Sunday, February 10, 2013

Perjuangan Banting Harga - 1 -

Akhirnya guys... Jadwal perform band baru kita yang ternyata tanggal 9 Februari malem minggu ini bener bener bikin keteteran..
Gilanya, kita beloman nemu lagu yang bener bener fix buat dimaenin.. Walhasil kita bikin rencana buat latihan  malem sabtunya di studio biasa.. Niatnya sih latian dari jam 7 malem sampe pagi biar bener bener klop dan bisa bermain cantik seperti kata bijak I want nobody nobody but you, Oh maaf salah.. maksudnya Practice makes perfect, menurut kamus ganteng KawakibiMuttaqien, Berlatih secara terus menerus akan membuatmu menjadi kelelahan.

Lana di rumah gue dan masih belom pulang sekolah. Dia rencana ngaso dulu sampe jam 7, niatnya setelah itu ke rumahnya dan cao menuju studio, maaf gue ulangi "Niatnya". Tau - tau gue dikabarin kalo studionya itu penuh dari jam 9 sampe 12, walhasil kita yang berniat latian jam 7 itu.. ya memang penyakit remaja yaitu ngaret 2 jam dari target... meleset. Gue, dengan penuh kepedean dan bijaksana berkata kepada Lana

"Lan gue mandi dulu ya"

Gue mandi, Lana gue suruh ngabarin Andry, Faris dan Ashar buat stand by ke Studio buat nongkrong nongkrong dulu.. Iya.. gue selalu nongkrong di studio itu, pw tempatnya.. tapi kebanyakan orang orang disitu gak nongkrong kaya gue tapi mereka duduk.
Andry dan Faris ke rumah gue. Ashar gak ikut latihan soalnya lagi sakit. Jadilah kita berempat kesana.

Di studio yang kita lakuin cuma nongkr-... eh maksudnya menunggu sampe jam 12 buat gantian latihan. Selama menunggu itu gue gak ngantuk sama sekali karena udah terbiasa tiap malem ngejob nyari rumah gede sebagai sasaran rampok. Kadang kalo apes di kejar satpam.

"Laper nih cari makan yok"
"Ayo deh kemana?"
"Ada Warkop disana tuh kesana aja"

Akhirnya kita jalan kaki ke warkop buat mengisi perut yang sudah kempes sekitar jam 11an. 
Di warkop gue mesen indomie dan kopi. Andry pergi ke masjid di deket situ, masjidnya cukup gede dan sepi banget. Gue cuma nunggu di warkop.
Lana ngebuntutin Andry dari belakang, gue tau banget dia ada niat jahat.

Mie gue dateng, gue seneng dan makan. Lana kembali sambil ketawa tawa.

"Ngape lo?"
"Andry noohh.. liat aja ndiri"

Gak lama Andry balik dan gue pun bertanya - tanya.

"Ngape yan?"
"Anjir bat Lana.. gue kaget beneran anjir, masa nih wy ya.. gue kan lagi jalan nyari wc gitu trus gara gara serem ya gue balik lagi kan.. tau tau Lana ngagetin gue dari belakang ya gue kaget laaah.. mana disitu ada keranda mayat lagi.. hiihh"

Dengan antusias dia bercerita dan dengan antusias gue mendengarkan ceritanya. Dikagetin di masjid yang sepi dan gelap bahkan ada keranda mayatnya itu lumayan agak epic ya... Tempat beribadah umat islam tapi di iringi dengan nuansa horor sehingga menimbulkan rasa cemas cemas gelisah.
Andry ngeliatin mie gue.

"Mau yan?"
"Hmm.. Bang harga mie berapa?"
"3000..."
"Beli gak ya.. aduh.. beli deh bang satu ya.. mie goreng"
"Wess ada duit nih"
"Iya.. gue sempet khawatir harganya 3500.. kalo iya, gue gak beli tuh"

Selesai makan, kita balik ke studio dan waktu sudah menunjukkan pukul 12, berarti ini saatnya kita untuk ngeband. Ngomong ngomong soal ngeband ini, gue kan gak pernah ngeband, bisa maen alat musik aja kaga.. cuma sekedar tau nama kaya piano itu dimaenin pake jari jemari, gitar juga jari jemari, bass juga sama.

Akhiranya maen juga.. Seperti setelan sebelumnya, Andry sebagai gitar, Lana sebagai vokal, Faris sebagai bass dan gue sebagai orang yang teraniaya.. oh itu Baba. Gue jadi Kajonman. Nepok nepok kotak yang didudukin dengan harapan menghasilkan irama nada yang indah dan tempo yang tepat. Tapi justru inilah problematikanya, gue gatau "tempo" itu apa. Hal yang nyangkut di otak gue begitu Andry ngomong "Wy temponya yang bener" adalah gue harus dudukin itu kajon dengan posisi yang tepat. Posisi kaya gimana? mungkin jangan terlalu ngangkang atau duduknya jangan tangan di bawah kaki di atas.
Gue pun akhirnya inget, tempo itu ketukan nada. Aku memang pelupa. Tapi tetep aja!! Gue gak ngerti ketukan nadanya kaya begimana dan seperti apa.

Kita latian selama 4 jam. Masih sama seperti latian kemaren, berbagai pendapat lagu bermunculan seperti lagu Chrisye yang Cintaku dan bahkan The Man Who Can't Be Moved, Lelaki yang kaga bisa move on. Beruntunglah kita gak salah maenin lagu jadi Cintaku Gak Bisa Move on.

Andry di tengah asiknya permainan.. tiba tiba di sukses memutuskan senar gitar disitu. Luar biasa sekali, akhirnya dia minta tolong dibenerin dan setelah itu kita kembali melanjutkan latihan.

"Eh coba Hijrah ke London deh"

Wah gue tau lagu ini dan gue pun dengan pede memegang mic buat nyanyi dibantu dengan lirik di tangan kanan. Gue gak apal.
Gue tetep maenin kajon, konsisten dan no kompromi. Faris maenin bass gak apal apal koncinya jadinya di beberapa lagu dia tukeran posisi sama Lana dan image vokalis band ini menjadi turun drastis sedrastisnya, sekali dia buka mulut, tembok studio belepetan iler dimana mana.

Gue liat jam udah jam 4an. Alarm dari hape masing masing berbunyi beriringan menghasilkan lagu yang lebih keren daripada permainan kami. Akhirnya setelah memutuskan lagu untuk dimainkan, kita pun istirahat. Lagu itu antara lain The Man Who, Breakeven, Lebih Indah, Payphone dan Hijrah ke London.

Gue, Lana dan Andry pun tidur di studio sementara Faris pulang jam setengah 5an, dia sekolah.
Abis kita gelar kasur dan tidur dengan berdempet dempetan layaknya 3 orang homo yang kelelahan setelah melakukan "permainan". Gue gak bisa tidur.. kenapa? gara gara kopi? bukan.. gara gara Andry kentut pas tidur dan banyaknya nyamuk menyerang kaki gue. Tapi baguslah kentut Andry berhasil membunuh para nyamuk itu sebagai pengganti baygon.. ini lebih ampuh, saking ampuhnya.. gue ikutan kebunuh.

No comments:

Post a Comment