Sunday, June 2, 2013

Malam 1000 Bulan Dibalik Layar ~ Day 1


Hrraaahhh badan gue sakit dan pegal pegal disana sini. Selama seminggu lebih ini yang gue lakuin cuma menahan sakit sembari lari larian kesana kemari, ujan ujanan dan bahkan gue harus nembak perempuan walau cuma boong boongan. Pagi tadi gue ngecek badan gue banyak yang bonyok dan bengkak.. kasihan sekali tubuh gue..

Satu minggu kebelakang ini gue disibukkan sama yang namanya "syuting" bukan.. bukan hamil, kalo itu bunting. Ini syuting pertama gue dalem projek film panjaaang durasi 1 jam setengah dan di film ini gue berperan sebagai batu kali yang tertimbun tumpukan sampah organik.. oke yang itu gue bercanda. Gue disini berperan sebagai Ujang, seorang lelaki yang kayaknya gue banget.. lugu, polos, bloon, bego, goblok, tolol dan ganteng.

Day 1

Hari pertama gue syuting gue berangkat ke lokasi syuting yang ceritanya masih pagi sekitar jam 8, gue dateng tepat waktu.. malahan sebelum jam 8 gue udah ada di lokasi, gue masih polos dan manggut aja disuruh suruh. Gue masuk ke ruang basecamp yang berAC, itu tempat buat nyetorin kostum dan make up juga. Awal gue masuk ke ruangan itu gue deg degan.. gatau karena apa, gue kira karena ini masih hari pertama makanya deg degan tapi ternyata dompet gue ketinggalan di rumah.

Gue duduk nunggu di dalem ruangan itu sembari ngobrol dengan lawan main gue yang bernama Oka, dia berperan sebagai Pujono ceritanya. Sebelumnya gue pernah maen bareng sama doi di produksi film pendek duang sih. Gue ngobrol bareng Pujo dan juga orang make up yang notabenenya perempuan 2 orang bernama Ina dan Ellin. Gue ngobrol hingga akhirnya gue sadar ternyata udah jam 9 dan belom mulai syuting.

"Ini kok ga mulai mulai ya?"
"Satu lagi belom dateng yang jadi Feny"
"Orangnya dimana?"
"Gatau katanya lagi diluar kota masih otw"

Buset.

Akhirnya sembari menunggu, gue sembari nyoba nyoba kostum dan juga make up.. gue di make up sama si Ina, sepertinya dia asik dan gaul. Di pertengahan make up dan ngerapihin rambut tiba tiba dia terdiam dan melotot ke arah rambut gue.

"Kenapa mbak Ina?"
"Diem bentar.."

Gue diem nurut dan tiba tiba..

"AW!"
"Naaah dapeet nih uban!"
".............."
"Kok lo ada uban sih.. eh ada lagi nih bentar"
"Cariin dan cabutin semuanye yang ada"

Akhirnya sesi make up berakhir dengan pencarian uban seorang remaja tabloid.

"Nih ada 5.."
"Hah.. rame amat.. udah gak ada lagi?"
"Gatau kayaknya masih, entar aja deh"

Gue ngeliatin uban gue yang menjuntai dengan indahnya.
Seorang wanita berumur kira kira.. seibu ibu gitu masuk terburu buru, ternyata dia yang berperan sebagai Feny. Setelah kita semua selesai didandan dan dibentuk seganteng mungkin walau susah, kita mulai keluar dan bersiap mulai syuting. WHOOOSSHH! PAANAASS!!!

Gila abis... gue baru keluar bentar eh diluar udah nyala banget keadaannya.. ditambah make lighting yang bikin panas luar biasa. Oke. Langsung mulai take, adegan gue disini ceritanya si Pujono dimarahin sama Feny gara gara telat jemput.. Pujono ini supirnya Feny gitu, dan si Ujang yang notabenenya orang miskin ini pengen nyari kerjaan naah ketemu si Pujono pengen minta tolongin bantu cari kerjaan. Ujang disini gada dialog banyak, cuma muka ketakutan sambil megang kanebo. Karena gue gabisa masang muka ketakutan.. jadinya gue cuma bisa gigit gigit kanebo yang berakhir robek kegigit.



CUT!

Ganti scene dan kali ini scene yang dilakukan adalah scene terlelah dan tergobyos banjir keringet yang ada.. adegan scene scene awal dimana Ujang lari dikejar massa lalu tabrakan dengan Pujono yang juga dikejar massa. Setelah tabrakan dan jatoh, Ujang dan Pujo dikerubungi warga lalu tiba tiba terdengar teriakan 'Berhenti!' dari seorang nenek tua.. nenek itu dateng ngedeketin Ujang dan mengambil BHnya yang nyangkut di kerah Ujang.

Aselih, dari basecamp gue udah didandan bahkan dicantolin BH di kerah, setelah kelar dandan gue langsung  ke lokasi syuting jalan kaki. Gue ulangin, Jalan Kaki!! ditambah lagi jalanan itu rame warga.. lo bisa bayangin gimana gue jalan kaki dengan BH yang nyantol di kerah baju, pasti warga berpikiran bahwa gue orang mesum yang maling BH.

Begitu take, berkali kali diulang karena butuh banyak shot dan gue tetep harus nyantolin BH yang ada di kerah gue dengan sempurna. Saat sedang take tiba tiba sebuah mobil hitam datang dan begitu seseorang keluar dari dalem mobil itu yang pertama gue lihat adalah tato dan rambut yang modelnya sangat unik, Tora Sudiro.

CUT!

Scene selanjutnya adalah 2 adegan dimana yang pertama itu gue masih merupakan bocah lugu dan penakut yang sedang mengantar gorengan untuk dijual melewati gang tapi tiba tiba ditahan oleh 3 orang preman yang dipimpin oleh Tora.


Si Tora ini memang mengerikan, dia megang kaya piso lipet gitu yang kalo diteken nanti keluar mata pisonya. Dia lagi nompo pegangannya ke depan muka gue dan tiba tiba.. Klik! Ah... mata pisonya tepat didepan muka gue..

"Jangan deket deket pisonya bang, takut nih kita"
"Hahaha gapapa biar lebih seru"
"........"

Tora dia kocak abis dalam improvisasi dialog, ada pas bagian dia ngeluarin piso terus Ujang ketakutan gitu.

"Heh Jang kalo elu gue bunuh disini, siapa yang bisa nolongin elo? Hah??"
"Ampun bang.. jangan bunuh saya..."
"Sape yang mo bunuh elu!? Gue mau nulis nama gue tembok nih!! Tongky! Jangan nengok!"

Ngakak abis.... gue selama take itu cuma bisa nahan ketawa.




Setelah adegan yang pertama, sekarang ganti scene masuk ke adegan 2.. disini Ujang ceritanya udah jadi bocah yang alim dan tenang tanpa rasa takut, nah begitu dipalak lagi sama si Tongky.. si Ujang ini udah ga takut dan tetap tenang.



Rencananya adegan ini adalah adegan ending dari filmnya. Nah dialog disini itu si Tongky ceritanya ngancem hal yang sama ke Ujang.

"Jang, lu gak kapok ya? Kalo elu gue bunuh disini.. siapa yang bakalan nolongin elo? Sapa!?"
"Yang bisa menolong saya.. cuma Allah"

Alhasil si Tongky kipa dan bertaubat.


Selesai sudah scene dengan Tora, btw si Tora dateng itu ngebawa keluarganya.. dia bawa ketiga anaknya yang bernama Kuina, Kayra dan Jenaka. Entah mungkin kaya begitu tulisannya.. memang namanya aneh aneh.


Queena yang lagi senyum make baju bintik gitu, Kayra yang kacamata dan Jenaka masih bayi hahaha.

CUT!

Pindah scene kali ini adegan gue lari dikejar massa, disini adegannya si Ujang lari ngelompatin 2 orang yang sedang asik main catur trus pas Ujang lari lagi sambil minta maaf, dia nabrak jemuran baju dan disitulah awal mula tragedi BH nyangkut. Nah berhubung susah banget buat nyangkutin BH di kerah, gue harus nabrak jemuran terus ngebelakangin kamera dan ngambil BH yang ada disitu terus nyangkutin di kerah dengan cepat.

Adegan lari ini cape loh.. takenya diulang ulang. Take pertama gue lari terus ngelompatin 2 orang itu dan begitu gue balik badan minta maaf, gue nabrak jemuran beneran tanpa acting.. gue gatau posisi jemurannya dimana.. gue nabrak beneran dan gue jatoh.. gue panik asli. Tangan gue sakit tapi gue masih dalam posisi take, gue langsung balik badan dan mengambil BH yang jatoh disitu terus lari outframe keluar kamera. Begitu di cut, gue ngecek tangan gue berdarah dan kaki gue luka.. yang lebih parahnya, begitu gue liat BH yang gue pegang, ternyata berupa Celana Dalam, gue salah ambil.

Take 2. Kali ini gue lari lagi dan ngelompatin 2 orang itu dan nabrak jemuran beneran lagi.. kenapa bisa nabrak beneran? karena gue harus lari sambil nengok kebelakang dan minta maaf, jelas aja gue nabrak jemuran beneran.

CUT!

Selesai dan kita pindah lokasi ke... kalo gak salah namanya Jl. H. Mursyid balabala apalah gitu. Gue take disana, adegan pertama si Ujang dan Pujono ceritanya pergi ke rumah dukun karena si Ujang ini pengen ngebuat perempuan yang dia suka itu jatoh cintrong ama Ujang, nah si Pujono nyaranin ke dukun.


Setelah selesai dengan adegan dukun, sekarang masuk ke dalem rumah dan hari sudah mulai malam. Adegan disini itu adegan dimana si Ujang dan Pujono memulai ngerampok pertama kali tapi gagal karena si Ujang ketakutan begitu ngeliat kaligrafi Allah dan Pujono ketakutan melihat gambar Pahlawan. Mereka batal ngerampok.


CUT!

Selesai dengan adegan rampok pertama kali, sekarang adegan dimana ketika Ujang dan Pujono masuk ke rumah yang sama kedua kalinya gara gara ngedenger suara berisik dari dalem rumah dan pintu rumah kebuka, ternyata begitu mereka ngintip ke dalem, ada 2 orang perampok yang lebih pro ketimbang mereka.. Ujang dan Pujono berpura pura jadi polisi dan menghantam pingsan 2 perampok itu. Nah pas banget mereka lagi ngiket si rampok, Ujang ngedenger suara perempuan ngerem. Ternyata ada ibu ibu hamil yang diiket sama 2 perampok tadi, dia minta tolong karena udah pengen brojol. Ujang nyuruh Pujono nyari kendaraan buat ngangkut si ibu ke rumah sakit, tapi karena gada apa apa.. akhirnya.. make gerobak dan adegan selanjutnya adalah adegan ngedorong gerobak di tengah ujan yang akan dibahas di hari hari selanjutnya.

CUT!

Hari pertama syuting itu larut banget, sampe jam 3 pagi udah gitu kondisi cuacanya ujan dingin gitu. Gue masuk angin dan kepala gue ngerasa pusing setengah mampas. Gue pulang ke rumah dengan keadaan tubuh yang kedinginan lalu tidur jam setengah 4. Besoknya gue harus berangkat jam 8 pagi.. tapi setelah gue cek lagi ternyata scene gue sekitar jam 11an.. jadi gue bisa istirahat dengan makmur.



No comments:

Post a Comment