Friday, February 1, 2013

Aku dan Al Bayyinah ~ 29 Januari 2013


Akhirnya Judgement Day tiba.
Hari inilah penentuannya, gue bangun tidur dan hal pertama yang gue lakuin adalah mengingat kembali Al Bayyinah. Masih terbata bata walau berhasil ingat sampe 8 ayat.
Gue pun bangun dari kasur dan mandi sambil membaca Al Bayyinah, Gue mau sarapan inget Al Bayyinah, mau berangkat inget Al Bayyinah, di jalan juga inget Al Bayyinah, megangin kantong inget duit ketinggalan. Fix banget.

Sampe di sekolah, gue langsung duduk di korsi gue dan mengambil Al Quran, gue langsung ngebaca Al Bayyinah lagi.. tajwid dan makhraj gue masih belom faseh.
Selama jam pelajaran gue cuma belajar Al Bayyinah dan Al Bayyinah.. kadang gue selingin sama An Naas dan Adh Dhuha.
Dan tiba saatnya.. gue inget hari ini selain ada lomba, ada juga presentasi makalah tentang perjalanan ke Baduy. Kelompok gue yang berdelapan itu presentasi di hadapan 2 guru seperti sidang skripsi tapi ini berdelapan.
Hasilnya? Makalah kita salah semua dan harus di rombak total.
Gue gak begitu peduli toh selama presentasi gue gak ngomong, cuma bengong plontos mikirin Al Bayyinah.

Begitu giliran presentasi gue selesai, gue keluar dan di luar kelas, gue minta ajarin Septy, Sarpam, Sari dan beberapa orang lainnya buat ngajarin gue Al Bayyinah.
"Ajarin gue tajwid dan makhrajnya dong.. duuuh gue juga masih bata bata nih ingetnya..."
"Yaudah gini nih, Lam yakunilladzi.."
Gue ngikutin, banyak yang ngelatih gue. Rasanya seperti seorang narapidana sakit jiwa yang baru aja keluar dari penjara.
Semuanya geregetan.. jadinya geregetan.. ngajarin gue gak bisa bisa, ini bener bener perjuangan..
Gue terus mencoba dan tidak menyerah, sedikit demi sedikit mulai bisa
Gue mulai bisa lancar Al Bayyinah walau tajwidnya kurang neken tapi gapapa lah. Selanjutnya gue nyoba ngelancarain An Naas dan Adh Dhuha.. tapi di tengah hapalan itu..

"Kepada seluruh peserta lomba Hafalan Quran, diharap menuju musholla sekarang"

This is it!
Inilah dia.. tiba waktu gue. Ulur waktu sedikit, gue nyoba ngelancarain ketiga surat itu lagi di depan mereka dan Alhamdulillah lancar. Gue siap menghadapi juri lomba.

Gue langsung pergi ke musholla dan mengambil wudhu lalu ke tempat dimana lomba itu berada, gue orang terakhir yang dateng ternyata.
Disitu banyak peserta lakinya, bisa di bilang peserta laki kelas 3 cuma gue seorang, sisanya kelas 2 dan 1. Mereka semua mengaji dan melancarkan bacaannya. Gue?
Gue engga.. kalo gue ngebaca lagi sekarang, takutnya buyar.. jadi ga fokus, yaudah gue duduk diem aja nunggu mulainya lomba.
Gue salaman sama Pak Masykur, dia guru agama dan juga juri kali ini bersama Bu Marhamah dan Bu Chairani.
Kita semua nunggu Bu Chairani yang belum datang, gue ngobrol ngobrol sama Pak Masykur, abisnya gak ada lagi yang gue kenal.
Gak lama akhirnya Bu Chairani datang dan Pak Masykur membuka lomba dengan sedikit ceramah.
Selesai ceramah, doi membicarakan struktur lomba itu dan.... guys......
Gue syok, gue mau mati, gue gak percaya apa yang gue denger... apa itu? doi bilang gini

"Sekarang peserta saya panggil sesuai nomor urut lalu ambil kertas kocokan ini buat nentuin 2 surat tambahan dari Adh Dhuha - An Naas"

GAK MUNGKIN!!!
Men!! Gue gak percaya... gue ternyata salah baca ketentuan lomba!
Di ketentuan itu di tulisnya
1. Surat wajib : Al Bayyinah
2. Surat tambahan : An Naas - Adh Dhuha
 Ternyata dari 2 ketentuan itu ada satu lagi
3. Peserta mengambil 2 surat yang di kocok

Gue cuma bisa diem, waktu gue ngecek ketentuan itu kemaren, kondisi gue lagi panik parah karena nama gue masuk jadi peserta lomba dan ternyata tanda strip "-" di An Naas - Adh Dhuha itu bukan "dan" melainkan "sampai"
Gue gak bisa ngomong apa apa... 
Gue urutan ke 10, dan nomor urut 1 dan 2 gak hadir orangnya, jadi masih ada kemungkinan gue untuk mendapatkan 2 surat yang mudah dan gue tau.
Dari Adh Dhuha - An Naas, surat yang gue gak hapal adalah At Tiin, Al Alaq, Az Zalzalah, dan Al Aadiyaat
Gue berdoa.. memohon!! Ya Allah.. 8 orang sebelum aku.. tolonglah agar mereka mendapatkan ke empat surat itu....
Gue cuma nundukin pala dan memasang kuping baik baik..
Ternyata.... 8 peserta sebelum gue ada yang mendapatkan At Tiin, Al Alaq dan Al Aadiyaat...
LUCKY!!
Yang tersisa tinggalah Az Zalzalah tapi tenang, kertas ada banyak dan kemungkinan gue dapet Az Zalzalah adalah 1 : 10
Gue yakin dan pede, tangan gue dengan sigap mengambil secarik kertas dan gue buka perlahan..
Gue buka.. kata pertama adalah "Al" yess bukan Az Zalzalah, dan begitu gue buka ternyata Al Humazah, yaaayy gue tau itu, tinggal ngelancarin dikit aja.. eits! Tunggu dulu!
Masih ada satu surat lagi di bawahnya, gue pun ngebuka lagi dengan pede dan innocent.
"Az Zalzalah"
"Kawakibi dapet Al Humazah dan Az Zalzalah yah.. bi?.. kawakibi?"
".........................................."

I'm out of words.

Gue langsung ngambil Al Quran dan hapalan kilat di tempat itu, Az Zalzalah.. kenapa harus kau?
Masih ada waktu, masih ada peserta yang ngambil kocokan dan semoga saja di beri sedikit waktu untuk hapalan. Lo harus ngerasain gimana tegang, panik, deg degan, kagok, keder dan groginya gue saat itu.

Yang tadinya cuma gue yang duduk diem gak hapalan sementara peserta lain hapalan... sekarang justru kebalikannya, gue hapalan.. yang lain diem. 
Juri sempet ngomong sesuatu tapi gue gak denger, gue tuli. Indra pendengaran gue seakan rusak, gue uda di butakan oleh satu surat tersebut yang hanya 8 ayat namun mematikan.
Gue hapalan... 
"Izzazulzilatil ardu...."
Gila gila gila.. panik panik panik... please spare me some time.....
"Nomor urut 5"
"Hah!?"
Saking paniknya gue, gue gak nyadar kalo ternyata itu udah nomor urut 5... Gue baru apal 3 ayat dan itu belom dengan tajwid makhraj. Matilah gue.
Gue hapalan lagi, dan gue selingi dengan Al Humazah juga. Al Humazah berhasil gue lancarin. tanpa tajwid makhraj.
"Nomor urut 6"
Kembali gue menghapal Az Zalzalah, gue coba dari awal dan gue terbata bata... tajwid gue isi sedikit demi sedikit.. sekarang memasuki ayat 4.. gue berhasil apalin namun begitu gue ulang dari awal, gue lupa.
"Nomor urut 7"
Gawat, udah 7.. gue heran, peserta lain kenapa bisa keliatan santai banget ya.. mungkin dalem hati mereka sama sekali gak santai.. but at least tunjukkanlah dan temenin gue panik.
"Nomor urut 8"
Ahhh sial sial sial.. gimana iniiii... 6 ayat berhasil... gue berpikir untuk menyerah di Az Zalzalah.
Gue coba tenangin pikiran dan mencoba melafalkan Al Bayyinah..
"Lam... Lamyukani.. Lam.."
Oh men... buyar otak gue
"Nomor urut 9"
Men men men men men.
Otak gue buyar.. gue langsung ngebuka Al Bayyinah dan menghapal satu kali.
Setelah selesai menghapal, gue nyoba Az Zalzalah lagi dan cuma dapet 4 ayat.
"Nomor urut 10"
Tibalah saatnya...
Gue taro Al Quran yang gue baca di rak dan gue berjalan menuju sajadah panas itu dan duduk sila dengan mata gue tutup.
Gue tarik napas, gue keringetan. Pelafalan pun di mulai.
Gue ngomong apa aja yang keluar di otak gue padahal gue tau itu salah, gue uda gak peduli. Gue salah di 2 ayat pada surat Al Bayyinah. Al Humazah belibet libet dan ketika Az Zalzalah tiba, gue menarik napas panjang.
"Izzazulzilatil ardu..."
Begitu masuk ayat 4 dan selesai. Gue pun meminta izin untuk selesai.
"Bu Pak cukup.. cukup.. hentikan semua ini.. saya tidak hapal.."
Gue pun gagal.

Peserta belum di perbolehkan meninggalkan musholla hingga selesai. Gue pun menunggu dan bengong bengongan. Gue ngobrol dan kenalan sama salah satu peserta di situ, anak kelas 1.
"Gile bro gue dapetnya yang gue kaga apal lagi, sialan nih"
"Susah ya kak? Az Zalzalah?"
"Iyeee, lo dapetnya apa?"
"Al Ashr sama An Naas hehe"
"Sialan lu dapetnya enak bener"

Selesai lomba, semua peserta beserta juri berfoto bersama dan gue pun berjalan dengan lesu menuju kelas.

Gue gak langsung ke kelas, gue duduk di korsi koridor sambil menghela napas panjang. Otak gue cape, 2 hari ini bener bener dipaksa buat hapalan, kasihan sekali otak gue.
Setelah agak lama, gue ke atas menuju kelas tapi gak masuk, gue nunggu bel pulang. Gue cuma senderan di balkon dan meratapi nasib otak gue.

Bel pulang berbunyi, gue pun langsung masuk ke dalem kelas dan ngambil tas kemudian langsung ke bawah menuju absen sidik jari.
Hari ini anak IPA banyak yang mau latihan praktek kimia, gue pun nimbrung disitu, gue males pulang. Tubuh gue gak bisa di ajak kompromi.
Gue ngeliatin gimana praktek prakteknya, uda seminggu ini gue ngikut nimbrung anak anak yang latihan praktek, walaupun gue tetep gak ngeh gimana cara kerja prakteknya.
Selesai praktek, waktu menunjukkan pukul 4 sampai setengah 5an, anak anak pada pulang.
"Wy lu pulang ama siapa? bareng doongg"
Sahutan seorang bocah iblis yang ada disitu
"Jalan kaki gue, naek bis"
"Yaudah bareeenggg"
Akhirnya gue pulang berdua bareng Ertika. Tetep. Masih aja dia bikin gue kesel, gak ada abisnya.

Kita berdua nunggu bis 612 dan lama banget, bisnya gak nongol nongol. Gue masih lemes dan cape, akhirnya duduk di trotoar situ sembari menunggu, banyak orang orang berlalu lalang. Gue bete berdua doang, yaudah tiap ada orang yang gue kenal lewat, gue stop dan ajak ngobrol tapi pada akhirnya mereka cabut. sial.

"Eh wy ke atas aja deh yuuk, jalan aja daripada nunggu lama kan.. kita naek P20 aja, nyebrang"
"Sabar aja dulu tik, ini bentar lagi kok"
"Iiihh ayooo lama niihh"
"Nanti ah!"
"Ih ayo!!"
Bangke, kurang ajar ini bocah. Gue mager gila, jalan kaki uda gak semangat, gue orangnya sabar.. sabar banget.. gue sabar nungguin bis, tapi gue udah gak sabar banget ngadepin kelakuan doi.
Kalo gue punya pistol dengan isi 2 peluru dan gue berada di dalem ruangan tertutup bersama Sumanto, Bencong dan Ertika lalu gue disuruh milih untuk menembak 2 orang disitu untuk menyelamatkan diri, gue bakal nembak Ertika 2 kali.

Kita jalan sampe atas, tanjakannya cukup mematahkan semangat. Gue terus jalan dan akhirnya sampai, di atas macet. Kita nyari nyari P20, letaknya di seberang. Tapi apa daya, lampu masih hijau dan kita susah nyebrang.
Dari arah sana terlihat sebuah bis.. P20? ah gue gak make kacamata, gak keliatan..
"Wyy itu ada biss, itu apa?"
"Auk deh, P20 kali.."
"Eh! itu 612!! Ayuuk naik yuuuk"
Gue udah sebel banget, sabar tik... kalo tadi elo sabar sedikit aja di bawah sana, kita gak bakalan keringetan gini nyari bis. Alhasil? kita naek 612 dari atas menuju 60 lagi dan jalan pulang.
Parahnya lagi, gue yang ngebayarin ongkos dia. Oli banget si Ertika, Otak licik.
Bis penuh, sesek, susah gerak. Knek bisnya tetep batu, kalo ada penumpang, masih dia suruh naik dan yang di dalem sesek sesekan, mungkin hampir kaya gini



Sesek abis, gue gak bisa gerak. Tujuan gue masih jauh, rasanya seperti ketika sedang berada di dalam bioskop sendirian, menonton film romance dan semua penonton selain lo adalah pasangan yang mesra. Absurd, Awkward and All hopes are gone.

Akhirnya gue sampe di tujuan gue, mau keluar aja susahnya minta ampun. Hampir gue kebablasan, akhirnya gue turun dan langsung jalan pulang ke rumah.
Sampe di rumah gue langsung mandi lalu tidur tanpa kompromi dan basa basi, besok masih sekolah dan belajar seperti biasa. Damn.


Terima kasih karena sudah rela membaca sebuah post kisah hidup remaja muslim yang kesusahan menghapal pedomannya sendiri.
Saat ini mungkin saya memang tidak berhasil menggapai target, tapi suatu saat nanti.. pasti.. saya akan mencoba membuat gebrakan untuk dunia ini.
Salam Tampan.


No comments:

Post a Comment