Sunday, June 23, 2013

Jalan Jalan Jogjakarta ~ Day 1


Jogja.. Jogja bro Jogjaa!
Akhirnya gue pergi ke Jogja! Udah lama gu-

ehem..

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh..

Akhirnya gue kembali membuka post dengan ucapan salam sopan. Seperti biasanya, salam yang kaya gitu cuma gue lakuin kalo ada topik pembahasan tentang travelling dan kali ini gue bakalan ngebahas kisah travelling gue ke JOGJA!!

Jogja.. Jogja bro Jogjaa!
Akhirnya gue pergi ke Jogja! Udah lama gue mikirin apa bakalan bisa kesana tapi ternyata kesampean. Kali ini gue bakalan ngebahas Day 1 yang gak terlalu penting penting amat karena seharian hanya di kereta.

Rencananya itu kita kesana naik kereta dan jadwal di tiketnya itu jam 8 pagi nah karena paginya itulah di rumah gue muncul 3 orang anak yang menginap, Ashar, Baba dan Abim. Gue sebenernya juga rada agak khawatir banget.. tidur sendirian aja gue bisa kebablasan, apalagi bareng bareng.. ditambah lagi kita semua begadang sampe jam 1an. Gue gabisa bayangin begitu kita bangun dan mengecek jam ternyata sudah jam 8, mungkin kita aka berwajah seperti Smeagol saat nahan berak.

Gue tidur duluan dan dilain kamar karena takut gabisa bangun kalo bareng bareng. Pagi muncul dan gue ngecek jam ternyata jam 4, gue langsung bangun dan membangunkan yang lainnya. Gue mandi dan bebenah hingga rapih. Eldi dateng bareng bokapnya, rencananya sih bokapnya Eldi mau nganterin gue, Baba, Abim, Ashar dan om Arief ke stasiun naik mobilnya.

Selama perjalanan, di daerah Mampang itu emang udah agak macet, gue bareng yang laki laki ini di mobil masih terkantuk kantuk. Hana dan Farah, oiya biasanya gue kalo jalan kemana mana cuma bareng cowo tapi kali ini ada 3 makhluk jadi jadian yang tak sengaja masuk ke schedule gue. Hana dan Farah udah otw bareng nyokapnya Farah sedangkan Cacing? dia baru bangun tidur.

Di perjalanan yang panjang dan macet, kembali gue berhadapan dengan sakit perut dan rasa mual yang maha dahsyat.. tapi karena gue udah sering kemana mana.. jadinya gue bisa memperpanjang mual gue supaya gak keluar. Di tengah penahanan mual gue itu tiba tiba..

"Hoekk.."
"Shar..?"

Gue baru inget kalo Ashar punya penyakit asam lambung yang kronis, dia gampang muntah............

"Hoek.. Oek.."
"Shar shar.. please jangan muntah disini"

Iya bener shar.. apalagi gue duduk di paling belakang dan cuma berdua sama lo.. kita sebelahan..
Tiba tiba Ashar mengambil plastik dan mengeluarkan magma..

"Hooaaeekkk"

Ooohh.. keluar.. pas Ashar sudah merasa agak baikan dan melipat plastiknya.. gue liat... GUE LIAT!!!

"Shar!!! Baju lo!!!"
"Ah kena muntahnya deh.."

HOEKS
Gue pengen muntah.

---------------------

Sesampainya gue di stasiun ternyata udah ada Farah dan Hana, mereka nunggu di Bento dan jelas saja otak gue langsung memikirkan Hoka Hoka Bento. Gue nyariin hokben kemana mana dan ternyata begitu tiba disebuah toko makanan biasa yang kecil disana ada mereka. Disini kita rame rame duduk dan sepertinya harus mesen makanan.. gue mesen mie ayam dan es teh manis. Biasanya kalo udah nyampe tempat makan yang gue gak kenal.. cuma 2 itu menu yang gue panggil karena biasanya rasanya sama sama aja tapi pas gue nyobain ternyata rasanya gabisa gue ungkapkan dengan kata kata.

Jam 8 lewat beberapa menit akhirnya kereta dateng dan kita bersembilan naik. Selama di kereta, gue gamau ngebahas apa yang terjadi disini.






--------------------------------------------------

Skip and match.

Akhirnya kami.. tiba di Jogja..
Kita sampe di Jogja sekitar jam 5 sore dan disini langitnya masih cerah banget. Rencana seorang driver bernama Dwi yang merupakan temen dari om Arief ini pengen ngejemput dan ngebawa kita ke hotel yang akan kita tempatin. Kita nungguin lama sambil foto foto bagaikan orang goa yang baru pertama kali ngeliat laut.



Gak lama mobil dateng dan tentu saja.. kita bersembilan plus barang bawaan harus sempit sempitan disitu. Selama perjalanan tidak ada yang bisa bergerak ataupun bergeser dari kursi, sempit banget men!

Kita jalan ngelewatin Malioboro dan disinilah Tour Guide Ashar beraksi..

"Ini tempat jualan batik batik kan ya sampe ujung sana? murah murah loh disini apalagi yang paling bagus itu di Mirota, disitu udah kaya Joggernya Jogja. Banyak jualan disana, aksesoris segala macem.. gua juga pernah kesitu emang bagus sih tempatnya balabala ah ah..."

Nice....

Akhirnya kita tiba di hotel, nama hotelnya Ndalem Mantrijeron. Hotelnya gak gede gede amat dan lokasinya ini di dalem gang, sepiii jadinya enak dan juga gak banyak orang. Hari ini dan besok gak ada tamu lain di hotel selain kita, asaaadalaaa saatnya foya foya. Gue mandi.



Hotelnya keren, ada tivi, kasur, AC, air anget, meja, anduk, sendal, remot, stop kontak dan segala macam korden. Kita mesen 3 kamar, kamar 1 isinya gue, Baba dan om Arief.. kamar 2 Ashar, Abim, Eldi dan kamar 3 Farah, Hana, Cacing. Baba di kamar gue berulah, dia pengen mandi dan dengan leganya dia ngebuka baju serta celana, gue bisa liat kolor abu abunya dengan indah. Dia cuma make sempak.

Gamau bermalas malasan, malam pertama di Jogja kita habisi dengan wisata ke Indomaret. Nah pas lagi di perjalanan menuju Indomaret, berhubung gue berada di paling belakang.. tiba tiba pas banget diluar gang, ada seorang tukang becak mengajak gue ngobrol.

"Darimana dek?"
"Jakarta bang"
"Mau ke alun alun gak?"
"Ah nanti sajalah bang baru sampe saya"
"Hmm.."

Belakangan gue baru tau tukang becak di Jogja ini strong dalam hal mengajak orang supaya naik becaknya.

"Nginep di hotel mana?"
"Hotel... emm masuk gang ini bang.."

Gue gatau nama hotelnya apa pas itu yang ternyata hotel Ndalem Mantrijeron.

"Hotel N.. N apa gitu bang"
"Hotel Nugraha ya?"
"Iya itu bang!"
"Yaudah saya tunggu di depan hotelnya ya"
"Gampanglah bang.."

Jujur aja.. sebenernya gue gak denger pas bagian dia ngomong 'saya tunggu DEPAN HOTELNYA" dan dengan gobloknya gue jawab 'gampanglah bang'. Kejadian ini merubah hidup gue selama di Jogja.




Begitu dalem perjalanan pulang ke hotel, gue ngecek ternyata bener abang becak tadi gak ada. Jantung gue berdegup kencang. Selama perjalanan ke hotel gue ketakutan.. takut menghadapi tukang becak di depan hotel. Tapi begitu gue sampe depan hotel, yang lebih bikin gue takut lagi adalah.. nama hotel yang berbeda... Apa itu hotel Nugraha? gue gatau itu dimana dan sekarang pasti tukang becak itu ada di depan hotel Nugraha menunggu kedatangan gue.

Gue ketakutan.. selama ada tukang becak lewat, gue cuma bisa nutup muka atau ngumpet.

"Ngapa sih lu wy?"
"Gua merasa bersalah sama seorang tukang becak disini.."

Gue mencoba inget inget baju yang dipake.. merah.. ya.. merah!!
Anak anak ngajakin maen di depan hotel, gue mau gamau ikutan dan saat itu juga gue dihantuin tukang becak yang lewat. Gue kepikiran... tukang becak itu pasti merasa dibohongin dan merasa kesal setengah mampus.. dan begitu ngeliat gue di hotel yang berbeda, dia bakalan manggil temen komplotannya dan alhasil datanglah ratusan tukang becak yang berdemo... gue bakal dituduh melakukan penipuan terhadap tukang becak dan harus mendenda dengan cara bayar 50 ribu ke tiap tukang becak di Jogja.

Berbagai tukang becak lewat berhasil gue alihkan hingga ada satu tukang becak yang berhenti di depan hotel dibalik tembok, gue ga berani ngeliat muka tukang becaknya, gue buang muka tapi yang jelas gue ngeliat... bajunya merah!! Aaah.. duit gue bakalan habis padahal masih hari pertama di Jogja. Gue tetep diem dan berpura pura asik main catur hingga akhirnya saat tengah malam, tukang becak itu pergi.

Gue baru sadar, selama dihantuin tukang becak di depan hotel itu.. kenapa gue gak ngumpet dengan cara masuk kamar?







~ JALAN JALAN JOGJAKARTA DAY 1 ~



No comments:

Post a Comment