Tuesday, February 5, 2013

Jreng Genjreng Jreeeenngg...


Beberapa hari yang lalu setelah menonton Kaleb perform band nya di penvill, Ashar, Andry dan sebangsanya ngajakin perform juga. Gue kira itu cuma candaan belaka.. Gak nyangka.. itu seriusan..
Hari ini kita sepulang sekolah langsung cao ke studio band di daerah Kampung Kandang.

Begitu kita sampe di studio, kita langsung aja latian.. "kita" disini antara lain gue, Ashar, Lana, Baba, Eldi dan Andry. Jujur aja.. gue gak bisa maen alat musik.. bisa sih tapi paling cuma suling dan pianika padahal gue ini termasuk orang yang mencintai musik, contohnya ketika sedang jam pelajaran sekolah, gue suka mukul mukul meja sambil nyanyi nyanyi lagu barat.. dalam beberapa detik ruang kelas gue penuh dengan darah.

Dikarenakan kita maen band secara dadakan dan gak semuanya bisa maen musik jadinya selama beberapa waktu itu kita cuma maen heboh hebohan aja.. sumpah gak jelas banget kita maen apa.. Andry nyetel nyetel gitar, Ashar mencet mencet piano, Lana mukul mukul drum, Eldi nepok nepok Kajon, Baba metik metik bass dan gue buka tutup pintu studio.

Ashar : Eh kita mau perform lagu apaan nih?
Andry : Lagu I Will Survive gimana??
Lana : Ahh gue gak tau konci ama liriknya.. Lagu The Script!
Andry : Masa semuanya the script..
Awy : Payphone

Cuma lagu itu yang gue tau dan khatam... Setiap gue buka youtube atau musik, pasti payphone adalah list lagu wajib denger gue. Kenapa kok suka banget sama payphone? Karena menurut kamus ganteng KawakibiMuttaqien, pay = membayar dan phone = telepon.. artinya dimanapun kamu berada.. jangan lupa untuk membayar tagihan telepon.

Akhirnya setelah beberapa kali berisik dan bermain sendiri sendiri, di tentukanlan lagu untuk perform.. The Man Who Can't Be Moved dan Breakeven.. ya.. The Script dan dua duanya karena Lana. Gue gatau banget itu lagu apa.. kalo yang TMWCBM itu gue tau karena Lana sering banget nyanyi. Setelah menentukan lagu yang baru 2 ini, di tentukanlan posisi personil dimana. Lana sebagai Vocal, Andry sebagai Gitar, Ashar sebagai Piano, Eldi sebagai Kajon, Gue sebagai Backing Vocal dan Baba sebagai orang yang teraniaya.

Tapi posisi ini tidak bertahan lama... Lagu yang dipastikan itupun masih bikin galau.. Semuanya rame mengeluarkan pendapat tentang lagu apa yang musti dimainkan.. Kalo kita adalah grup band.. mungkin sekarang udah bubar... Yaudah.. Eldi pun gak ikutan.. apalagi Baba.. Gue? Yah gausah ditanya.. gue cuma bantuin Vocal mencapai suara tinggi karena gue spesialis suara tinggi, sampe sampe gue mendapatkan sebutan "Awy si Satu Oktav"

Lagu pertama dimulai dan gue sukses bengong karena gak tau lirik.. cuma di bagian reff gue teriak layaknya monyet kebun binatang yang kekasihnya selingkuh dengan kera kandang sebelah. Sebagai backing vocal, ini hal mudah.. gue cuma perlu menambahkan kata yang sama di bagian belakang..

Vocal  :  I'm not mooviiiingg
B.V  :  Moooviiingg..
Vocal : I'm not MOOOVVIIINGG!!
B.V  :  IIIINNGGG!!!!
Vocal  :  Kesif wande yu wekap n fain det yor mising mi
B.V  :  MOOOVIIINGGG!!!!!

Dan gue sukses mengacaukan latian lagu pertama.
Lagu kedua dimainkan, Breakeven. Nah lagu ini justru lebih parah.. gue gatau sama sekali... alhasil gue cuma maenin gitar doang. Konci gitar yang gue tau itu A, C, D, E, G.. baru 5 aja.. masih ada B, F, H, I sampe Z.. sekitar 21 kunci lagi.. menjadi gitaris bukanlah hal yang mudah.
Gue maenin gitar pelan pelan.. serius dan fokus, Baba megang mic kedua dan ikutan nyanyi. Baba ini orang yang paling sering menjelek jelekan suara gue. Gue pengen tau dia nyanyi seperti apa suaranya.
Begitu dia buka mulut, semua orang di dalem studio pingsan karna gak tahan oleh bau mulutnya.

Eldi maen Kajon, sebenernya menurut gue dari beberapa alat musik itu.. Kajon yang paling gampang dan PW. Gimana engga? maeninnya dengan di dudukin di atasnya dan tangan menepok nepok asal asalan tapi harus sesuai tempo.. Eldi pun sukses maenin Kajon dengan kepala dongak ke atas dan mulut terbuka lebar karena bingung harus memukul dengan tempo seperti apa. Sudahlah jangan dipaksakan..

Udah maen agak lama dan ingin pulang, Faris dateng. Dia adalah personil ke 4 dan maen Bass.
Gak terlalu bagus sih.. tapi dia juga gak terlalu keren.. yah walaupun berhasil di tutupin dengan ketidakgantengan wajahnya. Akhirnya mereka berempat berkumpul dan gue mulai ngeliatin mereka maen bersama sama.. maen petak umpet, jongkok atau berdiri.

Setelah sekian lama latian yang gak bisa disebut latian, akhirnya karena uda malem kita pulang. Sebelum pulang sih kita tanya tanya dulu ke orangnya perform di penvill tanggal berapa.
Ternyata tanggal 9, malem minggu.. Selain tanggal segitu juga ada tanggal 11, 12, 13 dan 15.. Tapi itu maen di lobby dan pasti diliat banyak orang. Kita dikasih waktu 2 jam buat maen musik. Skak.

Oke akhirnya gue minta yang tanggal 9 buat ditulis namanya.

"Nama bandnya apa?"

Gue pun bingung.. anak anak udah pada keluar ke parkiran motor.

"Woooii! Nama bandnya apa?"
"Hah? aduh gatau wy.. eh jangan di fixin dulu deeeh"

Akhirnya gue yang berpikir.. biasanya kalo uda memikirkan hal yang dadakan kaya gini, gue bakal ngambil nama tersebut dari benda di sekitar gue. Waktu itu gue ngeliat di depan gue ada mobil, belakang gue ada kaca, kanan gue tong sampah dan kiri gue kursi kayu. Dengan segala kepedean yang maha dahsyat dan kecerdasan di atas standar minimum, gue kasih nama band ini
"Banting Harga"
Gak nyambung gitu.. emang gue juga bingung kenapa bisa kesitu...
Setelah gue kasih tau dan gue pergi, gue kepikiran. Mungkin nama itu agak terkesan aneh dan ngelucu.. gue kepikiran nama lain yang jauh lebih keren dibanding sebelumnya, "Obral Diskon"


No comments:

Post a Comment