Friday, February 1, 2013

Aku dan Al Bayyinah ~ 28 Januari 2013

Lanjutan dari pembahasan sebelumnya, setelah insiden rapat php

Hari senin, gue jalanin hari ini seperti biasa. Senin.. ya, jika hari senin adalah manusia, maka ia seperti wanita gendut obesitas parah yang suka membawa chiki kemana mana mengenakan behel serta kacamata lensa besar bahkan jerawatan dengan rambut di kepang 2 dan mengadu kepada pengawas kalo gue mencontek.
Ngeselin, dibenci dan tak akan ada yang suka kehadirannya.

Gue belajar seperti biasa.. memerhatikan guru ketika menjelaskan, bertanya jika ada yang tidak di mengerti, selalu mengangkat tangan jika menjawab, dan tersadar bahwa itu semua hanya mimpi
Bel istirahat berbunyi dan diikuti dengan speaker yang berkata

"Kepada seluruh ketua kelas 12 IPA maupun IPS harap berkumpul di depan ruang Tata Usaha sekarang. Terima Kasih"

Ada apa lagi nih? apa mau di php in lagi? Yaudah gue kesana bareng Faris, wakil gue
Sampe di depan ruang TU, disitu ada Omar, ketua kelas IPA 1 lagi ngobrol bareng adek kelas yang merupakan salah satu panitia maulid

"Jadi gini kak, kelas 12 mau di ikutin lomba maulid juga, acaranya besok. ini formulirnya, ada 4 lomba.. Saritilawah, Hafalan Quran, Cerdas Cermat dan Kreasi Kerudung.. nanti di isi siapa aja yang mau ikut lomba terus hari ini di kumpulin ya"
"Kok dadakan gini sih?"
"Iya kita juga di kabarinnya dadakan soalnya"
"Gue denger kabar dadakan lo jadi degdegan"

Ini gila banget.. acara besok dan gue diharusin nyari peserta lomba di kelasan gue, mana ada yang mau kan?
Gue pun memutuskan untuk melakukannya nanti.

Hari berlalu dan gue belajar, memerhatikan guru hingga jam terakhir pelajaran yang kebetulan lagi gak ada guru, anak anak kelas memainkan game aneh yang katanya harus peka seperti Black Magic, Around the World, Poto cekrek, Dunia Digital... game apalah itu gue gak paham.. tiba tiba speaker berbunyi

"Kepada seluruh ketua kelas 10, 11 dan 12 harap berkumpul di avis sekarang. Terima Kasih"

Gue harap kali ini bukan rapat php seperti Jumat lalu, gue turun ke lantai 1 dan menuju ruang avis.
Seperti biasa.. menunggu ketua kelas lainnya datang dulu, yang ada disitu cuma duduk diem manis manja
"Nanti dikumpulin ya formulir pendaftaran lombanya"
Mampus gueh, beloman di isi... gawat separahnya gawat
"Emm.. bu saya ijin ke atas dulu ya mau ambil tas, udah mau pulang juga kan soalnya"
"Oh yaudah, langsung kesini ya"

Gue melesat kilat lari ke atas dan begitu masuk kelas, gue langsung bertindak
"Kertas mana kertas aduuuhh kertas maneeee kertaaass!!"
"Kertas apaan sih?"
"Formulir lombaaaa.. lombaaaa.. Ris aduh ris tolong lo datain ini lomba lombanya siapa aja yang mau ikut sekarang, kalo udah, kasih gue di avis, Saritilawah 1 orang, Hafalan Quran 1 orang, Cerdas Cermat 3 orang, Kreasi Kerudung 2 orang. Sekarang!!"
   Teeeeeeeeeeeeeeetttt!!
Shitmen bel pulang 
"Cepetan ris!"

Gue langsung lari ke bawah lagi dan menuju ruang avis
Ketua kelas udah mulai pada ngumpul, gue masuk dan duduk namun masih ada beberapa kelas yang belum dateng ketuanya.
Gue duduk sambil ngobrol bareng Omar, Adwin dan lainnya. Tiba tiba di sela sela obrolan itu, hati gue deg degan, ada perasaan gak enak yang menghantui gue. Apa ini? Gue yakin banget tadi udah cebok abis boker, semalem aja gue cuci kaki sebelum tidur.. ada apa gerangan?
Faris dateng ke avis dan ngasih gue formulir lombanya yang ternyata sudah lengkap terisi
"Makasih ris ye!"
"I.. iye.."
Faris langsung pulang begitu aja
Gue pun langsung mau mengumpulkan formulir tersebut tapi...... begitu gue liat... di bawah tulisan "Hafalan Quran" tertera nama peserta "Kawakibi Muttaqien"
Daaammnnnn Braaatttssss!! Faris gila! nama gue buat hafalan Quran? anjriiiit, kenapa harus gue? kenapa harus Hafalan Quran? Besok lagi! Lebih baik gue ikutan kreasi kerudung dan mengenakan kerudung sambil catwalk di tengah lapangan! enggak juga sih..

Gue berencana mau ganti tu nama tapi... siapa? kalo gue asal tulis nama, pasti gue yang di salahin dan berkata
"Ketua kelas apaan tuuuhh nama gue di masukin tanpa bilang bilang! bodo amat gue gak ikutan!"
Cobalah mengerti gue sedikit.. ini ketiga kalinya ada lomba di SMA 60 dan 2 lomba sebelumnya gue udah ikutan supaya lo pada mau ikut.. kenapa sekarang harus gue lagi?
Ini diluar dugaan.. gue pun terpaksa mengumpulkan formulir itu.. dan dari sinilah kerasnya otak gue bekerja dimulai.

Briefing dimulai. Panitia menjelaskan bagaimana jalannya acara. Gue dengerin dengan khidmat
Gue ngebaca lembaran ketentuan lomba lombanya. Yang pertama gue cari adalah lomba hafalan Quran, disitu tertulis.. saking paniknya.. mata gue langsung mencari surat apa yang di hafal
1. Surah wajib : Al Bayyinah
2. Surah tambahan : An Naas - Adh Dhuha

Hooohh.. gue lega... Al Bayyinah emang sih gue gak apal, tapi An Naas dan Adh Dhuha gue apal banget..
Gue ngecek kriteria penilaiannya
1. Tajwid                         3. Ketepatan Hafalan                       5. Qiraat
2. Makhraj                       4. Irama/ Nada

Yah... gue kan kalo ngaji cuma asal baca aja gak make irama apalagi tajwid + makhraj..
malem ini gue berarti harus mati matian menghapal Al Bayyinah buat besok.


Selesai rapat, gue langsung balik sampe rumah dan gue pun nebeng Widian ( Lelaki yang pernah jatuh dari motor bersamaku )
Kita mampir dulu ke Akri buat jajan makanan, makan mie ayam nih ceritanya. Gak lama dateng Andryanto, korban dagu sobek yang Alhamdulillah udah sembuh, nimbrung, dia ikutan makan makan
Dateng Abim dan Baba yang katanya abis dari Codefin Kemang beli kaset dvd The Possession yang emang kita uda rencanain buat nonton bareng. Akhirnya Widian, Baba dan Abim pun maen ke rumah gue dan kita nonton The Possession bareng bareng!
Satu hal : Apa gue bisa ngapalin Al Bayyinah rame rame gini?

Sampe di rumah, semua langsung menuju basecamp kamar gue. Gue pun ngajak Abim dan Baba nonton filmnya sekarang di ruangan bekas musholla..
Ruangan ini cukup luas dan kosong dengan satu tivi di tengah tengah. 
Yang nonton cuma gue, Abim dan Baba.. Abim dan Baba ini penakut, dikit dikit lari, dikit dikit loncat.
"Lampunya di matiin aja ya biar makin seru"
"Yah jangan dong!"
"Gapapeeehh"
Akhirnya lampu gue matiin dan kita pun nonton, gue nonton sekaligus megangin Quran. Di samping buat ngapalin Al Bayyinah, bisa juga buat ngusir rasa takut kalo tiba tiba kenapa napa.
Lampu pun gua nyalain satu dan remang remang supaya bisa baca Qurannya. 
Kita nonton... seru... gue gak fokus ngapalin..
Filmnya seru, sekarang lagi di bagian dimana tokoh utamanya sedang bertarung dengan Volturi bersama para serigala jadi jadian, Jacob ngebawa lari anaknya Bella. Seru banget.. ups salah film maaf, maklumin aja ya..
Pas lagi di bagian dimana anak bocah mulai kerasukan jin dari kotak yang katanya sumber kejahatan itu dan si bocah ini nyurup.. tiba tiba di ruangan deket musholla gue persis di sebelah tivi, ada barang kaya box gede gitu jatoh BRAKK!!
Abim Baba loncat dari korsi dan lari sambil terdiam seribu bahasa. Jujur aja gue juga kaget tapi gue gak loncat dari korsi, melainkan loncat di korsi sambil duduk.
"Wy... apa tuh..."
"Auk... periksa deh.."
"Eh tungguin gue.."
Kita bertiga akhirnya jalan pelan ke ruangan itu, aneh aja setau gue ruangan itu gak ada yang nempatin dan kalopun gak sengaja, kenapa bisa pas banget timingnya.
Gue jalan paling depan, belakang gue Abim dan paling belakang Baba. Gue ngintip pelan pelan.. pelan...
"ASTAGFIRULLAHALADZIM!!"
"HUAAAAAHHHHH!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!"
Hahahahahah Baba dan Abim lari lagi, gue cuma ngagetin doang tapi gak nyangka impactnya segede itu.
Ternyata emang box jatoh, tapi kenapa? kok bisa? ah masa bodoh amat.

Kita lanjut nonton, selama nonton itu, gue cuma nungguin bagian serunya aja, sementara kalo lagi adegan cuma ngobrol ato apalah, gue hapalan Al Bayyinah.
Akhirnya tiba saat saat ending film.. ini klimaks banget, gue ampe deg degan. Setannya kelar dari dalem mulut dan gambarnya kedap kedip gitu ceritanya di film itu lampunya nyala mati..
Gue deg degan, setannya keluar dan berjalan perlahan menuju kotak tempat dia berada.
Tiba tiba aja setannya teriak sambil di close up mukanya ke kamera. Gue lari.
Gue kabur ke pintu, Baba spontan ikutan lari dan teriak kaya cewe ngikutin gue sementara Abim terlambat lari karena dia nonton sambil nutupin mata.
Pas banget gue pengen ngebuka pintu, Baba nyamber gue dan begitu juga Abim, kita dorong dorongan dan.. Klank.
"Ba..."
Kuncinya patah. Ketinggalan di dalem, sialan abis si Baba. bagus itu pintu kaga di konci, kalo iya? gue gabisa bayangin. 

Selesai sudah dengan menonton tivi, kita kembali ke kamar. Gue.. baru apal 1 ayat Al Bayyinah... jam sudah menunjukkan pukul 6 maghrib. Apa gue akan berhasil? mereka masih asik maen...
Gue pun bbm bokap "Pah ajarin aku ngaji, baca tajwid, makhraj gitu gitu"
"Tapi pulang malem nich, ada meeting"
Yasudahlah gapapa.. selama menunggu itu gue bakalan menghapal Al Bayyinah
Jam setengah 8, akhirnya mereka pulang.
Selesai mengantar mereka ke depan gerbang, gue langsung masuk kamar dan menghapal mati...
"Kak itu ada mas Ifan.. dia abis keracunan makanan kemaren kan ada bihun tuh, ternyata basi.. temenin gih"
Waduh.. bihunnya basi? bagus gue gak makan...
Akhirnya gue nemenin Ifan di bawah, sambil ngobrol, sambil hapalan menggunakan Youtube
Ini pertama kalinya gue ngebuka Youtube dan ngesearch "Al Bayyinah", "How to read Quran" dan semacamnya. Gue ngerasa alim abis.
Selama proses menghapal dari jam 8 sampe jam 12 malam itu.. gue bener bener gak berenti menghapal.. Hasilnya? lumayan walau masih banyak yang meleset.

Jam setengah 1an, bokap pulang. Langsung aja gue belajar kilat. 
Gila.. tajwid, makhraj gitu gitu gabisa di pelajarin sehari... butuh waktu lama.. ya jelas aja.....
Gue langsung latian lagi, ngebaca lagi, menghapal lagi, selain Al Bayyinah gue juga belajar melafalkan An Naas dan Adh Dhuha...
Jam 2 malem gue baru tidur....

No comments:

Post a Comment