar air mata dan nangis"
"Oohh gitu yaudah boleh deh boleh"

Skakmat.
Gue netesin gliserin ke mata... gue rasakan.. rasakan.. PERIH BANGET MEN!!!!!!!!
AAAAHHH!! GUE GABISA MELEK!! AIR MATA GUE BENERAN KELUAR!!

Sekarang gue mengerti kenapa Gliserin itu bisa bikin orang nangis.. karena mereka gabisa ngebuka matanya setelah ditetesin si laknat "Gliserin". Akhirnya gue take adegan gue nangis... maaf.. beneran nangis......

CUT!

Adegan saat Ujang dan Lilis sedang belajar bersama lalu Ayahnya Ujang muncul dan menceramahi mereka tentang kehidupan dunia dan akhirat. Di adegan ini takenya berkali kali soalnya yang jadi Ayahnya si Ujang ini sering belibet ngomongnya, maklum dialognya panjang.

Nah pas lagi di make up ini, Lilis mengucapkan sesuatu yang luar biasa.. gua ngakak setengah mati.

*Ujang di make up*
"Si Lilis ga di make up tuh mba Ina?"
"Engga perlu, kulitnya dia udah bagus soalnya"
"Hooo Kak Ujang jeleeekk"
"Lah? Lilis juga jelek hooo"
"Aku mah cantik kan Ibuku artis"
"HAHAHAHA"

Lilis pulang tepat pada saat 1 adegan terakhir dimana harusnya ada dia, adegan dia itu cuma tidur aja sementara si Ujang mengaji.

"Kayra abis ini kamu ada 1 scene lagi ya"
"Oke oomm, aku ngapain?"
"Kamu cuma tidur aja terus nanti Ibu kamu ngedengerin Ujang ngaji"
"Ah kalo tidur sih bukan adegan.. mendingan aku tidur di rumah ajaaa, aku maunya ada dialoogg"

Dan Lilis pun pulang.

Syuting hari ini berakhir jam 11 malam. Dari Cibubur sampe rumah gue butuh waktu sekitar beberapa menit, sesampenya di rumah gue langsung istirahat dan meminum obat. Besoknya gue berangkat lagi jam 8 pagi...



No comments:

Post a Comment