Sunday, February 10, 2013

Perjuangan Banting Harga - 2 -


Gue sebenernya udah feeling.. Kita bertiga tidur di sebuah ruangan yang pintunya terbuka ke arah lorong tempat orang berlalu lalang. Gue kepikiran kalo besok pagi kita semua bangun telat dan di lorong itu banyak orang yang ngebooking maen studio dan mereka ngeliat kita bertiga tidur di situ.. "Dasar Gembel" mungkin itu adalah komentar simpel but killer yang akan keluar.
Bener aja loh... gue sempet melek dan bangun sekitar jam 8an.. Gila men aduh sumpah absurd abis, itu bukan banyak lagi tapi banget... orang orang lalu lalang dan gue cuma bisa nutup muka supaya gak keliatan.

Di tengah penutupan muka itu, Ashar dateng. Latian pagi pun akan segera kami mulai namun gak jadi. ya emang gak konsisten.
Lana pulang dulu buat mandi, Faris sms pengen kemari dan akan membawakan makanan. Gue ngerasa tangan sakit banget, begitu gue liat ternyata merah baik kanan maupun kiri. Di pegang sakit, di tepok sakit, di sentuh sakit, di lindes pake truk kontainer 10 ban juga sakit.
Udah jam 10an dan kita merasa lapar tentunya. Gue, Andry, Ashar dan Lana pergi keluar keliling buat nyari bubur ayam. Ashar lagi sakit jadi dia diharuskan untuk makan bubur untuk mengurangi rasa sakit.

Setelah makan bubur ayam dan membayar, kita ke studio lagi. Ternyata ada yang booking sampe jam 1an. Kita nongkrong aja disitu ngadem dan bengong bengongan. Dikala pengen pulang, nyokap sms kalo di daerah Cilandak ada banyak polisi, sepertinya razia. Akhirnya niat pulang dibatalkan dengan takut semua polisi itu merazia tas gue dan menemukan banyak pakaian dalem tetangga yang baru aja gue curi semalem.

Akhirnya waktu kita latian tiba, Faris gak ada, dia pulang untuk mengurusi pacarnya yang overprotektif. Kita maen berempat. Lagu yang fix itu akhirnya kita maenkan. Gue maenin kajon dengan tangan yang sudah bengkak gak karuan. Begitu saat memainkan lagu Hijrah ke London, Faris yang jadi vokal gak ada. Gue pun menawarkan diri dan.. gue jadi vokalis... gue seneng walaupun impian gue agak meleset buat jadi backing vokal.. tapi jadi vokal juga sudah cukup. Gue pun mulai menyanyi, tiba tiba di tivi muncul berita adanya polusi suara di studio Kampung Kandang yang memakan ribuan korban.

Kita latian sampe jam 3an dan setelah itu kita ingin pulang. Ternyata rasa keingin pulangan dan bertemu rumah itu digagalkan oleh siraman isak tangis bumi atau lebih gaulnya, hujan.
Jadi kita kembali menunggu di dalam studio, emang kok.. kita lebih banyak menunggu ketimbang mengeband. Di sela penungguan hujan itu, mas Remi (orang yang jaga studio) ngedatengin kita dan berbicara dengan sangat serius karena ada masalah "Jadi gini, saya udah 3 hari gak berak karena sembelit"
Oh  maaf salah.. maksudnya

"Gini.. kan harusnya ada 3 band yang tampil, nah yang 2 band ini batal.. band yang satu itu dia ngebatalin diri dan yang satu lagi itu alirannya reggae sedangkan format kita kan akustik.. jadinya dia juga batal.."

Kita ngedengerin dengan serius sampai pada akhirnya dia mengatakan suatu nama yang menurunkan pamor kebijaksaannya.

"Jadi kalo BANTING HARGA Band siap tampil, tolong isi waktu 2 jam itu di penvill.. Soalnya cuma BANTING HARGA band yang keliatannya siap.."

Kita ketawa.
Gue tau emang bener kalo nama bandnya Banting Harga itu agak ngelucu.. tapi... kalo di ucapkan disaat serius parah dan dengan mimik yang tidak ada senyum, man.. epic fail.
Kita berempat akhirnya ngobrolin nama band yang benerannya. Berbagai pendapat mulai bermunculan seperti Kesos, Kriminolog, The Kribos, Ketika Hujan Melanda, Tangga Menuju Angkasa, atau Sunatan Massal. Setelah berbagai macam suara yang bermunculan akhirnya kita menetapkan nama band kita tetap Banting Harga.

"Tapi tadi saya udah ngabarin yang reggae itu buat bantu ngisi aja, soalnya cape juga ya 2 jam ngeband"
"Bener banget tuuuh!"

Yaudah dengan segala kedadakan dan ketidaksiapan, kita pun bengong dan bingung mau nambahin lagu apa..
Hujan uda mulai berenti dan kita pun pulang. Gue bareng Lana sekalian nganterin dia balik dulu, gila banget itu jalanan banjir, kita ngarungin banjir sepanjang kampung kandang. Niatnya sih kaki gak mau nginjek aspal dan menopang motor tapi.. yah namanya juga banjir dan macet.. inilah Jakarta..
Sampe di rumah Lana untungnya gak banjir, kita parkir motor di depan dan gue menunggu Lana di ruang tamu. Setelah sekitar 10 menit, kita keluar dan ternyata... banjir. Cepat sekali..........

Sampe di rumah gue sekitar jam 6an, waktu tampil jam 7. Gue mandi dan memikirkan kostum yang tepat dan terlihat kece buat tampil, mix n match, gue coba dari kaos oblong make celana panjang, daleman jaket luaran kemeja dengan celana pendek, jaket dengan make celana boxer, kaos kutang gak make celana.
Akhirnya dengan lamanya gue berdandan ria, gue pun menemukan kostum yang berbeda dengan yang lain dan lain dari yang lain.. kaos item, jaket abu abu, celana pendek dengan daleman boxer item. Itulah kostum gue.. berhubung kaos dan boxer gue berwarna item. Gue pun ngambil kaos kaki warna item supaya terlihat matching.

Kita jalan ke penvill, setelah nungguin Baba.
Sampe di penvill, kita langsung ke tempat kemarin studio, waktu sudah menunjukkan pukul 7 dan sepertinya kita terlambat. Ternyata pas sampe sana masih kosong dan belum ada panggung bahkan disitu sepi banget, gak terlalu ada banyak orang. Okelah gapapa mungkin telat sedikit lagipula Faris juga belum dateng, jadinya kita nunggu disitu dan mesen makanan dari restoran chinese. Gue mesen Laksa, dari gambarnya sih oke banget.. tapi begitu makanannya dateng, inilah russian roullete (bener gaksih tulisannya?). Gue kira itu mie biasa.. ternyata ada tahu, somay, kerang, ayam, telor, dan kepala kerbau. Oke yang bagian kepala kerbau gue bercanda.
Gue makan pelan pelan, nyobain kuahnya beehh rasanya aneh.. mungkin buat mulut orang orang disitu enak ya.. tapi mulut gue, mulut orang kampung yang berwajah manis serta ganteng ini.. gak level banget.. ibarat kalo maen game, gue baru mulai maen udah di hadepin last boss.

"Aduh wy nanti pas pulang diperiksain STNK gak ya? STNK gue ketinggalan di rumah lo..."
"Kayaknya sih gak diperiksain na kalo malem banget"
"Oh okedeh kalo gitu.. kalo diperiksain gimana?"
"Yaudah gue ambil ke rumah ntar, lo tunggu di penvill"

Masih bertarung dengan Laksa, Ithan, Cacing dan Septy dateng kesitu. Mereka bilang pengen liat performance kita yang bakalan gundah gulana ketika maen.
Udah jam setengah 8 lewat tapi kenapa masih gak ada panggung ataupun orang yang nyetting alat.. Jangan jangan salah tempat? atau pikiran terburuknya Jangan jangan acara batal?
Gue pun nanyain ke panitianya.. Dia bilang dia udah di penvill, gue pun menanyakan lebih lanjut dimana tempat tayangnya.. ternyata pindah ke ujung. Disana lumayan rame dengan orang orang yang sedang malam mingguan dan bercanda tawa. Gak kebayang begitu kita mulai tampil dan maenin lagu, mereka bakalan berlarian huru hara sambil teriak.

"SELAMATKAN DIRI KALIAN!! SANGKAKALA KIAMAT SUDAH BERBUNYI!!!!!"

Oke itu terlalu lebay dan menyedihkan.
Sebelum mulai, salah satu panitia disitu ngabarin kalo ternyata emang hari ini cuma band kita yang tampil. Selama satu jam itu akhirnya kita harus mengisi permainan.
Setelah nyetem gitar dan menyetting alat musik, Lana membuka omongan. Karena bass belum siap, dan Faris baru dateng akhirnya kita memutuskan untuk memainkan lagu payphone karena gak make gitar dan bass, cuma piano, vokal dan kajon.
Begitu payphone berdendang, sekejap Penvill mati lampu dan banyak zombie bangkit dari kuburannya.

Payphone berhasil dimainkan, di lanjutkan dengan 4 lagu lainnya. Ternyata begitu liat jam, baru jam 8. 25
GILA! Kita masih harus main sekitar 1 jam lagi dan selama 25 menit itu baru 5 lagu.. Lana akhirnya mengisi dengan obrolan obrolan. Ashar minta bantuan Cacing buat nyanyi, Andry dan Faris mencari cari kord yang bisa dimaenkan, Gue bengong sambil nabok nabok kajon gak jelas.



"Ya kita dari Band Banting Harga ya.. kenapa namanya Banting Harga karena kalo misalkan ada ibu ibu denger nama Banting Harga itu pasti bakalan berombongan dateng karena ada diskon, eh tapi ternyata Banting Harga itu nama band.. jadi mereka pulang lagi.. deh..."

Gue tau maksudnya Lana itu mengisi dengan obrolan, tapi berhubung semuanya kebingungan.. itulah kalimat yang keluar dan menurut Lana sendiri.. dia gak jelas dan pengen bunuh diri setelah berkata seperti itu.
Lana akhirnya memainkan gitar sambil menyanyi lagu yang dia tau.. dia ngisi sekitar 4 lagu. Setelah itu Hijrah ke London tampil, gue nyanyi. Ya.. gue nyanyi!! Gue tau gue gak bisa nyanyi, narik napas aja fales, megang mic kaya megang sumpit. Begitu nyanyi, kembali penvill mati lampu dan zombi zombi bangkit dari kuburan untuk kedua kalinya.
Disaat gue nyanyi ini, gue sempet ngeliat di pojokan ada cewe yang moto moto make hapenya. Gue pun bernyanyi dengan penuh gaya tanpa mengetahui cewe itu cuma ngetes kamera hape dan menghapus kembali fotonya.

gue disini emang mirip cowo mesum..

Gue pun nyuruh Cacing nyanyi, Fall For You ditemani Faris. Mereka nyanyi berdua dan yang lainnya memainkan alat musik sebebas bebasnya. Gue yang ga ngerti kajon begimana, ya cuma asal pukul dan temponya gak beraturan. Fail.
Lagu berikutnya, Cacing request lagu Serba Salah kalo gak salah. Ya, serba salah.. gak ada yang tau kordnya dan batal. Lagu terakhir adalah I Will Fly, masih Faris dan Cacing yang bernyanyi. Gue tetep terlihat seperti menikmati musik sambil memainkan kajon padahal gak tau lagunya sama sekali.




Selesai performance, tempat juga udah sepi dan waktu menunjukkan pukul 10.
Kita evaluasi sedikit dan setelah itu balik ke parkiran buat ngambil motor dan pulang. Lana masih kebingungan masalah STNKnya yang ternyata diperiksain!
Gue pun berencana pulang duluan tapi kata dia gak papa. Andry bareng Lana, mereka muter balik dan mendekati gue sambil berkata dengan nuansa horor dan penuh keseriusan.

"Wy pinjem goceng"

Luar biasa.
Bener aja, STNK diperiksain, gue ngeliatin Lana dan Andry yang ada di depan gue. Andry mukanya melas.
Ternyata KTP Andry dipake dan dicatet namanya. Kasian sekali dia.

Selesai sudah berurusan dengan segala kepenatan yang ada.. Kita pulang ke rumah masing masing.
Gue sampe rumah, mandi, dan geletakkan di kasur melepas lelah dengan segala galanya.
Kesimpulan yang bisa gue ambil dari usaha 2 hari berturut turut ini adalah gue gak bisa maen band.


No comments:

Post a Comment