Sunday, June 23, 2013

Jalan Jalan Jogjakarta ~ Day 2


Bangun pagi dan ini adalah pagi hari pertama di Jogja, hal pertama yang gue lakukan adalah nguap dan berikutnya ngulet. Berhubung rencana hari ini kita bakal nyoba Arum Jeram jadinya gue gak mandi.. begitu juga yang lainnya. Kita berangkat sekitar jam 8an dan perjalanan ke lokasi makan waktu 1 jaman.. iya untunglah kita masih di jaman yang sama.

Kita jalan make 2 mobil karena kalo 1, sumpek dan gak lega. Mobil 1 isinya gue, Ashar, Eldi dan om Arief serta driver dan satunya lagi ya sisanya... Selama di perjalanan gue terpaku dan senang melihat sekeliling kota Jogja yang gak ada macet macetnya.. inilah Jogja...

Sampe di lokasi rafting, kalo gak salah namanya.. mmhh.. lupa... pokoknya begitu deh. Kita tanya berapa ternyata 150 ribu perorang, oke kita naik. 

"Kita naik mobil dulu ya jalan ke lokasinya"
"Bukan disini bang?"
"Emang disini ada sungai?"

Iya gak ada sih... jadinya kita naek mobil menuju lokasi yang notabenenya agak lumayan jauh banget........
Lokasinya itu namanya sungai Elo, katanya sih sungai ini emang sungai buat arum jeram tapi buat level level newbie gitu.

Sampe disana, kita turun dari mobil dan langsung mengenakan seragam perang. Pembagian tim, gue bareng Baba, Eldi, Cacing, Hana dan tim lainnya Ashar, Abim, Farah, om Arief. Kita dikasih wejangan dulu samaaa.. apa ya namanya, motor rafting? penggerak.. oke penggerak.. kita dijelasin sama si penggerak ini tata cara menaiki rafting.. pertama persiapkan perahu karetnya, kedua angkat kaki kanan lalu injakkan ke perahu karet dan lakukan hal yang sama pada kaki kiri. Itulah tata cara menaiki rafting.

"Nanti selama rafting akan ada beberapa kode ya.. kalo penggerak bilang dayung mundur, semuanya dayung mundur.. kalo dayung maju ya dayung maju.. jangan sebaliknya.. kalo ada aba aba diam.. kalian angkat dayungnya dan pegang erat erat.."

Kita semua dengerin serius.. bukan serius karena tertarik tapi serius karena takut nyebur ke sungai dan kebawa arus terus nabrak batu kemudian mati.. AAAHHH!!!

"Nah ada lagi tata cara untuk menolong orang yang nyebur ke sungai"

Ini dia!

"Kalo temen kalian jatoh ke sungai, sekiranya masih bisa dijangkau pake tangan.. kalian pegang lifesuitnya terus angkat sekuat mungkin.. kalo gabisa dijangkau pake tangan.. kalian pake dayung, kemudian tarik teman kalian.. kalo sudah dekat, angkat.. kalo masih ganyampe juga.. kalian sambung sambungin dayungnya dan lakukan sampe dia berhasil kalian gapai."

Gue diem.
Ngebayangin diri gue nyebur ke sungai, kebawa arus, gue ga megang dayung.. pas diulurin dayung, tangan gue licin dan lepas.. di depan ada batu karang dan gue pingsan karena kebanyakan nelen aer sungai..




Setelah dijelaskan panjang lebar, awalnya deg degan dan ngeri ngerian.. kita jalan ke perahu karet yang sudah disiapkan disitu, Hana parnoan.. dia takut naik rafting.

"AAAHH!!! PEGANGIN!! WADOOHH UOO TAKUT!"
"BACOT!! NAEK!!"

Akhirnya dia pun didorong paksa agar naek ke perahu karet.

Semua sudah naek, tim lain jalan duluan lalu disusul kita. Penggerak di perahu karet gue namanya Prayiet, orangnya asik parah dan selama di perahu karet dia ngomong terus.. terus dah itu ngomong gak berhenti henti sampe sampe gue pengen jadiin dayung.

Pertama kali naik di perahu karet dan mendayung itu emang sesuatu yang luar biasa banget karena ini first time buat kita semua, saking first timenya.. kita kompak banget ngedayung sambil ngitungin jumlah dayungan..

"52!! 53!! 54!! HUACEEHH!! 76! 77! 78!"
"Itung teruuuss sampe selesaii!" Kata Prayiet
"Berapa jam kira kira ini bang? 2 jam?"
"5 jam"
"EEEHH?? Berapa jauh emang??"
"Ini jauh looh sekitar 12 kilometer tapi tenang aja, gak kerasa kok malah bakalan pengen nambah"

Gak ngerti juga apanya yang gak kerasa.. 5 jam pasti bakalan berasa.

"Awas didepan ada ombak! Diam sekaraang"
"Okeee!!"

Gue dengan sigap dan cepat atau lebih tepatnya ngeri langsung ngangkat dayung berusaha nurut senurut nurutnya. Begitu perahu karetnya masuk ke ombak, kita terombang ambing sana sini dan disitulah gue bisa ngedenger backing vokal indah dari semua temen temen gue.

"Aaaaaahhh!!"
"Uwaaaa!!"
"Eeehh copot copot"
"Buseeh buseeehh"

BYUUURR!!

Arus pertama berhasil dilewatin... gimana? ASADALAYAAAA!! Asik amat dah lah yaaaauuu!
Nagih.

"Nah disini kalian boleh nyebur ke sungainyaa!"
"Hah?? Hah?? engga ah ngerih bang!!"
"Udeeh terjun aje ah!"
"Terjun terjun!!"

JEBLURR!
Baba dan Eldi nyebur duluan sementara gue ngeliat Hana yang dengan kekeuhnya megang pinggiran perahu.

"Gue gamau nyebur!!!"
"Nyebur gak lo!!"

Byur.
Suara percikan air kecil begitu Hana nyebur.. Gue tanpa dosa dan maksiat pas pengen loncat malah kepleset, jatoh ke sungai dan tepat meniban kepala Hana dengan posisi yang gak pewe alias kepala duluan. Beneran banget pas gue kepleset itu suara yang gue denger cuma 'blup blup' 'grroohh' 'prraahh' Gue kira tenggelem.. Hana yang udah di aer masih aja megangin perahu, begitu gue berhasil munculin pala gue keluar aer dan bersiap mengambil udara.. tiba tiba..

BLUBUK BLUBUK.. PRROHH.. JLUB JLUB.

Cacing nyebur dan niban kepala gue. Gue ga sempet ngambil nafas. Di tengah tenggelemnya gue itu tiba tiba terlintas segala kenangan kenangan gue pas masih kecil.. dulu gue pernah naek sepeda roda empat dan diturunan nabrak tembok, gue pernah mecahin kaca rumah orang serta berbagai macam kenangan pahit lainnya.

Gue berusaha keras menampakkan diri dan akhirnya berhasil tapi... kok berat banget? Gue nengok ke sebelah kiri gue dan terlihat muka semacam gorilla ngeden pengen hamil, Hana.

"Lepasin gue han!!!"
"GAMAU!! GUE TAKUT TENGGELEM!!"
"Kaga bakalan!! Lepasin! Berat neh! Kan make pelampung!"
"AAH GAMAU!!"

Hana memang harus dipaksa, akhirnya gue ngelepasin tangannya lalu ngedorong dia jauh jauh.

"AAA Awy! Gue tenggelem gue tenggelem!"
"........."

Kita berenang dan berenang.. gue berenang dengan riang seperti bayi beruang yang belajar nyari ikan di laut. Gue ketawa bahagia... melihat ke arah langit yang biru, pepohonan yang rimbun lalu gue noleh ke arah kiri gue.. ada sesuatu yang ngambang berwarna kuning.. gue senyum.. gue liat ke depan gue.. ternyata kuning kuning ngambang dimana mana. oke gue cuma bercanda.

Berenang dan berenang, gue ngipakkin kaki dengan cepet hingga jauh dari perahu karet. Gue ketawa tawa hahahaha sekarang gue paling depan loh!!

"Cepet semuanya naik ke perahu, di depan ada arus lagi"

Semuanya langsung buru buru menuju perahu... gue? Dengan segala kecepatan dan ketakutan, gue langsung berenang menuju perahu. Disini gue dipermainkan oleh si Prayiet.

"Oke sekarang saya ajarin ya caranya narik orang yang jatoh gimana, kalian pegang bagian pundak pelampungnya terus cemplungin ke aer dulu... Blubb"

Gue ditenggelemin tanpa ada aba aba tarikan nafas. Setelah melek ternyata gue udah ada di perahu.

Kembali lagi kita ngelanjutin perjalanan, kali ini dayungan kita udah semakin berkurang dan bahkan gak ngedayung sama sekali.. cape betul. Kita ngelewatin arus arus kenceng yang bikin perahu terombang ambing. Prayiet suka iseng juga.. di tengah kalem kalemnya aer, tiba tiba dia bertanya.

"Disini ada yang artis ya?"

Kita diem.

"Saya tau ini ada yang artis, pasti diantara kalian semua... KAMU ARTISNYA KAN!! HAHAHAHAHHAHA!!!!"

Eldi yang ada di sebelah kirinya tiba tiba dilempar masuk ke sungai... rasa takut.. semuanya membelenggu, Prayiet mengerikan..
Kita sempet maenan game juga, berlima berdiri di pinggiran perahu lalu muter muter sambil nyanyi lagu apalah tau.. perahu diputer puter sama si Prayiet dan kita berlima berpegangan tangan harus menahan keseimbangan.. yang jatoh ke sungai si Eldi, Baba dan Cacing..

Perjalanan berlanjut dan ternyata hari sudah siang waktunya istirahat, kita sampe di tempat peristirahatan. Disini kita makan snack snack kecil dan minum aqua gelas sembari melemaskan tangan. Iya kita foto foto kok, namanya juga anak muda. Selesai istirahat kita kembali lanjut.

Nah disuatu sungai yang kalo gak salah namanya Green Canyon jadi jadian gitu. Kita nyemplung lagi, waaahh ini paling asik men. Arusnya kenceng jadi kita diem aja juga udah jalan, disini gue terlentang sambil memandang langit.. rasanya gue ngelupain semua permasalahan dan merasakan ketenangan yang amat sangat, gue ngeliat ke langit ceraah banget.. tempatnya hijau banyak tumbuh tumbuhan, aliran air ngebawa gue.. perlahan gue memejamkan mata ingin menikmati indahnya Sungai Elo....
Tiba tiba Hana narik kerah pelampung gue dan kecekek sampe aernya masuk ke tenggorokan.

"OHOK OHOK!! HOOKK!"
"HAHAHAHA MAAF WY!"
"OHOEEK HAKK HAKK HUOOK!"

Gue batuk kronis.

Di Green Canyon ini juga kita berdelapan kecuali om Arief bertemu. Bareng bareng berenang, pegangan tangan layaknya Bolang yang nyasar di perairan. Kita ketawa tawa bersama, balap balapan berenang..

"Naek semua! Ada ombak didepan!"

Gue parno. Posisi gue berada jauh di depan dan bener aja gue ngeliat ombak disana... Gue pengen berenang balik ke perahu tapi entah kenapa badan gak nurut, ternyata ketarik arus ombak.. gue jiper setengah mati.

"Yaelah yaelah hadooohh woaaa!!!"

Cuma itu yang bisa gue ucapin, sementara gue lagi panik.. gue ngeliat Hana yang nyangkut di batu karang seperti baju hanyut..
Kembali dalam kepanikan gue, sekarang gue mengerahkan seluruh tenaga buat ngelawan arus.. luar biasa aja loh.. capenya dahsyat, tapi akhirnya gue selamet dan bisa naek ke perahu... di perahu cuma ada 5 orang.. kurang 1.. Hana?

Hana ilang! Jangan jangan dia nyangkut di batu karang dan karena derasnya arus, dia nyemplung dan menjadi batu karang selamanya?
Ternyata dia di perahu lainnya.

Ombak yang ini gede banget.. semuanya dalam aba aba Diam. Kita gabisa apa apa, gaberani tepatnya.. ombaknya gede dan perahu yang kita naekin mepet ke pinggir dan bagian depannya itu bakalan nabrak batu karang gede, Cacing ada di paling depan dan bodohnya lagi nengok ke arah yang ngaco.

JDUGG

"Awh.."

Dia nabrak.

Perjalanan kembali berlanjut dan kali ini sudah ada banyak aliran tenang, kita terus jalan sambil ngobrol ngobrol. Prayiet cerita katanya dulu banyak artis yang sering nyobain kesini.

"Asal nama Elo di sungai ini itu karena ada pohon yang namanya pohon Elo, itu pohonnya"

Gue ngeliatin pohonnya yang tinggi dan lebat.

"Dulu pernah ada juga loh orang yang pre weddingnya di arum jeram gini"
"Seriusan??"
"Iya 2 orang penganten gitu foto foto tapi ya make baju biasa dan pelampung pastinya.. kita penggerak mah gak berani buat maenan kaya tadi ngedorong dorong"

Gila abis.. gue langsung mikir kenapa bisa sampe ada yang foto pra wedding di arum jeram.. untung ini level newbie, gimana kalo level pro?

"Kalo level pro mah udah gak ada nih yang aliran tenang gini, bisa aja 5 kilometer ombak semua"

Astaganagabonar.
Gua gabisa bayangin ada orang yang foto pra wedding di sungai level pro, pasti selama fotografernya ngasih aba aba

"Satuuu Duaaa Tigaa!!"

Hasil fotonya adalah perahu karet tanpa manusia.

Perjalanan sebentar lagi akan berakhir dan disini kita semua iseng isengan, dorong dorongan orang supaya nyebur. Inceran pertama adalah Ashar, Kuli Tour Guide. Dia adalah target paling susah... jadinya kita pindah target ke Farah terlebih dulu.. pas banget kita mau ngedeketin perahunya tiba tiba ada suara.

BYUURR

Farah nyebur kepleset.. belum diapa apain tapi udah nyebur duluan. Kita semua ketawa HAHAHAHA

BYUURRRR

Begitu sadar, ternyata gue ada di sungai. Prayiet si setan lempar beraksi. Dayung gue jatoh dan ngapung jauh di belakang perahu. Gimana ngambilnya.. Prayiet dengan mengejutkan bisa mendayung dan perahu berjalan mundur.. kacau abis... Gue pengen naek ke perahu tapi.. gabisa.. tiap kali loncat, tangan gue ga berhasil megang tali perahu dan nyebur lagi, loncat dan nyebur lagi..

"Haahh masa harus di bantuin siiih"

Prayiet memegang pelampung gue.. dengan cepat dia nyemplungin gue sekali.. keluar dari air gue langsung siap siap loncat tapi.. dicemplungin lagi.. dan lagi dan lagi... bangun bangun gue udah di perahu.

Akhirnya setelah insiden ketidaksengajaan jatoh, kita kembali ke rencana awal. Ashar. Kita ngedeketin perahunya dan pas baru banget deket, Abim Farah ngedorong Ashar dari belakang tapi dia gak jatoh! Dia dengan kuatnya bertahan di perahu karet... kurang ajar.

Sasaran berubah, kali ini perahu lawan mengincar seseorang dari tim kita. Begitu kita lengah dan perahu mendekat, Eldi nyemplung.

Naaah kita sampe di arus terakhir dan juga arus terbesar. Aba aba Diam kembali berkumandang, kita semua diam tapi goyangan perahu luar biasa dahsyat.

"Woaaahh!"
"Etetetet!"
"Adududuuh"

DUG!

"ADUUUUHHH!!!!!"

Dayung Cacing mengenai gigi Hana dan behelnya bermasalah.

"HANAAA MAAF!!!"
"Adodoh Cing.. hadoh.."
"Hanaa maaf haaann lo gapapa?"

Sebuah pertanyaan "lo gapapa" adalah pertanyaan paling tabu untuk sesuatu yang sudah keliatan kenapa napanya.





Rafting arum jeram selesai, kita semua kembali ke tempat awal dan mandi membersihkan diri. Setelah itu lanjut makan siang disana yang sudah disiapkan. Berhubung hari masih siang, kita berencana mampir lagi ke tempat tempat lain.. rencana pertama dan terdekat adalah Candi Borobudur.

Di Borobodur, kita gak masuk ke dalem... karena mager ngeluarin duit. Selama disana di tengah hawa panas terik, kita semua cuma jalan jalan di daerah luarnya. Gue misah sendiri dan keliling, selama keliling gue disamperin orang orang pedagang keliling dan ditawarin banyak barang barang. Gue ngerasa kaya artis.

Batal dengan Borobudur, kita berencana lanjut ke sebuah puncak di atas gunung sepertinya.. kalo gak salah namanya Ketep. Nah perjalanan ini makan waktu cukup lama jadinya gue cuma bisa tidur selama di mobil. Sampe di Ketep itu sore sekitar jam setengah 4an. Begitu parkir dan turun, beehh.. udaranya adem tenan rek. Kita masuk ke dalem dan berjalan jalan.





Disana gue bisa ngeliat bukit bukit hijau yang tinggi bahkan keliatan juga semacam gunung.. Merapi?
Tapi yang menjadi target bukanlah view diatas puncak melainkan kita para cowo berencana untuk membuat film pendek yang sudah lama hilang, "Jagung The Movie". Ya.. itu adalah film yang sempet di syutingkan dulu dulu banget.




Ini dia penampakan dan teaser film Jagung The Movie. Diperankan oleh 4 orang pria jomblo yang susah dapet pacar.




Skip and match.

Malam hari pun tiba. Begitu sampe di hotel semua anak masuk ke dalem kamarnya masing masing, sepertinya mereka kecapean karena arum jeram.. Gue juga cape.. tapi satu hal yang bikin gue gaboleh tidur.. Mamat bbm pengen berkunjung ke hotel.. Mamat ini alumni dari sekolah gue yang kebetulan kuliah di Jogja. Waktu itu kalo ga salah baru jam 10 maleman dan kondisi mata gue udah merem melek. Baba cuma maenan ipad..

Mamat dateng dan yang bisa nemenin dia cuma gue dan Baba. Hana gue bbm katanya udah ngantuk dan pengen tidur.. Sebenernya gue juga ngantuk, tapi sebagai lelaki yang jantan dan ganteng.. gue nemenin Mamat beberapa waktu.

"Cari angkringan aja deh yo biar gak ngantuk"

Mamat ngajakin jalan. Oke gue dan Baba ikut, kita jalan kaki keluar gang dan nyari nyari tapi gak ada satupun angkringan yang buka... kondisinya udah sepi banget jalanan disitu..

"Ini mah masih mending wy segini.. biasanya jam 8 malem sepinya udah kaya kota zombie"

Gue gabisa bayangin Jogja begitu jam 8 malem, semua orang masuk ke dalem rumah dan tiba tiba zombie keluar dari.. dari aspal? Kasian sekali zombie zombie itu harus sibuk mengais ais aspal demi keluar mencari manusia yang sudah tidur lelap di kasur mereka.

"Ke alun alun aja mau gak?"
"Hajaarr!!"

Kita bertiga balik ke hotel untuk ngambil perkakas lainnya. Mamat menggedor gedorkan kamar para pria tapi disana gak ada satupun balasan.. mereka sudah tidur lelap, mungkin bertiga saling kudepan dan berpelukan untuk menjaga kehangatan satu sama lainnya.. Kamar yang cewe cewe pun digedor tapi gak ada balasan. Okelah jadinya tetep kita bertiga yang ke alun alun naik motor.

Gue bertiga ke alun alun.. Disana.. gue tertarik mencoba legenda 2 pohon beringin yang harus dilewatin dengan mata tertutup. Desas desusnya kalo kita nutup mata trus jalan lurus ngelewatin diantara kedua pohon beringin itu.. keinginan akan terkabul.. benarkah? lets try.

Gue nutup mata make jaketnya Mamat.. lebih tepatnya nutup muka.. itu bener bener gak keliatan apa apa dan susah napes. Startnya itu ada di deket tiang dan di belakangnya itu gedung putih gitu, depannya ya pohon beringin yang harus dilewatin.. rame banget pas itu padahal udah tengah malem.



"Oke wy jalan!"

SIP!!
Gue jalan kaki lurus bener bener lurus, gue senyum 'heh.. ternyata gampang' gumam gue dalem hati, gue terus jalan lurus.. gue ngerasa semakin dekat dengan pohon beringinnya.

"Udah belom ba?"
"Teruuss!"

Oke terus, sepertinya emang dikit lagi.. gue senyum, ketawa, girang, guling gulingan.

"Udah nih?"
"Udah!! Buka coba"

Gue ngebuka jaketnya dan begitu gue ngeliat ke depan gue itu adalah sebuah gedung putih.. sedangkan di belakang gue adalah pohon beringin. Gue jalan muter balik.

"Hah??? Kok gue muter balik??"
"Ya elu mau kemane cookk"
"Ba lo coba!!"

Baba pun mencoba, dia make jaketnya Mamat dan jalan lurus, bener bener lurus.. gue masih antara percaya dan engga.. gue yakin banget jalan lurus tapi ternyata muter balik.. kali ini Baba jalannya bener bener lurus tapi melencong.. di depannya adalah tembok putih pembatas pohon.

JDUG!

Baba sukses menabrak tembok.



Dua kali gue coba lagi jalan lurus ke pohon itu tapi hasilnya selalu muter balik. Untuk kedua kalinya Baba nyoba.. dia bener bener melenceng.. gue diemin, tau tau dia jalan cepet ke arah dimana ada sekumpulan orang orang sedang asik nongkrong make tiker dan minum makan di atas rerumputan.

"STOP!!!"

Baba hampir sukses mengacaukan acara orang orang.

Gue kepo kenapa gak bisa bisa, Mamat yang orang Jogja ini pun gue tanya.

"Mat lo bisa kagak?"
"Udah pernah, berhasil kok dulu"
"Haaaah boong, mana pacar lo?"
"Ada kok jadi pas gua berhasil ngelewatin tuh gak lama setelah itu gua dapet pacar.."
"Hooh... ternyata bener bisa buat jodoh ya.. trus mana pacar lo?"
"Sebulan setelah gue jadian putus"

Lemas lesu ingin berhasil, tapi kita batalkan. Kali ini kita nongkrong dan makan makan. Di tengah asiknya makan dateng seorang pengamen menyanyikan lagu lagu yang gue gatau itu apa.. yang jelas, suaranya keren dan gue pun terpesona.



Kita asik ngobrol ngobrol hingga akhirnya gue sadar udah jam 1 malem. Gue balik ke hotel dan tidur.


~ JALAN JALAN JOGJAKARTA DAY 2 ~


No comments:

Post a Comment