Sunday, June 23, 2013

Jalan Jalan Jogjakarta ~ Last Day


Hari kelima sekaligus hari terakhir di Jogjakarta. Pagi hari bangun sekitar jam 9an dan kita cek out dari hotel. Kita semua berangkat ke Malioboro, niatnya hari ini adalah hari untuk belanja dan mungkin ini adalah hari yang dinanti oleh Ashar... Ashar sebetulnya punya 3 kepribadian, 1. Pelajar, 2. Kuli, 3. Ibu ibu diskon.

Di Malioboro ini kita terbagi jadi 2 kelompok, kelompok Raja belanja terdiri atas Ashar, om Arief serta para cewe dan kelompok Raja bingung belanja terdiri atas gue, Abim, Baba, Eldi. Malioboro itu panjaaaangg banget. Gue jalan berempat lurus doang sejauh yang bisa gue capai, niatnya mau mentok tapi gak mentok mentok. Kelompok Raja belanja masuk ke Pasar Beringharjo.

Selama jalan lurus itu gue bisa ngeliat banyak banget dagangan, tapi gue gatau mau beli apaan. Begitu kita udah jalan sejauh mungkin.. terbesit pikiran untuk puter balik... baik.. kita puter balik.. Eldi beli kaya gantungan kunci motor gitu gue gatau apa. Nah pas perjalanan balik ini anak anak mulai pada belanja, entah karena gamau rugi udah jalan jauh atau emang barangnya menarik, mereka beli kaya semacam hiasan buatan tangan, emang keren sih tapi gue gak tertarik.. gue bingung mau beli apa.




Ditambah lagi gue paling gak ngerti sama yang namanya nawar barang barang. Eldi lagi, pas beli gantungan gitu harga satunya 15 ribu.. dia mau beli dua jadinya 30 ribu dong? Pas Eldi nanya

"Berapa 2 mbak?"
"30 ribu"

Tiba tiba Eldi meletakkan kembali gantungannya dan menggelengkan kepala lalu pergi meninggalkan mbak itu.

"Dek dek ini 25 ribu deh!"

Tiba tiba Eldi membalikkan badan dan tersenyum lalu membeli gantungan kunci itu. Simpel?

Gue juga mau nyoba, ada sebuah tas pinggang.. begitu gue tanya harganya 500 ribu. Gue ikutin cara Eldi, tas pinggangnya gue taro lagi terus gue geleng geleng kepala lalu pergi meninggalkan mbaknya. Setelah berjalan jauh melewati 3 toko, gue nengok ke toko tas pinggang itu lagi.. Kok gue gak dipanggil?

Lama kita jalan balik, azan berkumandang, hari ini hari Jumat dan sudah sepantasnya kaum pria solat Jumat. Eldi dan Baba pun solat sementara gue dan Abim engga, kita nyari Ashar. Gue sempet ketemu banci sepanjang jalan Malioboro itu.. memang biasa aja.. tapi ada satu hal yang bikin banci itu tidak biasa, dia make jilbab.. gue bisa bayangin kenapa dia make jilbab.. pasti disuruh tobat sama Ustadz.



Gue dan Abim masuk ke pasar Beringharjo yang ramenya parah separahnya pasar. Gue sempet nyasar disini, tapi setelah callingan berkali kali.. kita berhasil ketemu sama Ashar.

"Shar gue bingung mau belanja apaan.."

Gue ngeliat Ashar udah megang banyak bawaan di tangannya.

"Itu.. buat.. elo shar..?"
"Engga, ini baru buat nyokap gua"
"....."
"Tenang aja wy, kalo lu bingung belanja, kita ke Mirota.. gua jamin disana pasti lo tertarik banyak barang"
"Oke shar, gue ngikutin lo aja"
"Ikutin gua"

Kita ke Mirota, Mirota ini semacam kaya Joggernya Jogja. Disini banyak banget barang barang antik kaya aksesoris dan hiasan untuk rumah, gue berpegang teguh dengan kata katanya Ashar dimana pasti ada barang yang menarik perhatian gue.. satu satunya barang yang menarik perhatian gue adalah asbak dildo yang panjangnya melebihi jari telunjuk gue, selain itu ada juga asbak berbentuk dada wanita besar yang gue asumsikan untuk para bule bule.



Gue ngecek ngecek barang disini berpisah dengan Ashar dan Abim, gue muter muter, naik ke lantai 2. Gue ngeliat ada maenan korek dan ada juga senter yang panjang banget.. Gue muter lagi hingga akhirnya gue tertarik dengan sebuah cerutu kecil yang simpel abis, beli gak ya.. ah gue bingung. Gue stuck di tempat itu antara beli dan engga.. gue mikir mikir sampe sampe si Abim ngasih gue semangat untuk mau ngebeli cerutu itu. Tiba tiba begitu gue nengok ke arah bawah ada sebuah maenan korek api mengerikan yang menghilangkan nafsu belanja gue. Korek berbentuk kelamin pria. Luar biasa. Gue gajadi beli cerutu.



Akhirnya setelah kebingungan ingin belanja apa gue memutuskan untuk membeli barang yang nantinya akan terus gue pake. Gelang. Ya. Gue beli gelang, 2 buah.

Selesai berbelanja, gue keluar dari Mirota dan ngeliat ada pawai besar besaran entah pawai apa. Gue jalan ke parkiran mobil dan istirahat disana. Para anak cewe beserta Abim dan Baba pergi, katanya ingin beli sate untuk ngemil makan. Gue, Ashar dan Eldi duduk diem di sebuah warung dan membeli 3 teh botol sembari menunggu mereka. Setelah mereka kembali, kita dikejutkan dengan kehadiran Sate Lemak yang mengerikan. Gue makan satu dan gue sangat tidak doyan.....



Kembali masuk ke mobil, kali ini kita jalan jalan dan mampir ke Taman Sari. Katanya Taman Sari ini semacam tempat mandinya permaisuri.

"DEMIAPA!!?"

Itulah yang terlontar dari mulut gue. Gue ngebayangin begitu sampe disana ada banyak permaisuri yang lagi mandi dan siap dipertontonkan oleh para turis.

"Itu jaman dulu, sekarang mah uda jadi tempat wisata"

Bayangan gue langsung menghilang begitu saja.

Sesampainya di Taman Sari dan masuk, ternyata di dalemnya di kunci, kita gabisa masuk ke dalem tempat pemandiannya.. walhasil kita cuma bisa mondar mandir di sekitar kampungnya aja. Disini juga banyak turis loh...



Gue juga sempet naek ke atas, disini viewnya perkampungan tapi keren.. kampung jadul gitu.




Ada kalo gak salah anak kecil cewe namanya Karnilla entah siapalah itu dia join bareng kita kita dan bermain cacing, bukan.. bukan maenin Cacing.. tapi beneran maenan cacing.. emm.. maksudnya cacing beneran.. dia peperin ke anak cowo yang notabenenya nyali semut. Diinjek mati.



Setelah cape bermain di Taman Sari, kita rencana mau pindah lokasi tapi bingung mau kemana. Ditengah kebingungan itu, perut menyarankan untuk pergi ke tempat makan.

"Shar enaknya makan dimana nih?"
"Ayam Goreng Mbok Sabar"
"Hajar"

Kita ke ayam goreng Mbok Sabar, ayamnya gedeeee enak dan lezat luar biasa dahsyat. Sambelnya pedes manis dan bikin nagih banget!!




Disini gue dan Hana ngebayarin semua, katanya sih traktiran ulang tahun yang sudah lama banget lewat.

Kita ngeliat jam masih jam 4 sementara kereta berangkat jam 7. Driver ngajakin mampir ke rumahnya buat nongkrong nongkrong, oke kita kesana. Rumah driver yang bernama Feri ini nuansanya cukup serem.. sepi dan banyak barang barang jadul. Disini kita istirahat sembari bermain main.





Gue obses jadi cicek.


Sekitar jam 6an, kita berangkat lagi menuju stasiun naah disini si Mamat bbm ngajakin minum kopi Joss. Rencananya di deket stasiun, kita setuju kesana tapi sebelumnya anak anak pada pengen ke Bakpia Pathok 25. Di Bakpia beberapa pada belanja dan setelah itu langsung cabut menuju warung kopi Joss.



Sepanjang jalan satu arah itu adalah warung pinggiran dan semuanya menyediakan kopi Joss. Kita milih warung yang sepi dan mulailah memesan makanan disana.

"Pada mesen apa nih?"
"Gue kopi Joss!"
"Gua juga!"
"Sama!"
"Oke kopi joss semua ya?"
"OOOHH!!"

Padahal gue pikir.. satu kopi Joss untuk satu orang gak akan bisa habis.. tapi ini.. kita mesen 9 kopi Joss.. karena rasa kepo yang tinggi dan ingin nyobain kopinya.. kita pun sepakat satu orang satu.


Gue juga sebenernya pengen tau, apa sih yang beda dari kopi Joss ini? panasnya? rasanya? Di tengah pemikiran gue tiba tiba datang sebuah kopi hitam dengan Arang yang masih menyala nyala bara apinya. Gue nelen ludah.

"Ini... kopi.. Joss?"
"Serius..?"

Gue ngeliatin Arang di dalem kopi itu masih nyala men.. serem banget... sempet jiper sementara.. lalu gue coba minum seteguk.. Glup..

"AAAAAHH!!!" jerit gue kaya cewe dikagetin pake cicek.

Panas!!!! Panasnya JOSS!!!! Rasanya!?? Kopi hitam biasa... pahit.
Benar saja seperti yang gue duga, gak ada yang doyan. Para anak perempuan menambahkan kopinya dengan banyak susu sasetan, akhirnya nama Kopi Joss tadi berubah seketika menjadi Kopi Joss + Susu Saset.

Gue gamau rugi, tetep. Gue ngabisin kopi Jossnya, emang pait sih.. tapi lama lama enak.. apalagi ditambah make sate kerang dan ayam.. weeuuh doyan.

Kita makan, ngobrol ngobrol bareng Mamat juga.. gak kerasa udah jam 7 kurang. Akhirnya kita ke stasiun yang gak jauh dari situ. Sampe di stasiun turun dari mobil, ngecek barang barang lalu mengucapkan salam perpisahan dengan driver yang sudah asik asiknya menemani kita. Om Arief ngebagiin tiket kereta satu persatu. Pas banget kita mau pisah dengan driver, tiba tiba Eldi nyeletuk.

"Sekarang tanggal berapa?"
"Tanggal 7, kenapa?"
"Wy masa tiket gue tulisannya berangkat tanggal 6"
"Hah? berarti kemaren dong?"

Gue ngecek tiket gue, ternyata tanggal berangkatnya juga 6. Begitu semua meriksa tiketnya, tanggal 6 juga kecuali 3 orang cewe itu yang tanggal di tiketnya benar, tanggal 7.

"Jangan jangan ini tiket salah cetak"
"Terus gimana dong? ini indomaret kan yang beli?" waktu itu emang kita mesen tiket pulang dari Indomaret

Mas Sulis dan Mas Tri ( 2 orang Driver kita ) pun gak jadi pergi dan langsung siap nolongin kita.

Gue dan om Arief ke bagian informasi dan menanyakan gimana jadinya tiket ini.

"Mbak ini tiket saya mesen tanggal 7 tapi kenapa di cetaknya tanggal 6?"
"Kalo itu yang terjadi, komplainnya harus ke tempat pas Bapak beli.."
"Gabisa diganti mbak?"
"Maaf.. tapi harus beli tiket baru karena yang itu udah gak berlaku"

Gue diem.
Beli baru? Gimana ini.. pasti lebih mahal dan gue yakin anak anak udah gada duit lagi. Gue bingung. Ngecek dompet. Waktu menunjukkan pukul 7, kalo ga cepet cepet bisa bisa ketinggalan kereta. Akhirnya gue dan om Arief langsung ke bagian tiket dan beli tiket baru. Gue cuma beli 6 karena 3 orang cewe itu tiketnya masih bener, bisa dapet ternyata masih banyak kursi kosong. Tapi kita beda gerbong sama yang cewe cewe.

"Kita beda gerbong, tapi nanti kalo tiket udah di periksa yang cewe tukeran aja ama yang cowo cowo"
"Okedeh.."

Akhirnya kita selamat......

Masuk ke dalam kereta, yang cewe di gerbong 1 dan yang cowo di gerbong 2. Gue naro barang barang dan duduk diem. Tiba tiba ada seorang petugas kereta dan mbak mbak yang tadi di loket karcis ngedatengin gue.

"Mas yang tadi beli tiket 6 orang ya?"
"Iya mbak, kenapa?"
"Ini uangnya kelebihan 200 ribu.. maaf ya mas"
"Ha? kelebihan?"

Mbak dan petugas itu pergi begitu saja seperti di film film drama cinta yang ditinggalkan kekasihnya. Gue cuma bengong, kelebihan?

"Om, emang kelebihan?"
"Engga, tadi kan uda diitung pas.. mbaknya juga udah ngitung pas.."
"Uang gak enak hati kali ya?"
"Mungkin.."

Kereta berjalan, pemeriksaan tiket dilakukan. Ashar dan Abim ngecek ke gerbong sebelah gimana keadaan cewe cewe. Begitu balik gue tanya.

"Gimana?"
"Cacing duduk ama Hana, Farah ama ibu ibu"
"Wahahaha dia yang sendirian?"
"Iya trus gimana?"
"Yaudah si Farah kan sama ibu ibu, mendingan dia gausah pindah soalnya gaenak juga kalo laki laki duduk sama ibu ibu gitu"
"Oya bener juga"

Setelah menjelaskan berbagai macam ternyata memang lebih baik pindah. Tapi siapa yang siap berkorban dan duduk bareng ibu ibu..... ternyata gue.

Gue dengan segala rasa sok akhirnya menggantikan Farah. Cacing dan Hana digantikan oleh Eldi Ashar.

"Wy sorry ya gue gaenak sama lo"
"Gapapa, udah gih sana"
"Toss"

Gue duduk di sebelah ibu ibu itu.. deket jendela. Gue juga sempet nanya "Sendiri bu?" niatnya supaya mencairkan suasana, tapi ternyata lebih mirip cowo nakal yang suka maen sama ibu ibu.

Lama setelah duduk disitu tiba tiba si Ibu ini nanya ke gue.

"Ke Purwokerto masih lama?"
"Engga tau deh saya.. ibu mau turun disitu?"
"Engga, saya mau pindah kursi aja, takutnya ada orang"

Sang Ibu pun pindah. Nasib punya tampang kriminal.

Gue mencoba memejamkan mata, ingin tidur.. tubuh gue cape setengah mampus. Berkali kali gue merem dan memainkan banyak posisi pewe.. lama lama gue bisa jadi ahli akrobat. Gue juga sempet denger ada yang manggil "Awy.." itu suaranya Hana, tapi gue cuek dan berusaha untuk tidur..

1 jam berlalu.. 2 jam... waktu menunjukkan pukul 12 malam dan gue sama sekali GAK TIDUR!
Gua gak bisa tidur!! Gak ngantuk.. kenapa ini?? Gue coba dengerin lagu dan memaksimalkan volumenya lalu memainkan lagu secara random. Gue coba untuk tidur lagi, masih gak bisa... gue memikirkan sesuatu, ngitung domba, ngitung kambing, kebo, sapi, ayam, semut, kecoa dan semacamnya... Tiba tiba dari headset gue terdengar lagu Lenger Wengi. Lagu yang sengaja gue simpen buat nakut nakutin orang, gue kaget dan ngelepas headset.

Waktu menunjukkan pukul 1 malam. Gue gak tidur, melek. Pasrah. Gue ngeliat di lantai ada anak kecoa lewat.. 1 kecoa.. 2.. trus ada anak kecoa yang jalan di dinding sebelah gue, gue kaget... tiba tiba singa jalan di gerbong. Gue mati.

Gue bingung kenapa gak ngantuk sama sekali.. akhirnya gue cuma mengingat pengalaman selama di Jogja semenjak hari pertama.. gue inget inget.. gue ketawa.. petugas kereta ngeliatin gue ketawa sendiri.. gue inget hari terakhir.. sebelum naik kereta.. ke bakpia pathok.. minum kopi Joss.. tunggu? kopi Joss? DAMN!!! KOPI JOSS!! Ternyata gara gara itu gue gak tidur!! Camkan ini, gue gak akan minum kopi Joss lagi.

Jam 2 malem, gue belom tidur dan perut gue keroncongan.. gue nyari nyari petugas kok gak ada yang nawarin makanan lagi... gue kelaperan.. satu satunya snack yang gue punya cuma aqua botol. Menyedihkan sekali..

Selimut bungkusan yang dibagikan petugas pun gak gue buka sedikitpun, gue ngeliat satu gerbong pada make selimut semua sedangkan gue? boro boro, tidur aja mati matian.

Pada akhirnya.. sampe Jakarta.. gue sama sekali enggak tidur.. mata gue udah sayup sayup, badan gue lemes. Petugas ngambilin selimut selimut yang dibagiin lagi, begitu gue kasih selimut gue yang masih terbungkus rapi.. dia ngomong.

"Makasih udah dilipet"

Gue cuma senyum.


~ JALAN JALAN JOGJAKARTA LAST DAY ~



-----------------------------

Inilah dia, gue sampe Jakarta jam 5 pagi.. keadaan tubuh lemas, lesu, letih, lelah, letoy.. gue pulang ke rumah naik taksi gelap bareng Baba dan om Arief. Gue baru inget.. jam 7 pagi ini.. gue sekeluarga akan berangkat ke kota Malang untuk liburan keluarga.

Sampe rumah jam 6, dan selama 1 jam... gue tidur.. lalu berangkat kembali dengan keadaan seperti tulang patah...


Terima kasih sudah bersedia membaca kisah travelling remaja idiot bersama teman temannya yang lebih idiot. 
Segala kata kalimat dan paragraf dalam post ini yang sekiranya ngaco aneh dan salah kata.. emang sengaja digituin tulisannya.
Akhir kata wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

1 comment: