Tuesday, February 12, 2013

Gong Xi Fa Cai dan Shio Babi



Sebelumnya Selamat Tahun Baru China yaaaa!! Gong Xi Fa Cai!
Agak telat 2 hari sih tapi gapapa daripada engga sama sekali heheh, btw gue abis dari rumah sodara gue yang semuanya orang china gitu. Gue ngerasa risih sendiri kalo kesana soalnya ibarat tai kambing diantara para susu.. gue tai kambingnya, item sendiri.

Eniwei walau begitu tapi gue seneng karena tiap taun baruan disana, pasti dikasih angpao huahaha inilah yang gue incer. Gak juga sih.. sebenernya jamuan makanannya yang manteb.. enak enak, gue kadang suka malu malu ngambilnya karena kalo uda nyarap, habislah persediaan makanan mereka untuk 1 bulan kedepan.

Gue juga kadang kalo acara taun baruan cina disana itu bisa berubah sikap dan drastis. Gue jadi pendiem dan act cool seperti zebra yang ga sengaja masuk ke kumpulan singa kelaparan. Tiap ketemu orang yang lebih tua dari kita, pasti harus mengucapkan salam dan tiap ingin melakukan apapun pasti akan memberitahu mereka juga seperti "Ci, Awy datang..", "Opung, Awy makan ya..", "Ii.. Awy cuci tangan ya..", "Ma, Awy ngelap tangan ya", "Pa, Awy garuk paha ya".
Itu emang udah jadi kebiasaan semenjak gue dulu dan sekarang menjadi keharusan. Kalo taun baru, tiap ketemu musti ngomong "Kyunghi.." artinya apaan sih? sebenernya gue juga gatau tapi mungkin artinya itu selamat taun baru.. gak mungkin selamat pagi ataupun selamat idul adha.. mustahil..

Anyhow, oma gue udah berumur 74 tahun kalo gak salah denger. Doi udah tuaaaa banget dan rentan sakitan. Di taun baru kali ini kuping gue menangkap berbagai obrolan tentang orang yang sakit. Contohnya bokap gue akhir akhir ini jadi sering banget pipis kalo kebanyakan minum, Hayer sering bersin kalo kena debu, Nj suka nyisain makanan dimana mana kalo udah kenyang..
Gue sempet denger ada salah satu orang disitu yang kena penyakit serius.. iya penyakit serius.. setiap melakukan apapun bawaannya selalu aja serius dan gabisa bercanda, seperti misalnya buang ilmu di wc.. pasti mukanya serius.

Kalo gak salah dia kena penyakit jantung yang parah parah gitu.. seisi rumah hampir beberapa panik dan mengurus doi. Oma gue bilang

"Emang nih tahun ini shio macan, babi, ular lagi sakit sakitan.. yang paling parah sakit itu shio macan"

Gue diem, mikir sedikit dan sadar kalo shio gue babi which is tahun ini gue bakalan diberkati dengan sakit sakitan. Pantes aja baru baru ini gue gak bisa boker karena sembelit. Dari pagi aja gue ngerasa deg degan dan panas, begitu malemnya gue baru sadar kalo gue make sempak dobel.

Tapi yang lebih gue pikirin lagi, bisa gak sih gue percaya ama takhayul begituan? tentang penyakit yang diderita para shio.. Gue ngecek di om gugel tentang shio babi dan hasilnya
Babi adalah lambang kejujuran, kesederhanaan dan keuletan yang luar biasa. Gagah dan kuat
Gue sempet gak nyangka kalo babi, serendahnya hewan itu merupakan lambang kejujuran dan hal baik lainnya. Baru baru ini gue jujur ke nyokap gue kalo gue pipis sambil berdiri. Gue juga ulet orangnya, setiap malas melakukan sesuatu pasti gue tetep ulet dan kekeuh untuk melupakannya. Gue juga gagah dan kuat, di tengah jalan kejatohan jambu aja cuma koma 3 hari.

Itulah mengenai shio babi dan emang gue banget tapi muka shionya sih gak gue banget.
Gue pulang ke rumah dan dijalan, bokap cerita lagi tentang penyakit dan hasil obrolannya dengan oma.

"Kata oma tadi ada di daerah mana gitu orang yang hebat banget bisa nyembuhin penyakit macam apapun dengan sekali usep dan dia minta bayaran seikhlasnya aja.."

Keren abis.. mungkin penyakit pantat gue yang kebelah dua ini bisa dia sembuhin dan kembali dibikin rapet jadi satu atau mungkin dia dokter yang tepat untuk para remaja labil yang haus akan pencarian cinta.

"Itu sih menurut papa ada yang dampingin.. hebat banget manusia bisa ampe kaya gitu.."
"Iya pasti ada pendampingnya tuh pa.."
"Oma nambahin malah, katanya pas istrinya tuh orang hamil, ternyata rahimnya udah 3 kali kosong.. mungkin itu anak jin yang sekarang jadi pendamping tuh orang.."

Ngeri abis men. Lo bisa bayangin istri lo atau lo sendiri hamil.. udah mengandung 9 bulan eh pas ngeden dibantu dokter yang brojol malah hasil sembelit 3 harinya..

"Ka kamu rajin rajin olahraga dong.. Papa kan diabetes, takutnya keturunan dan kamu kena.. Si ko apu kena diabetes tuh trus dia cerita kalo dia pernah pas lagi pipis di toilet rumah eehh kakinya mati rasa dan gak bisa digerakin.. ambruk deh di wc.."

Sedih banget kena diabetes, gue jadi ngeri dan kepikiran apa jangan jangan gue diabet dan jangan jangan gue bakalan bernasib sama dengan dia.. mending di wc rumah.. Gimana kalo pas gue lagi benerin sabuk celana di tengah lobby mall, tiba tiba kaki gue mati rasa dan ambruk lalu celana gue yang belom disabukin itu melorot hingga "Bruno" menjadi liar kemana mana...

Kalo kata bokap gue "Sehat itu Mahal.. bayangin aja kalo kamu sakit trus berobat ke dokter.. weuuh biayanya gak kira kira..."

Dan gue pun berencana untuk lebih banyak berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh gue dan menolak serangan serangan bakteri diabetes.. gue akan mulai dari, main catur...


1 comment:

  1. "Babi adalah lambang kejujuran, kesederhanaan dan keuletan yang luar biasa. Gagah dan kuat" beneran nih wy? ANJASSSSSSS gue banget men!

    ReplyDelete